Menu Close

Bagaimana Cara Membuat Website untuk Pribadi Maupun Bisnis?

Table of Contents
Table of Contents

Dewasa ini, banyaknya tutorial untuk membuat suatu website pastinya dapat anda akses maupun dapatkan dengan mudahnya. Mulai dari tutorial membuat atau membangun website untuk para pemula dengan tingkat kesulitan yang rendah, pembuatan website pribadi yang menarik, pembuatan website untuk bisnis, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami juga akan sajikan untuk anda bagaimana cara membuat website dengan mudah. Namun, sebelum membahasnya, mari kita simak penjelasan atau penjabaran singkat terkait dengan apa itu website beserta kegunaan dan cara kerjanya.

Mengenal Website: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Kerja

1. Pengertian Website

Pada dasarnya, website merupakan suatu tempat berupa situs yang digunakan untuk meletakkan informasi tentang profil baik profil pribadi maupun perusahaan atau bisnis maupun topik-topik menarik lainnya. Jika ditinjau secara teknis, website mengacu pada sebuah kumpulan halaman yang terikat satu sama lain pada internet. Halaman-halaman tersebut dikelompokkan menjadi satu kesatuan dan diberi nama atau alamat online unik.

Kumpulan halaman tersebut atau yang kita kenal sebagai laman web, biasanya berisi informasi-informasi maupun layanan tersedia dari suatu bisnis atau perusahaan. Informasi tersebut dapat dimuat dalam bentuk berbeda seperti teks maupun kombinasinya dengan beberapa objek lain layaknya gambar, video, audio, serta animasi. Sedangkan sebuah layanan dapat berupa proses membeli atau menjual suatu produk secara digital.

Jika anda berperan sebagai audiens atau pengguna, anda hanya perlu perangkat seperti ponsel, komputer, atau device lainnya untuk mengakses sebuah website. Anda juga perlu memasukkan alamat website ke dalam tempat yang sudah disediakan oleh mesin pencari dalam device anda. Pastikan juga bahwa perangkat anda terhubung dengan sambungan internet.

2. Kegunaan dan Cara Kerjanya

Website yang dibuat pada internet pasti memiliki tujuan dan maksud tertentu di balik pembuatannya. Perusahaan atau bisnis memiliki tujuan untuk pemberian informasi serta layanan melalui situs web kepada audiens, staff serta pelanggan mereka. Situs web juga dapat dijadikan media hiburan seperti mengakses game atau permainan online, menonton film, mengakses audio atau musik, dan lain-lainnya.

Website penyedia informasi memiliki fungsi yakni tidak lain dan tidak bukan untuk melakukan penyampaian terhadap informasi-informasi secara spesifik, relevan, serta yang dapat memberikan manfaat kepada para audiens atau pengguna dari mesin telusur. Berangkat dari hal tersebut, tentunya suatu website berisi informasi diharapkan agar setiap pengguna yang mengunjunginya dan membaca informasi di dalamnya dapat mempelajari sesuatu baru. Oleh karena itu, web satu ini difokuskan untuk penyaluran informasi yang dapat ditindak lanjuti oleh para pengguna seperti tutorial, tips dan trik dalam melakukan atau memperbaiki sesuatu dan semacamnya.

Begitu pula dengan website untuk hiburan yang memiliki porsinya sendiri. Secara khusus website tersebut akan memuat media-media penunjang hiburan untuk pengguna semacam majalah, berita selebriti, film, musik, permainan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Apa itu CMS? Kenali Lebih Dalam Mengenai Fungsi, Macam, dan Manfaatnya

Cara Membuat Website untuk Pemula

Beralih ke subtopik selanjutnya yang mungkin sudah ditunggu-tunggu yakni cara membuat website itu sendiri. Apakah anda merupakan seorang pemula yang hendak mencoba membuat dan membangun website anda sendiri? Jika iya, mari merapat dan simak penjabaran tentang langkah-langkah cara membuat website di bawah ini!

1. Kenali komponen dasar dalam membuat website sebelum membuatnya

·         Sempatkan untuk membaca terkait dengan penjabaran secara lengkap dari apa itu website, jenis-jenis, dan juga komponen-komponen yang terlibat saat membuatnya. Pastikan anda memahaminya dengan tepat dan benar sebelum memutuskan untuk memulai proses pembuatan website tersebut.

2. Tentukan tujuan dibuatnya website anda

·         Apakah nantinya website anda berfokus pada penyediaan informasi relevan untuk para pengguna atau audiens? Atau nantinya website anda berfokus pada penyediaan hiburan seperti video, animasi, gambar, maupun media penunjang lainnya untuk para pengguna? Tentukan tujuan dari pembuatan website mulai sekarang. Jangan membuatnya dahulu jika anda masih berpikir tentang tujuannya.

3. Lakukan registrasi terhadap nama domain dan gunakan website builder

  • Pilih website builder yang sekiranya tepat dan cocok serta dapat mendukung anda dalam melakukan pembuatan website. Terdapat banyak pilihan website builder yang bisa anda pilih. Masing-masing memiliki keuntungan dan kekurangan, pastikan sudah melakukan riset terhadap pilihan website builder tersebut.
  • Pastikan juga anda sudah membuat akun untuk website buider tersebut sebelum nantinya lanjut menentukan nama domain atau melakukan registrasi domain. Bluehost dapat menjadi pilihan bagus jika anda memilih WordPress sebagai website builder.
  • Dalam memilih nama domain, pastikan anda memilih nama yang unik dan relevan dengan konten yang akan dimuat di dalamnya.
  • Pilih desain dari template tersedia yang sesuai dengan selera anda. Anda juga dapat memilih desainnya sesuai dengan tema website.
  • Jika kurang puas, anda bisa melakukan kustomisasi dengan mengotak-atik template yang sudah tersedia.
  • Masukkan beberapa informasi penting sebagai perkenalan terhadap website anda.
  • Lakukan pengecekan dan pengetesan terhadap website anda yang sudah siap.
  • Jika sudah, anda dapat melakukan publikasi terhadap situs tersebut di internet.

4. Tambahkan plugin untuk menunjang pembuatan maupun penyuntingan terhadap konten anda

Plugin menjalin kerja sama dengan tema website yang anda pilih guna menyediakan fungsionalitas yang anda inginkan. Beberapa di antaranya seperti filter untuk komentar, formulir kontak, maupun alat pengoptimalan mesin telusur (SEO). Selain itu, terdapat juga plugin yang cocok bagi situs e-Commerce anda. Plugin-plugin ini bisa ditambahkan dengan mudahnya, beberapa mungkin bersifat berbayar sehingga anda harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk menambahkannya.

5. Lakukan pembuatan konten pada situs anda

Pada langkah ini, kami serahkan cara maupun strategi pembuatannya pada anda. Namun, perlu diingat bahwa saat anda membuat atau menambahkan konten pada situs anda, akan sangat membantu jika anda mencari inspirasi dari situs-situs lain yang sudah ada dengan fungsi serupa.

BACA JUGA: Mengulas TCP/IP, Lapisan Abstraksi Antara Aplikasi Internet

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Website untuk Bisnis?

Sebenarnya, langkah-langkah dalam membuat website yang berfokus pada kegiatan bisnis kurang lebih sama dengan membuat website untuk kebutuhan lainnya. Tujuan dari website bisnis pada dasarnya adalah untuk menyediakan layanan serta meyakinkan para audiens atau pengguna untuk menjadi pelanggan dari bisnis anda. Upaya tersebut dilakukan dengan cara memposisikan bisnis sebagai penyedia layanan terpercaya, andal, serta berpengalaman.

Berikut merupakan poin dari langkah-langkah pembuatan website untuk bisnis:

  1. Seperti langkah pertama pada pembuatan website pada umumnya, tentukan web hosting yang anda inginkan. Penyedia layanan hosting atau perusahaan web hosting akan menawarkan paket bulanan maupun tahunan dengan berbagai jenis server seperti server bersama maupun khusus. Utamakan memperhatikan memilih penyedia layanan hosting dengan jaminan kecepatan muat situs, keandalan pada uptime, dukungan untuk customer, serta scalability yang mumpuni.
  2. Pilih nama domain yang unik dan relevan. Buat nama domain serelavan dan seunik mungkin. Pastikan bahwa nama domain yang anda tentukan juga tersedia dan belum ada yang menggunakannya.
  3. Pilih website builder atau CMS yang tepat dan bagus. CMS sendiri merupakan sebuah sistem untuk mengatur konten yang ada pada website anda.
  4. Buat atau tentukan desain agar website anda terlihat menarik. Selain kualitas dari konten yang anda sajikan dalam website tersebut, desain dari situs anda juga harus diperhatikan agar dapat menarik minat para audiens.
  5. Lakukan konfigurasi serta tambahkan konten relevan. Tambahkan navigasi yang dapat membantu para pengunjung dari situs anda dalam mengetahui tentang situs web anda serta dengan leluasa memberi akses untuk mereka agar dapat mengunjungi setiap bagian dari website tersebut.

Dalam melakukan transaksi, para audiens, terutama saat mencari layanan atau produk yang diinginkan, akan secara langsung memilah penyedia produk maupun layanan tersebut dengan mengunjungi maupun melakukan tinjauan terhadap situs web sebelum akhirnya mengambil keputusan. Tentunya, sebagai seorang calon pelanggan, mereka hendak memastikan bahwa mereka menemukan dan memilih perusahaan terbaik dengan produk dan layanan terbaik pula.

Kesimpulan

Kita sudah sama-sama mempelajari tentang informasi dasar mengenai situs web, bagaimana fungsi dan cara kerjanya serta bagaimana cara membuatnya. Sudah siapkah anda untuk memulai langkah dalam pembuatan website anda sendiri? Jika belum, lakukan kembali pengecekan terhadap kesiapan baik berupa pengetahuan yang mumpuni terkait dengan website itu sendiri maupun komponen-komponen di dalamnya. Semoga informasi yang kami sajikan dalam artikel ini dapat memberikan gambaran serta dorongan bagi anda untuk memulai membuat situs web!

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan aplikasi web, jasa pembuatan aplikasi mobile, jasa pembuatan website, dan system integrator. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak kami.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: