• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Proxy Server: Jenis, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, & Contoh

Daftar Isi
Daftar Isi
Seorang wanita sedang berdiri memegang laptop
Proxy Server © Unsplash

Pernahkah anda mendengar istilah proxy server? Istilah satu ini sangat familiar karena merupakan bagian dari perangkat komputer.

Sebab, proxy merupakan sebuah sistem pada perangkat komputer yang berfungsi untuk melindungi data pribadi supaya tidak diketahui oleh orang lain.

Selain itu, proxy server juga kerap kali digunakan untuk mempermudah kegiatan Anda selama menggunakan perangkat komputer.

Lantas, apa itu proxy server yang sebenarnya? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda!

Apa itu Proxy Server?

Proxy server adalah sebuah sistem yang memiliki tugas untuk menjadi perantara jaringan ketika pengguna mengakses suatu halaman website.

Sistem tersebutlah yang akan melakukan permintaan dan penerimaan informasi dari website yang diakses oleh pengguna.

Setelah itu, pengguna akan menerima informasi dari website melalui perangkat yang digunakan. Di sini, terdapat berbagai tingkat keamanan, kerahasiaan, dan fungsi yang sesuai dengan jenis sistem yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan proxy, membuat aktivitas yang Anda lakukan melalui internet bisa lebih aman. Sebab, informasi pengguna akan disamarkan melalui bantuan proxy.

Berbagai macam aplikasi di komputer anda dapat dikonfigurasikan untuk pengaplikasian proxy. Suatu browser dapat menggunakan proxy HTTP guna melakukan pengiriman traffic dari web tersebut.

Tidak seperti penggunaan VPN, proxy bukanlah sebuah program yang berperan sebagai sebuah terowongan bagi aktivitas jaringan komputer anda, melainkan menjadi perantara saja.

Bagaimana Proxy Melindungi Privasi Anda?

Server proxy melakukan fungsi firewall dan filter. Administrator jaringan dapat memilih proxy yang dirancang untuk melindungi data dan privasi.

Hal tersebut memeriksa data yang masuk dan keluar dari komputer serta jaringan. Kemudian, melakukan penerapan aturan guna mencegah Anda dari suatu keharusan mengekspos alamat IP secara bebas.

Alamat IP proxy yang terlihat oleh peretas atau pelaku jahat lainnya. Tanpa alamat pribadi anda, orang-orang di internet tidak memiliki akses langsung ke data, jadwal, aplikasi, maupun file pribadi anda.

Dengan demikian, permintaan web akan diteruskan ke proxy, kemudian menjangkau dan mendapatkan apa yang anda inginkan dari internet.

Jika server web memiliki kemampuan enkripsi, kata sandi serta data pribadi lainnya akan mendapatkan perlindungan ekstra.

Jenis-Jenis Proxy Server

1. Proxy Transparan

Saat menggunakan proxy jenis ini, server web akan melakukan penerimaan terhadap alamat IP Anda yang sebenarnya. Server web juga dapat memberi tahu bahwa Anda terhubung melalui proxy.

Dengan kata lain, tidak ada kata privasi maupun keamanan tambahan pada proxy satu ini. Hal inilah kenapa penggunaan proxy transparan banyak digandrungi untuk melakukan penyaringan konten atau tujuan caching bukan untuk alasan keamanan.

Misalnya proxy pada jaringan perusahaan atau jaringan sekolah yang sebagian besar menggunakan proxy transparan satu ini.

2. Proxy Anonim

Jenis selanjutnya dari sistem proxy adalah proxy anonim yang mana tidak meneruskan alamat IP ke situs web maupun layanan yang Anda gunakan.

Situs web akan menerima alamat IP palsu jika Anda menggunakan proxy anonim. Itulah mengapa sebabnya proxy anonim disebut sebagai proxy yang mendistorsi.

3. Proxy Anonim Tinggi

Pertimbangkan proxy anonim tinggi juga dikenal sebagai proxy elit merupakan sebuah langkah maju dari proxy anonim biasanya.

Proxy anonim tinggi juga melakukan penyamaran terhadap pengguna proxy itu sendiri. Situs web tidak akan dapat mendeteksi bahwa anda menggunakan proxy.

Proxy anonim tinggi dapat mencapai perlindungan tambahan yang secara berkala melakukan pengubahan alamat IP dan juga menahan petunjuk apapun yang mereka layani sebagai proxy atas nama anda. Proxy satu ini adalah jenis proxy paling aman.

Baca Juga: Pentingnya SOC untuk Keamanan Jaringan Informasi Anda

Fungsi Proxy Server

Selain jenis, sistem proxy juga mempunyai fungsi utama yang perlu Anda ketahui. Terdapat 3 fungsi utama proxy server adalah, sebagai berikut:

1. Fungsi conecting sharing

Fungsi pertama dari proxy ini adalah sebagai connecting sharing yang berarti sebagai perantara pengambilan data dari alamat IP. Kemudian, akan dikirimkan ke alamat IP lainnya atau IP komputer user.

2. Fungsi filtering

Terdapat beberapa proxy yang sudah dilengkapi dengan firewall yang bisa memblokir alamat IP yang tidak signifikan.

Hal ini membuat beberapa website tidak bisa diakses menggunakan proxy. Inilah kenapa proxy server mempunyai fungsi filtering, sehingga bisa meningkatkan keamanan.

3. Fungsi caching

Selanjutnya, proxy ini sudah dilengkapi dengan media penyimpanan data website, sehingga inilah fungsinya sebagai caching.

Manfaat Proxy Server

Setelah mempelajari beberapa informasi tentang proxy, pasti anda bertanya-tanya, apakah manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan proxy?

Berikut beberapa manfaat proxy server:

1. Meningkatkan Keamanan

Manfaat pertama dari proxy server adalah dapat meningkatkan keamanan pada sistem perangkat. Proxy dapat bertindak seperti firewall yang dapat meningkatkan keamanan antara sistem anda dan internet.

Tanpa adanya proxy, peretas akan dengan mudah memiliki akses mudah ke alamat IP anda yang dapat digunakan guna menyusup ke komputer maupun jaringan.

2. Untuk Perusahaan, Proxy Dapat Mencegah Staff Menjelajahi Situs yang Tidak Pantas

Anda dapat menggunakan proxy untuk melakukan pemblokiran terhadap akses ke situs web yang bertentangan dengan prinsip organisasi.

Selain itu, Anda juga dapat memblokir situs yang biasanya mengganggu tugas-tugas penting dari karyawan seperti sosial media.

3. Akses Konten Khusus Lokasi

Ingin menetapkan server proxy yang terkait dengan negara lain? Anda dapat melakukannya dengan proxy!

Pada dasarnya, dengan proxy, bisa melakukan semacam rekayasa seolah tampak seperti Anda berada di negara tersebut dan juga mendapatkan akses penuh ke semua konten.

Cara Kerja Proxy Server

Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel tentang ip address bahwa setiap komputer atau perangkat lainnya memiliki setidaknya alamat IP yang unik.

Terdapat beberapa tahapan atau cara kerja proxy server yang perlu Anda ketahui:

1. Pengguna mengirim permintaan akses

Tahap awal dimulai ketika pengguna ingin mengakses sebuah website tertentu. Di sini, pengguna akan mengirimkan permintaan akses melalui perangkat ke alamat URL yang dituju.

2. Meneruskan permintaan ke sistem proxy

Permintaan akses dari pengguna, tidak bisa langsung menuju ke situs website tujuan. Namun, permintaan akan diteruskan ke sistem proxy terlebih dahulu yang beerperan sebagai perantara.

3. Melakukan pemeriksaan cache

Setelah menerima permintaan tersebut, selanjutnya proxy akan melakukan pemeriksaan cache. Cache sendiri merupakan tempat menyimpan salinan data diri dari sebuah website yang sering diakses pengguna.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat dan memeriksa apakan website yang diminta sudah tersedia di dalam cache atau belum.

4. Pengambilan data dari cache

Apabila website sudah ada di dalam cache, maka sistem proxy akan mengambil datanya. Data ini berupa salinan dari website yang sudah tersimpan pada proxy.

Jika sudah, proxy akan mengirimkan kembali data tersebut ke pengguna.

5. Pengambilan data yang tidak ada di cache

Namun, jika situs website belum pernah diakses sebelumnya dan tidak tersedia dalam cache, maka proxy akan mengambil data dari website aslinya.

Caranya dengan menghubungi server asli tersebut di hosting. Jika sudah mendapatkan data, proxy server akan menyimpan supaya data tersedia dan pengguna mudah untuk mengaksesnya.

Contoh Proxy Server

Terdapat beberapa contoh proxy server yang perlu Anda ketahui. Berikut contoh-contohnya:

1. Socks Proxy Server

Contoh ini merupakan jenis proxy yang menyediakan koneksi ke server tertentu dan tergantung pada protokol Socks.

2. FTP Proxy Server

Selanjutnya, ada jenis proxy yang mana cache lalu lintas permintaan FTP dan menggunakan konsep relaying.

3. HTTP Proxy Server

Contoh satu ini dikembangkan untuk memproses permintaan satu arah menuju halaman situs website melalui protokol HTTP.

4. SSL Proxy Server

Terakhir, contoh proxy server ini menggunakan konsep TCP rrelaying yang digunakan dalam protokol proxy SOCKS dan memungkinkan permintaan pada halaman website.

Contoh Penggunaan Proxy Server

Selain contoh dari proxy di atas, ada pula beberapa contoh penggunaan sistem ini yang sangat bermanfaat bagi Anda.

1. Membuka situs yang diblokir

Sudah bukan hal yang asing lagi, jika akses ke situs bisa saja dibatasi. Dengan menggunakan sistem yang berlokasi di luar daerah pemblokiran, maka pengguna bisa membuka akses ke situs tersebut.

2. Mempercepat akses internet

Data atau informasi website yang telah diakses pengguna, akan disimpan di cache. Hal ini semakin mempercepat akses ketika pengguna melakukan searching di internet.

3. Menjaga privasi

Ada jenis proxy, seperti High Anonymity Proxy atau SSL bisa menyembunyikan alamat IP pengguna dan mengamankan koneksi internet. Hal ini tentu bisa melindungi privasi pengguna.

Nah, itulah pembahasan mengenai sistem atau program proxy pada sebuah komputer. Pada dasarnya, proxy server adalah sistem yang menjadi perantara antara pengguna dengan jaringan internet.

Sistem ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna internet karena bisa menjaga privasi dan membantu mempercepat akses ke internet.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan aplikasi web, aplikasi mobile, website, dan system integrator untuk membantu transformasi bisnis anda. Selengkapnya, silakan kontak kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: