• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Account Officer: Pengertian, Tugas, Gaji, dan Jenjang Karir

Daftar Isi
Daftar Isi
AO atau Account Officer adalah seorang profesional di bidang keuangan yang memiliki peran kunci dalam menjaga hubungan dengan pelanggan perusahaan dan mengelola portofolio kredit. Mereka adalah individu yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan dan memastikan bahwa pelanggan memenuhi kewajiban keuangan mereka.

Sebagai salah satu peran kunci dalam dunia perbankan dan keuangan, seorang account officer memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan dan memastikan hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Tugas dan tanggung jawab seorang account officer tidak hanya memengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan, tetapi juga berperan dalam pertumbuhan dan kesuksesannya.

Apa itu seorang account officer? Bagaimana tugas dan tanggung jawab mereka di tempat kerja? Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Apa itu Account Officer?

AO atau Account Officer adalah seorang profesional di bidang keuangan yang memiliki peran kunci dalam menjaga hubungan dengan pelanggan perusahaan dan mengelola portofolio kredit.

Mereka adalah individu yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan dan memastikan bahwa pelanggan memenuhi kewajiban keuangan mereka. 

Dengan kata lain, seorang account officer adalah individu yang bertanggung jawab atas manajemen hubungan dengan pelanggan perusahaan dalam hal keuangan dan kredit.

Mereka berusaha untuk memastikan bahwa pelanggan mematuhi kewajiban keuangan mereka, dan sebaliknya, memastikan bahwa perusahaan dapat mengelola risiko kreditnya dengan baik.

Pekerjaan account officer sangat penting dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan dan berkontribusi pada pertumbuhannya.

Tugas Account Officer

Tugas account officer melibatkan berbagai tanggung jawab yang berfokus pada manajemen hubungan keuangan dengan pelanggan perusahaan dan pengelolaan portofolio kredit.

Berikut adalah beberapa tugas utama yang biasanya dilakukan oleh seorang AO:

Ilustrasi account officer
Ilustrasi Account Officer (from Freepik)

1. Memelihara Hubungan Pelanggan

Job desk account officer adalah menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan perusahaan. Mereka bertindak sebagai penghubung utama antara perusahaan dan pelanggan, dan peran ini memerlukan kemampuan komunikasi yang baik. 

Account officer harus berinteraksi secara teratur dengan pelanggan, mendengarkan kekhawatiran atau kebutuhan mereka, dan memberikan solusi yang memadai.

Ini adalah fondasi dari pekerjaan mereka karena hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu mempertahankan bisnis dan mendapatkan bisnis baru.

2. Menganalisis Risiko Kredit

Sebelum memberikan pinjaman atau fasilitas kredit kepada pelanggan, seorang AO harus melakukan evaluasi kredit yang cermat.

Ini mencakup mengumpulkan dan menganalisis informasi keuangan pelanggan, menilai risiko kredit, dan menentukan tingkat bunga dan syarat-syarat kredit yang sesuai.

Pemahaman yang mendalam tentang risiko kredit sangat penting karena kesalahan dalam menilai risiko dapat berdampak negatif pada keuangan perusahaan.

3. Meningkatkan Portofolio Kredit

Mengembangkan portofolio kredit yang sehat adalah salah satu tujuan utama seorang AO. Mereka bekerja untuk menarik bisnis baru, mempertahankan pelanggan yang ada, dan memastikan bahwa pinjaman dan kredit yang diberikan berkinerja baik. 

Ini berkontribusi pada pendapatan perusahaan dan pertumbuhan bisnis jangka panjang. Untuk mencapai tujuan ini, mereka bekerja sama dengan tim penjualan untuk mengidentifikasi prospek bisnis baru dan merancang solusi keuangan yang sesuai.

4. Kepatuhan Terhadap Regulasi

Industri keuangan memiliki banyak peraturan dan peraturan yang harus dipatuhi. Seorang AO harus memastikan bahwa semua transaksi dan kegiatan yang mereka lakukan mematuhi regulasi yang berlaku.

Kepatuhan terhadap regulasi adalah aspek kritis dari pekerjaan mereka, dan pelanggaran dapat memiliki konsekuensi serius bagi perusahaan.

5. Analisis Keuangan

Seorang AO perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang laporan keuangan dan kemampuan untuk menganalisis kesehatan keuangan pelanggan.

Ini membantu mereka dalam mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pemberian kredit dan manajemen risiko.

Kemampuan analisis keuangan adalah salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang account officer.

Baca Juga: Chief Marketing Officer (CMO): Pengertian, Tugas, & Kualifikasi

Gaji Account Officer

Sekarang, mari kita bahas salah satu topik yang sering menjadi perhatian banyak orang ketika memilih karir: seorang AO.

Gaji account officer bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi geografis, tingkat pengalaman, jenis perusahaan, dan sektor industri. Namun, secara umum, seorang account officer biasanya mendapatkan gaji yang kompetitif.

Gaji rata-rata seorang account officer di Indonesia kurang lebih Rp4.100.000 per bulan atau Rp49.000.000 per tahun.

Bagi karyawan baru, gaji untuk posisi account manager kurang lebih Rp 24.000.000 per tahun. Bagi karyawan yang memiliki pengalaman AO sebelumnya, gajinya kurang lebih Rp 89.000.000  per tahun. 

Selain gaji pokok, seorang account officer juga dapat menerima bonus berdasarkan kinerja mereka dan komisi atas bisnis yang mereka bawa ke perusahaan.

Bonus dan komisi dapat menjadi komponen signifikan dalam pendapatan total seorang AO, terutama jika mereka berhasil dalam mengembangkan bisnis dan mengelola portofolio kredit dengan baik.

Jenjang Karir Account Officer

Bagi banyak orang, jenjang karir adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam memilih karir. Bagaimana dengan jenjang karir seorang AO? Apakah ada peluang untuk berkembang dalam profesi ini?

Jawabannya adalah iya, ada banyak peluang untuk pertumbuhan dan perkembangan dalam karir seorang account officer.

Account officer
Ilustrasi Account Officer (from Freepik)

1. Junior Account Officer 

Ini adalah tahap awal dalam karir seorang account officer. Seorang Junior AO biasanya memiliki tanggung jawab yang terbatas dan tugas-tugas dasar, seperti mengumpulkan data keuangan pelanggan, memproses aplikasi kredit, dan membantu dalam menjaga hubungan dengan pelanggan.

Mereka akan memulai karir mereka dengan memahami proses bisnis dan mengembangkan keterampilan dasar dalam manajemen risiko dan analisis keuangan.

2. Team Leader Account Officer

Setelah memiliki pengalaman yang cukup dan menunjukkan kemampuan kepemimpinan, seseorang dapat naik ke posisi leader of account officer team.

Sebagai pemimpin tim, tanggung jawab mereka akan melibatkan pengawasan dan bimbingan terhadap AO junior.

Mereka akan membantu memastikan bahwa tim mereka mencapai target kinerja dan memastikan bahwa operasi sehari-hari berjalan lancar.

3. Account Manager

Setelah menjadi team leader, langkah berikutnya dalam jenjang karir adalah menjadi account manager. Seorang account manager memiliki tanggung jawab yang lebih strategis dalam mengembangkan dan memelihara hubungan dengan pelanggan perusahaan. 

Mereka akan memiliki portofolio pelanggan yang lebih besar dan kompleks, serta akan terlibat dalam pengambilan keputusan kredit yang lebih signifikan. Selain itu, mereka dapat mengawasi beberapa tim AO.

4. Senior Account Manager

Dalam perjalanan karir yang sukses, seorang account manager berpotensi menjadi senior account manager. Seorang senior account manager biasanya memiliki portofolio pelanggan yang lebih besar dan kompleks lagi. 

Mereka juga mungkin memiliki tanggung jawab tambahan, seperti mengembangkan strategi bisnis untuk pertumbuhan portofolio mereka dan berinteraksi dengan pelanggan perusahaan yang lebih strategis.

5. Pimpinan Cabang

Bagi yang memiliki ambisi manajerial yang kuat, posisi berikutnya dalam jenjang karir bisa menjadi Pimpinan Cabang.

Sebagai pimpinan cabang, mereka akan bertanggung jawab atas manajemen dan operasi keseluruhan dari sebuah cabang atau unit bisnis.

Selain itu, mereka juga akan memastikan bahwa cabang mencapai target kinerja dan memimpin tim di bawah mereka.

6. Auditor

Seiring perkembangan karir, beberapa account officer dapat memilih untuk beralih ke peran menjadi seorang auditor.

Seorang auditor bertanggung jawab untuk mengaudit dan memeriksa keuangan dan proses bisnis perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi, identifikasi risiko, dan efisiensi operasional. Ini adalah peran yang berfokus pada pengawasan dan pemastian integritas keuangan perusahaan.

Baca Juga: Profesi CFO, Peran yang Mampu Memproyeksikan Keuangan Perusahaan

Itulah dia uraian lengkap mengenai pengertian account officer beserta tugas, gaji, dan jenjang karirnya yang perlu Anda ketahui.

Seorang account officer adalah sosok penting dalam dunia keuangan yang berperan dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan, memelihara hubungan pelanggan, dan mengelola portofolio kredit.

Meskipun gaji mereka bervariasi, pekerjaan ini menawarkan kompensasi yang kompetitif dan peluang pertumbuhan karir yang menarik. 

Dengan pengalaman dan keterampilan yang tepat, seseorang dapat mencapai posisi manajerial yang lebih tinggi dalam industri keuangan.

ika Anda sedang mencari kesempatan untuk mengembangkan karir di bidang bisnis, Sekawan Media dapat menjadi langkah awal yang tepat untuk mewujudkan mimpi Anda. 

Bergabunglah dengan tim kami yang terdiri dari profesional di bidang ini dan dapatkan pengalaman berharga dalam mengelola proyek, mengembangkan strategi bisnis, dan meraih kesuksesan di industri ini!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: