Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Leads sering Anda jumpai dalam dunia digital marketing. Namun, tidak semua orang mengetahui apa itu leads.

Pada umunya, leads adalah orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Baik karena penawaran produk dan layanan maupun karena bentuk pemasaran Anda yang menarik. Sebagai contoh, ketika seseorang mengunjungi website produk Anda, kemudian mengisi identitas pada kolom yang tersedia. Identitas tersebut merupakan bentuk minat dan informasi dari pengunjung.

Sehingga, minat dan informasi yang ditunjukkan oleh pengunjung tersebut disebut dengan leads dalam marketing. Untuk itu, pada artikel ini akan membahas mengenai leads marketing. Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Definisi Leads Adalah

Leads adalah setiap orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk dan layanan Anda dan memiliki potensi besar sebagai pelanggan atau pembeli. Secara umum, orang-orang tersebut akan meninggalkan informasi tertentu seperti kontak yang dapat dihubungi.

Dengan begitu, perusahaan atau bisnis Anda dapat mengirimkan informasi terkait produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, Anda dapat mengirimkan penawaran promo menarik maupun menawarkan produk lainnya melalui informasi kontak yang mereka berikan.

Namun, untuk mendapatkan leads bukan tugas yang mudah. Anda membutuhkan suatu strategi yang disebut lead generation. Salah satu strategi yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat konten menarik pada situs website dan media sosial lainnya. Konten tersebut dapat berupa foto, video, tips, maupun artikel.

Macam-macam Leads

Setelah Anda memahami pengertian tersebut, alangkah baiknya juga mengetahui macam-macam leads dalam dunia marketing. Sebab, hal ini akan memberikan kemudahan untuk Anda agar dapat menghubungi dan memetakan kebutuhan calon pelanggan.

Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan promosi dan menawarkan produk dengan efektif dan efisien melalui kategori calon pelanggan. Berikut ini adalah macam-macam leads marketing yang perlu Anda ketahui.

1. Marketing Qualified Leads

Merupakan calon pelanggan yang mengetahui penawaran Anda. Dengan begitu, mereka akan memberikan informasi dan kontak pribadi sebagai usaha untuk berinteraksi dengan pelayanan Anda.

2. Sales Qualified Leads

Jika calon pelanggan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang Anda tawarkan, maka mereka disebut dengan Sales Qualified Leads. Kelompok ini termasuk dalam kategori calon pelanggan yang lebih siap untuk membuat keputusan lebih lanjut, seperti melakukan transaksi.

3. Product/Service Qualified Leads

Merupakan calon pelanggan yang mencoba menikmati produk yang Anda tawarkan. Biasanya mereka akan mencoba dengan promosi gratis dari Anda. Selanjutnya, ketertarikan dari mereka akan muncul dan memutuskan untuk membeli produk Anda dengan harga normal.

Cara Mendatangkan Leads

Setelah Anda mengetahui kategori macam-macam leads, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan leads. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendatangkan leads.

1. Membuat Landing Page Website

Pada umumnya, landing page pada website merupakan halaman khusus yang memiliki isi berupa formulir untuk mengumpulkan calon pembeli. Selain itu, terdapat pula informasi terkait dengan penawaran produk Anda yang dapat mendukung bertambahnya calon pembeli.

Strategi ini merupakan cara yang fleksibel. Sebab, Anda hanya mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi landing page pada website bisnis Anda.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Kehadiran berbagai macam platform pada masa kini merupakan keuntungan bagi sektor bisnis. Pasalnya, media sosial dianggap menjadi wadah atau media yang berpengaruh terhadap peningkatan suatu produk.

Dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter,  Anda dapat menjangkau calon pembeli dengan efektif dan efisien. Sebab, media sosial juga memiliki strategi tersendiri untuk membantu menawarkan produk para pelaku bisnis.

3. Membuat Konten Berkualitas

Salah satu cara untuk memanfaatan media sosial dengan melakukan pembuatan konten yang menarik dan berkualitas. Dengan begitu, minimal Anda akan mendapatkan keuntungan berupa insight baru dari pengunjung.

Anda dapat menambahkan rangkaian data maupun analisis mendalam terkait produk Anda yang mampu meningkatkan ketertarikan pengunjung. Jenis konten yang Anda buat dapat berupa foto, video, tips, maupun artikel blog.

4. Menggunakan Teknik Copywriting

Teknik copywriting merupakan strategi yang dilakukan dengan cara membuat sebuah pesan singkat yang menarik agar pengunjung mau melakukan tindakan yang Anda inginkan. 

Sebagai contoh, Anda dapat mencantumkan kalimat ajakan maupun penawaran promosi pada suatu produk. Dengan begitu, pengunjung akan merasakan pengalaman menyenangkan dapat berinteraksi dengan website Anda.

5. Freebies

Selain konten digital, Anda juga dapat membagikan konten dalam bentuk fisik seperti e-book dan poster. Para pengunjung dapat mengunduh konten lainnya seperti worksheet, checklist, dan panduan singkat yang tersedia.

Pembuatan konten dalam bentuk freebies juga memakan waktu yang singkat. Sehingga, Anda dapat fokus untuk menggiring traffic menjadi calon pembeli yang berkualitas.

Demikian penjelasan singkat mengenai leads dalam marketing. Anda dapat mempelajari serta mempraktikkan langkah-langkah tersebut. Dengan begitu, bisnis Anda dapat mencapai target sesuai dengan harapan Anda. Semoga membantu.

 

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email