• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Cara Membuat Website untuk Tujuan Personal dan Bisnis

Daftar Isi
Daftar Isi

Dewasa ini, banyaknya tutorial untuk membuat suatu website pastinya dapat anda akses maupun dapatkan dengan mudah. Mulai dari tutorial membuat atau membangun website untuk para pemula dengan tingkat kesulitan yang rendah, pembuatan website pribadi yang menarik, pembuatan website untuk bisnis, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kami juga akan sajikan untuk anda bagaimana cara membuat website dengan mudah. Namun, sebelum membahasnya, mari kita simak penjelasan atau penjabaran singkat terkait dengan apa itu website beserta kegunaan dan cara kerjanya.

Apa itu Website?

Pada dasarnya, website merupakan suatu tempat berupa situs yang digunakan untuk meletakkan informasi tentang profil baik profil pribadi maupun perusahaan atau bisnis maupun topik-topik menarik lainnya.

Jika ditinjau secara teknis, website mengacu pada sebuah kumpulan halaman yang terikat satu sama lain pada internet. Halaman-halaman tersebut dikelompokkan menjadi satu kesatuan dan diberi nama atau alamat online unik.

Kumpulan halaman tersebut atau yang kita kenal sebagai laman web, biasanya berisi informasi-informasi maupun layanan tersedia dari suatu bisnis atau perusahaan.

Informasi tersebut dapat dimuat dalam bentuk berbeda seperti teks maupun kombinasinya dengan beberapa objek lain layaknya gambar, video, audio, serta animasi. Sedangkan sebuah layanan dapat berupa proses membeli atau menjual suatu produk secara digital.

Jika anda berperan sebagai audiens atau pengguna, anda hanya perlu perangkat seperti ponsel, komputer, atau device lainnya untuk mengakses sebuah website.

Anda juga perlu memasukkan alamat website ke dalam tempat yang sudah disediakan oleh mesin pencari dalam device anda. Pastikan juga bahwa perangkat anda terhubung dengan sambungan internet.

Kegunaan dan Cara Kerjanya

Website yang dibuat pada internet pasti memiliki tujuan dan maksud tertentu di balik pembuatannya. Perusahaan atau bisnis memiliki tujuan untuk pemberian informasi serta layanan melalui situs web kepada audiens, staff serta pelanggan mereka.

Situs web juga dapat dijadikan media hiburan seperti mengakses game atau permainan online, menonton film, mengakses audio atau musik, dan lain sebagainya.

Website penyedia informasi memiliki fungsi yakni tidak lain dan tidak bukan untuk melakukan penyampaian terhadap informasi-informasi secara spesifik, relevan, serta yang dapat memberikan manfaat kepada para audiens atau pengguna dari mesin telusur.

Dari hal tersebut, tentunya suatu website berisi informasi diharapkan agar setiap pengguna yang mengunjunginya dan membaca informasi di dalamnya dapat mempelajari sesuatu baru.

Oleh karena itu, web satu ini difokuskan untuk penyaluran informasi yang dapat ditindak lanjuti oleh para pengguna seperti tutorial, tips dan trik dalam melakukan atau memperbaiki sesuatu dan semacamnya.

Begitu pula dengan website untuk hiburan yang memiliki porsinya sendiri. Secara khusus website tersebut akan memuat media-media penunjang hiburan untuk pengguna semacam majalah, berita selebritas, film, musik, permainan, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Website

Ada beberapa jenis website yang perlu diketahui sebelum membuat sebuah website. Jenis website tersebut berbeda sesuai dengan tujuan pengguna. Berikut adalah jenis-jenis website yang umum dipakai:

1. Website Statis

Website statis biasanya memiliki tujuan yang sederhana dan desain dan fitur yang sederhana. Terlepas dari browser, lokasi, atau perangkat yang digunakan, setiap pengunjung ke website ini akan melihat konten dan tampilan yang sama.

Halaman web statis adalah pilihan yang sangat baik untuk portofolio dan katalog karena mereka tidak dapat menerima interaksi atau interaksi dari pengunjung. Namun, mereka masih dapat mengandung animasi dan elemen yang dapat diklik, seperti hyperlink atau tombol navigasi.

2. Website Dinamis

Kebalikan dari website statis, pada website dinamis faktor-faktor seperti waktu, lokasi, preferensi bahasa, dan interaksi yang pernah dilakukan pengunjung dengan situs web dapat memengaruhi bagaimana konten dan tampilan situs website berubah.

Hal ini membuat situs web yang selalu berubah ideal untuk media sosial, pemesanan tiket, forum, dan bisnis e-commerce atau toko online.

Unsur-Unsur Website

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat website adalah unsur-unsur yang ada pada website itu sendiri. berikut adalah unsur-unsur website yang harus diketahui sebelum membuat sebuah website.

1. Domain

Domain adalah alamat IP unik yang digunakan untuk mengakses situs web. Sederhananya, domain adalah komponen dari URL yang menunjukkan asal dan jenis situs web. Domain seperti.com,.id, atau.co.id memberikan identitas dan tujuan situs web.

2. Hosting

Selain domain, hosting juga merupakan komponen website. Hosting adalah layanan yang memungkinkan Anda menyimpan data dan website di server internet. Beberapa jenis hosting yang dapat Anda pilih termasuk shared, VPS, dan dedicated hosting.

3. Bahasa Pemrograman

Komponen selanjutnya dari situs web adalah bahasa pmrograman; sebagai informasi, bahasa pemrograman adalah perintah yang digunakan untuk membuat dan mengatur tampilan dan fungsi sebuah situs web. Contoh bahasa pemrograman yang umum digunakan termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan PHP.

4. Konten dan Tampilan

Konten, yang terdiri dari teks, gambar, video, dan foto, memungkinkan website untuk menyediakan pembaca dengan informasi lengkap yang mereka butuhkan. Konten yang menarik akan menarik pengguna dan membuat mereka lebih sering mengunjungi website anda.

Selain konten terdapat pula tampilan. Tampilan website yang menarik dapat meningkatkan perhatian pengguna dan menciptakan user experience yang positif.dan meningkatkan insight website anda.

Cara Membuat Website untuk Pemula

Beralih ke subtopik selanjutnya yaitu cara membuat website itu sendiri. Apakah anda merupakan seorang pemula yang hendak mencoba membuat dan membangun website anda sendiri? Jika iya, mari simak penjabaran tentang langkah-langkah cara membuat website di bawah ini!

1. Kenali komponen dasar dalam membuat website sebelum membuatnya

Sempatkan untuk membaca terkait dengan penjabaran secara lengkap dari apa itu website, jenis-jenis, dan juga komponen-komponen yang terlibat saat membuatnya. Pastikan anda memahaminya dengan tepat dan benar sebelum memutuskan untuk memulai proses pembuatan website tersebut.

2. Tentukan tujuan dibuatnya website anda

Apakah nantinya website anda berfokus pada penyediaan informasi relevan untuk para pengguna atau audiens? Atau nantinya website anda berfokus pada penyediaan hiburan seperti video, animasi, gambar, maupun media penunjang lainnya untuk para pengguna?

Tentukan tujuan dari pembuatan website mulai sekarang. Jangan membuatnya dahulu jika anda masih berpikir tentang tujuannya.

3. Lakukan registrasi terhadap nama domain dan gunakan website builder

Memilih website builder yang dapat mendukung dalam pembuatan website memanglah sulit. Terlebih dengan banyaknya pilihan website builder yang ada.

Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu, agar nantinya mengetahui keuntungan dan kekurangan dari setiap website builder.

Memang banyak sekiranya tepat dan cocok serta dapat mendukung anda dalam melakukan pembuatan website. Terdapat banyak pilihan website builder yang bisa anda pilih. Masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangan, pastikan sudah melakukan riset terhadap pilihan website builder tersebut.

4. Tambahkan plugin untuk menunjang pembuatan maupun penyuntingan terhadap konten anda

Plugin menjalin kerja sama dengan tema website yang anda pilih guna menyediakan fungsionalitas yang anda inginkan. Beberapa di antaranya seperti filter untuk komentar, formulir kontak, maupun alat pengoptimalan mesin telusur (SEO).

Selain itu, terdapat juga plugin yang cocok bagi situs e-Commerce anda. Plugin-plugin ini bisa ditambahkan dengan mudahnya, beberapa mungkin bersifat berbayar sehingga anda harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk menambahkannya.

5. Lakukan pembuatan konten pada situs anda

Pada langkah ini, kami serahkan cara maupun strategi pembuatannya pada anda. Namun, perlu diingat bahwa saat anda membuat atau menambahkan konten pada situs anda, akan sangat membantu jika anda mencari inspirasi dari situs-situs lain yang sudah ada dengan fungsi serupa.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis?

Sebenarnya, tahapan dalam membuat website yang berfokus pada kegiatan bisnis sama dengan membuat website untuk kebutuhan lainnya.

Tujuan dari website bisnis pada dasarnya adalah untuk menyediakan layanan serta meyakinkan para audiens atau pengguna untuk menjadi pelanggan dari bisnis anda.

Upaya tersebut dilakukan dengan cara memposisikan bisnis sebagai penyedia layanan terpercaya, andal, serta berpengalaman. Berikut merupakan poin dari langkah-langkah pembuatan website untuk bisnis:

  1. Seperti langkah pertama pada pembuatan website pada umumnya, tentukan web hosting yang anda inginkan. Penyedia layanan hosting atau perusahaan web hosting akan menawarkan paket bulanan maupun tahunan dengan berbagai jenis server seperti server bersama maupun khusus.

    Utamakan memperhatikan memilih penyedia layanan hosting dengan jaminan kecepatan muat situs, keandalan pada uptime, dukungan untuk customer, serta scalability yang mumpuni.
  2. Pilih nama domain yang unik dan relevan. Buat nama domain serelavan dan seunik mungkin. Pastikan bahwa nama domain yang anda tentukan juga tersedia dan belum ada yang menggunakannya.
  3. Pilih website builder atau CMS yang tepat dan bagus. CMS sendiri merupakan sebuah sistem untuk mengatur konten yang ada pada website anda.
  4. Buat atau tentukan desain agar website anda terlihat menarik. Selain kualitas dari konten yang anda sajikan dalam website tersebut, desain dari situs anda juga harus diperhatikan agar dapat menarik minat para audiens.
  5. Lakukan konfigurasi serta tambahkan konten relevan. Tambahkan navigasi yang dapat membantu para pengunjung dari situs anda dalam mengetahui tentang situs web anda serta dengan leluasa memberi akses untuk mereka agar dapat mengunjungi setiap bagian dari website tersebut.

Dalam melakukan transaksi, para audiens, terutama saat mencari layanan atau produk yang diinginkan, akan secara langsung memilah penyedia produk maupun layanan tersebut dengan mengunjungi maupun melakukan tinjauan terhadap situs web sebelum akhirnya mengambil keputusan.

Tentunya, sebagai seorang calon pelanggan, mereka hendak memastikan bahwa mereka menemukan dan memilih perusahaan terbaik dengan produk dan layanan terbaik pula.

Kita sudah sama-sama mempelajari tentang informasi dasar mengenai situs web, bagaimana fungsi dan cara kerjanya serta bagaimana cara membuatnya. Sudah siapkah anda untuk mulai membuat website anda sendiri?

Jika belum, lakukan kembali pengecekan terhadap kesiapan baik berupa pengetahuan yang mumpuni terkait dengan website itu sendiri maupun komponen-komponen di dalamnya. Maka anda dapat menggunakan layanan jasa pembuatan website dari Sekawan Media.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: