You are here:

Mengenal Program Afiliasi Beserta Keuntungan dan Contoh dalam Bisnis

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
afiliasi adalah

Banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet, tanpa membutuhkan modal yang besar. Salah satunya adalah dengan mengikuti program afiliasi. Afiliasi adalah salah satu pekerjaan yang saat ini cukup banyak diminati karena memiliki banyak keuntungan dari sisi waktu dan tempat kerja yang cenderung lebih fleksibel.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas segala hal tentang afiliasi. Mulai dari pengertian, cara kerja, keuntungan, dan beberapa contoh perusahaan afiliasi. Bagi anda yang belum mengenal apa itu afiliasi, tidak perlu khawatir. Karena kami akan menjelaskannya dengan menggunakan istilah yang mudah dimengerti. Sehingga untuk kedepannya, anda juga dapat mencoba program afiliasi dalam bisnis.

Pengertian afiliasi

Afiliasi adalah suatu pekerjaan dimana anda dapat menghasilkan komisi, jika berhasil dan sukses untuk membuat konsumen dapat membeli dan menggunakan produk tersebut. Besaran nilai nominal dari komisi yang berhasil didapatkan akan menyesuaikan dengan kebijakan suatu perusahaan afiliasi.

Selanjutnya, terdapat tiga pihak yang terlibat dalam sebuah program afiliasi. Pertama adalah pihak produsen atau pemilik produk, kedua adalah afiliator atau orang yang mengikuti program afiliasi. Serta yang terakhir adalah konsumen, yaitu orang yang menggunakan produk dari produsen.

Siklus cara kerja program afiliasi terbagi menjadi empat tahap. Pertama, dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti program afiliasi dari perusahaan yang menyediakan pekerjaan tersebut. Kedua, melakukan promosi produk dari perusahaan yang memberikan kerjasama bisnis dengan afiliator. Kemudian, konsumen atau customer mendapatkan kode referral dari afiliator. Dan terakhir, afiliator akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang telah dilakukan.

Keuntungan dari program afiliasi

Bagi anda yang masih mengenai keuntungan dari pekerjaan afiliasi ini, kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai keuntungan dari adanya bisnis afiliasi.

      1. Kerja dari rumah (work from home)

Saat ini banyak sekali pekerjaan yang mengharuskan karyawan untuk dapat melakukan segala aktivitas pekerjaan dari rumah atau kerja remote. Istilah populer yang saat ini digunakan adalah work from home. Afiliasi adalah salah satu pekerjaan yang dapat dikerjakan cukup berada di dalam rumah.

Sehingga anda tidak perlu dan wajib untuk datang selalu ke kantor atau perusahaan. Cukup dengan memberikan laporan mengenai kegiatan bisnis dan promosi anda, perusahaan afiliasi dapat melakukan monitoring secara berkala pada hasil pekerjaan anda.

      2. Modal kecil

Selanjutnya, pekerjaan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Hal yang harus anda miliki dan kuasai adalah kemampuan untuk berkomunikasi baik dengan konsumen. Kemudian, memiliki integritas dan reputasi perilaku yang baik. Serta menjaga attitude dan dapat berinteraksi dengan berbagai teknologi terkini.

Apabila anda membutuhkan pekerjaan dengan modal minim, anda dapat mencoba program ini. Namun terdapat dua jenis tipe perusahaan yang menawarkan program tersebut. Pertama, perusahaan yang mengharuskan pelamar untuk membeli produk tersebut sebelum melakukan kegiatan promosi.

Dan kedua, perusahaan yang tidak mengharuskan pelamar untuk membeli produk tersebut. Sebagai masukan, cobalah untuk memilih produk sesuai dengan kebutuhan anda sekarang. Sehingga, anda dapat menjalankan program afiliasi, serta mendapatkan produk sesuai kebutuhan anda.

     3. Mendapatkan penghasilan pasif

Pekerjaan ini juga memberikan keuntungan dari sisi pendapatan. Jika pada umumnya, seorang pegawai bekerja di dalam kantor atau sebuah perusahaan, maka akan mendapatkan penghasilan aktif. Pendapatan tersebut diperoleh dari hasil kinerja dan aktivitasnya selama berada di dalam kantor. 

Namun, dengan anda menjadi seorang afiliator, anda berkesempatan untuk menghasilkan pendapatan secara pasif. Maksudnya, anda tidak perlu selalu mengawasi jalannya promosi produk dalam kantor maupun rumah setiap saat. Saat anda tidur pun juga bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan produk atau jasa.

      4. Waktu kerja fleksibel

Keuntungan yang terakhir adalah jam kerja yang cukup fleksibel. Pekerjaan afiliasi tidak menuntut anda untuk bekerja di saat jam kerja kantor saja. Akan tetapi, anda dapat melakukan berbagai kegiatan promosi produk setiap saat melalui berbagai perangkat dan media informasi yang ada.

Jika anda memanfaatkan media seperti website, dan social media, anda dapat menjalankan bisnis kapan saja tanpa batasan waktu. Karena, setiap pengguna media sosial maupun website selalu mengakses berbagai platform setiap saat.

Baca juga: 20+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Cepat dan Mudah

Contoh perusahaan afiliasi

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari program afiliasi, selanjutnya untuk meyakinkan anda untuk mencoba pekerjaan ini. Kami akan memberikan beberapa contoh perusahaan afiliasi yang juga menggunakan jasa seseorang untuk melakukan kegiatan promosi produk terbaru mereka.

      1. Amazon

Apakah anda sudah mengetahui perusahaan ecommerce terbesar di dunia? Amazon merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang marketplace yang menjual produk dengan berbagai macam kategori. Di dalam situs ini, anda juga dapat menemukan program afiliasi yang dimiliki Amazon. 

Komisi yang diberikan oleh perusahaan ini mencapai angka 10%. Namun, jika anda membeli produk dalam Amazon, tidak semua produk tersebut memiliki komisi yang sama. Disesuaikan juga dengan kategori barang dan kebijakan perusahaan.

Baca juga: Kenali Apa itu Marketplace beserta Jenis dan Contoh Penerapannya

      2. Google Suite

Google Suite (G Suite) merupakan tools atau alat yang biasa digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Fungsi dari G Suite sendiri antara lain, mengelola kalender dan email, menyusun pembuatan dokumen, hingga mengatur jadwal meeting. 

Apabila anda bergabung dengan G Suite Referral Program, anda akan menerima link referral yang berfungsi untuk sebagai media promosi di mana saja. Terdapat dua jenis paket yang ditawarkan, untuk paket basic hanya mendapat keuntungan sebesar $15 USD. Sedangkan, jika mendaftar pada paket business atau enterprise, akan mendapatkan keuntungan mencapai $30 USD.

      3. Bukalapak

Bukalapak merupakan situs berbasis ecommerce yang berasal dari Indonesia. Banyak sekali produk yang terjual dari situs ini. Bukalapak menawarkan program afiliasi yang diberi nama Bukalapak Affiliate Program

Anda dapat mencoba untuk mendaftarkan diri pada program tersebut. Fitur dalam program tersebut juga tersedia banyak, seperti link generator, dynamic banner, dan product search box. Cara kerja dari affiliate program cukup sederhana.

Skema komisi yang diterapkan oleh Bukalapak adalah Cost Per Sale (CPS). Jadi, apabila terdapat konsumen yang membeli produk melalui link yang anda bagikan, anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan harga produk tersebut.

Kesimpulan

  • Afiliasi adalah program yang bertujuan untuk mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan produk dan dapat mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produk tersebut. 
  • Terdapat tiga pihak yang terkait dengan afiliasi, yaitu afiliator, produsen atau pemilik produk, dan konsumen. Contoh perusahaan afiliasi yang telah menerapkan sistem ini adalah Amazon, Bukalapak, G Suite, dan masih banyak lagi.
  • Keuntungan yang dapat anda peroleh dari pekerjaan ini yaitu, mendapatkan penghasilan pasif, memiliki waktu kerja yang fleksibel, WFH, serta menggunakan modal yang sedikit.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS di Kota Malang. Kami mengembangkan mobile apps yang mendukung berbagai perangkat dan sudah menerapkan responsif, serta mobile friendly. Anda berminat dengan layanan kami? Silahkan hubungi perusahaan.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top