You are here:

Mengulas Telnet, Protocol Client Server yang Bekerja Secara Remote

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
apa itu telnet

Telnet, dikembangkan pada tahun 1969, adalah protokol yang menyediakan antarmuka baris perintah untuk komunikasi dengan perangkat jarak jauh atau server, terkadang digunakan untuk manajemen jarak jauh tetapi juga untuk pengaturan perangkat awal seperti perangkat keras jaringan. Telnet adalah singkatan dari Teletype Network, tetapi juga dapat digunakan sebagai kata kerja; ‘to telnet’ adalah membuat koneksi menggunakan protokol Telnet.

Karena dikembangkan sebelum adaptasi arus utama internet, Telnet sendiri tidak menggunakan bentuk enkripsi apa pun, membuatnya ketinggalan zaman dalam hal keamanan modern. Ini sebagian besar telah tumpang tindih dengan protokol Secure Shell (SSH) (yang memiliki pertimbangan keamanan sendiri di sekitar akses jarak jauh setidaknya di internet publik, tetapi untuk contoh di mana Telnet masih digunakan. 

Mengulas Apa Itu Telnet 

Telnet adalah protokol jaringan yang digunakan untuk mengakses komputer secara virtual dan menyediakan saluran komunikasi dua arah, kolaboratif, dan berbasis teks antara dua mesin.

Ini mengikuti perintah pengguna protokol jaringan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) untuk membuat sesi jarak jauh. Di web, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan File Transfer Protocol (FTP) hanya memungkinkan pengguna untuk meminta file tertentu dari komputer jarak jauh, sementara, melalui Telnet, pengguna dapat masuk sebagai pengguna biasa dengan hak istimewa yang diberikan kepada pengguna tertentu. aplikasi dan data pada komputer tersebut. Telnet kemungkinan besar akan digunakan oleh pengembang program dan siapa saja yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan aplikasi atau data tertentu yang terletak di mesin jarak jauh.

Untuk jaringan TCP/IP seperti Internet, Telnet adalah program emulasi terminal. Perangkat lunak Telnet berjalan di sistem Anda dan menghubungkan Komputer Pribadi Anda ke server jaringan. Fakta bahwa itu mengubah semua data menjadi teks biasa dianggap rentan. Ini berarti jika pengguna mengendus jaringan, Anda dapat merekam nama pengguna dan kata sandi Anda selama transmisi. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses akun atau komputer dari jarak jauh. Seorang konsumen, misalnya, dapat melakukan telnet ke komputer host situs web untuk mengontrol file mereka dari jarak jauh

Sejarah Telnet 

Protokol TELNET telah berkembang lama, pada tahun 1960-an, 1970-an dan 1980-an. Telnet dirancang untuk Sistem Operasi yang beroperasi di lingkungan time-sharing. Saat itu komputer berkapasitas besar (misalnya, komputer mainframe atau komputer midframe) mendukung banyak pengguna menggunakan terminal pengguna. Terminal adalah tempat pengguna bekerja, terdiri dari perangkat tampilan (printer), keyboard (untuk input pengguna) dan mouse.

TELNET (Teletype Network) adalah protokol yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke prompt perintah komputer jarak jauh dan bekerja di baris perintah komputer itu, seolah-olah duduk di konsol lokal komputer jarak jauh itu. TELNET adalah salah satu protokol tertua di seluruh rangkaian protokol TCP/IP. TELNET dikembangkan selama periode 1968-1969, bahkan sebelum pengembangan suite protokol TCP/IP. TELNET awalnya disebutkan dalam RFC 15 pada 25 September 1969 dan kemudian di RFC 206 pada 9 Agustus 1971. Definisi yang lebih jelas datang dengan RFC 854 . TELNET menggunakan karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) yang dikirimkan melalui saluran 8-bit untuk emulasi terminal menggunakan teks.

Terminal terdiri dari keyboard dan monitor (printer). Emulator terminal adalah perangkat lunak yang memungkinkan akses ke komputer jarak jauh lain melalui antarmuka baris perintah atau GUI (Graphical User Interface). Contoh protokol emulator terminal berbasis perintah adalah TELNET dan SSH.

TELNET adalah protokol tipe Client/Server. Di sini komputer klien adalah tempat pengguna duduk dan masuk ke server jarak jauh. Server memungkinkan klien untuk menghubungkan konsol terminalnya (atau command prompt). Server memungkinkan klien jarak jauh untuk menjalankan perintah secara interaktif di atasnya.

Protokol TELNET adalah dua arah melalui TCP dan menyediakan saluran komunikasi delapan bit untuk tujuan emulasi terminal. TELNET menggunakan TCP sebagai protokol lapisan transportnya. Perangkat lunak klien TELNET berinteraksi dengan pengguna, menerima karakter input pengguna dari keyboard dan meneruskan karakter tersebut ke server TELNET jarak jauh. Server TELNET mendengarkan portTCP yang terkenal 23. Server TELNET menerima karakter yang dikirim dari klien telnet di  TCPnomor port 23, merakit mereka sebagai perintah. Server TELNET kemudian meneruskan perintah tersebut ke sistem operasi untuk dieksekusi, menerima output dari sistem operasi dan meneruskan output kembali ke klien. Setelah output diterima dari server TELNET, output akan ditampilkan pada terminal virtual klien. 

Apa Saja Fungsi Telnet? 

Telnet dapat digunakan untuk berbagai aktivitas di server, termasuk mengedit file, menjalankan berbagai program dan memeriksa email.

Beberapa server mengaktifkan koneksi jarak jauh menggunakan Telnet untuk mengakses data publik untuk memainkan game sederhana atau mencari laporan cuaca. Banyak dari fitur ini ada untuk kesenangan nostalgia atau karena mereka masih memiliki kompatibilitas dengan sistem lama yang membutuhkan akses ke data tertentu.

Pengguna juga dapat terhubung ke perangkat lunak apa pun yang menggunakan protokol berbasis teks dan tidak terenkripsi melalui Telnet, dari server web hingga port. Pengguna dapat membuka prompt perintah pada mesin jarak jauh, ketik kata telnet dan nama mesin jarak jauh atau alamat IP, dan koneksi telnet akan melakukan ping ke port untuk melihat apakah terbuka atau tidak. Port yang terbuka akan menampilkan layar kosong, sedangkan pesan kesalahan yang mengatakan bahwa port sedang terhubung berarti port tersebut ditutup.

  • Telnet dapat digunakan untuk memecahkan masalah atau menguji server web atau email , serta untuk akses jarak jauh.
  • Jaringan perusahaan untuk masuknya aplikasi host.
  • Telnet adalah protokol komputer yang menyediakan layanan komunikasi dua arah antara komputer melalui jaringan area lokal dan internet.
  • Ini berjalan melalui jaringan aman untuk aplikasi pengumpulan data seluler.
  • Ada berbagai permainan berbasis teks yang tersedia melalui Telnet.
  • Beberapa katalog perpustakaan hanya dapat dijangkau melalui Telnet

Mengetahui Kelebihan Telnet 

  • Ini memungkinkan jaringan sekolah untuk menguji akses dari perangkat ke port tertentu di server eksternal
  • Memperbaiki masalah konfigurasi router sangat mudah di sini karena menggunakan teks biasa untuk transfer..
  • Elemen konfigurasi perangkat keras jaringan dapat dicapai dengan menggunakannya.
  • Keuntungan terbesar dari perangkat lunak ini adalah persetujuannya untuk akses jarak jauh ke komputer lain.
  • Membuat dirinya tersedia untuk banyak sistem operasi yang berbeda.
  • Ini membantu menghemat banyak waktu, pembentukan konektivitas, dan penyelesaian tugas di komputer yang berbeda dengan sangat cepat.
  • Ini dapat digunakan secara fleksibel di komputer mana pun. Bahkan OS yang berbeda dapat terhubung satu sama lain terlepas dari versi dan waktu rilisnya

Bagaimana Cara Kerja Telnet?

Telnet menyediakan pengguna dengan sistem komunikasi berorientasi teks interaktif dua arah yang memanfaatkan koneksi terminal virtual lebih dari 8 byte. Data pengguna diselingi in-band dengan informasi kontrol telnet melalui protokol kontrol transmisi (TCP). Seringkali, Telnet digunakan pada terminal untuk menjalankan fungsi dari jarak jauh.

Pengguna terhubung ke server dengan menggunakan protokol Telnet, yang berarti memasukkan Telnet ke prompt perintah dengan mengikuti sintaks ini: port nama host telnet. Pengguna kemudian menjalankan perintah di server dengan menggunakan perintah Telnet tertentu ke dalam prompt Telnet. Untuk mengakhiri sesi dan log off, pengguna mengakhiri perintah Telnet dengan Telnet

Kesimpulan 

Telnet bukanlah protokol yang aman karena dikembangkan sebelum adaptasi arus utama internet, Telnet sendiri tidak menggunakan bentuk enkripsi apa pun , membuatnya ketinggalan zaman dalam hal keamanan modern.

Karena dikembangkan sebelum adaptasi arus utama internet, Telnet sendiri tidak menggunakan bentuk enkripsi apa pun, membuatnya ketinggalan zaman dalam hal keamanan modern. Ini sebagian besar telah tumpang tindih dengan protokol Secure Shell (SSH) (yang memiliki pertimbangan keamanannya sendiri di sekitar akses jarak jauh ), setidaknya di internet publik, tetapi untuk contoh di mana Telnet masih digunakan, ada beberapa metode untuk mengamankan komunikasi Anda .

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top