Cover Perijinan Online

Sistem Perizinan Online

Overview

Sistem Perizinan Online merupakan aplikasi yang diterapkan di Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan berakibat kunjungan yang memerlukan perizinan. Perizinan tentunya dilakukan dilakukan dengan pihak penanggung jawab yaitu Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sistem Perizinan Online ini membantu Balai Konservasi dalam menangani permasalahan izin yang menumpuk. Tuntutan yang besar berakibat pada kerja Balai Konservasi tidak maksimal dalam melakukan prosesnya.

Dukungan aplikasi ini akan memudahkan wisatawan dalam mengurus perizinan, selain itu tenaga kerja pada balai konservasi akan lebih terbantu serta penanganan surat izin cepat terselesaikan.

Category : Web Development 
Client : BKSDA Nusa Tenggara Timur
Location : Kupang, Nusa Tenggara Timur

Permasalahan

Proses pembuatan serta alur perizinan dilakukan secara manual atau konvensional akan memiliki banyak sekali permasalahan dan batasan. Hal tersebut diantaranya adalah:

  • Jumlah perizinan yang cukup banyak
    Banyaknya wisatawan yang datang akan berakibat pada banyaknya perizinan yang diberikan kepada balai konservasi, hal ini akan berpengaruh pada tingkat pelayanan yang diberikan. 
  • Rentan kesalahan data
    Pengelolaan yang dilakukan secara manual berakibat pada sering terjadinya kesalahan dalam melakukan pendataan, kesalahan yang terjadi juga berdampak pada proses kerja yang dilakukan akan bertambah. 
  • Dokumen perizinan tidak tertata
    Pengarsipan dokumen tidak dilakukan secara rapi sehingga banyaknya arsip yang tidak terdokumentasi atau tercatat.
  • Rekapitulasi data lama
    Oleh karena cara yang digunakan masih manual, maka dalam melakukan pelaporan membutuhkan waktu yang cukup lama yang berdampak pada proses pembuatan laporan.
  • Kesulitan dalam pengajuan
    Pengajuan yang dilakukan secara langsung atau on the spot mengakibatkan pengaju kesulitan dalam melakukan pengajuan perizinan.

Solusi

Dengan penerapan sistem perizinan online pada Pulau Komodo dan membantu Balai Konservasi Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Diharapkan aplikasi ini mampu memberikan kemudahan serta solusi dari permasalahan-permasalahan yang timbul. Solusi tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Membantu pengelolaan perizinan
    Banyaknya aktivitas perizinan mulai dari perizinan baru, unggah berkas, verifikasi berkas, serta riwayat perizinan akan dibantu oleh sistem sehingga pekerjaan akan lebih ringan serta terbantu.
  • Penyimpanan data aman
    Dengan penggunaan sistem perizinan online data dari pengaju perizinan akan tersimpan di sistem dan data yang dimiliki akan lebih tertata sehingga tidak khawatir data hilang.
  • Proses pelaporan data cepat dan efektif
    Penggunaan aplikasi akan mempercepat proses pelaporan data serta rekapitulasi cepat terselesaikan dan tidak membutuhkan banyak waktu.
  • Kemudahan surat izin
    Aplikasi perizinan akan memudahkan wisatawan dalam melakukan izin, perizinan tidak dilakukan secara langsung ditempat yang akan menjadikan mudah wisatawan dalam melakukan perizinan. Wisatawan dapat melakukan izin melalui aplikasi secara online.

Portofolio Terkait

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment