Aplikasi Inventory: Pengertian & Manfaat dalam Menunjang Bisnis

Table of Contents
Table of Contents
Aplikasi Inventory merupakan software aplikasi yang akan memudahkan dalam proses pengelolaan stok barang dan gudang mulai dari proses input data barang masuk sampai proses pencatatan laporan dengan menggunakan sistem digital.
Aplikasi Inventory
Aplikasi Inventory © Freepik

Perkembangan bisnis yang semakin pesat, mengharuskan perusahaan untuk memaksimalkan segala aktivitasnya termasuk dalam memanajemen aset perusaahan. Manajemen aset memiliki peranan penting dalam persediaan stok barang perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat mengelolanya dengan baik.

Namun seringkali proses pencatatan pada perusahaan masih menggunakan sistem manual, mulai dari peroses permintaan barang, proses barang masuk gudang, proses barang keluar, hingga proses pembuatan laporan. Hal ini akan membuang waktu yang cukup lama dan sering terjadi kesalahan dalam proses input data barang.

Apa Itu Aplikasi Inventory Planning?

Aplikasi Inventory adalah software yang dikembangkan untuk memudahkan dalam proses pengelolaan stok barang dan gudang perusahaan. Aplikasi stok barang menjadi solusi tepat untuk mempercepat sistem persediaan aset pada perusahaan, sehingga proses pendataan dan pengelolaan produk menjadi lebih efektif dan efisien serta memudahkan petugas bagian logistik untuk melakukan proses inventory manajemen aset di kantor pusat dan di kantor cabang.

Kemudahan lain dari penggunaan aplikasi inventory planning adalah memudahkan dalam proses perhitungan dan pencatatan stok barang dengan teknologi modern, Sehingga pengelolaan stok barang dan gudang lebih optimal dengan waktu yang lebih efisien. Selain itu, aplikasi stok barang  juga menghemat biaya pengeluaran dan memudahkan dalam membuat laporan serta memonitor barang yang keluar masuk, dan laporan stock barang dan gudang yang tersedia. 

Persediaan stok barang yang menumpuk, penyusunan laporan yang membutuhkan waktu lama dan kesejangan data stok barang membuat banyak perusahaan dan pelaku bisnis mulai beralih menggunakan aplikasi inventory planning  untuk mengelola dan monitoring stok gudang dan barang yang dimiliki. Para pelaku bisnis mengaku dengan menggunakan aplikasi inventory, manajemen stok barang mereka sudah tidak lagi terhambat, sehingga dapat fokus untuk meningkatkan penjualanya dalam bisnis.

Manfaat Aplikasi Inventory

Dengan menggunakan aplikasi inventory akan memudahkan dalam proses monitoring dan manajemen ketersediaan barang dan gudang, sehingga pekerjaan admin gudang akan lebih efektif dan efisien dalam menghemat waktu serta tenaga.Berikut merupakan keuntungan lain dari menggunakan aplikasi inventory planning:

1. Memudahan dalam memantau ketersediaan stok barang.

Aplikasi inventory memiliki kelebihan secara efektif dalam memanajemen stok barang. Melalui aplikasi stok barang, kita dapat mengetahui informasi stok barang yang masih tersedia di gudang secara digital menggunakan barcode yang tertera pada barang, sehingga kita dapat memantau secara real time ketersedian barang dan gudang.

2. Efisiensi waktu dalam pencatatan stok barang dan gudang.

Ketika memiliki stok barang yang jumlahnya mencapai ribuan, akan memerlukan waktu yang relatif lama dalam pencatatan manual barang masuk dan barang keluar. Dengan menggunakan aplikasi inventory proses pencatatan barang keluar masuk serta informasi stok barang semakin mudah dilakukan dan menghemat waktu dalam pencatatan.

3. Data stok barang dan stok gudang yang sistematis.

Pengelolaan data yang dilakukan dengan sistem digital membuat data dan stok barang yang dikelola menjadi lebih rapi dan terstruktur, sehingga manajemen pengelolaan aset perusahaan menjadi efektif dan tersistematis.

Fitur-Fitur Aplikasi Inventory

Untuk menunjang kemudahan dalam aplikasi stok barang dan gudang, diperlukan beberapa fitur seperti pendataan stok barang yang akan memudahkan dalam proses pendataan barang secara digital. Berikut merupakan beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi inventory untuk menunjang kemudahan manajemen aset perusahaan :

1. Sistem login

Fitur login system merupakan sistem dalam aplikasi stok barang yang memudahkan pengelolaan perencanaan produksi barang dengan akun admin yang terintegrasi.

2. Pendataan stok barang

Dalam aplikasi inventory terdapat fitur untuk melakukan pendataan jumlah stok yang tersedia dengan sistem digital, sehingga pendataan stok dapat terstruktur dan sistematis dan mudah di monitoring menggunakan aplikasi.

3. Manajemen persediaan barang

Fitur pengelolaan barang masuk atau barang keluar menggunakan sistem kode unik per item barang.

4. Manajemen penjualan

Dalam aplikasi inventory, terdapat fitur penjualan, yang mana fitur ini menampilkan jumlah data penjualan atau transaksi barang seacara lengkap dan rinci.

5. Master data

Master data merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam aplikasi inventory untuk kemudahan dalam proses penyimpanan dan pengolahan data stok barang dan gudang.

6. Laporan 

Fitur selanjutnya yang terdapat dalam aplikasi inventory merupakan fitur laporan. Fitur ini merupakan fitur yang berperan penting karena didalam fitur ini disajikan berbagai laporan terkait transaksi perusahaan yang berlangganan dari aplikasi inventory ini.

Sekawan Media mengembangkan produk untuk membantu kebutuhan manajemen stok barang dan gudang dengan aplikasi supply chain management profesional dan modern.

Manfaat Aplikasi Inventory dalam Manajemen Bisnis 

Selain efektif dalam mengelola stok barang dan gudang, aplikasi inventory juga memiliki manfaat spesifik untuk mengelola manajemen bisnis secara sistematis. Berikut merupakan manfaat dari pentingnya aplikasi inventory untuk memanajemen bisnis:

1. Memudahkan Proses Inventory di Kantor Pusat dan Cabang

Aplikasi inventory barang membantu admin logistik pusat dalam menangani permintaan stok barang dari cabang, admin pusat dapat dengan mudah memanajemen data stok barang pusat, barang keluar gudang pusat,  serta mudah membuat laporan transaksi permintaan barang atau aset sehingga tidak membutuhkan waktu lama dalam menyusun laporan stok barang perusahaan. Selain itu, admin cabang juga lebih mudah dalam mengajukan permintaan barang kepada admin logistik pusat.

2. Mengurangi Penumpukan Barang di Gudang Pusat.

Kesalahan proses input data barang masuk dan keluar yang sering dialami perusahaan menyebabkan sebagian barang atau produk tidak tercatat. Hal inilah yang sering menyebabkan penumpukan barang di gudang pusat dikarenakan kesalahan dalam pencatatan item barang. Dengan menggunakan aplikasi inventory, proses pencatatan dan pendataan akan lebih terstruktur, sehingga memudahkan bagian pekerja gudang dalam memonitoring stok untuk mengurangi penumpukan barang di gudang.

3. Efektif dalam Penyusunan Laporan Stok Barang dan Gudang

Ketidaksesuaian antara data barang dipusat dengan data barang dicabang menyebabkan pembuatan laporan sering membutuhkan waktu yang lama. Solusi terbaik untuk mengatasi susunan laporang yang serin tidak sesuai adalah dengan beralih menggunakan aplikasi inventory untuk mengelola stok barang dan gudang. Pendataan yang sudah tersistem akan lebih efektif untuk mengelola stok barang di gudang, sehingga penyusunan laporan tidak memerlukan waktu yang lama.

Kesimpulan

Aplikasi inventory memaksimalkan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien untuk monitoring  barang dalam gudang secara akurat dengan sistem digital yang bersifat sistematis dan terstruktur, sehingga setiap proses input data barang keluar masuk dan laporan sudah tersusun dengan sistem aplikasi.

Keberadaan aplikasi inventory memiliki peranan penting dalam memaksimalkan manajemen aset perusahaan agar memiliki sistem yang terstruktur untuk memudahkan berjalanya suatu bisnis dengan lancar. Oleh karena itu, Kami hadir sebagai solusi yang menawarkan untuk membantu dalam pembuatan aplikasi stok barang dan gudang demi kemudahan bisnis dan perusahaan Anda. Tunggu apalagi? Pesan dan konsultasikan dengan kami sekarang.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan aplikasi web dan jasa pembuatan aplikasi mobile untuk membantu kinerja bisnis Anda.

Related Article

pengertian visitor management system

Mengenal Visitor Management System: Pengertian dan Manfaat

Visitor management system atau sering disebut aplikasi buku tamu merupakan aplikasi pengganti buku tamu yang memanfaatkan akses internet. Jika dibandingkan dengan penggunaan buku tamu konvensional, visitor management ini jauh lebih praktis, kelengkapan fitur memudahkan pengunjung untuk check-in lebih cepat tanpa harus antri mengisi data pengunjung.

Selengkapnya
LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: