Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Apakah anda sering dengar sebuah posisi pekerjaan yang memiliki posisi penting dalam merekrut karyawan baru? Nah, posisi tersebut lebih dikenal dengan panggilan Human Resources atau disingkat HR. Apakah tugas dari seorang HR hanya berhubungan dengan merekrut karyawan saja? Jawabannya, tentu saja tidak. Bahkan lebih dari sekedar mengorganisir struktur tim atau divisi dalam perusahaan. 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih dalam terkait tugas dan skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Human Resources untuk dapat mengatur dan mengelola kebutuhan administrasi dan sumber daya manusia. Pekerjaan yang satu ini juga erat hubungannya dengan bidang administrasi serta ilmu psikologi.

Definisi Human Resources

Pengertian dari Human Resources adalah salah satu posisi pekerjaan dalam bisnis yang bertugas untuk merekrut karyawan baru, mengurus kegiatan administrasi, serta memastikan setiap pegawai tetap nyaman di perusahaan dan dapat memberikan kontribusi secara maksimal.

Pentingnya posisi ini, membuat berbagai perusahaan mencari sosok individu yang tepat dengan kemampuan mengelola sumber daya dengan baik dan tepat. Untuk menjadi seorang HR tidaklah mudah, anda membutuhkan beberapa skill khusus agar dapat menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Human Resources Department

Human Resources Department (HRD) adalah orang yang bekerja dalam sebuah departemen atau divisi khusus yang bertanggung jawab dalam menangani pengelolaan SDM pada organisasi maupun perusahaan. Yang mana, tanggung jawab dari seorang HRD adalah menyeleksi setiap orang atau calon kandidat berkualitas untuk dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan.

Human Resources Management

HRM atau Human Resources Management sering disebut dengan istilah pengelolaan sumber daya manusia merupakan suatu cara yang dibuat untuk mengatur dan mengelola SDM yang ada pada perusahaan tersebut. Sistem tersebut diciptakan untuk dapat memaksimalkan potensi setiap individu secara efektif untuk dapat mencapai tujuan bisnis perusahaan bersama.

Human Resources Development

Human Resources Development merupakan salah satu bagian dari HR yang memiliki tugas untuk membantu dalam mengembangkan segala sumber daya yang ada pada setiap individu atau manusia. Dimana posisi ini sangat erat kaitannya dengan pengembangan karyawan perusahaan untuk mengetahui setiap kinerja dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

Oleh karena itu, perlu adanya posisi ini untuk memikirkan beberapa strategi khusus dalam mengembangkan sumber daya manusia dengan optimal dengan melakukan pelatihan serta konsultasi secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui beberapa permasalahan yang timbul dari tiap karyawan, serta menampung aspirasi dari setiap divisi agar kualitas dan produktivitas kerja menjadi meningkat.

Baca juga: Tips Memilih Konsultan IT yang Tepat untuk Startup

5 Skill Utama Seorang HR

Kemampuan khusus apa saja yang harus dimiliki seorang HR professional? Berikut merupakan beberapa skill wajib yang harus dikuasai.

1. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Seorang Human Resources tentu harus mempunyai skill berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Dimana, hal ini sangat berpengaruh untuk dapat membangun hubungan yang lebih hangat dan kedekatan emosional antar personil dapat terbangun. 

2. Mampu melakukan Pekerjaan secara Multitasking

Kedua, seorang HR juga harus mampu untuk mengerjakan berbagai pekerjaan secara bersamaan. Dimana, tugas tersebut dapat berupa mengelola administrasi file dokumen proyek, menganalisa hasil rekrutmen pegawai, dan kebutuhan tugas yang lainnya.

3. Mampu Mengorganisasi Setiap Kebutuhan Bisnis

Skill yang ketiga, HR juga bertanggung jawab dalam mengorganisasi berbagai macam kebutuhan bisnis seperti proses rekrutmen karyawan baru, menyusun jadwal evaluasi rutin, serta mengelola agenda jadwal meeting bersama. 

Dengan banyaknya pelamar yang ingin mendaftar pada perusahaan anda, maka human resources harus selalu siap dengan kondisi yang terjadi dan mampu menjalankan setiap tugas dengan tepat waktu dan efisien.

Baca juga: 15 Peluang Usaha Bisnis Online dan Baru di Dunia IT

4. Memiliki kemampuan untuk Memecahkan Masalah

Selanjutnya, HR juga harus memiliki pola pikir yang kritis untuk dapat memecahkan setiap permasalahan yang ada. Selain itu juga dapat memberikan solusi yang tepat dengan memberikan rancangan program untuk mendukung kualitas kerja serta membantu meningkatkan produktivitas bisnis menjadi lebih baik.

5. Melakukan Proses Rekrutmen dengan Bijak

Dan skill yang terakhir, HR juga perlu untuk memastikan setiap kandidat pegawai memiliki standar yang baik sesuai dengan bidang kompetisi yang diperlukan perusahaan. Sehingga, hasil dari proses rekrutmen yang cukup panjang dapat ber –impact positif bagi perusahaan dan melahirkan talenta berbakat untuk mengisi setiap posisi penting dalam  bisnis tersebut.

Kesimpulan

  • Human Resources merupakan posisi penting untuk dapat memajukan sebuah bisnis perusahaan dari sisi pengelolaan sumber daya manusia yang baik dan sesuai.
  • Skill utama yang harus dimiliki oleh seorang HR adalah kemampuan komunikasi, pemecahan masalah, pengorganisasian, multitasking, dan pola rekrutmen yang transparan.
  • Jika anda ingin memulai karir menjadi HR profesional, maka anda perlu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan semangat kerja yang baik.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS secara custom untuk membantu bisnis anda. Segera hubungi kontak kami untuk mendapatkan penawaran terbatas.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email