You are here:

Pentingnya Sistem Integrasi dalam Sebuah Perusahaan

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
sistem integrasi

Sistem integrasi merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan besar maupun startup (perusahaan rintisan). Sistem informasi tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya sistem integrasi. Kedua hal tersebut dapat saling melengkapi, sehingga dapat menciptakan kondisi / ekosistem perusahaan yang baik dan terstruktur. 

Untuk menciptakan sistem informasi yang baik bagi perusahaan, peran integrasi sistem sangatlah dibutuhkan. Kita analogikan dengan seorang nahkoda kapal yang berlayar dengan beberapa awak kapal dan penumpang untuk mengarungi samudra. Tentunya, seorang nahkoda harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan dapat mengatur setiap awak kapal agar dapat berlayar dengan selamat sampai ke tujuan.

Nah, berarti nahkoda disini adalah sebuah sistem integrasi yang dapat menghubungkan antara banyak awak kapal dan mengatur jalannya kapal dan memberikan instruksi yang benar. Untuk itulah, jika anda memulai suatu bisnis dan memiliki organisasi, wajib untuk mengintegrasikan sistem yang ada di dalam bisnis anda.  

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai pentingnya sistem integrasi bagi perusahaan. Setidaknya, terdapat 7 alasan mengapa sistem integrasi perlu diterapkan. Apalagi di era digitalisasi dan globalisasi saat ini.

Definisi Integrasi Sistem

Pertama, kami akan membahas mengenai pengertian dari integrasi sistem. Dari segi bahasa, sistem adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa komponen yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Sedangkan integrasi adalah beberapa kondisi atau tindakan yang memiliki kesamaan sehingga dapat membentuk sebuah satu kesatuan utuh. 

Selanjutnya, dari segi istilah integrasi sistem dalam dunia IT adalah sekumpulan sistem informasi yang membentuk satu kesatuan utuh untuk mencapai tujuan tertentu dengan lebih komprehensif. Jadi, sistem integrasi dapat mengumpulkan beberapa sistem informasi yang berbeda untuk digabungkan maupun disinkronisasikan untuk membentuk sebuah kesatuan.

Coba anda mulai bayangkan, apabila anda memulai bisnis dan membuat perusahaan tanpa menggunakan sistem integrasi yang tepat. Maka, perusahaan yang anda bangun akan kesulitan dalam sistem manajemen dan pengelolaan tiap departemen atau bidang dalam bisnis anda. Kemudian, anda akan mulai kalah bersaing dengan kompetitor lain yang telah menerapkan integrasi pada sistem informasi perusahaannya.

7 Alasan Pentingnya Sistem Integrasi

Setelah anda mulai memahami apa itu sebenarnya sistem integrasi, maka selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa alasan pentingnya mengintegrasikan sistem pada perusahaan atau organisasi. 

  • Mempermudah Proses Optimalisasi Sumber Daya

Alasan pertama adalah untuk mempermudah optimalisasi sumber daya yang ada. Untuk mengelola kebutuhan sistem dalam perusahaan, tentunya membutuhkan resource yang besar. Baik dari segi waktu, tempat, alokasi dana, dll. Untuk mempermudah hal tersebut, maka sistem integrasi sangat dibutuhkan. 

Optimalisasi disini memiliki banyak kriteria, misalnya saja dengan mengganti atau menambahkan beberapa fitur dan sistem penting untuk meningkatkan kinerja bisnis anda. Peran teknologi disini sangatlah penting untuk mempersingkat suatu pekerjaan supaya lebih efisien. 

Kemudian, anda juga dapat mengelola sumber daya manusia (SDM) dengan tepat. Pastikan, tugas yang diberikan kepada setiap individu memanglah cocok dan tepat untuk diberikan tanggung jawab. Dan terakhir, pastikan juga untuk selalu memonitoring pekerjaan dari tiap departemen dalam pengerjaan suatu proyek. 

Baca Juga: Tips Memilih Konsultan IT yang Tepat untuk Startup

  • Akses Data dapat Dilakukan secara Real Time

Alasan yang kedua, akses data dapat dilihat dan di monitoring secara real time atau langsung. Jadi, anda tidak perlu menunggu informasi terlalu lama dan mengecek berulang – ulang beberapa data. Pada era digitalisasi saat ini, anda harus bijak untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk menunjang karir anda. 

Misalnya saja, anda dapat mulai membuat sebuah data center (pusat data). Fungsinya disini untuk menampung banyak informasi yang tersimpan dalam basis data. Sehingga, anda dapat mengelola segala macam bentuk data dengan rapi, mudah, dan cepat. 

Anda juga tidak perlu untuk menggunakan banyak dokumen (paperless). Disisi lain, juga dapat menghemat pengeluaran dan dapat digunakan untuk kepentingan yang lainnya.

  • Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Alasan yang ketiga adalah dapat memudahkan proses pengambilan sebuah keputusan. Jika anda menjadi seorang pemimpin, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah jiwa kepemimpinan (leadership). Setiap pemimpin tentunya harus mempunyai visi misi yang jelas untuk mengambil keputusan demi meningkatkan kualitas bisnis yang dijalankan. 

Dengan menggunakan sistem integrasi yang tepat, maka pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan tepat. Misalnya saja, anda memiliki startup yang bergerak di bidang web development, langkah pertama yang harus dilakukan pastinya adalah anda memiliki komitmen dan sumber daya untuk mendukung terciptanya startup yang baik.

Selanjutnya, anda mulai menentukan service atau layanan apa yang akan anda berikan kepada customer. Anda dapat melakukan riset melalui banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan akses internet. Pastikan anda mengetahui kompetitor dan kebutuhan dari user mengenai pengembangan website. 

Selanjutnya, anda mulai merekrut beberapa orang yang ahli dalam masing – masing bidang pengembangan aplikasi. Mengambil keputusan untuk mengembangkan bisnis anda sangatlah penting untuk meningkatkan semangat dari setiap orang dalam perusahaan tersebut.    

  • Mempercepat Proses Komunikasi antar Departemen

Di era digital saat ini, sangat membutuhkan komunikasi yang cepat. Dengan menerapkan integrasi sistem dengan benar, maka dapat menghubungkan antar departemen dengan lebih efektif dan mudah. 

Komunikasi antar tim sangat dibutuhkan untuk mendapatkan suatu kesamaan persepsi untuk menghasilkan produk yang terbaik. Jika tidak ada komunikasi antara tiap orang, maka tidak mungkin menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Dalam hal ini proses integrasi sistem sangat diperlukan untuk kelancaran dalam pengembangan produk.

  • Proses Manajemen Waktu Dilakukan dengan Terstruktur

Manajemen waktu dapat dijalankan dengan lebih terstruktur dengan menggunakan sistem integrasi. Dengan adanya banyak sekali sistem informasi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, sudah barang tentu memiliki integrasi sistem yang baik untuk mengatur waktu pengerjaan produk dengan efektif. 

Biasanya, beberapa customer memberikan penilaian mengenai waktu pengerjaan proyek. Jika, dirasa perusahaan tersebut tepat waktu dalam merancang produk, maka customer akan memberikan apresiasi yang baik kepada perusahaan tersebut. Begitu pula sebaliknya, jika proses pengerjaan lebih dari batas waktu yang telah ditentukan, maka dapat mengurangi kepercayaan customer pada bisnis tersebut.

  • Meningkatkan Kerja Sama antar Tim

Pentingnya kerja sama merupakan sebuah kewajiban apabila anda mendirikan perusahaan atau memimpin organisasi. Koordinasi antar tim harus diperhatikan dan dijaga dengan baik. Misalnya saja dalam dunia TI khususnya bidang developer, sudah barang tentu mengenal istilah SDLC

Untuk mengerjakan sebuah aplikasi, maka dapat dikerjakan dengan membentuk berbagai tim dan SDLC dapat mempermudah proses tersebut. Adanya siklus dalam pengembangan sistem dapat meningkatkan team work serta komunikasi dalam pengembangan perangkat lunak.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, jika anda dapat mengintegrasikan sistem dengan baik maka setiap permasalahan dapat diselesaikan dengan cepat. 

Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen dan Manfaat untuk Bisnis

  • Meningkatkan Kualitas dari Integrasi Proyek

Alasan yang terakhir adalah dapat meningkatkan kualitas dari integrasi proyek. Di dalam dunia industri, kita pasti dituntut untuk memberikan kinerja yang maksimal dengan harapan memberikan outcome yang baik dalam perusahaan yang anda bekerja di dalamnya. Begitu pula dengan proyek, proses pengerjaan tidak boleh dilakukan dengan asal – asal saja.

Perlu adanya diskusi lebih lanjut antar setiap bagian dari perusahaan maupun organisasi. Perusahaan tidak dinilai dari seberapa banyak proyek yang telah dikerjakan, akan tetapi lebih mengarah pada seberapa berkualitaskah proyek yang telah dikerjakan. Jadi, alangkah baiknya jika perusahaan tersebut memperhatikan kuantitas dan kualitas proyek yang dijalankan untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut.

Kesimpulan

  • Sistem integrasi adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa komponen yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Terdapat setidaknya, tujuh alasan pentingnya sistem integrasi bagi perusahaan. 
  • Penerapan integrasi sistem yang benar dapat meningkatkan kredibilitas dan kualitas dari perusahaan tersebut. Untuk menciptakan sistem integrasi yang baik, perlu adanya dukungan dari setiap pihak seperti sistem, lingkungan, SDM, dan resources yang lain.

Jika anda masih bingung untuk membuat sistem integrasi yang baik dan benar, segera hubungi kami melalui kontak yang telah disediakan. Selain itu, kami juga menyediakan jasa system integrator dan layanan konsultasi untuk membuat sistem integrasi untuk bisnis yang anda kelola.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top