siakad SMA

Sistem Informasi Akademik

Overview

Sistem Informasi Akademik Sekolah Terpadu (SIMASTER) diterapkan pada manajemen pendidikan SMAK Kosayu Malang. Saat ini manajemen akademik menjadi bagian dalam aktivitas pendidikan. Semua institusi pendidikan melakukan peningkatan sistem akademik mereka.

Peningkatan layanan pada sistem akademik diberikan kepada para pihak yang berperan dalam kegiatan akademik. Peningkatan layanan tersebut menunjukan kualitas dari manajemen akademik dari institusi. Sistem informasi yang diterapkan pada urusan akademik sebuah institusi pendidikan akan memudahkan proses belajar mengajar.

Adanya Sistem Informasi Akademik Sekolah Terpadu (SIMASTER) membantu dalam melakukan peningkatan pada sistem akademik institusi pendidikan khususnya di SMAK Kosayu Malang.

 

Category : Mobile App Development 
Client : SMAK Kosayu Malang
Location : Kota Malang

Permasalahan

Manajemen pendidikan yang dilakukan tanpa menggunakan sistem informasi tentunya akan menimbulkan beberapa permasalahan, diantaranya adalah:

  • Kesalahan penginputan nilai
    Manajemen akademik yang dilakukan secara konvensional akan berpotensi melakukan kesalahan, terlebih lagi saat penginputan nilai. 
  • Kerja overtime 
    Saat proses cetak rapor akan membutuhkan waktu lama hingga bekerja sampai overtime karena melakukan penginputan nilai secara konvensional.
  • Beban tenaga kerja tinggi
    Penambahan beban yang didapat oleh pekerja karena semua proses dilakukan secara manual. Berdampak pada beban pekerja yang semakin tinggi serta membutuhkan waktu lama dalam melakukan proses kerja. 

Solusi

Dengan penerapan sistem informasi berupa SIMASTER pada urusan manajemen akademik pendidikan, tentunya akan membantu proses akademik agar berjalan dengan baik dan optimal. Keunggulan dari penerapan SIMASTER antara lain adalah:

  • Meminimalisir kesalahan penginputan nilai
    Penerapan sistem informasi pada urusan akademik akan memudahkan dalam penginputan nilai serta akan mengurangi kesalahan karena memiliki kecanggihan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan akademik.
  • Menghemat waktu kerja
    Penerapan sistem informasi akan memberikan kemudahan dalam melakukan proses kerja, pekerjaan  akan lebih cepat selesai serta para tenaga kerja tidak harus bekerja lembur atau overtime saat akan melakukan pencetakan rapor.  
  • Pengelolaan data mudah dilakukan
    Pengelolaan data siswa, pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal, bahkan penilaian akademis akan dengan mudah dilakukan dalam penerapan SIMASTER. 
  • Memiliki  berbagai fitur pembantu
    Sistem informasi akademik memiliki banyak fitur sistem yang membantu pekerjaan tenaga didik, memiliki modul sebagai panduan penggunaan sistem informasi.

Portofolio Terkait