• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Transformasi Digital: Definisi, Manfaat, Tantangan, & Contoh

Daftar Isi
Daftar Isi

Sekarang ini, teknologi semakin berkembang dan membuat semua serba digital. Hal ini tentunya dibutuhkan transformasi digital untuk menyesuaikan perubahan zaman, sehingga tetap bisa mengikuti perkembangan yang ada.

Sebab, transformasi tersebut membuat semua aktivitas atau kegiatan bisa dengan mudah menggunakan teknologi digital. Dengan begitu, masyarakat harus mulai beradaptasi dengan digitalisasi di era sekarang ini.

Apalagi, di era 4.0 dan 5.0 ini revolusi digital turut menjamah ruang lingkup bagi industri maupun personal. Maka dari itu, kita harus segera mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan teknologi yang semakin canggih ke depannya.

Untuk itu, berikut ini akan diberikan penjelasan lengkap mengenai pengertian transformasi digital, manfaat, tantangan, hingga contohnya.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apa itu Transformasi Digital?

Transformasi digital
Ilustrasi Transformasi Digital (Freepik)

Transformasi digital adalah sebuah proses perubahan yang melibatkan teknologi digital untuk mengubah cara kerja, beroperasi, hingga berinteraksi sekalipun.

Perubahan tersebut melibatkan semua aspek kehidupan, mulai dari perusahaan, pemerintah, industri, hingga masyarakat secara keseluruhan.

Dengan adanya transformasi ini, dapat memberikan kemudahan dalam mengatasi berbagai masalah maupun memenuhi kebutuhan.

Penerapan transformasi digital bisa ditemukan dalam berbagai sektor industri. Mulai dari bisnis, manufaktur, pendidikan, perbankan, e-commerce, dan lain sebagainya.

Dalam sektor bisnis, transformasi digital ini merujuk penggunaan teknologi dalam mendukung revolusi bisnis. Revolusi ini dikaitkan dengan berbagai bidang teknologi, seperti internet, big data, cloud, dan lainnya.

Adapun tujuan transformasi digital adalah membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan, mengurangi biaya operasional, membuat produk yang inovatif, dan sebagainya.

Sekarang ini, setiap sektor harus mempunyai strategi transformasi digital supaya lebih siap dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin tidak menentu.

Manfaat Transformasi Digital bagi Bisnis

Kehadiran digital transformation, tentu memberikan berbagai keuntungan bagi setiap sektor yang menggunakannya. Namun, pembahasan kali ini akan lebih fokus pada keuntungan atau manfaat transformasi digital bagi bisnis.

Berikut manfaat transformasi digital bagi bisnis:

1. Melindungi data perusahaan

Perlu Anda ketahui, jika era sekarang ini marak sekali pencurian data, terutama bagi perusahaan. Maka dari itu, proteksi atau perlindungan data menjadi aspek utama yang perlu diperhatikan oleh perusahaan di tengah perkembangan digitalisasi ini.

Maka dari itu, dengan memanfaatkan digital transformation dalam sebuah bisnis, dapat memberikan proteksi keamanan data lebih bagus. 

Sebab, penyimpanan data perusahaan sudah dilengkapi dengan teknologi modern, baik untuk on-premise maupun cloud. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih mudah untuk melindungi perangkat maupun back-up data.

2. Mempermudah operasional

Salah satu manfaat yang cukup besar dari kehadiran transformasi digital adalah mampu menyederhanakan proses operasional menjadi lebih efektif.

Teknologi yang digunakan oleh perusahaan juga membantu membangun proses operasional lebih jelas. Dengan begitu, tujuan perusahaan bisa dengan mudah untuk diwujudkan melalui kemudahan dalam hal operasionalnya.

3. Pekerjaan lebih cepat

Selanjutnya, manfaat digital transformation adalah membantu pekerjaan dalam bisnis menjadi lebih cepat. Hal ini karena penggunaan teknologi modern saat ini memberikan bantuan yang sangat banyak bagi penggunanya.

Contohnya adalah internat yang mana memudahkan komunikasi menjadi lebih mudah, lancar, dan cepat. Dengan begitu, komunikasi antar karyawan maupun mitra bisnis menjadi lebih mudah.

4. Meningkatkan performa perusahaan

Transformasi ini juga bisa membantu untuk meningkatkan performa perusahaan. Sebab, sebuah perusahaan jika sudah menerapkan teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya, maka bisa lebih mudah bersaing.

Dengan begitu, perusahaan Anda tidak akan kalah saing di era digitalisasi saat ini. Apalagi, sudah banyak perusahaan di luar sana yang memanfaatkan teknologi modern untuk mengembangkan bisnisnya.

5. Mendorong inovasi bisnis

Perlu Anda ketahui, inovasi dan perubahaan merupakan kunci utama yang membuat bisnis bisa bertahan dan berkembang dalam jangka panjang.

Maka dari itu, Anda harus memanfaatkan teknologi modern supaya membantu perusahaan menentukan permintaan pelanggan yang terus berubah seiring berkembangnya zaman.

Dengan begitu, bisnis Anda akan mudah ditemukan dan dikenali oleh pelanggan, sehingga penjualan meningkat serta tetap bisa bertahan di tengah tantangan era globalisasi sekarang.

6. Menghemat biaya operasional

Terakhir, keuntungan menerapkan transformasi digital adalah membantu menghemat biaya operasional perusahaan. Sebab, saat menjalankan bisnis sudah menggunakan mesin canggih, otomatis perusahaan tidak perlu menggaji karyawan dengan jumlah yang banyak.

Melainkan, Anda hanya perlu membayar tagihan listrik yang membengkak akibat penggunaan mesin canggih yang membutuhkan daya lebih besar. Hal ini dianggap lebih menghemat biaya operasional bagi perusahaan.

Tantangan Transformasi Digital bagi Bisnis

Ketika perusahaan Anda ingin menerapkan digital transformation dalam menjalankan bisnisnya, maka tidak menutup kemungkinan terdapat berbagai tantangan yang perlu dihadapi.

Berikut ini beberapa tantangan transformasi digital dalam bisnis:

1. Perubahan model bisnis

Kehadiran transformasi ini, seringkali memerlukan perubahan pada model bisnis yang sudah ada. Sebab, bisnis harus memikirkan ulang mengenai cara beroperasi, memberikan pelayanan kepada pelanggan, dan lainnya.

2. Investasi awal besar

Perlu Anda ketahui, jika mengadopsi teknologi digital baru membutuhkan investasi awal yang sangat besar. Hal ini digunakan untuk infrastruktur, perangkat lunak, hingga sumber daya manusianya.

Investasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi bisnis yang mengalami kesulitan dalam hal alokasi dana. Tentu, tidak semua perusahaan bisa melakukannya.

3. Integrasi sistem sulit

Terdapat beberapa perusahaan yang sudah menggunakan atau infrastruktur IT dalam proses menjalankan bisnis. Sistem lawas ini juga menjadi tantangan tersendiri dalam proses transformasi.

Sebab, seringkali integrasi sistem lama dengan yang baru membutuhkan waktu lama serta biaya maintenance besar. Hal ini biasanya membuat perusahaan tidak ingin mengintegrasikan sistem lama dengan yang baru.

4. Perubahan budaya kerja

Penerapan transformasi digital dalam dunia bisnis, seringkali akan merubah budaya kerja. Sebab, perusahaan harus mengubah mindset hingga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung inovasi dan kolaborasi.

Jika perubahan ini tidak didasari dengan pelatihan bagi setiap karyawan, maka akan menjadi tantangan tersendiri dan sulit mewujudkan digital transformation.

Contoh Transformasi Digital

Melakukan perubahan dalam sebuah bisnis dengan menggunakan teknologi digital modern memang memerlukan keyakinan kuat serta modal yang besar.

Sebab, bisa saja dari perubahan tersebut mampu menghadirkan keuntungan yang besar bagi bisnis Anda. Apalagi, didukung dengan teknologi yang semakin berkembang sekarang ini.

Maka dari itu, berikut ini terdapat beberapa contoh transformasi digital yang perlu Anda ketahui:

1. Perbankan digital

2. E-commerce

3. Internet of Things (IoT)

4. Remote working (Kerja jarak jauh)

5. Kupon belanja digital

6. Akun pelanggan online

7. Kartu loyalitas pelanggan online

8. Layanan ojek online

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu transformasi digital beserta manfaat, tantangan, hingga contohnya sekarang ini.

Pada dasarnya, transformasi digital adalah sebuah proses penggunaan teknologi digital untuk mengubah atau memodernisasi bisnis, budaya, dan lainnya.

Transformasi ini sangat penting bagi semua aspek kehidupan, terutama bisnis karena teknologi semakin berkembang. Hal ini tentu mengharuskan semua sektor untuk menerapkan teknologi digital dalam menjalankan operasinya.

Maka dari itu, jika Anda memiliki bisnis dalam bidang apa saja, silakan untuk segera melakukan transformasi digital supaya mendapatkan keuntungan lebih maksimal.

Jika mengalami kesulitan, maka Anda bisa menggunakan jasa transformasi bisnis dengan teknologi dari Sekawan Media. Sebab, Sekawan Media menyebabkan layanan akselerasi dan otomatisasi digital.

Tertarik menggunakannya? Segera hubungi kami dan konsultasikan semua kebutuhan Anda secara gratis!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: