• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Rekomendasi 5 Website Builder untuk Bisnis bagi Pemula

Daftar Isi
Daftar Isi
Website builder membantu Anda dalam menghemat anggaran biaya yang diperlukan untuk pengembangan dan pemeliharaan situs web. Selain menghemat biaya, Anda juga dapat menghemat waktu karena di era sekarang, website builder hadir dengan solusi praktis dan efektif.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi website builder terbaik yang akan membantu Anda dalam memulai bisnis online. Simak terus, ya!

Apa Itu Website Builder?

Website builder terbaik
Contoh website builder © Unsplash

Website Builder adalah aplikasi desain web yang memberikan Anda kesempatan membuat web profesional dengan cepat, mudah, dan murah.

Dalam hitungan  menit, situs web profesional Anda sudah dapat dijalankan secara online dan digunakan untuk mendukung aktivitas bisnis atau mengiklankan produk dan layanan Anda melalui internet. 

Fungsionalitas satelite web builder juga canggih, modern, inovatif, dan sangat membantu dalam menambah, mengedit, dan menghapus konten artikel, gambar, atau konten multimedia lainnya dengan mudah. Kebutuhan akan keterampilan bahasa pemrograman juga sangat minim. 

Keuntungan Website Builder

a. Hemat Waktu dan Biaya

Website builder akan membantu Anda dalam menghemat anggaran biaya yang diperlukan untuk pengembangan dan pemeliharaan situs web. Selain menghemat biaya, Anda juga dapat menghemat waktu karena di era sekarang, website builder hadir dengan solusi praktis dan efektif.

Apalagi, saat ini banyak sekali website builder yang gratis, namun tetap menyediakan fitur-fitur terbaik.

b. Tidak Perlu Ahli Dalam Bahasa Pemograman

Tidak perlu repot mempelajari HTML, PHP, JavaScript, CSS, atau apa pun yang membutuhkan waktu, tenaga,  dan coba-coba. Anda hanya perlu fokus untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Faktor Penting yang Dibutuhkan Saat Memilih Website Builder

1. Kemudahan penggunaan

Tujuan utama menggunakan website builder adalah guna membuat situs web dengan cara semudah mungkin. Website builder yang tidak ramah pengguna akan menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara menggunakannya. Pastikan website builder pilihan Anda  adalah website builder user friendly.

2.  Koleksi Template Situs Web 

Salah satu hal yang membuat website builder menarik adalah templatenya. Template memudahkan untuk membuat segala jenis situs web. Dari situs pribadi hingga situs perusahaan dan toko online. Cukup pilih template yang sesuai untuk jenis situs web yang  Anda buat. Kemudian edit sesuka Anda.

Jadi, usahakan untuk memilih website builder yang menawarkan koleksi template situs web lengkap. Anda tidak akan pernah kehabisan pilihan. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas template Anda juga. 

Baca juga: Pengertian Website, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

3. Fitur 

Setiap website builder memiliki serangkaian fitur hebatnya sendiri. Beberapa menawarkan opsi pengeditan lengkap, tema ramah seluler, atau berbagai alat tambahan untuk mempermudah pembuatan situs web.

Jadi apa saja fitur terbaik yang dapat ditawarkan oleh pembuat situs web? Semua yang Anda butuhkan untuk membangun situs web Anda. Terlepas dari fitur apa yang mereka tawarkan, pastikan Anda benar-benar membutuhkannya. Jangan tergiur dengan fitur yang tidak Anda gunakan. 

Fungsi Website Builder bagi Bisnis

Ada beberapa fungsi pada website builder yang berguna bagi banyak orang dalam membuat suatu situs web.

Website builder membantu orang yang belum mahir dalam membangun situs web. Mereka dapat mengatur tata letak dan konten situs web dengan cepat dan mudah menggunakan antarmuka drag & drop yang mudah digunakan.

Penggunaan web builder akan memudahkan pengelolaan konten seperti editing, penambahan konten baru, maupun penghapusan konten. Tata letak yang mudah dimengerti membuat pengguna yang belum mahir menggunakan website bisa mengotak atik tata letak konten mereka sesuai preferensi.

web builder juga mempermudah pembaharuan sistem dan pemeliharaan situs web. Web builder memiliki beberapa fitur seperti pengadaan domain dan penyempurnaan konten dan template melalui teknologi AI. Sehingga pengguna dapat dengan mudah memperbarui situs web mereka.

Hal ini memudahkan konten atau produk yang terpajang pada website lebih mudah dikenali dan pengguna akan lebih tertarik dengan tatanan produk yang dijual.

Jenis Jenis Web Builder

Secara umum, ada tiga jenis web builder yang paling sering digunakan. Berikut adalah jenis web builder yang digunakan berdasarkan cara kerjanya.

Web builder berbasis template

Web builder jenis ini sangat populer, terutama bagi pengguna yang ingin membuat situs web profesional tanpa harus memulai dari nol. Tool ini menawarkan berbagai template siap pakai dengan desain profesional.

Setiap template didedikasikan untuk berbagai jenis situs web, termasuk blog, portofolio, dan e-Commerce.

Anda dapat memilih template yang anda suka, lalu mengganti konten anda melalui fitur placeholder. Selain itu anda dapat mengubah beberapa elemen desain seperti warna template ataupun font tulisan.

Web builder Drag-and-Drop

Web builder ini menggunakan basis interface dimana anda dapat memilih banyak elemen yang sudah siap pakai seperti gambar, formulir kontak, dan teks.

Anda juga dapat mengubah ukuran template sesuai ukuran yang telah disediakan. Sehingga template bisa lebih menyesuaikan dengan resolusi pada konten anda. Anda cukup menggunakan mode editor untuk mengubah dan memindahkan konten anda melalui placeholder.

Web builder berbasis CMS (Content Management System)

Web builder CMS merupakan jenis web builder yang fleksibel dimana anda dapat mengedit langsung melalui kode-kode website sehingga anda dapat mengedit kerangka dalam website tersebut.

Web builder ini memungkinkan anda untuk membuat segala jenis website seperti website portofolio, toko online. Web builder ini cocok untuk pengguna yang mementingkan fleksibilitas dan suka mengganti fungsi website mereka dalam jangka waktu yang dekat.

Meskipun begitu, kerangka builder berbasis CMS lebih sulit dipelajari dibandingkan dengan jenis lainnya dikarenakan lebih kompleks dan tertata.

Kelebihan Web Builder

Web builder memiliki kelebihan yang bermanfaat bagi penggunanya. Berikut adalah kelebihan dari web builder yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna saat membuat website.

Kemudahan penggunaan

Hal yang menonjol pada web builder dibandingkan dengan platform pembuatan situs web lainnya karena sangat mudah digunakan. Web buider menawarkan beberapa opsi yang memungkinkan Anda membuat dan mendesain situs web tanpa keahlian teknis apa pun.

Sebagian besar web builder menawarkan antarmuka drag-and-drop yang memungkinkan Anda memilih item, seperti gambar, video, dan kotak teks, lalu menempatkannya di mana saja di halaman web.

Opsi kustomisasi

Pada umumnya, web builder dilengkapi dengan ratusan template website profesional gratis yang dapat Anda modifikasi. Anda dapat mengatur skema, gaya font, tata letak konten, dan struktur situs web.

Sebagian besar pembangun juga menyediakan koleksi foto gratis dan terintegrasi dengan web foto stok gratis. Anda dapat menambahkan ikon media sosial, link eksternal atau elemen visual lainnya tanpa memulai dari awal.

Kekurangan Web Builder

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa web builder memiliki beberapa kekurangan yang mungkin dapat menyulitkan pengguna. Berikut adalah kekurangan web builder yang harus diperhatikan pengguna.

Keterbatasan fleksibilitas

Meskipun alat ini memiliki banyak pilihan kustomisasi, itu masih agak terbatas dibandingkan dengan situs web kustomisasi. Ada beberapa pembuat situs yang memiliki ekosistem tertutup, yang berarti Anda hanya dapat menyesuaikan situs Anda dengan template dan struktur yang sudah ada di pembuat situs tersebut.

Selain itu, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fitur atau elemen desain tertentu dengan website builder online.

User Dependency

Anda akan bergantung pada penyedia layanan web builder untuk menjalankan dan menjaga situs Anda. Jika server penyedia mengalami masalah, website Anda akan menjadi offline. Hal ini akan merugikan pengguna terutama pengguna yang menggunakan website mereka untuk bisnis.

Kemudian, Anda mungkin harus membangun ulang website dari awal jika penyedia memutuskan untuk menghentikan layanan mereka atau berhenti mendukung pembuat situs yang Anda gunakan.

Keterbatasan skalabilitas

Website builder cocok untuk situs web berukuran kecil hingga sedang, tetapi mungkin tidak cocok untuk situs web besar yang memiliki struktur yang rumit atau fitur khusus.

Jika situs web Anda terus berkembang, Anda mungkin memerlukan lebih banyak fitur dan sumber daya.

Website Builder Terbaik Untuk Memulai Bisnis Online

a. WordPress

Rekomendasi website builder terbaik
Tampilan wordpress © Unsplash

WordPress adalah salah satu platform yang paling populer. Ini bukan pembuat web semata, tetapi Anda dapat mengaktifkan berbagai plugin dan fitur pembuat situs web lainnya seperti: B. Elementor dan Pembangun Berang-berang.

Selain  fleksibilitas dan kemudahan penyesuaian, platform ini adalah pilihan yang memuaskan dan pilihan yang cocok untuk pemula. 

WordPress juga banyak digunakan oleh perusahaan besar dan pemerintah. Untuk menjaga keamanan situs web Anda, WordPress menawarkan berbagai plugin keamanan untuk mencegah peretasan.

Tetapi Anda memerlukan hosting domain terlebih dahulu untuk menggunakannya. Biasanya, penyedia hosting sudah menawarkan instalasi WordPress. 

Fitur WordPress

  1. Memiliki ratusan tema gratis dan  premium untuk membuat situs web Anda terlihat lebih profesional. 
  2. Berbagai fitur bawaan memudahkan berbagi konten ke akun media sosial Anda. 
  3. Aplikasi seluler dan desktop. WordPress menyediakan aplikasi yang memudahkan untuk mengedit konten Anda kapan saja, di mana  saja. 

Harga WordPress

WordPress adalah salah satu website builder yang gratis. Namun, ada opsi dan plugin tema premium berbayar.

b. WIX

Website builder kedua yang paling direkomendasikan adalah Wix. Wix adalah pembuat web  yang sangat mudah digunakan, terutama untuk pemula. Wix tidak hanya gratis, tetapi juga memiliki berbagai fitur menarik seperti drag-and-drop builder, 500+ template situs web, tema ramah seluler, dan banyak lagi.

Ada juga layanan halaman pusat dukungan yang menjawab berbagai pertanyaan tentang pembuatan situs web. 

Fitur dari Wix

  1. Editor Wix memiliki berbagai alat desain menarik seperti font tak terbatas, efek gulir, galeri media, dan banyak lagi. 
  2. Dengan Wix ADI Anda dapat membuat situs web dalam waktu  singkat. Jadi fitur ini mengajukan beberapa pertanyaan kepada Anda dan secara otomatis membuat situs web berdasarkan jawaban yang Anda berikan. 
  3. Corvid by Wix adalah platform pengembangan terbuka yang membantu Anda membangun aplikasi web. Fitur ini sangat bagus untuk pengembang web. 

Harga Wix

Website Builder ini gratis. Namun, Anda bisa melakukan upgrade untuk fitur yang lebih lengkap. 

c.  SquareSpace

Disini, Anda dapat memilih dari berbagai template untuk membuat  blog pribadi, toko online, atau situs web acara. Squarespace juga menawarkan bandwidth dan penyimpanan tak terbatas, keamanan SSL, domain kustom gratis, dan dukungan pelanggan 24/7 untuk semua layanan.

Fitur dari SquareSpace

  1. Alat blogging yang memudahkan untuk memposting konten, mengkategorikan konten, dan menjadwalkan rilis. 
  2. Analytics yang memungkinkan Anda memantau perubahan jumlah pengunjung, performa konten, hingga tampilan listing produk dalam bentuk grafik dan tabel. 
  3. Berbagai fitur tata letak email, pengeditan konten email  yang mudah, analitik untuk memantau efektivitas kampanye. 
  4. Media sosial yang memungkinkan Anda menghubungkan situs web Anda dengan akun media sosial  seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. 
  5. Pengeditan seluler yang dapat diunduh ke iOS atau Android. 

Harga SquareSpace

Website Builder ini gratis. Meskipun gratis, fitur yang disediakan amat sangat banyak dan cukup untuk pemula.

d. Shopify

Shopify adalah website builder untuk membuat toko online. Ini dapat digunakan untuk segala hal mulai dari membangun merek, pemasaran, menerima pembayaran hingga pengiriman.

Fitur dari Shopify

  1. Intuitive dashboard, untuk mengelola order, shipping, dan pembayaran dalam satu dashboard.
  2. Fitur lengkap untuk membangun toko online
  3. Alat branding gratis

Harga Paket Shopify

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapat free trial selama 14 hari.

Baca juga: Business Intelligence dan Perannya Dalam Dunia Bisnis

e. Webnode

Web builder ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan  memungkinkan untuk membangun website dengan waktu yang relatif singkat dengan dukungan berupa template yang sangat variatif.

 Fitur Webnode 

  • Fitur website bisnis, yang dapat menggunakan berbagai fitur seperti SEO tools, membership registration, dan form builder.
  • Fitur toko online, di mana kamu bisa membangun toko online dengan dukungan fitur shipping dan pembayaran, juga fitur diskon dan tidak lupa fitur analytics toko.

  Harga Webnode

Website Builder ini gratis. Meskipun gratis, fitur yang disediakan amat sangat banyak dan cukup untuk pemula.

Demikian rekomendasi website builder gratis dengan fitur-fitur terbaik untuk pemula yang ingin menjalankan bisnis melalui website.

Menggunakan website builder memang dapat mempermudah pengembangan dan pemeliharaan web. Selain itu penggunaan website builder akan memberikan solusi praktis dan efektif di era sekarang ini.

Jika Anda sedang memulai bisnis dan ingin membuat website yang teroptimasi. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website untuk mendapatkan performa terbaik untuk situs anda.

Segera hubungi tim marketing Sekawan Media untuk mengkonsultasikan kebutuhan websitemu.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: