You are here:

Menyongsong Era Digital, Serta Mengenal Ancaman Di Dalamnya

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
era digital

Cara kita hidup, bekerja, dan bermain telah berubah secara dramatis selama setengah abad terakhir. Ekonomi 9-5 tahun yang lalu telah digantikan dengan penawaran layanan 24/7 yang terintegrasi secara global. Konsumen di era digital memiliki akses ke sejumlah layanan dan produk yang sebelumnya dianggap hanya tersedia di ranah fiksi ilmiah.

Perubahan ini telah lama terjadi dan sementara revolusi industri membantu memulai transformasi ini, baru sekarang di era informasi individu benar-benar dapat menerima perubahan ini. Di era digital baru ini, akses ke pengetahuan sangat meningkat. Data yang sebelumnya hanya dapat diakses oleh para ilmuwan dan pejabat pemerintah kini dapat diakses secara bebas oleh semua orang.

Penting untuk memahami konteks informasi dan data dan juga bagaimana hal itu dapat digunakan dengan baik untuk menjadi sukses. Namun, kecepatan perubahan hanya meningkat. Kemajuan baru dalam Artificial Intelligence (AI), machine learning (ML), dan Internet of Things (IoT) hanya akan memberikan lebih banyak informasi. 

Seiring dengan kemajuan ini, perubahan kecepatan jaringan dengan peluncuran 5G dan perangkat yang mampu mengakses kecepatan ini akan semakin mendorong kemajuan teknologi era digital. Ketika mencoba memahami apa itu era digital, penting untuk menyadari bahwa era ini didorong oleh teknologi. Perubahan ini, ketika diterapkan dalam bisnis untuk meningkatkan daya saing, dapat membantu membuat bisnis lebih efisien dan menguntungkan

Perkembangan Era Digital 

Penting untuk disadari bahwa era digital bukan hanya satu hal yang monolitik — melainkan merupakan rangkaian langkah-langkah progresif. Saat ini kita mungkin hanya berada di tengah-tengah transformasi antara era pra-digital dan era pasca-digital. Untuk benar-benar memahami kemajuan ini, penting untuk melihat dari mana kita berasal, dan juga ke mana kita menuju.

Pra-Digital

Meskipun fase ini belum lama berselang, periode teknologi ini adalah salah satu yang banyak dilihat dengan nostalgia. Selama fase ini, ritel masih menjadi sarana utama untuk mendapatkan barang dan jasa. Sementara produk secara bertahap beralih menjadi lebih digital dengan ensiklopedia bergerak online dan buku telepon menjadi repositori yang dapat dicari, itu masih waktu yang lebih sederhana.

Mid-Digital

Fase pertengahan digital adalah di mana kita berada sekarang. Perusahaan telah merangkul digital lebih dan lebih dalam konsep, tetapi mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana harapan telah berubah. Sementara pemotongan kabel TV terus meningkat popularitasnya, mayoritas penduduk masih menggunakan layanan kabel tradisional. Masih ada pemutusan di mana beberapa agen transit telah beralih ke pembayaran kartu, sementara yang lain masih membutuhkan uang tunai. Tidak ada kesinambungan pengalaman di seluruh papan.

Pasca-Digital

Di era pasca-digital, digital itu sendiri akan bergerak ke latar belakang. Sama seperti listrik dan dampaknya terhadap bisnis dan kehidupan individu, digital juga akan ada di mana-mana. Di era digital baru ini, internet akan tersedia di mana-mana dan hal-hal seperti mobil pintar dan rumah pintar akan menjadi norma. Konsep pembatasan berdasarkan lokasi akan menjadi sesuatu dari masa lalu. Akan ada kebebasan baru dan tantangan baru untuk dijelajahi di zaman ini, dengan populasi yang lahir di mana digital hanyalah fakta kehidupan

Faktor Era Digital 

Hidup dengan teknologi digital dan memahaminya adalah dua hal yang sangat berbeda. Agar sukses di era digital baru ini, perusahaan perlu merangkul digital dalam segala hal. Mereka perlu memperjuangkannya dan fokus pada cara-cara yang dapat ditingkatkan lebih lanjut untuk menciptakan nilai yang lebih besar bagi bisnis dan pelanggan mereka.

1. Kurangi Gesekan

Produk di era digital harus mudah didapat dan juga mudah dikembalikan. Keberhasilan organisasi seperti Amazon dan Wayfair menunjukkan pentingnya hal ini dengan jelas. Demikian pula, harga perlu menjadi pertimbangan untuk bisnis, seperti yang ditunjukkan oleh perusahaan seperti Uber dan Airbnb. Sementara harga jelas merupakan faktor bagi konsumen, itu bukan satu-satunya faktor. 

2. Tingkatkan Pengalaman Pengguna

Banyak dari perusahaan digital yang paling sukses memiliki sifat dan produk yang aspiratif, dan satu metrik utama yang umumnya mereka bagikan adalah fokus pada pelanggan dan pengalaman pelanggan. Perusahaan yang memahami teknologi era digital tahu bahwa pelanggan punya pilihan. Mereka tahu bahwa harga dan fitur dapat membawa mereka ke pintu, tetapi jika mereka mengharapkan bisnis masuk, layanan harus sesuai.

3. Buat Kolaborasi

Organisasi era digital mencari konsumen untuk inovasi dan ide dan meminta umpan balik tentang produk dan layanan secara teratur. Fokus mereka tidak hanya pada kompetisi tetapi juga pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan pengguna dan bagaimana mereka dapat memenuhi kebutuhan ini dengan cara yang hemat biaya dan efisien. 

Ancaman Era Digital 

Kami telah sampai pada titik waktu ini melalui perjalanan yang panjang dan berliku-liku. Revolusi industri membawa kita ke era industri, yang pada akhirnya mengarah pada revolusi digital dan era informasi saat ini. Namun jika era industri berakhir, apakah era informasi juga akan berakhir? Dan jika demikian, apa yang terjadi selanjutnya?

1. Kelumpuhan Melalui Analisis

Sekarang akses ke informasi sederhana dan alat yang lebih baru terus dikembangkan untuk analisis lebih lanjut, ada teka-teki yang dihadapi oleh banyak bisnis. Apakah mereka memiliki informasi yang tepat yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan atau mereka membutuhkan lebih banyak? Banyak bisnis jatuh ke dalam perangkap untuk terus-menerus mencari detail dan validasi tambahan sebelum membuat keputusan hanya karena takut kurangnya uji tuntas.

2. Kemudahan Akses Data Membuat Kita Malas Secara Intelektual

Terlalu banyak data bisa menjadi hal yang buruk. Dengan akses ke “big data” dan algoritme AI, perusahaan di era digital dapat membuat data yang mendukung hampir semua kesimpulan yang mereka butuhkan. 

3. Konsumen yang Impulsif dan Ceroboh

Jumlah perhatian yang diberikan pada satu hal oleh konsumen kecil dan semakin berkurang setiap hari. Dengan smartphone, tablet, TV, dan lebih banyak lagi akses yang memakan banyak waktu ke bola mata yang berharga, perusahaan perlu melakukan lebih dari sebelumnya untuk menonjol dan tetap relevan.

4. Sedikit Belajar Adalah Hal yang Berbahaya

Hanya memiliki akses ke informasi tidak selalu membantu atau relevan. Dokter, misalnya, harus sering menangani pasien yang didiagnosis sendiri berdasarkan gejalanya dari sumber online. Tanpa pelatihan, informasi yang dapat dipahami oleh orang awam sangat terbatas. 

Bagaimana Merangkul Era Digital?

Sementara perusahaan di tahun-tahun sebelum 2020 lambat untuk merangkul digital, itu tidak lagi terjadi. Mempertimbangkan apa yang dibawa tahun 2020 ke dunia dalam hal pandemi dan pembatasan global, perlombaan menuju digital sekarang bahkan lebih kritis dari sebelumnya. 

1. Manfaatkan Data untuk Keuntungan Pelanggan

Data, bila digunakan dengan benar, dapat menjadi alat yang sangat kuat untuk pertumbuhan. Coca-Cola, misalnya, menggunakan program loyalitas digital pada awal tahun 2015, yang membantu menyampaikan konten yang ditargetkan kepada konsumen berdasarkan data pengguna yang mereka kumpulkan. Ini tidak hanya membantu mereka menciptakan loyalitas merek yang lebih besar; itu juga membantu mendorong penjualan tambahan.

Konsumen tidak segan-segan membagikan informasi pribadi selama ada manfaat langsung yang dapat mereka rasakan. Di era digital ini, informasi adalah raja. Selama perusahaan transparan tentang upaya pengumpulan mereka dan memberikan penghargaan yang sesuai, data dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut. 

2. Latih Teknologi Tim Anda

Keterampilan hari ini tidak akan secara otomatis diterjemahkan ke kebutuhan hari esok. Meskipun robot dan AI tidak akan menggantikan tenaga kerja di seluruh dunia, mereka akan berdampak pada pekerjaan dan peran. Dalam hal ini, pelatihan ulang karyawan untuk memenuhi persyaratan kerja baru akan diperlukan. 

Namun, pelatihan tim Anda tidak hanya diperlukan bagi mereka yang beralih ke peran baru. Bahkan mereka yang masih dalam peran yang ada akan membutuhkan pelatihan untuk teknologi era digital baru yang telah diterapkan. Tanpa pelatihan ini, mereka hanya akan menggunakan sebagian kecil dari kemampuannya dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang Anda harapkan.

3. Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Pelanggan sekarang memiliki lebih banyak pilihan daripada sebelumnya. Hanya menyediakan produk atau layanan dengan harga yang baik tidak cukup. Konsumen saat ini mencari layanan yang fenomenal dan keseluruhan pengalaman yang mudah. Perusahaan perlu melihat hambatan yang mereka tempatkan di jalan pelanggan mereka dan menghapusnya dengan membantu menciptakan pengalaman yang lebih mulus dan menyenangkan di seluruh papan.

Kesimpulan 

Di era digital, perusahaan membutuhkan panduan untuk membantu mereka bertransisi dan tumbuh. Penyedia teknologi yang andal dapat membantu Anda menavigasi jalan ke depan dengan sukses, memastikan bahwa Anda dan pelanggan Anda mendapat manfaat dari era baru ini.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top