Menu Close

Ketahui Fungsi RAM Pada HP, Laptop, dan Komputer

Table of Contents
Table of Contents

Fungsi utama dari RAM sendiri adalah untuk menyimpan berbagai file sistem dan aplikasi yang digunakan oleh sistem gadget “untuk sementara”. Setelah disimpan di sana, gadget akan dengan cepat dan otomatis membaca, menjalankan, atau meluncurkan aplikasi.

Pengguna teknologi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah RAM atau random access memory. RAM adalah perangkat yang biasanya digunakan di komputer dan perangkat lain seperti smartphone. Tapi tahukah Anda fungsi RAM dan jenis-jenisnya?

RAM dapat digunakan sebagai penyimpanan data primer, tetapi beberapa menggunakannya sebagai penyimpanan data sekunder dari waktu ke waktu. Di bawah ini kami jelaskan apa itu RAM, jenis dan fungsi RAM yang telah kami siapkan. Simak terus sampai akhir, ya!

fungsi ram
Hardware © Unsplash

Apa Itu RAM?

fungsi ram
Ilustrasi RAM © Unsplash

RAM adalah perangkat keras yang disertakan dalam perangkat Anda untuk menyimpan data. RAM pertama kali ditemukan oleh Robert Dennard pada tahun 1968. RAM menangani semua data dan perintah yang dimasukkan oleh pengguna dan menyimpan data sementara. Data tersebut akan ditransfer ke hard drive, alat untuk penyimpanan data permanen.

Jumlah RAM di perangkat Anda sangat mempengaruhi seberapa cepat perangkat Anda memproses data. Semua aktivitas yang dilakukan pada perangkat, seperti menyimpan dan membuka data, menjalankan program, dan lain sebagainya, akan berjalan lebih cepat tergantung pada jumlah RAM di perangkat.

Baca Juga: Software Development dan Metode Pengembangan Perangkat Lunaka

Apa Fungsi RAM?

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu RAM, fungsi utama dari RAM sendiri adalah untuk menyimpan berbagai file sistem dan aplikasi yang digunakan oleh sistem gadget “untuk sementara”. Setelah disimpan di sana, gadget akan dengan cepat dan otomatis membaca, menjalankan, atau meluncurkan aplikasi. Berbagai file sistem dan aplikasi di gadget itu sendiri, termasuk file sistem operasi (OS), disimpan di penyimpanan internal perangkat sebelum disimpan di RAM.

Sesuai kebutuhan, file atau aplikasi ini dimuat ke dalam RAM agar gadget Anda tetap berjalan dengan lancar. Saat file atau aplikasi tidak digunakan, RAM secara otomatis menghapusnya, membuat bagian RAM yang digunakan tersedia untuk digunakan kembali oleh aplikasi lain. Selain itu, informasi yang disimpan dalam RAM biasanya hilang atau dihapus secara otomatis saat ponsel dihidupkan ulang. Berikut adalah beberapa fungsi lain RAM yang harus Anda ketahui. Yuk simak penjelasannya!

A. Fungsi RAM Pada HP

1. Bisa Support Multitasking

Karena adanya RAM dalam jumlah besar, perangkat HP dapat bekerja dan membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Tentu saja, semakin banyak RAM yang tersedia, HP Anda akan semakin lancar. Jika memiliki banyak RAM, proses penggunaan multitasking akan jauh lebih lancar.

2. Dapat Digunakan Untuk Membaca Data

Pemuatan data adalah salah satu fitur dan fungsi dari RAM pada HP. Ketika Anda memuat dan menyimpan data di sistem HP, semua data dan informasi akan disimpan sementara. Saat aplikasi dibuka, RAM membaca data aplikasi. Ini pasti akan mempercepat sistem Anda. 

3. Untuk Meningkatkan Spesifikasi

Fungsi lain dari RAM pada HP adalah peningkatan spesifikasinya. Hal ini sering menjadi pertimbangan dengan meningkatnya spesifikasi. Kehadiran RAM dalam jumlah besar juga biasanya masuk dalam daftar spesifikasi tinggi. 

B. Fungsi RAM Pada Laptop dan Komputer

Fungsi RAM pada laptop adalah sebagai media penyimpanan sementara. RAM menyimpan data yang terkait dengan sistem operasi, aplikasi, atau program yang sedang berjalan. Satu-satunya alasan RAM ada di laptop atau PC adalah untuk membantu prosesor memproses data. Data sistem yang dibutuhkan oleh RAM diambil dan diproses oleh prosesor.

Besarnya kapasitas RAM berpengaruh besar terhadap kinerja laptop. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin besar data atau sistem yang berjalan. Di sisi lain, jika jumlah RAM kecil, sistem dan data tidak dapat diproses secara cepat dan komprehensif.

Beberapa pekerjaan dan hobi membutuhkan perangkat dengan banyak RAM internal. Misalnya, desainer grafis, gamer, dan orang yang berjuang dengan ruang data membutuhkan RAM dalam jumlah besar. Untuk memenuhi kebutuhan ini, produsen laptop memproduksi komputer portabel dengan kapasitas RAM yang besar mulai dari 4GB, 8GB hingga 32GB.

Jumlah RAM memang sangat penting, tetapi jangan lupakan teknologi. Di pasaran Anda bisa menemukan laptop dengan RAM DDR3, DDR4 hingga DDR5 terbaru. Pasalnya, semakin baru teknologi dan variasi RAM, semakin cepat kinerja laptop. Ini karena RAM yang lebih cerdas dapat mengirimkan data lebih banyak dan lebih cepat ke prosesor, yang meningkatkan kinerja laptop.

fungsi ram pada laptop
RAM © Unsplash

Perawatan juga harus dilakukan saat memasang RAM yang lebih besar. Mainboard atau motherboard komputer hanya membatasi berapa banyak ruang dan RAM yang dapat Anda pasang. Selain itu, prosesor dan sistem operasi Anda dapat membatasi jumlah RAM yang dapat Anda tangani. Kompatibilitas RAM juga sangat berpengaruh karena berbagai jenis RAM memiliki bentuk fisik yang berbeda.

Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa fungsi RAM pada laptop antara lain sebagai media untuk menyimpan memori sementara. Kemudian tingkatkan kinerja multitasking Anda. Ketiga, mempercepat pemrosesan informasi. Lagi pula, fungsi dari RAM laptop adalah untuk meningkatkan kinerja grafis dan pemrosesan data.

Baca Juga: Lakukan Data Cleaning, Langkah Pengolahan Data Agar Lebih Rapi

Itulah tadi fungsi RAM pada HP, Laptop, dan Komputer. Ketahui juga bahwa Anda perlu berhati-hati dalam memilih kapasitas RAM untuk perangkat Anda. Simak informasi bermanfaat lainnya di artikel selanjutnya!

Selain memberikan berbagai informasi yang informatif, Sekawan Media juga menawarkan Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan Ios untuk Anda yang ingin memulai bisnis.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: