• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Digital Marketing: Pengertian, Tugas, Skills, & Gaji

Daftar Isi
Daftar Isi
Ezgif. Com webp maker 13
© Freepik

Ketika anda sedang melihat video youtube seringkali terdapat iklan yang harus anda lihat sebelum anda melanjutkan video yang ingin anda tonton di youtube. Iklan yang sering anda lihat dalam youtube, blog dan facebook merupakan salah satu bentuk dari kegiatan digital marketing. 

Manfaat dari iklan tersebut adalah untuk menjangkau target audiens secara luas sesuai dengan sasaran pasar yang tepat. Selain melalui kegiatan beriklan, bentuk kegiatan digital marketing lainya seperti pemasaran menggunakan sosial media, penerapan seo dalam website dan masih banyak kegiatan lainya. Kegiatan pemasaran yang banyak dilakukan menggunakan internet ini membawa banyak ketertarikan sebagian orang untuk terjun pada dunia digital marketing.

Lantas apa saja tugas, tanggung jawab, skill  yang harus dipelajari, dan berapa gaji dari seorang digital marketing? simak penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah berikut.

Apa itu Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media digital untuk menjangkau dan mendapatkan target pasar yang lebih luas menggunakan berbagai media seperti website, sosial media, email, dan blog. 

Apa Itu Digital Marketer

Digital Merketer merupakan seseorang yang memilki tanggung jawab dalam menyusun strategi digital marketing yang terarah, terukur dan terstruktur untuk meningkatkan brand awareness dan traffik web suatu perusahaan dengan menjangkau target pasar yang lebih luas sesuai.

Beberapa skill yang harus dimiliki seorang digital marketer adalah kemampuan analisis data untuk dapat menyusun stategi serta kemampuan dalam analisis membaca suatu data. 

Tugas Digital Marketing

Melakukan Branding 

Tugas dan tanggung jawab seorang digital marketer yang pertama adalah melakukan pemasaran dan branding perusahaan menggunakan berbagai media digital untuk meningkatkan brand awareness. Brand awareness mampu meningkatkan kepercayaan pembeli sehingga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembeli.

Menyusun konsep dan rencana pada platform sosial media yang digunakan

Pemahaman digital marketing dalam sosial media juga penting untuk menentukan platform sosial media yang dibutuhkan dan berpengaruh pada perusahaanya. Contohnya, kebutuhan platform sosial media yang sangat menguntungkan dan bermanfaat untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang B2C adalah instagram.

selain menentukan platform yang cocok dengan perusahaan,Tugas digital marketing selanjutnya adalah menyusun konsep dan rencana distribusi konten sosial media untuk meningkatkan engagement.

Optimasi Halaman website menggunakan metode SEO

Tanggung jawab selanjutnya dari seorang digital marketer adalah mengoptimasi halaman website perusahaan dengan mengatur stategi konten sesuai dengan bidang perusahaan serta melakukan keyword research. SEO merupakan salah satu strategi yang sering digunakan dalam dunia digital marketing untuk meningkatkan trafik web dengan mendapatkan ranking terbaik pada pencarian halaman google. 

Skills yang Harus Dimiliki Digital Marketing

Sosial Media Marketing 

Sosial Media merupakan salah satu media yang memiliki pengaruh cukup besar dalam pemasaran dan kegiatan promosi. Oleh karena itu, pemahaman digital marketer dalam menentukan strategi pada sosial media 

Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan fitur untuk melakukan promosi produk anda. Salah satu contohnya adalah Facebook ads, Twitter ads, serta Instagram Ads.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan media sosial sendiri adalah efisien dalam waktu dan biaya yang dikeluarkan. Selain itu, sosial media dapat menjangkau customer secara luas melalui channel yang anda buat.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan metode yang digunakan untuk dapat masuk pada halaman pertama di mesin pencarian. SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis, On Page dan Off Page. Untuk On page sendiri lebih mengarah kepada proses optimasi pada halaman website -nya.

Sedangkan, Off page merupakan proses optimasi yang dilakukan dengan bantuan dari website lain untuk meningkatkan kredibilitas situs anda. Di dunia digital marketing sendiri, terdapat beberapa pekerjaan yang cocok untuk menangani SEO, seperti SEO Specialist, Content Writer, Copywriter, dan masih banyak yang lain lagi.

Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing merupakan salah satu pemahaman yang harus dimilki seorang digital marketing. SEM sendiri lebih fokus untuk meningkatkan traffic website dengan beriklan berbayar.

Content Marketing

Salah satu tugas dari digital marketer adalah merencanakan distribusi konten promosi hard selling serta soft selling dalam sosial media, website, email serta blog. Sebab itulah seorang digital marketing harus memilki keterampilan dalam content marketing untuk menciptakan konten konten yang menarik serta berdampak pada peningkatan.

Baca Juga: Marketing: Arti, Fungsi, Jenis, Tugas, dan Jenjang Karir

Gaji Digital Marketing

Setelah mengetahui lebih dalam terkait apa itu profesi digital marketing, tugas seorang digital marketer, dan skills yang harus dimiliki, selanjutnya adalah pembahasan terkait Gaji digital marketing. Banyak sebagian orang yang sudah mulai tertarik dengan bidang pekerjaan ini dikarenakan gaji yang ditawarkan cukup menarik, bahkan terdapat sebagian yang memilih switch karier untuk menjadi digital marketer. berikut merupakan gaji digital marketing:

  1. Digital Marketing Staff ( Junior ) : IDR 5.000.000 – IDR 7.000.000
  2. Digital Marketing Specialist: IDR 6.000.000 – IDR 10.000.000
  3. Digital Marketing Manager : IDR 12.000.000 – IDR 16.000.000

Salah satu bentuk media yang digunakan dalam digital marketing adalah Website. Sekawan Media menyediakan layanan jasa pembuatan website untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: