Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Android Developer merupakan salah satu pekerjaan di bidang IT terkait dengan pengembangan aplikasi berbasis mobile. Saat ini, penggunaan perangkat seluler (mobile) semakin meningkat dan dapat menjadi pengganti dari perangkat desktop. Perangkat mobile sangat mudah untuk dibawa kemana saja, dan memiliki berbagai fitur pendukung seperti kamera, aplikasi, dan fitur hiburan yang lainnya.

Apa Itu Android Developer

Pertama, kami akan membahas mengenai pekerjaan menjadi Android Developer. Android Developer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan membangun perangkat lunak berbasis mobile menggunakan sistem operasi Android. Jadi, fokus utama dari programmer mobile ini adalah membangun aplikasi yang dapat dikembangkan pada perangkat Android dalam berbagai tipe atau jenis smartphone. 

Gaji Android Developer

Menurut data laporan dari situs lowongan kerja Indeed, rata – rata gaji Android Developer di Indonesia mencapai 5,8 juta per bulan. Untuk nominal tersebut disesuaikan menyesuaikan dengan tingkat UMR dari setiap wilayah di Indonesia. Jika kita komparasikan dengan gaji iOS Developer, memang cukup jauh. 

Namun, perlu digaris bawahi disini adalah, kebutuhan akan programmer mobile, khususnya Android sangat dibutuhkan saat ini. Jadi, kesempatan anda untuk menjadi mobile programmer terbuka luas. Hal terpenting disini adalah anda bersungguh – sungguh dan berfokus untuk mempelajari setiap kebutuhan dari tahap pengembangan aplikasi berbasis Android.

Tugas Seorang Android Developer

Selanjutnya, yang perlu anda ketahui disini adalah tugas dari Android Developer. Tugas yang dimiliki mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan tanggung jawab dan deskripsi pekerjaannya.

      1. Dapat membangun dan merancang aplikasi Android untuk digunakan pada perangkat mobile

Pertama, anda memiliki tugas untuk berfokus dalam merancang dan mendesain tampilan awal aplikasi, hingga proses perilisan aplikasi kepada customer. Anda harus bertanggung jawab terkait pengerjaan software yang dilakukan. Untuk hal ini, anda perlu memiliki kemampuan dan skill khusus yang berkaitan dengan dunia pemrograman.

      2. Dapat bekerja secara kolaborasi dengan tim

Kedua, untuk mengembangkan produk aplikasi mobile dengan hasil yang terbaik, tentu membutuhkan sumber daya yang cukup besar. Sehingga, perlu adanya kerjasama antar Android Developer untuk mengatasi hal tersebut. 

Bekerja secara tim memberikan banyak manfaat, seperti proses pengerjaan dapat dilakukan lebih cepat, koordinasi antar developer menjadi lebih mudah dan proses pengerjaan dapat dilakukan sesuai dengan bidang masing – masing. 

      3. Mampu untuk mengatasi berbagai kesalahan atau bug pada aplikasi

Seorang developer juga dituntut untuk mampu mengatasi berbagai kesalahan yang terjadi pada aplikasi Android. Sehingga, ketika produk telah sampai kepada user, tidak timbul berbagai masalah untuk kedepannya. 

      4. Mampu menerapkan konsep penggunaan sumber data eksternal dan API

Selanjutnya, mampu untuk menerapkan berbagai fitur tambahan atau pendukung aplikasi pada perangkat mobile Android. Yaitu, dengan menguasai sumber data eksternal, dan juga API.  

      5. Memiliki konsep, ide, dan terobosan terbaru seputar pengembangan perangkat lunak

Seorang programmer juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dan zaman yang terus menerus berubah. Di dalam pegembangan aplikasi berbasis Android selalu mengalami perubahan, baik dari segi tampilan, fitur, dan konten yang disajikan pada aplikasi.

Baca juga: Pahami Skill dan Tugas yang Dimiliki oleh iOS Developer Indonesia

Skill yang dibutuhkan

Setelah mengetahui tugas apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Android Developer, selanjutnya yang perlu anda cermati disini adalah skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Android Developer.

      1. Memahami dan menguasai tools, dan bahasa pemrograman Android dengan baik

Untuk pengembangan aplikasi Android, memiliki beberapa tools yang digunakan, seperti Android Studio, Eclipse, dan tools lainnya. Kemudian, bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java, Kotlin, dan XML. Apabila anda tertarik untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat Android dan iOS sekaligus, maka bisa mencoba dengan menggunakan React Native. 

      2. Mampu bekerja secara remote

Untuk pekerjaan di dunia IT sendiri, tidak terbatas terhadap tempat dan waktu. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan tanpa harus selalu bertemu dengan customer, maupun rekan tim. Anda perlu untuk menguasai REST dan JSON untuk dapat bekerja secara remote. Kemudian, juga dapat menggunakan tool seperti GIT untuk pengembangan aplikasi lebih lanjut. 

      3. Mengetahui penggunaan dari Android SDK

Sebelum anda menuliskan sebuah kode program untuk aplikasi Android, pastikan untuk meng –install fitur Android SDK dan JDK (apabila menggunakan Android Studio). Kedua hal tersebut sangat diperlukan untuk menampilkan kode program menggunakan bahasa Java, maupun kotlin.

Baca juga: 20 Bahasa Pemrograman Mobile yang Banyak Digunakan

      4. Memiliki pengetahuan mengenai arsitektur, kerangka kerja (framework), dan tren terbaru

Menguasai kemampuan dan pemahaman mengenai arsitektur juga sangat diperlukan untuk membangun kinerja yang baik sebagai Android Developer. Kemudian, menyusun framework dengan sebaik mungkin dan mengikuti perkembangan terbaru seputar Android. 

      5. Memiliki kemampuan untuk bekerja menggunakan API

Selanjutnya, memiliki kemampuan untuk dapat mengimplementasikan penggunaan API. Hal tersebut sangatlah penting untuk dikuasai. Karena, API mampu menampilkan dan menyajikan database dengan lebih cepat, efisien, dan real-time.

      6. Mempunyai kesiapan untuk bekerja pada pengembangan aplikasi Android

Hal yang pelu dibangun disini adalah mempunyai kemauan yang lebih untuk bekerja sebagai programmer Android. Selain diminati banyak orang, kesiapan disini menunjukkan bahwa anda memang bersungguh – sungguh untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi pada pengembangan aplikasi Android.

      7. Memperhatikan tampilan desain UI/ UX aplikasi

Skill terakhir yang harus dikuasai yaitu, anda harus selalu mengikuti trend dan perkembangan dunia teknologi. Sehingga, tampilan User Interface, dan User Experience yang dihasilkan lebih berbobot dan sesuai dengan kebutuhan customer / user. 

Kesimpulan

  • Android Developer adalah pekerjaan dimana seseorang bertanggung jawab dan bertugas untuk mengembangkan aplikasi mobile menggunakan sistem operasi Android. Gaji seorang Android Developer di Indonesia masih dibawah iOS Developer. 
  • Skill dan tugas yang dimiliki oleh seorang Android Developer adalah mengembangkan aplikasi mobile untuk perangkat Android, mulai dari tahap perancangan desain, hingga tahap perilisan aplikasi untuk diserahkan kepada klien. 

Apakah anda tertarik untuk menjadi seorang programmer profesional? Sekawan Media membuka lowongan jasa pembuatan aplikasi mobile untuk posisi mobile programmer. Kirim segera portofolio dan CV anda kepada tim kami.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email