You are here:

Panduan Lengkap Menggunakan Moodle untuk Pemula

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
moodle adalah

Di masa pandemi saat ini, penggunaan aplikasi pembelajaran online banyak sekali digunakan di berbagai jenjang pendidikan. Sehingga, banyak sekali orang yang mengembangkan platform pembelajaran berbasis online untuk menunjang kebutuhan dalam bidang pendidikan. Moodle adalah salah satu platform yang dapat digunakan oleh user dalam membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis elektronik (e-learning).

Pada artikel kali akan membahas terkait dengan penggunaan Moodle, fungsi, fitur, dan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh platform tersebut. Untuk pembahasan yang pertama, kita akan masuk pada topik mengenai apa itu Moodle dan sejarah singkatnya.

Pengertian Moodle

Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment atau singkatan dari Moodle adalah sebuah platform yang digunakan untuk menunjang sistem manajemen pembelajaran secara online dan menggunakan perangkat komputer. Jadi, apabila anda ingin menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran seperti e-learning, maka anda dapat menggunakan Moodle sebagai alternatif pilihan terbaik.

Moodle juga termasuk ke dalam aplikasi berbasis web (web-based). Yang mana, untuk setiap aktivitas pembelajaran terkait akses materi, diskusi, tanya jawab, hingga evaluasi dapat dilakukan melalui tampilan website dengan menggunakan bantuan browser. 

Sejarah dari Platform Moodle

Untuk sejarah singkat mengenai Moodle adalah pertama kali diciptakan oleh Martin Dougiamas. Saat itu, ia sedang menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Teknologi Curtin, Australia. Kemudian, pada Tahun 2002 Martin dinobatkan sebagai Webmaster sekaligus menjadi seorang administrator system bagi instalasi WebCT. Dan Selanjutnya, pada tahun itu juga berhasil merilis versi 1.0 platform tersebut serta dapat berkembang dengan pesat. 

Fungsi Moodle

Selanjutnya, fungsi dan tujuan utama dari pengembangan platform ini adalah untuk memudahkan dalam membuat tampilan sistem aplikasi manajemen pembelajaran online berbasis web. Selain itu, juga berguna untuk model pembelajaran jarak jauh maupun daring yang dapat diakses oleh guru, murid, dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dalam proses pendidikan. 

Fitur dari eLearning Moodle

Terdapat setidaknya enam fitur penting yang berada pada sistem e-learning dari Moodle. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi dan kegunaan dari setiap fitur-nya.

1. Personalized Dashboard

Fitur yang pertama merupakan dashboard dari Moodle yang tampak intuitif dan telah terintegrasi dengan baik. Dalam menu beranda (halaman utama) tersebut telah tersedia banyak sekali informasi penting yang meliputi daftar khusus, kalender kegiatan, pengumuman umum, hingga list pengguna aktif yang sedang online.

Selain itu, tampilan beranda juga dapat dikustomisasi sendiri oleh pengguna sesuai dengan hak akses yang dimiliki. Setidaknya, terdapat tiga macam hak akses yang dapat dikelola oleh Moodle, yaitu hak akses sebagai administrator, guru, dan murid. Tentunya setiap user memiliki fungsionalitas dan peran yang berbeda – beda. 

2. Progress Tracking

Fitur yang kedua ini berfungsi untuk mengawasi dan memberikan hasil evaluasi terhadap setiap aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Sehingga, dapat memberikan penilaian atau hasil asesmen yang baik berdasarkan data yang valid dan berkualitas. Terkait fitur tracking yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Course Completion

Untuk fitur ini merupakan hasil materi yang telah ditandai secara manual maupun otomatis. Sehingga, apabila anda telah selesai membaca dan mengerjakan kursus yang diberikan, maka anda dapat mengakses kelas yang berikutnya.

  • Grades

Merupakan bentuk penilaian yang diberikan setelah berhasil dalam mengerjakan soal tes atau ujian dengan lancar.

  • Badges

Badges adalah bentuk dari penilaian yang diberikan kepada murid yang berhasil menyelesaikan materi dan tugas yang telah diberikan pada kursus tersebut. 

  • Activity Completion

Activity completion merupakan sebuah indikator yang menunjukkan bahwa pengguna telah mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Untuk proses pengecekan dapat dilakukan secara manual maupun otomatis.

  • Competencies

Dan yang terakhir ini, tergolong dalam pemeringkatan ranking peserta sesuai dengan hasil belajar dan proses evaluasi dari pembelajaran yang telah dilakukan.

3. File Management

Fitur yang ketiga, digunakan untuk menambahkan sebuah file baru yang diberi nama sesuai dengan mata pelajaran tiap pengguna. Cukup dengan melakukan drag and drop saja, anda dapat menambahkan file secara otomatis. Opsi yang lain dapat dilakukan dengan menambahkan hasil resource dari materi pada kursus yang lain, dapat berupa file, folder atau alamat URL. 

4. Peer Assessment

Untuk fitur yang satu ini terbilang unik, dimana pengajar dapat meminta kepada peserta untuk memberikan nilai kepada teman atau peserta yang lain. Fitur ini juga dapat diatur oleh pengajar dan tentunya melibatkan peserta untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. 

5. Inline Feedback

Dengan Moodle, pengajar tidak perlu repot untuk melakukan koreksi dan memberikan feedback terhadap hasil belajar peserta didik. Karena, dalam platform tersebut seluruh hasil evaluasi dapat langsung ditampilkan dalam browser. Selain itu juga file dokumen yang diunggah oleh peserta bisa langsung diberikan catatan tambahan (highlight).

6. Multimedia Integration

Dan fitur yang terakhir adalah, Moodle juga telah terintegrasi dengan berbagai jenis tipe media dengan format yang mendukung. Sehingga, pengalaman dalam mengikuti segala kegiatan pembelajaran cenderung nyaman dan tidak membosankan.

Untuk menambahkan file multimedia seperti audio, video, dan gambar, dapat dilakukan secara manual maupun embed. Dimana, anda dapat mengunggah video dari channel Youtube atau Vimeo. Untuk mengaktifkan format yang lain, cukup dengan melakukan konfigurasi pada menu pengaturan administrator.

Baca juga: Jenis Aplikasi Berbasis Web Beserta Contoh Penerapannya

Kelebihan yang Dimiliki

Selanjutnya, masuk pada topik yang membahas tentang kelebihan apa saja yang dipunyai oleh Moodle. 

1. Open Source

Keuntungan yang pertama dari penggunaan Moodle adalah salah satu platform yang dapat diunduh dan diakses secara gratis atau bersifat open-source. Cukup dengan mengunjungi halaman website resmi dari Moodle, anda dapat mengembangkan berbagai tampilan media pembelajaran online yang menarik. 

2. Fleksibel dan Mudah Digunakan

Fleksibel disini berarti, Moodle dapat mendukung berbagai skalabilitas dari media pembelajaran yang dibuat. Mulai dari pembuatan kelas berskala kecil yang hanya berisi puluhan orang, hingga pengembangan portal pembelajaran yang dapat menampung sekitar ribuan user yang telah diterapkan pada perusahaan maupun institusi.

Selain itu, Moodle juga mudah digunakan karena anda tidak perlu untuk belajar bahasa pemrograman secara mendetail, cukup dengan fitur drag and drop anda sudah dapat membuat aplikasi model e-learning. Kemudian, antarmuka yang disajikan juga terbilang intuitif, serta dokumentasi yang tersedia di dalam Moodle juga lengkap disertai dengan tutorial yang telah dibuat oleh kumpulan komunitas dari platform tersebut.

3. Aman dan Terintegrasi

Sistem keamanan yang tersedia dalam Moodle tidak perlu diragukan lagi. Sistem akan selalu melakukan update secara rutin untuk menjamin keamanan data pengguna serta, menghindari praktik pencurian data pribadi ketika mengakses platform Moodle.

Alasan utama dari aplikasi ini mempunyai sistem integrasi yang baik karena, memiliki fitur external collaborative tools. Dimana, anda dapat melengkapi kursus online supaya  mengakses halaman wiki, blog, dan forum dengan lebih mudah.

4. Mendapat Dukungan Plugin dan Mudah Dikustomisasi

Secara default, tentu platform ini juga menyediakan dukungan terhadap berbagai plugin untuk menambahkan fungsi dan fitur khusus. Di dalam direktori dari plugin Moodle terdiri dari 1677 plugin untuk membantu kebutuhan komunikasi, administrasi, penilaian, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, platform ini juga mudah untuk dikustomisasi karena pada dasarnya diciptakan untuk semua kalangan. Anda dapat mengganti tema, logo, dan footer sesuai dengan kebutuhan instansi dan lembaga terkait.

5. Support Mobile Friendly

Dan kelebihan yang terakhir, sangat mendukung dengan tampilan pada perangkat mobile. Yang mana, penggunaan perangkat mobile lebih banyak digunakan daripada perangkat desktop untuk saat ini. Sehingga, kompatibilitas dari Moodle juga telah disesuaikan serta mendukung tampilan yang lebih responsif. 

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini pada berbagai perangkat yang ada meskipun diakses dalam browser yang berbeda juga. Dukungan bahasa yang banyak juga membantu dalam perkembangan dari Moodle. Fitur untuk dapat menerjemahkan platform ke dalam berbagai bahasa (localization) menjadi faktor penting dari kredibilitas media pembelajaran.

Baca juga: Pengaruh Aplikasi Belajar Online di Masa Pandemi

Perbedaan dari Moodle.com, Moodle.org, dan MoodleCloud.com

Sebenarnya, platform ini mempunyai tiga variasi berbeda, dilihat dari fungsionalitas dan kebutuhan penggunaanya. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai perbedaan dari masing – masing domain yang dimiliki oleh Moodle tersebut.

1. Moodle.com

Moodle.com merupakan produk komersial dari Moodle HQ, yang mana digunakan untuk mendapatkan detail informasi mengenai partner dari platform ini. Informasi tersebut mencakup layanan komersial yang dapat ditawarkan di berbagai negara. 

2. Moodle.org

Untuk moodle.org merupakan sebuah platform untuk website komunitas bagi Moodle project. Anda dapat mengunduh (download) source code dan plugin melalui website ini. Anda juga dapat menemukan berbagai forum untuk memberikan solusi bagi segala kendala dan permasalahan berkaitan dengan penggunaan Moodle.

3. MoodleCloud.com

MoodleCloud.com merupakan portal web gratis yang dikembangkan oleh Moodle HQ. Dengan portal ini, anda dapat membuat sebuah portal media pembelajaran online secara gratis. Untuk struktur URL yang harus anda buat dari portal ini adalah www.(nama website anda).moodlecloud.com/. Untuk materi pelajaran anda akan dimonitoring langsung melalui server Moodle.

Kesimpulan

  • Moodle adalah platform untuk membuat sebuah sistem aplikasi pembelajaran online berbasis website. Untuk penggunaan dari platform ini bersifat open-source dan telah mendukung mobile friendly.
  • Terdapat beberapa fitur yang dimiliki, diantaranya adalah fitur personalized dashboard, multimedia integration, inline feedback, peer assessment, file management, dan progress tracking.
  • Kelebihan dari platform ini antara lain, bersifat open source, fleksibel, mudah digunakan, terintegrasi dengan berbagai plugin, dan support mobile friendly.

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan aplikasi berbasis web dan software profesional di Kota Malang. Jika anda tertarik dengan layanan kami, silakan hubungi kontak yang telah tersedia.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top