Menu Close
Close

Pahami Skill dan Tugas yang Dimiliki oleh iOS Developer Indonesia

Table of Contents
Table of Contents

IOS Developer merupakan salah satu pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak yang banyak diminati untuk saat ini. IOS merupakan sistem operasi yang dibuat dan dikembangkan oleh salah satu perusahaan besar, Apple sekaligus kompetitor dari Microsoft untuk penjualan sistem operasi berskala global. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa pengetahuan terkait skill dan tugas apa saja yang dibutuhkan oleh seorang iOS Developer.

Apa Itu iOS Developer

Pertama, anda harus mengenal terlebih dahulu mengenai pekerjaan tersebut. IOS Developer adalah salah satu pekerjaan terkait dengan pengembangan aplikasi mobile (seluler) dengan menggunakan sistem operasi iOS Apple. Jadi tugas yang dimiliki adalah membuat aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi tersebut. 

Kedua, biasanya seorang programmer iOS menggunakan bahasa pemrograman khusus seperti Objective-C, Swift, ataupun Ruby. Jika anda ingin mengembangkan aplikasi yang dapat dijalankan pada kedua perangkat Android maupun iOS, anda dapat mempelajari bahasa pemrograman cross-platform, menggunakan React Native. 

Tugas dan Tanggung Jawab

Selanjutnya, terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh iOS programmer. Bagi anda yang tertarik menjadi seorang developer, anda harus memperhatikan dan memahami kebutuhan apa saja yang perlu dipersiapkan.

      1. Bekerja bersama tim untuk membangun aplikasi sesuai kebutuhan customer

Sebagai seorang developer, anda harus dapat bekerja secara tim dalam mengerjakan proyek yang membutuhkan jumlah tim yang besar. Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah selalu melakukan koordinasi antar tim atau departemen agar tidak ada terjadi kesalahan informasi terkait pengerjaan proyek.

      2. Melakukan tahap pengujian pada aplikasi sebelum masuk proses perilisan aplikasi

Kemudian, seorang iOS Developer juga harus melakukan pengujian pada aplikasi untuk memastikan program dapat berjalan dengan baik dan siap untuk dirilis. Terkait dengan tahap pengujian tersebut, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

      3. Dapat bekerja dengan menggunakan sumber data eksternal dan API

Selanjutnya, anda juga dituntut untuk menguasai dan memahami penggunaan dari API (Application Programming Interface) dan sumber data eksternal. Hal tersebut mendukung pengembangan software dengan lebih efektif dan efisien. Sehingga, performa dari aplikasi menjadi lebih baik dan kecepatan transfer data akan meningkat. 

      4. Memperbaiki kesalahan atau bug pada kode program

Kemudian, anda juga memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki setiap kesalahan yang terjadi pada kode program saat masuk pada tahap pengembangan aplikasi. Sebelum masuk pada proses deploy, anda harus mengecek setiap kesalahan atau error pada program agar saat proses rilis pada perangkat mobile tidak terjadi kesalahan yang fatal.

      5. Menciptakan produk yang berdaya saing dan inovatif

Dan tugas terakhir yang harus anda penuhi untuk menjadi seorang iOS Developer adalah menciptakan dan membangun produk inovatif, dan berdaya saing tinggi. Tentu saat ini, telah banyak anda jumpai berbagai macam aplikasi mobile mulai dari aplikasi permainan, edukasi, bisnis, kesehatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 20 Bahasa Pemrograman Mobile yang Banyak Digunakan

Gaji iOS Developer

Menurut data dari situs lowongan kerja Indeed, rata – rata gaji iOS Developer di Indonesia mencapai 9,6 juta per bulan. Angka tersebut lebih banyak dari gaji Android Developer yang hanya mencapai 5,8 juta per bulan. Hal yang sangat berpengaruh disini adalah, karena di Indonesia jumlah programmer iOS sangat sedikit. 

Faktor lain yang menjadi penyebab perbedaan gaji yang besar adalah penggunaan dari sistem operasi iOS yang lebih sedikit daripada pengguna Android di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, penjualan produk dari Apple juga masih terbilang sedikit daripada penjualan perangkat mobile dengan sistem operasi Android, karena perbedaan harga dan fitur yang dimilikinya.

Skill yang Harus Dikuasai

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab, serta gaji yang dimiliki pengembang iOS, selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah skill apa saja yang harus dikuasai oleh seorang programmer mobile.

      1. Menguasai penggunaan tools dan software

Pertama, skill yang harus anda kuasai adalah penggunaan beberapa tools dan software yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi iOS, seperti xCode IDE, Git, Metal / OpenGL, Core Data Framework, dan lain sebagainya.

      2. Memahami algoritma dan bahasa pemrograman 

Kedua, anda juga harus memahami konsep dasar algoritma dan bahasa pemrograman yang digunakan, seperti Objective – C, Swift, dan Ruby. Kemudian, anda juga dapat mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman cross-platform seperti React Native, PhoneGap, Cordova, dll.

      3. Mengikuti perkembangan seputar UI/UX 

Skill yang ketiga adalah selalu mengikuti perkembangan terkait desain UI/UX terkini. Jika membahas mengenai desain, tentu pengguna akan memiliki tampilan aplikasi yang baik dari segi komposisi tampilan, serta penggunaan aplikasi yang mudah dan interaktif. 

Baca Juga: Pentingnya Desain UI/UX dalam Mengembangkan Aplikasi Berbasis Mobile

      4. Memiliki pengetahuan dasar mengenai cara kerja iOS dan Mac OS

Skill yang keempat adalah mempunyai dasar pengetahuan untuk mengoperasikan sistem operasi iOS, serta memiliki perangkat Mac OS sendiri. Kedua hal tersebut sangat penting untuk anda perhatikan, karena untuk membuat aplikasi mobile berbasis iOS harus menggunakan perangkat dari Mac OS sendiri. 

      5. Mempunyai verifikasi keanggotaan developer

Skill terakhir yang perlu diperhatikan adalah memiliki akun yang telah terdaftar sebagai developer Apple. Untuk opsi ini sangat penting, apabila anda mengembangkan aplikasi yang siap untuk dirilis pada App Store.

Kesimpulan

  • IOS Developer merupakan pekerjaan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile menggunakan sistem operasi iOS. Pekerjaan ini masih sangat jarang ditemukan di Indonesia, dan masih sedikit jika dibandingkan dengan Developer Android. 
  • Namun, untuk kebutuhan saat ini, programmer iOS sangat dibutuhkan dan memiliki gaji yang lebih tinggi daripada programmer Android. Pastikan anda untuk mempersiapkan segala kebutuhan mengenai skill dan tanggung jawab sebagai seorang pengembang. 

Sekawan Media juga membuka jasa pembuatan aplikasi mobile untuk posisi sebagai mobile programmer. Jika anda tertarik, segera kirim CV anda segera kepada tim kami. 

Related Article

PRODUCTION
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: