Menu Close

Rekomendasi Website Builder Bagi Pemula yang Ingin Memulai Bisnis

Table of Contents
Table of Contents

Website builder membantu Anda dalam menghemat anggaran biaya yang diperlukan untuk pengembangan dan pemeliharaan situs web. Selain menghemat biaya, Anda juga dapat menghemat waktu karena di era sekarang, website builder hadir dengan solusi praktis dan efektif.

website builder terbaik
Contoh website builder © Unsplash

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi website builder terbaik yang akan membantu Anda dalam memulai bisnis online. Simak terus, ya!

Apa Itu Website Builder?

Website Builder adalah aplikasi desain web berbasis internet yang memungkinkan Anda  membuat situs web profesional dengan cepat, mudah, dan murah tentunya. Dalam hitungan  menit, situs web profesional Anda sudah dapat dijalankan secara online dan digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis atau mengiklankan produk dan layanan Anda melalui internet. 

Fungsionalitas satelite web builder juga canggih, modern, inovatif, dan sangat membantu dalam menambah, mengedit, dan menghapus konten artikel, gambar, atau konten multimedia lainnya dengan mudah. Kebutuhan akan keterampilan bahasa pemrograman juga sangat minim. 

Keuntungan Website Builder

a. Hemat Waktu dan Biaya

Website builder akan membantu Anda dalam menghemat anggaran biaya yang diperlukan untuk pengembangan dan pemeliharaan situs web. Selain menghemat biaya, Anda juga dapat menghemat waktu karena di era sekarang, website builder hadir dengan solusi praktis dan efektif. Apalagi, saat ini banyak sekali website builder yang gratis, namun tetap menyediakan fitur-fitur terbaik.

b. Tidak Perlu Ahli Dalam Bahasa Pemograman

Tidak perlu repot mempelajari HTML, PHP, JavaScript, CSS, atau apa pun yang membutuhkan waktu, tenaga,  dan coba-coba. Anda hanya perlu fokus untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Faktor Penting yang Dibutuhkan Saat Memilih Website Builder

1. Kemudahan penggunaan

Tujuan utama menggunakan website builder adalah guna membuat situs web dengan cara semudah mungkin. Website builder yang tidak ramah pengguna akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara menggunakannya. Pastikan website builder pilihan Anda  adalah website builder user friendly.

2.  Koleksi Template Situs Web 

Salah satu hal yang membuat website builder menarik adalah templatenya. Template memudahkan untuk membuat segala jenis situs web. Dari situs pribadi hingga situs perusahaan dan toko online. Cukup pilih template yang sesuai untuk jenis situs web yang  Anda buat. Kemudian edit sesuka Anda. Jadi, usahakan untuk memilih website builder yang menawarkan koleksi templat situs web lengkap. Anda tidak akan pernah kehabisan pilihan. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas template Anda juga. 

Baca juga: Pengertian Website, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

3. Fitur 

Setiap website builder memiliki serangkaian fitur hebatnya sendiri. Beberapa menawarkan opsi pengeditan lengkap, tema ramah seluler, atau berbagai alat tambahan untuk mempermudah pembuatan situs web. Jadi apa saja fitur terbaik yang dapat ditawarkan oleh pembuat situs web? Semua yang Anda butuhkan untuk membangun situs web Anda. Terlepas dari fitur apa yang mereka tawarkan, pastikan Anda benar-benar membutuhkannya. Jangan tergiur dengan fitur yang tidak Anda gunakan. 

Website Builder Terbaik Untuk Memulai Bisnis Online

a. WordPress

rekomendasi website builder terbaik
Tampilan wordpress © Unsplash

WordPress adalah salah satu platform yang paling populer. Ini bukan pembuat web semata, tetapi Anda dapat mengaktifkan berbagai plugin dan fitur pembuat situs web lainnya seperti: B. Elementor dan Pembangun Berang-berang. Selain  fleksibilitas dan kemudahan penyesuaian, platform ini adalah pilihan yang memuaskan dan pilihan yang cocok untuk pemula. 

WordPress juga banyak digunakan oleh perusahaan besar dan pemerintah. Untuk menjaga keamanan situs web Anda, WordPress menawarkan berbagai plugin keamanan untuk mencegah peretasan. Tetapi Anda memerlukan hosting domain terlebih dahulu untuk menggunakannya. Biasanya, penyedia hosting sudah menawarkan instalasi WordPress. 

Fitur

  1. Memiliki ratusan tema gratis dan  premium untuk membuat situs web Anda terlihat lebih profesional. 
  2. Berbagai fitur bawaan memudahkan berbagi konten ke akun media sosial Anda. 
  3. Aplikasi seluler dan desktop. WordPress menyediakan aplikasi yang memudahkan untuk mengedit konten Anda kapan saja, di mana  saja. 

Harga

WordPress adalah salah satu website builder yang gratis. Namun, ada opsi dan plugin tema premium berbayar.

b. WIX

Website builder kedua yang paling direkomendasikan adalah Wix. Wix adalah pembuat web  yang sangat mudah digunakan, terutama untuk pemula. Wix tidak hanya gratis, tetapi juga memiliki berbagai fitur menarik seperti drag-and-drop builder, 500+ template situs web, tema ramah seluler, dan banyak lagi. Ada juga layanan halaman pusat dukungan yang menjawab berbagai pertanyaan tentang pembuatan situs web. 

Fitur

  1. Editor Wix memiliki berbagai alat desain menarik seperti font tak terbatas, efek gulir, galeri media, dan banyak lagi. 
  2. Dengan Wix ADI Anda dapat membuat situs web dalam waktu  singkat. Jadi fitur ini mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda dan secara otomatis membuat situs web berdasarkan jawaban yang Anda berikan. 
  3. Corvid by Wix adalah platform pengembangan terbuka yang membantu Anda membangun aplikasi web. Fitur ini sangat bagus untuk pengembang web. 

Harga

Website Builder ini gratis. Namun, Anda bisa melakukan upgrade untuk fitur yang lebih lengkap. 

c.  SquareSpace

Disini, Anda dapat memilih dari berbagai template untuk membuat  blog pribadi, toko online, atau situs web acara. Squarespace juga menawarkan bandwidth dan penyimpanan tak terbatas, keamanan SSL, domain kustom gratis, dan dukungan pelanggan 24/7 untuk semua layanan.

Fitur

  1. Alat blogging yang memudahkan untuk memposting konten, mengkategorikan konten, dan menjadwalkan rilis. 
  2. Analytics yang memungkinkan Anda memantau perubahan jumlah pengunjung, performa konten, hingga tampilan listing produk dalam bentuk grafik dan tabel. 
  3. Berbagai fitur tata letak email, pengeditan konten email  yang mudah, analitik untuk memantau efektivitas kampanye. 
  4. Media sosial yang memungkinkan Anda menghubungkan situs web Anda dengan akun media sosial  seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. 
  5. Pengeditan seluler yang dapat diunduh ke iOS atau Android. 

Harga

Website Builder ini gratis. Meskipun gratis, fitur yang disediakan amat sangat banyak dan cukup untuk pemula.

d. Shopify

Shopify adalah website builder untuk membuat toko online. Ini dapat digunakan untuk segala hal mulai dari membangun merek, pemasaran, menerima pembayaran hingga pengiriman.

Fitur

  1. Intuitive dashboard, untuk mengelola order, shipping, dan pembayaran dalam satu dashboard.
  2. Fitur lengkap untuk membangun toko online
  3. Alat branding gratis

Harga

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapat free trial selama 14 hari.

Baca juga: Business Intelligence dan Perannya Dalam Dunia Bisnis

e. Webnode

Web builder ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan  memungkinkan untuk membangun website dengan waktu yang relatif singkat dengan dukungan berupa template yang sangat variatif.

 Fitur 

  • Fitur website bisnis, yang dapat menggunakan berbagai fitur seperti SEO tools, membership registration, dan form builder.
  • Fitur toko online, di mana kamu bisa membangun toko online dengan dukungan fitur shipping dan pembayaran, juga fitur diskon dan tidak lupa fitur analytics toko.

  Harga

Website Builder ini gratis. Meskipun gratis, fitur yang disediakan amat sangat banyak dan cukup untuk pemula.

Itulah tadi rekomendasi free website builder dengan fitur-fitur terbaik untuk pemula, apalagi yang ingin memulai bisnis online. Simak informasi menarik lainnya di artikel berikutnya!

Sekawan Media juga menawarkan jasa pembuatan website untuk Anda yang ingin memulai bisnis online, namun ingin hemat biaya dan waktu.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: