You are here:

Strategi dan Manfaat Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnis

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
digital marketing

Di era yang serba teknologi seperti saat ini, memudahkan banyak pelaku bisnis untuk mempromosikan usaha mereka melalui internet dengan berbagai cara. Tujuan utama dari penggunaan internet saat ini adalah untuk membantu dalam mendapatkan konsumen secara luas. Digital marketing adalah strategi yang sangat tepat untuk membantu aktivitas promosi.

Pada artikel kali ini, akan membahas lebih dalam mengenai pengertian, jenis, strategi, hingga manfaat dari adanya pemasaran digital. Bagi anda yang masih pemula dan belum mengenal lebih jauh tentang strategi bisnis ini, kami akan memberikan penjelasan yang lebih informatif dan mudah dipahami untuk anda.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan teknologi berbasis digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Sehingga, dengan pemanfaatan digital marketing, mampu menambah cakupan target konsumen yang lebih besar daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.

Jadi, pemasaran digital disini lebih mengarah pada proses perpaduan antara pengetahuan pasar dengan teknologi yang ada. Selanjutnya, kita akan mengenal beberapa jenis dari pemasaran digital yang sering digunakan pada tahun 2020 ini.

Jenis – jenis pemasaran digital

Berikutnya, masuk pada pembahasan mengenai jenis dari pemasaran digital. Setidaknya terdapat 6 jenis yang terbagi sesuai dengan metode dan platform yang digunakan.

      1. Website

Yang pertama, website adalah salah satu media yang saat ini cukup populer sebagai tempat untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa dari suatu brand. Dengan menggunakan website, sangat mampu untuk menjangkau target user secara lebih luas dari seluruh penjuru daerah. 

Website juga dapat digunakan untuk sarana memperkenalkan profil sebuah perusahaan. Keuntungan dari membuat website sendiri adalah biaya penanganan yang relatif murah tanpa mengeluarkan biaya serta promosi produk yang besar.

      2. Search engine marketing

Jenis kedua yang banyak digunakan sekarang adalah search engine marketing. Dimana, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu SEO dan SEM. Untuk SEO sendiri termasuk ke dalam pemasaran digital tanpa mengeluarkan modal yang besar untuk membantu website masuk pada halaman pertama di mesin pencari Google.

Sedangkan, SEM merupakan singkatan dari (Search Engine Marketing) dimana tujuan yang digunakan sama dengan SEO, namun biaya yang harus dikeluarkan juga cukup besar. Karena SEM mengandalkan bantuan iklan untuk setiap klik yang dilakukan user untuk masuk pada website anda. 

      3. Email marketing

Jenis ketiga adalah pemasaran email, dimana anda dapat mempromosikan berbagai konten terkait produk, atau informasi untuk disebarluaskan melalui media email. Strategi ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website anda.

      4. Social media marketing

Jenis yang keempat merupakan bentuk promosi melalui situs jejaring sosial. Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan fitur untuk melakukan promosi produk anda. Salah satu contohnya adalah Facebook ads, Twitter ads, serta Instagram Ads.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media sosial sendiri adalah tidak membutuhkan biaya penanganan yang besar, serta dapat menjangkau customer secara luas melalui channel yang anda buat.

      5. Online advertising

Yang kelima tergolong ke dalam bentuk pemasaran digital melalui internet dengan berbayar. Anda harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal, namun akan mendapatkan konsumen dan hasil yang lebih cepat daripada menggunakan strategi SEO.

      6. Video marketing

Dan yang terakhir, anda juga dapat menggunakan media berupa video untuk menampilkan informasi mengenai produk atau layanan anda. Cara ini terbukti cukup efektif saat banyak orang yang menghabiskan waktu untuk mengakses internet.

Salah satu channel untuk mempromosikan produk atau jasa anda adalah melalui Youtube. Dimana, anda dapat mengunggah berbagai konten video menarik terkait produk bisnis dan aktivitas usaha anda. 

7 Strategi digital marketing yang tepat

Setelah mengenal beberapa jenis digital marketing yang cukup populer saat ini, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai strategi digital marketing yang tepat untuk membantu bisnis di era digitalisasi modern.

      1. Search engine optimization (SEO)

Anda tentu sering melihat beberapa situs yang masuk pada halaman pencarian pertama di Google. Nah, biasanya untuk memperoleh peringkat halaman yang baik di mesin pencari, salah satu metode yang efektif adalah dengan melakukan optimasi SEO.

SEO adalah bentuk apresiasi untuk situs web yang masuk pada halaman pertama di mesin pencarian. SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, On Page dan Off Page. Untuk On page sendiri lebih mengarah kepada proses optimasi pada halaman website -nya.

Sedangkan, Off page merupakan proses optimasi yang dilakukan dengan bantuan dari website lain untuk meningkatkan kredibilitas situs anda. Di dunia digital marketing sendiri, terdapat beberapa pekerjaan yang cocok untuk menangani SEO, seperti SEO Specialist, Content Writer, Copywriter, dan masih banyak yang lain lagi.

      2. Pay per click (PPC)

PPC adalah sebuah cara untuk mengarahkan traffic pengunjung untuk masuk ke website anda dengan bayaran setiap kliknya. Contoh dari PPC yang sering digunakan adalah Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, dan contoh yang lainnya. 

Cara kerja dari PPC adalah anda harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan slot atau posisi teratas pada mesin pencari dan dikenakan biaya setiap kliknya. Pastikan untuk perusahaan atau bisnis anda memiliki modal yang cukup untuk menerapkan strategi marketing dengan PPC.

      3. Content marketing

Strategi digital marketing yang selanjutnya adalah dengan cara mempromosikan produk melalui tulisan atau artikel. Anda dapat membuat tulisan yang dapat mempengaruhi pembaca untuk menggunakan produk atau jasa anda. 

Dalam menggunakan pemasaran konten ini juga harus menerapkan beberapa aturan dan kaidah penulisan yang  benar, dan telah menerapkan SEO friendly. Seorang penulisan konten atau biasa disebut dengan Content Writer akan membuat berbagai tulisan dalam bentuk blog, artikel, brosur online, e – book dan lain sebagainya.

Baca juga: Belajar Copywriting: Membahas Pengertian, Teknik, dan Jenisnya

      4. Influencer

Strategi digital marketing yang berikutnya adalah seorang influencer atau orang yang memiliki pengaruh besar di sebuah komunitas ataupun ruang lingkup yang lebih luas. Pada umumnya, seorang influencer mampu mempengaruhi dan mengarahkan tindakan orang lain untuk mengikuti saran yang diberikan oleh influencer tersebut.

Dengan menggunakan seorang influencer, maka mempromosikan produk merupakan hal yang mudah. Sehingga, banyak konsumen yang percaya dengan produk anda karena dorongan dan pengaruh yang besar dari seorang influencer. Contoh influencer pada era sekarang adalah selebgram dan selebtweet yang memiliki pengaruh di media sosial.

      5. Affiliate program

Program afiliasi merupakan suatu pekerjaan untuk mempromosikan sebuah produk milik suatu perusahaan atau agensi, dimana ketika produk tersebut berhasil terjual, maka orang yang mempromosikan produk mendapat tambahan komisi yang telah disepakati oleh perusahaan.

Belajar digital marketing dapat dilakukan dengan mengikuti program afiliasi ini. Anda dapat bekerja setiap saat tanpa batasan waktu dan tempat. Anda dapat melakukan kegiatan promosi dimana saja serta dapat melakukan proses monitoring dengan lebih mudah.

Baca juga: Mengenal Program Afiliasi Beserta Keuntungan dan Contoh dalam Bisnis

      6. Google bisnisku

Saat ini banyak sekali kemudahan yang diberikan dengan adanya teknologi. Terkait dengan online marketing, anda dapat belajar digital marketing dengan membuat akun pada Google Bisnisku.

Fungsi dari Google Bisnisku adalah untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai nama perusahaan, jam kerja, alamat kantor, jenis perusahaan, hingga lokasi kantor anda. Sehingga, customer dapat lebih mudah untuk menemukan lokasi anda secara akurat yang telah terintegrasi dengan Google Maps.

      7. Otomatisasi pemasaran

Strategi terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan otomatisasi pemasaran. Belajar digital marketing juga dapat dilakukan dengan mulai menyusun alur pekerjaan, seperti menjadwal daftar unggahan konten, melakukan manajemen konten pada media sosial, dan lain – lain.

Otomatisasi dapat dilakukan melalui media email, serta berbagai platform media sosial yang ada. Teknik otomatisasi ini juga merupakan bentuk tugas yang dilakukan berulang.

Manfaat digital marketing

Berikut merupakan beberapa poin penting mengenai manfaat digital marketing untuk mendukung perkembangan bisnis anda. 

      1. Membangun personal dan product branding

Tanpa disadari, dalam membangun sebuah bisnis maka sangat diperlukan faktor kepercayaan dari pelanggan. Semakin pelanggan atau konsumen percaya terhadap produk anda, maka kredibilitas bisnis anda juga akan meningkat. 

Membangun personal dan product branding sangat diperlukan pada praktek pemasaran digital saat ini. Personal branding dapat terbentuk dengan membentuk pribadi atau perilaku yang baik dan profesional dalam dunia pekerjaan.

Kemudian, apabila product branding dapat terbentuk jika brand atau merek perusahaan memiliki kredibilitas yang baik, serta mendapat pengakuan di masyarakat. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kedua hal tersebut adalah dengan menggunakan pemasaran digital melalui berbagai media yang ada.

      2. Menjangkau target pasar yang lebih luas

Ketika setiap bisnis telah terkoneksi dengan jaringan internet, maka secara otomatis bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi pengguna internet di seluruh dunia. Jadi, dengan menerapkan online marketing, akan sangat membantu bisnis dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan jasa secara efektif dan efisien.

      3. Lebih murah dan efektif

Manfaat digital marketing yang terakhir yaitu tidak memerlukan sumber daya yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal. Setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa menggunakan biaya yang besar. 

Namun, anda juga perlu untuk menerapkan beberapa metode khusus agar strategi bisnis anda memang tepat sasaran dan sesuai dengan target user anda. Lakukanlah riset kompetitor bisnis anda, serta persaingan produk yang ditawarkan kompetitor dengan produk anda. Sehingga, dapat meminimalisir atau menurunkan tingkat kegagalan bisnis atau usaha.

Kesimpulan

  • Digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan bantuan internet menggunakan media digital. Tujuan utama dari pemasaran digital yaitu untuk mendapatkan customer lebih banyak daripada menggunakan metode pemasaran secara konvensional.
  • Terdapat 6 jenis pemasaran digital yang dapat dilakukan, mulai dari website, online advertising, email , social media, video, dan search engine marketing. 
  • Manfaat digital marketing terbagi menjadi tiga, yaitu dapat membangun personal dan product branding, menjangkau target pasar, dan lebih murah.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS di Malang. Kami berfokus untuk menciptakan produk aplikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Anda berminat? silakan hubungi kontak kami.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top