Sistem Informasi Pelayanan Publik

Klien : Dinas Komunikasi dan Informatika 
Lokasi : Kota Blitar

Sistem Pelayanan Publik merupakan sebuah sistem yang diciptakan untuk menunjang proses pelayanan pada suatu daerah, ide dasar dalam pembuatan sistem ini adalah untuk mempermudah pengurusan suatu berkas baik dari sisi masyarakat maupun dari instansi terkait.

Permasalahan

  • Waktu pengurusan berkas membutuhkan waktu lama
  • Masyarakat sebagai pengaju tidak dapat memantau proses berkas yang diajukannya
  • Edukasi terhadap prasyarat pengajuan berkas yang kurang sehingga pengaju perlu bolak balik untuk mempersiapkan berkas prasyaratnya

Solusi

Dibangunnya sistem berbasis web dan mobile sehingga dapat diakases secara online oleh masyarakat dan aparatur, memungkinkan untuk diakses darimana saja dan kapan saja. Sistem ini saling terintegerasi antara satu dengan yang lainnya sehingga kesinambungan antar modul dapat terjalin.

Fitur Sistem

  • Modul Perijinan
    digunakan untuk pengurusan berkas-berkas perijinan, seperti ijin usaha, dan lain sebagainya
  • Modul Ketenagakerjaan
    untuk mempermudah proses manajemen ketenagakerjaan, yang berakitan dengan pengurusan berkas seperti surat pernyataan belum kerja
  • Modul Kependudukan
    untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus yang berkatidan dengan kependudukan, seperti pembuatan identitas, dan lain sebagainya
  • Modul Kelurahan
    integerasi dari semua proses yang melalui keluruhan, baik kependudukan, perijinan maupun ketenagakerjaan serta surat-surat yang umum dikeluarkan oleh kelurahan dan kecamatan

Spesifikasi Teknis

  • Programming Languange : PHP 7 (CodeIgniter Javascript)
  • Markup Language : CSS 3, HTML 5, JSON, Ext Js
  • Operating System : Linux Ubuntu Server 14.04
  • Database : MySQL 5.6