• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Sistem ERP adalah: Jenis, Fungsi, Manfaat, Fitur, & Contoh

Daftar Isi
Daftar Isi
ERP merupakan sistem informasi yang memilki manfaat dalam mengembangkan serta mengelola proses bisnis untuk kemudahan kebutuhan perusahaan, ERP memilki fungsi untuk meningkatkan keamanan data dan performa dalam bisnis yang akan membantu dalam mempercepat pengembangan dan manajemen data.

Sistem ERP adalah salah satu jenis sistem informasi yang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan IT dan startup untuk mengembangkan dan mengelola proses bisnis secara tepat seperti pengelolaan dalam produksi, proyek, SDM, hingga pada pengelolaan keungan.

Tentunya, bagi yang belum mengetahui atau sedang merintis bisnis startup IT di Indonesia, Anda perlu mencoba menerapkan sistem ERP sini. Berikut kami akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan ERP system.

Apa itu Sistem ERP?

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara kerja dan fungsi dari ERP sendiri, pertama kita harus mengetahui apa itu ERP.

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah sistem perangkat lunak modular yang dibangun untuk mengintegrasikan fungsi utama dalam proses bisnis suatu perusahaan ke dalam sebuah sistem yang terpusat dan terpadu.

Tujuan utama dari adanya sistem ini adalah agar segala macam aktivitas kerja bisnis dapat termonitoring dengan baik dan tersistem. 

Macam-Macam Tingkatan Sistem ERP

Di dalam ERP system terbagi menjadi beberapa tingkatan berdasarkan ukuran sebuah perusahaan. Berikut merupakan macam-macam kategori tingkatan sistem ERP:

Seseorang sedang membawa handphone yang mengeluarkan hologram bertuliskan erp.
Sistem ERP © Freepik

1. ERP Tier I

Pertama, tingkata sistem ERP adalah untuk mendukung perusahaan berskala global dan menangani urusan internasional, seperti bidang keuangan, administrasi, manajemen, akuntansi, ekonomi, dan lain sebagainya.

2. ERP Government Tier I

Tingkat ERP goverment I mendukung agensi pemerintahan skala besar. Sehingga, mendukung vendor di tingkat pemerintah pusat seperti SDM, Akuntansi dan pengadaan pemerintah.

3. ERP Tier II

Selanjutnya, masuk pada tingkat perusahaan berskala nasional yang mengembangkan produk untuk kebutuhan suatu wilayah/daerah di dalam negara tertentu. 

4. ERP Government Tier II

Selanjutnya, pada tingkat berikutnya masuk ke dalam pemerintahan, tetapi lebih berfokus pada peningkatan beberapa produk dan instalasi daerah atau bersifat lokal. 

5. ERP Tier III

Pada tingkatan ketiga, termasuk kedalam tingkatan untuk perusahaan dengan skala menengah. Biasanya perusahaan ini merupakan perusahaan rintisan seperti software house lokal yang masih bisa berkembang lagi.

6. ERP Tier IV

Untuk tingkatan akhir, dikhususkan untuk perusahaan berskala kecil, dan biasanya sering tidak diperhatikan sebagai sistem ERP oleh profesional TI.

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen dan Manfaat untuk Bisnis

Fungsi Sistem ERP

Terdapat beberapa fungsi dari penerapan Enterprise Resource Planning untuk kebutuhan bisnis perusahaan, terutama dalam bidang IT. Berikut merupakan beberapa fungsi dari Software ERP:

1. Membantu Proses Kolaborasi

Dengan menggunakan sistem tersebut, akan membantu proses kerja bisnis perusahaan Anda semakin lebih efektif dan efisien. Setiap tim atau departemen dapat menjalankan tugas dan masukan dari client.

2. Dapat Meningkatkan Performa Bisnis Anda

Produk yang berkualitas dan terjamin dapat meningkatkan performa bisnis perusahaan. Bagi perusahaan IT, mengembangkan aplikasi yang memiliki performa dan tampilan yang menarik merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.

Namun, perlu juga diketahui bahwa kebutuhan akan bisnis untuk meningkatkan keuntungan juga diperlukan. 

3. Meningkatkan Sistem Keamanan Data

Tentu saja, Anda juga tidak menginginkan apabila aplikasi atau produk yang telah dirilis mengalami peretasan secara ilegal.

Dengan menggunakan ERP system, mampu untuk menganalisis dan mempertimbangkan beberapa fitur sistem keamanan untuk melindungi informasi yang bersifat personal atau data perusahaan. 

4. Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

Salah satu fungsi ERP adalah dengan menerapkan sistem ini, biaya operasional perusahaan juga berkurang. Karena, dalam menerapkan ERP Software, setiap kebutuhan akan layanan aplikasi atau konten.

5. Membuat Proses Perencanaan Bisnis yang Lebih Akurat dan Tepat

Seiring berkembangnya teknologi terkini, proses perencanaan bisnis sangat diperhatikan, supaya tingkat traffic yang diberikan dapat meningkat. Penerapan sistem ERP terbukti cukup efektif untuk menangani perencanaan bisnis pada perusahaan IT.

Baca juga: Software Development dan Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Manfaat Sistem ERP

ERP system adalah salah satu sistem informasi yang memberi banyak kemudahaan dalam pengelolaan proses bisnis secara cepat. Salah satu manfaat dari menggunakan sistem erp adalah dapat mempercepat proses pengembangan perangkat dan manajemen data.

Berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat dari sistem ERP:

1. Dapat Mengintegrasikan Data Keuangan

Ketika perusahaan bergerak pada bidang keuangan, tentu laporan data terkait administrasi akan sangat rumit untuk dikerjakan. Namun, dengan mengintegrasikan kebutuhan aplikasi ERP akan memudahkan dalam pencarian data karena database yang sudah terpusat dan update.

2. Mempercepat Proses Pengembangan Perangkat Lunak

Kemudian, manfaat dari ERP adalah proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan dengan baik dan cepat. Sistem ini memiliki keunggulan dalam proses perencanaan yang tepat sehingga mampu untuk bersaing dengan perusahaan atau kompetitor lain.

3. Memanajemen Akun dan Data Pelanggan

Kebutuhan akan data selalu meningkat sehingga perlu adanya manajemen sistem yang baik dan terpadu. Salah satu cara yang sering digunakan saat ini adalah dengan menerapkan konsep ERP pada perusahaan atau startup IT.

Proses pengelolaan data dan informasi terkait pelanggan akan membutuhkan waktu yang cukup lama apabila tidak dibarengi dengan sistem perancangan basis data yang tepat.

4. Mengelola Kebutuhan Human & Resource (HR)

Perlu adanya sistem atau pihak yang berkaitan dengan proses pengelolaan manusia dan sumber daya perusahaan.

Dengan menggunakan sistem ini, diharapkan mampu untuk membantu tugas dari seorang HR dalam memonitoring segala aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan.

5. Membuat Berbagai Laporan dengan Tepat dan Terpusat

Setelah berhasil merilis dan menciptakan produk layanan terbaru, manfaat yang terakhir adalah dapat membantu untuk membuat sebuah laporan dengan waktu pengerjaan yang lebih cepat dan efisien. 

Cara Kerja Sistem ERP

Cara kerja ERP adalah mengotomatisasi seluruh proses bisnis dalam database yang terpusat. Sistem ini juga dapat mengetahui data-data berupa waktu pengiriman, tingkat inventaris, dan faktor lainnya.

Contoh dari cara kerja sistem ini adalah ketika menerima pesanan dari konsumen, ERP secara otomatis akan mengirimkan informasi pada pusat distribusi untuk memenuhi pesanan dengan tepat waktu.

Sistem ini memberi kemungkinan data dari berbagai sistem dapat dibagi dan diakses oleh semua orang dalam satu sistem.

Fitur Penting dalam Sistem ERP

Sistem ERP memiliki berbagai fitur penting yang bertujuan untuk memastikan sistem bisa memenuhi kebutuhan bisnis secara komprehensif.

Fitur ERP adalah salah satu aspek penting dalam kebutuhan bisnis karena dapat membantu mengintegrasikan dan mengelola bisnis secara menyeluruh dan tepat.

Berikut fitur penting dalam sistem ERP:

1. Integrasi data

Fitur pertama, mengungkapkan bahwa ERP mempunyai kemampuan untuk mengintegrasikan data. Data ini berasal dari berbagai departemen menjadi satu basis data terpusat.

Melalui basis tersebut, memudahkan bisnis untuk mengontrol semua data yang digunakan, sehingga akses informasi juga lebih akurat dan tepat.

2. Manajemen keuangan

Fitur penting kedua sistem ERP adalah untuk membantu mengelola keuangan atau akuntansi bisnis. Sebab, keuangan menjadi hal yang riskan dalam sebuah bisnis karena berkaitan dengan keberlanjutan usaha.

Fitur ini mencakup manajemen akun, pembayaran, pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, hingga pajak usahanya. Melalui fitu ini, dapat membantu mengelola keuangan lebih efektif.

3. Analisis dan pelaporan

Selanjutnya, sistem ERP diklaim mempunyai kemampuan untuk menganalisis data bisnis dan menghasilkan laporan yang informatif serta terperinci tentang kinerja perusahaan.

Dengan demikian, dapat membantu manajemen perusahaan untuk menganalisis dan mengidentifikasi tren, membuat keputusan lebih baik, serta merencanakan strategi lebih efektif.

Contoh Sistem ERP

Berikut ini merupakan contoh sistem ERP terbaik di Indonesia untuk menambah wawasan Anda mengenai implementasi dari Enterprise Resource Planning

1. SAP

Aplikasi ini sering digunakan pada perusahaan besar di dunia. Aplikasi ini membantu untuk melacak dan mengelola data pelanggan hingga jam kerja karyawan.

2. Odoo ERP

Program ini mengemas fitur penjualan, akuntasi, point of sales, investaris, dan fitur lainnya dalam unit yang terintegrasi.

3. Oracle EBusiness

Penggunaan aplikasi pada sistem erp yang menonjolkan sistem pada bisnis
Ilustrasi Aplikasi ERP (Unsplash)

Aplikasi ini dapat menunjukkan data secara real time dengan indikator grafis. Oracle juga menyediakan pendekatan Cloud yang lengkap serta menyeluruh.

4. ECount ERP 

Sistem ini dapat mengintegrasikan berbagai fungsi akuntasi mulai dari faktur, sistem penggajian, manajemen pembelian, anggaran, manufaktur, dan fungsi akuntasi lainnya.

5. FinancialForce ERP

Aplikasi ini menonjolkan sistem pengelolaan keuangan dan customer. Sistem ini juga terintegrasi dnegan CRM Salesforce.

6. WorkWise ERP

Aplikasi ini mendukung beberapa jenis manufaktur, yaitu make to order (MTO), engineer to order (ETO), configure to order (CTO), dan mixed mode yang membantu perusahaan membuat keputusan.

7. ERP Next

Modul utama dari aplikasi ini adalah akuntasi, CRM, penjualan, pembelian, situs web, dan e-commerce, manufaktur, gudang, manajemen, proyek, dan inventaris.

8. NetSuite ERP

Aplikasi ini menawarkan interface yang intuitif dan fungsionalitas untuk membantu bisnis dalam mengelola keuangan, operasi, dan data. Brightpearl akan menjaga pembaruan data penjualan secara berkala dan real time.

9. Brightpearl

Aplikasi erp adalah untuk mengatur inventaris
Ilustrasi Sistem ERP (Unsplash)

Aplikasi ini memiliki kelebihan dapat terintegrasi dengan platform toko online, seperti Amazon, Shopify, E-Bay, dan lain sebagainya.

10. Deltek Vision

Deltek Vision adalah sistem yang berbasis untuk cloud atau on-premise. Sistem ini menawarkan manajemen proyek, sumber daya, akuntasi proyek, pengembangan bisnis, manajemen waktu dan biaya, serta fitur lainnya.

Kesimpulan

Sistem ERP adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu kebutuhan proses bisnis perusahaan menggunakan sebuah sistem yang terpusat. Terdapat beberapa jenis tingkatan ERP yang dikelompokkan berdasarkan volume perusahaan.

Tujuan dari adanya aplikasi ERP adalah agar proses bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan efektif, efisien, tepat guna, dan dapat mengurangi biaya pengeluaran dana atau sumber daya suatu perusahaan. 

Manfaat ERP adalah dapat digunakan untuk bidang keuangan, manajemen, administrasi, dan bidang yang lainnya.

Sekawan Media merupakan software house Malang yang bergerak di bidang jasa pembuatan aplikasi mulai dari skala kecil hingga skala enterprise. Cek segera portofolio yang telah kami kerjakan.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: