• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Meta Description: Pengertian dan Cara Menulisnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Meta description adalah suatu tahapan dalam membuat sebuah konten pada website atau laman website yang termasuk mekanisme SEO atau Search Engine Optimization

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan performa konten website pada mesin pencarian Google. 

Sehingga konten website menjadi lebih jelas dan terbaca pada mesin pencari. Selain itu, meta description dapat memberikan gambaran singkat kepada calon pengunjung website.

Menulis meta description atau deskripsi meta pada konten website merupakan tahapan yang penting dalam SEO. Ada beberapa tahapan dan ketentuan dalam penulisannya agar konten website optimal dan masuk pada hasil pencarian teratas.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan terkait meta description beserta pengertian, contoh dan cara penulisannya pada website Anda.

Pengertian Meta Description

Meta description adalah sebuah tag HTML yang berisi penjelasan singkat pada suatu laman situs dan terletak di bawah judul halaman. Sehingga setiap pengguna dapat membaca dan mengerti secara sekilas isi dari laman situs tersebut meskipun tidak mengunjungi laman.

Para pemilik website akan memberikan meta description atau deskripsi meta pada setiap laman situs mereka. Hal ini dilakukan terutama oleh laman yang membawakan konten artikel berita.

Atau pada laman situs yang berisi sebuah informasi penting seperti laman situs pariwisata dan lainnya. Sebuah meta description bertujuan untuk memberikan spoiler bagi para pencari terkait isi laman tersebut.

Meta description diletakkan bersama dengan permalink atau URL dan tag judul (title tag) dalam satu cuplikan pencarian. Cuplikan pencarian inilah yang akan mengatur bagaimana bentuk dari laman situs pada mesin pencarian.

Hal ini dikarenakan saat pencari menggunakan search engine untuk menemukan sesuatu secara daring, maka akan muncul banyak hasil pencarian. 

Tujuan dari meta description bersama dengan cuplikan pencarian adalah untuk memfokuskan hasil pencarian pada search engine sesuai dengan apa yang diketikkan oleh pencari.

Selain itu, deskripsi meta juga digunakan untuk mengatur dan mengetahui traffic organik suatu laman situs serta meyakinkan pencari sesuai dengan apa yang mereka tulis pada search engine.

Jumlah Karakter Maksimum Meta Description

Batas maksimum penulisan meta description yang disarankan adalah kurang dari 160 karakter atau sekitar 920px. Jika melebihi batas tersebut, maka secara otomatis oleh Google search engine akan dipotong dalam SERP (Search Engine Result Page).

Idealnya, penulisan meta description untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam SEO adalah sekitar 140-160 karakter. Dan tentunya juga harus mengandung kata kunci utama dan tambahan variant keyword lainnya jika memungkinkan.

Kegunaan Meta Description

Meta description memiliki kegunaan dan manfaat yang luar biasa bagi suatu laman situs. Suatu laman situs akan lebih jelas dan terpercaya apabila disertai dengan meta tag.

1. Meningkatkan dan Memaksimalkan Click Through Rate (CTR)

Fungsi meta description adalah berguna untuk meningkatkan dan memaksimalkan CTR suatu laman situs melalui penggunaan kata kunci yang sesuai dengan judul pada laman situs. 

CTR sendiri merupakan tingkat presentase pencari yang mengklik dan mengunjungi hasil pencarian pada laman situs yang dicari. CTR dapat mempermudah pencari dalam melihat deskripsi meta pada suatu laman situs dan meningkatkan performa laman situs.

2. Meningkatkan Relevansi Website yang Dicari

Sebuah situs akan semakin relevan dengan meta description yang sesuai dengan kata kunci dan judul. Sebuah laman situs dengan deskripsi meta yang relevan akan semakin besar kemungkinannya untuk masuk hasil pencarian paling atas pada search engine.

Hal tersebut tidak lepas dari pemilihan kata kunci yang tepat untuk meta description dan sinkronisasi kata kunci pada judul laman. Sehingga, baik judul maupun deskripsi meta telah menggambarkan isi dari laman situs tersebut dan sesuai dengan kata kunci pencarian.

3. Meningkatkan Brand Awareness pada Website

Manfaat selanjutnya dari Meta description adalah dapat membantu sebuah laman situs dalam membangun brand awareness. Suatu konten pada laman situs atau bahkan halaman pada situs tersebut akan lebih mudah dikenali dan memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khas suatu laman dapat dibangun dari meta description dengan melakukan gaya penulisan yang sama, namun harus tetap unik pada setiap halaman.

Contoh Meta Description

Proses penulisan meta description
Sumber: Pexels

Adanya cara dan tahapan tersebut bertujuan untuk membangun sebuah deskripsi meta yang efektif. Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis meta description.

1. Membuat Kalimat yang Bisa Membaca apa yang Pengguna Internet Pikirkan

Kalimat yang mengetahui apa yang dicari oleh pengguna internet atau pencari umumnya adalah kalimat yang singkat namun mengandung kata kerja dan termasuk kedalam kalimat aktif.

Namun, ada juga kalimat yang berbentuk sebagai suatu pertanyaan. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan pertanyaan yang dipikirkan oleh pencari saat mencari sesuatu di search engine.

2. Kalimat Deskripsi Meta harus Menjadi Solutif

Sebuah meta deskripsi yang ditulis harus mengandung kata-kata yang memberikan solusi dan hasil pencarian dari pencari. Selain itu, deskripsi meta dapat diberi beberapa kata yang persuasif atau mengajak.

Contohnya seperti “Ingin memaksimalkan bisnis online shop anda? kamilah solusinya”

Atau anda untuk suatu laman dengan konten berita, anda juga dapat menambahkan beberapa kata pada awal deskripsi meta seperti contohnya “Akhirnya terungkap, beginilah cara untuk menjadi video editor” dan lainnya.

3. Gunakan Kalimat Ajakan yang Tegas dan Persuasif

Tujuannya agar calon pengunjung atau pencari tertarik untuk mengklik dan mengunjungi suatu laman yang dicari. Umumnya berupa kalimat yang singkat namun tegas dan menarik bagi para pencari.

Contoh kalimat ajakannya seperti, “Belanja disini sekarang juga” Bisa juga, “klik laman ini saja untuk informasi lebih lanjut” dan sebagainya.

4. Jangan Pakai Kalimat yang Sama atau Memiliki Makna Sama secara Berulang

Jangan mengulang kalimat terutama  jika kalimat tersebut tidak memiliki makna apa pun dan hanya menghabiskan space meta deskripsi yang ada. 

Kalimat yang repetitif akan membuat pencari bosan dan tidak tertarik untuk mengunjungi sebuah laman situs atau suatu website. Sehingga laman tersebut kecil kemungkinannya untuk dikunjungi.

Jika terpaksa menggunakan kalimat yang berulang, usahakan gunakan kalimat yang persuasif dan tegas.  Hal itubertujuan agar calon pengunjung tertarik untuk mengunjungi suatu laman situs dikarenakan ada lebih dari satu seruan yang bersifat mengajak pada meta description laman itu.

5. Penulisan yang Jelas dan Singkat

Calon pengunjung pastinya tidak akan mau membaca deskripsi meta suatu laman situs terlalu lama. Sehingga, diperlukan proses penulisan meta description yang singkat dan jelas. 

Sebuah deskripsi meta yang jelas dan singkat akan lebih mudah dimengerti oleh calon pengunjung suatu laman.

6. Keunikan pada Deskripsi

Deskripsi meta memang bertujuan untuk menjelaskan sebuah judul dan isi pada suatu laman. Tetapi dengan menjadikan sebuah deskripsi meta lebih unik dan berkesan bagi calon pengunjung akan membuat suatu laman situs lebih sering dikunjungi.

Contohnya seperti menyematkan beberapa kata inspiratif pada deskripsi meta yang sesuai dengan judul dan isi laman situs.

Meta description adalah sebuah elemen SEO yang esensial dan penting bagi performa suatu laman situs dan konten pada website. 

Penggunaan meta description sangat menentukan suatu laman situs atau website untuk muncul pada hasil pencarian teratas search engine. Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website profesional dan optimasi SEO untuk meningkatkan konversi bisnis online Anda.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: