• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Apa itu Quality Assurance (QA): Tugas, Gaji, dan Skill Utama

Daftar Isi
Daftar Isi
Ilustrasi terkait proses quality assurance dalam melakukan proses audit sebuah aplikasi.
Quality Assurance © Freepik

Di dalam mengembangkan proyek aplikasi yang dikembangkan oleh tim software developer, sebelum masuk pada tahap perilisan, produk tersebut harus masuk pada fase pengujian yang dilakukan oleh Quality Assurance atau QA. 

Dimana, pekerjaan yang satu ini mempunyai peran dan tugas yang sedikit berbeda dengan tim developer. Tugas dan tanggung jawab apakah yang harus diemban oleh seorang QA? Simak selengkapnya pada artikel kami.

Apa itu Quality Assurance

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tugas dari QA, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu Quality Assurance. Menurut definisinya, Quality Assurance adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan dan menyiapkan segala kebutuhan dari aplikasi yang dibangun oleh perusahaan dapat bekerja dengan baik.

Proses yang dilakukan adalah dengan melakukan pengujian mulai dari fitur, fungsionalitas, elemen visual, yang mana untuk dapat mencegah terjadinya bug, program yang tiba – tiba freeze, dan lain sebagainya. Jadi, sebelum tahap deployment, QA akan melakukan proses pengecekan terhadap kesiapan setiap bagian dari produk agar saat diserahkan kepada customer, dapat berjalan dengan baik dan stabil.

Banyak sekali perusahaan besar atau startup yang menggunakan jasa dari Quality Assurance untuk membantu dalam proses perbaikan sistem, serta mampu memaparkan berbagai masalah yang muncul pada perangkat lunak.

Perbedaan Quality Assurance dan Quality Control

Bagi sebagian orang tentunya menganggap bahwa posisi QA sama dengan QC, namun pada dasarnya kedua pekerjaan tersebut memiliki tugas yang berbeda. Quality Assurance (QA) bertugas untuk memastikan bahwa keseluruhan sistem pada produk berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna.

Sedangkan, tugas dari Quality Control (QC) adalah memastikan dan memantau kualitas dari standarisasi sistem telah tercapai dengan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya oleh perusahaan.

Sehingga, kedua posisi ini memiliki keterkaitan dan dapat bekerja secara bersamaan dan saling berkolaborasi. Terkait dengan jenjang karier dari QA, anda dapat menjadi seorang Project Manager apabila sudah memiliki pengalaman dalam menganalisis dan mengaudit kebutuhan produk.

Kemudian, anda juga dapat menjadi DevOps yang bekerja dalam mengotomatisasi setiap proses pada tahap pengembangan aplikasi agar perangkat lunak berjalan lebih efektif, andal, dan efisien.

Atau, anda juga dapat memulai karier menjadi Customer Experience Leader atau IT Management yang berperan penting dalam memegang kendali penuh dari setiap proses pengembangan produk dan mengutamakan setiap kebutuhan dari customer.

Gaji Quality Assurance

Setelah mengetahui definisi umum dari Quality Assurance, selanjutnya kita akan membahas sedikit terkait dengan gaji rata – rata yang diperoleh di Indonesia. Menurut sumber dari website Liputan6, gaji yang ditawarkan untuk posisi QA maupun QC cukup besar, yaitu berkisar antara 3 – 4 juta rupiah.

Sedangkan, jika mempunyai pengalaman lebih atau menempati pada posisi senior, gaji yang didapatkan seorang Qualitity Assurance adalah kisaran antara 10 – 15 juta rupiah. Angka tersebut disesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi setiap perusahaan.

Tugas Quality Assurance

Lantas, tugas dan tanggung jawab apa saja yang harus dikerjakan oleh seorang Quality Assurance? Berikut merupakan beberapa peran penting yang secara umum harus dilakukan.

  1. Membuat kebutuhan dokumen, draf, dan mampu mengimplementasikan setiap standar prosedur QA untuk kepentingan organisasi maupun bisnis yang dijalankan.
  2. Melakukan evaluasi terhadap hasil regulasi baru dan yang sudah ada untuk memastikan setiap protokol berjalan dengan semestinya.
  3. Melakukan proses audit terhadap setiap fitur dan fungsionalitas dari aplikasi.
  4. Memastikan ulang bahwa kualitas produk telah diperbarui dan diuji cobakan.
  5. Dapat memastikan kembali terhadap penyesuaian yang sedang terjadi, serta mengurangi tingkat terjadinya risiko manajemen yang dapat mempengaruhi aktivitas perusahaan atau organisasi.

Skill Quality Assurance

Skill quality assurance
Skill Quality Assurance © Freepik

Setelah memahami beberapa tugas yang dijalankan oleh QA, selanjutnya anda juga harus memahami skill dan kemampuan dasar untuk dapat bekerja secara profesional dan sesuai dengan kualifikasi kerja pada perusahaan IT. Berikut merupakan skill yang harus dimilki seorang Qualitity Assurance (QA):

  1. Mampu untuk memahami, berkomunikasi, dan membaca data dengan baik.
  2. Memiliki keahlian dalam manajemen proyek yang optimal.
  3. Memahami bagaimana sebuah produk dapat mempengaruhi pola pikir, kebiasaan, dan kehidupan manusia.

Kemudian, untuk proses software Quality Assurance apa saja yang dibutuhkan saat ini? Kemampuan yang penting untuk dimiliki, antara lain sebagai berikut:

  1. Analisa dan pengujian fungsional
  2. Perbaikan proses
  3. Mindset atau pola pikir pengujian
  4. Defect management
  5.  Pengujian keamanan
  6. Otomasi
  7. UAT (User Acceptance Testing)
  8. Pengujian performa dari produk

Untuk menjalankan kedelapan proses tersebut, tentu saja anda membutuhkan dukungan tools yang kompatibel dan sesuai dengan pekerjaan tersebut, seperti instalasi GIT. Selain itu, anda juga harus memahami algoritma dan struktur data bahasa pemrograman yang digunakan dalam perusahaan tempat anda bekerja.

Pastikan juga untuk memahami konsep Agile Development menggunakan metode Scrum untuk membantu alur proses pembuatan produk. 

Kesimpulan

Setelah mengetahui pekerjaan dari Quality Assurance, selanjutnya anda dapat menentukan tujuan karier anda. Apakah anda memiliki ketertarikan dan mempunyai minat untuk menjadi seorang QA atau tidak. Pastikan, untuk selalu memperluas relasi dan memperbanyak informasi berkaitan dengan software, tools, dan manajemen yang digunakan dalam pekerjaan ini.

Sekawan Media menyediakan jasa app development profesional untuk membantu percepatan kebutuhan bisnis anda. Jika anda tertarik, silakan hubungi kontak kami untuk mendapatkan penawaran khusus.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: