• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Engineering adalah: Skill, Jenis, Gaji & Jurusan Kuliahnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Salah satu bagian terpenting yang mendukung jalannya kehidupan adalah teknik. Engineering atau biasa juga disebut dengan teknik adalah sebuah peranan penting dalam mengoptimalkan proses produksi.

Banyaknya jenis teknik membuat pekerjaan ini mendukung di segala sektor perusahaan. Pekerjaan pada bidang ini, antara lain, civil, mechanical, aerospace, software engineering, dan sebagainya.

Lalu, apa itu engineering? Berikut penjelasan lengkap mengenai pekerjaan engineer dan jurusan engineer yang paling diminati. 

Apa itu Engineering?

Engineering adalah profesi seorang profesional yang merancang dan membuat rencana pembangunan berbagai struktur dan sistem. Bidang kerja engineering, antara lain, listrik, sipil, mekanik, komputer, dan sebagainya.

Pengertian teknik lainnya adalah sebuah disiplin ilmu teknik atau teknologi yang muncul dalam kehidupan untuk memudahkan pekerjaan manusia untuk merancang, membangun, dan memelihara struktur dan sistem.

Engineering artinya dapat disebut sebagai teknik. Teknik bukan hanya tentang membuat sesuatu, tetapi juga membuat sesuatu bekerja dengan lebih baik.

Dapat dikatakan bahwa teknik adalah sebuah pemecahan masalah yang mengubah suatu ide menjadi kenyataan.

Skill Engineering

Seseorang yang bekerja dengan ilmu teknik disebut dengan seorang engineer. Seorang engineer tentu harus memiliki banyak skill untuk mendukung sebuah pekerjaannya. Berikut ini adalah skill yang harus dimiliki seorang engineer.

1. Komunikasi (Communication)

Seorang engineer tentu harus mampu berkomunikasi secara efektif. Tentu mereka harus dapat menjelaskan konsep yang kompleks kepada orang lain. Mereka juga harus dapat mengomunikasikan ide dan konsep yang dimiliki dengan jelas kepada tim kerja.

2. Kepemimpinan (Leadership)

Engineer dicetak untuk menjadi seorang pemimpin. Engineer tentu harus dapat memimpin proyek dari awal sampai akhir untuk memastikan bahwa semua anggota tim paham terhadap perannya masing-masing.

Tim engineering sedang berdiskusi
Ilustrasi Tim Engineer Berdiskusi (Scott Blake/Unsplash)

3. Penyelesaian Masalah (Problem Solving)

Ilmu teknik yang rumit membuat seorang engineer harus paham cara untuk memecahkan masalah secara efisien, kreatif, dan cepat. Engineer tentu membutuhkan keterampilan untuk menghadapi tantangan secara rutin.

4. Cepat Belajar

Ilmu teknik yang selalu berkembang dari masa ke masa membuat seorang engineer harus dapat belajar dengan cepat. Mereka juga harus belajar beradaptasi dengan kebutuhan proyek yang dihadapinya.

Tugas Engineering

Tugas dari seorang engineer adalah untuk dapat mencapai suatu tujuan dalam perusahaan. Berikut ini adalah tugas-tugas engineer yang harus diperhatikan.

1. Pengawasan Teknis

Engineer bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap alat, mesin, dan tim dalam proses produksi. Alat dan mesin harus dipastikan aman serta dapat berjalan dengan baik. 

2. Memastikan Proses Produksi Berjalan Lancar

Tugas dari seorang engineer harus mampu memastikan semua proses produksi berjalan dengan lancar dan aman. Ketika terdapat hambatan dan masalah dalam proses produksi, seorang engineer harus langsung turun tangan untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

3. Pekerjaan yang Efektif dan Efisien

Tugas utama seorang engineer adalah bekerja dengan efektif dan efisiensi. Oleh karena itu, engineer harus dapat bekerja seefektif mungkin dan mengurangi tingkat kesulitan.

4. Pengecekan secara Rutin dan Berkala

Tugas lainnya dari engineer adalah melakukan pengecekan proses produksi secara rutin dan berkala. Pengecekan yang dilakukan oleh engineer adalah pada alat atau mesin dengan secara rutin dan berkala.

5. Pekerjaan sesuai Job Desc Masing-Masing

Cabang ilmu dari engineering sangat beragam sehingga seseorang yang bekerja teknik harus paham terhadap job desc-nya masing-masing. Setiap job desc tentu harus dikerjakan dengan tanggung jawab sesuai keilmuannya masing-masing.

Baca Juga: Mengenal Software Kontraktor untuk Mengoptimalkan Proyek Konstruksi

Jenis dan Gaji Engineering

Banyak jenis-jenis teknik yang saat ini menjadi idaman banyak orang. Hal tersebut karena gaji seorang engineer yang bisa dibilang tinggi.

Adapun beberapa jenis dan gaji engineering adalah sebagai berikut.

1. Teknik Komputer (Computer Engineering)

Sesuai namanya, jenis teknik ini belajar mengenai ilmu komputer dan elektronik. Ilmu ini juga belajar mengenai software dan hardware-nya dari sebuah komputer. Gaji dari teknik komputer adalah sekitar Rp96.000.000 per tahun.

2. Teknik Perminyakan (Petroleum Engineering)

Teknik ini berhubungan dengan ekstraksi minyak, gas, dan bahan bakar fosil lainnya yang ada di bumi. Pengetahuan yang digunakan pada teknik ini adalah tentang kimia, fisika, geologi, matematika, ilmu komputer, dan ilmu lainnya.

Gaji yang diperoleh bidang pekerjaan ini sekitar Rp228.000.000 per tahun.

3. Teknik Industri (Industrial Engineering)

Ilmu teknik ini berfokus pada jalannya sebuah industri dengan efisien. Bidang dari teknik ini adalah desain, optimisasi, riset operasi, kontrol kualitas, dan perencanaan serta penjadwalan produksi.

Gaji yang diperoleh dari bidang teknik industri adalah sekitar Rp175.000.000 per tahun.

4. Teknik Mesin (Mechanical Engineering)

Pekerjaan dari teknik mesin adalah tentang desain, pembuatan, dan pengoperasian mesin. Prinsip yang digunakan pada teknik ini adalah fisika, yatu mekanika fluida dan padat, perpindahan panas, serta teori kontrol.

Gaji yang diperoleh dari bidang pekerjaan teknik mesin adalah sekitar Rp115.000.000 per tahun.

5. Teknik Elektro (Electrical Engineering)

Tim engineering sedang memperbaiki jaringan listrik
Ilustrasi Tim Teknik Elektro (Emmanuel/Unsplash)

Bidang pada bisnis ini adalah dengan cakupan perangkat listrik dan elektronik untuk memberi daya pada berbagai perangkat dan proses kelistrikan. Gaji dari pekerjaan ini sekitar Rp98.000.000 per tahun.

Jurusan Engineering

Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati di Indonesia. Tidak heran jika jurusan teknik adalah jurusan dengan jalur masuk yang sangat ketat. 

Berikut ini adalah 7 jurusan teknik yang paling banyak dicari dan memiliki banyak peluang kerja.

1. Computer 

Computer engineering adalah salah satu jenis teknik yang mempelajari desain dan konstruksi komputer beserta dengan software dan hardware-nya. 

2. Mechanical

Jurusan ini biasa juga disebut dengan teknik mesin. Mechanical engineering adalah jurusan yang berkaitan dengan perancangan dan pengembangan teknolog mesin pada alat berat, mesin produksi, dan kendaraan.

3. Civil

Teknik sipil atau civil engineering adalah jurusan membahas mengenai pembangunan infrastruktur, antara lain jalan, gedung, jembatan, dan sebagainya. Ilmu yang akan dipelajari adalah perancangan, konstruksi, dan pemeliharaan bangunan.

4. Electrical

Teknik elektro atau electrical engineering adalah jurusan yang membahas mengenai pembuatan dan pengembangan teknologi seperti sistem dan tenaga kelistrikan, robotika, dan sebagainya.

5. Aerospace

Aerospace engineering adalah jurusan yang mempelajari cara merancang, mengembangkan, membangun, dan menguji pesawat ruang angkasa dan pesawat terbang. 

6. Biomedical

Biomedical engineering adalah sebuah ilmu yang banyak melakukan penelitian dan membuat alat-alat kedokteran. Ilmu ini biasa disebut dengan teknik biomedis yang berusaha memecahkan masalah teknologi pada  kesehatan. 

7. Environmental

Teknik lingkungan atau environmental engineering adalah ilmu yang membahas mengenai lingkungan dan permasalahannya. Selain itu, jurusan ini juga mencari solusi mengenai suatu masalah dan mencari pencegahan terhadap masa di masa depan.

Baca Juga: Jurusan Sistem Informasi: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerjanya

Pada perusahaan manufakturing, keberadaan tim engineer memang memiliki peran yang sangat penting. Dengan adanya tim engineer pada suatu perusahaan, jalannya perusahaan yang lebih efisien dan efektif. 

Tim engineer menjadi aset yang penting dalam sebuah perusahaan. Salah satunya adalah website engineer yang membantu untuk meningkatkan suatu bisnis. Bagi kalian yang sedang menaikkan sebuah bisnis, Sekawan Media solusinya!

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website profesional memberikan keuntungan yang membawa peluang besar bagi perusahaan, bisnis, maupun instansi. Yuk, hubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: