Sistem Informasi Pelayanan Publik

Sistem Informasi Pelayanan Publik

Overview

Sistem informasi pelayanan publik yang diterapkan dalam urusan layanan masyarakat Kota Blitar. Pembuatan sistem ini untuk membantu masyarakat dalam melakukan urusan pemberkasan.

Sistem Informasi Layanan Publik Terintegrasi Secara Elektronik Kota Blitar (SILPUSITRON) adalah bentuk sistem aplikasi untuk memudahkan urusan layanan berkas masyarakat yang diterapkan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Blitar.

Penerapan aplikasi ini memudahkan pekerjaan serta dapat diakses secara online sehingga mampu digunakan kapan saja dan darimana saja. Selain itu pelayanan akan lebih cepat terselesaikan. 

 

Category : Web Application Development
Client : Dinas Komunikasi dan Informatika
Location : Kota Blitar

Permasalahan

Proses pelayanan yang dilakukan secara manual atau konvensional memiliki beberapa kekurangan serta permasalahan, diantaranya adalah:

  • Pemberkasan membutuhkan waktu lama 
    Cara manual menjadikan lamanya dalam proses pengurusan berkas, urusan masyarakat tidak cepat selesai.
  • Kurangnya pemantauan 
    Penerapan cara manual menjadikan masyarakat tidak dapat memantau proses berkas serta menjadikan proses tidak transparan.
  • Minim informasi
    Kurangnya penyebaran informasi kepada masyarakat mengenai persyaratan berkas, yang akan memperlama proses berkas.
  • Terjadi penyalahgunaan kewenangan
    Dalam praktek penyeleggaraan layanan publik, sering terjadi penyalahgunaan wewenang dan informasi terkait dengan berkas maupun laporan masyarakat. Sehingga, perlu adanya sistem terpusat untuk memonitoring setiap aktivitas dari pemangku kepentingan.

Solusi

Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) memiliki fitur-fitur serta kelebihan yang sangat membantu urusan layanan publik, kelebihan tersebut ialah:

  • Waktu lebih cepat
    Pengurusan berkas menggunakan sistem informasi akan lebih cepat dilakukan karena akan urusan berkas dilakukan secara tersistem.
  • Pemantauan lebih mudah
    Dengan sistem online masyarakat dapat memantau berkas yang mereka miliki dengan mudah, hanya dengan mengakses secara online.
  • Informasi memadai
    Penggunaan sistem berbasis web akan mudah memberikan informasi terkait persyaratan pembuatan berkas. Publik dapat mengetahui informasi hanya dari sistem dan dapat dilakukan secara online.
  • Sistem terintegrasi
    Sistem informasi pelayanan publik memiliki sistem yang terintegrasi dengan mempunyai banyak fitur dan kecanggihan yang akan menjadikan urusan pemberkasan serta persuratan mudah dilakukan. Fitur yang dimiliki memudahkan pekerjaan para aparatur dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Portofolio Terkait