• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Ketahui Apa itu Blog Beserta Fungsi, Jenis, dan Cara Membuat Blog Menarik

Daftar Isi
Daftar Isi

Berkembangnya teknlogi memberi kemudahan dan banyak cara untuk mendapatkan sumber informasi secara cepat tanpa harus pergi ke perpustakaan atau tempat untuk mengakses berita terbaru. Salah satu metode yang paling efektif adalah dengan mengakses internet yang memuat berbagai konten web dan artikel di dalamnya. Blog adalah salah satu cara paling efisien untuk mendapatkan informasi secara cepat dari berbagai narasumber yang dapat anda pilih sendiri.

Pada artikel kali ini, Kita akan membahas seputar penggunaan blog dan jenis – jenisnya. Sehingga, untuk kedepannya anda dapat membuat halaman blog sendiri dengan kaidah dan penyusunan konten yang tepat.

Apa Itu Blog

Blog adalah ©freepik
Ketahui apa itu blog beserta fungsi, jenis, dan cara membuat blog menarik

Blog merupakan kependekan dari “Weblog” yang berarti salah satu jenis website atau jurnal online yang memuat tampilan informasi dari berbagai sumber serta memuat konten seperti artikel, teks, foto, video, dan link (tautan).

Saat ini, banyak cara yang dapat anda gunakan untuk membuat halaman artikel sendiri dengan mudah dan cepat. Anda dapat menggunakan platform seperti WordPress atau Blogger (Blogspot) tanpa harus memahami bahasa pemrograman secara expert.

Terkait dengan struktur blog dapat bervariatif menyesuaikan denganpengguna. Namun, secara umum dapat didefinisikan sebagai berikut:

1. Navbar

Merupakan bagian penting dari struktur website untuk membantu user dapat memilih konten dan memudahkan dalam kebutuhan navigasi tiap halaman blog terkait.

2. Header

Header memuat judul, deskripsi, serta menu pada halaman artikel yang anda buat.

3. Main Blog

Main blog memuat section atau konten utama yang berisi informasi penting dalam bentuk artikel disertai dengan dukungan gambar, video, serta link sebuah website.

4. Sidebar

Sidebar biasanya dapat memuat beberapa rekomendasi artikel terbaru yang terkait dengan halaman blog utama.

5. Footer

Footer berisi informasi seputar penulis, kontak, dan form subscription untuk mengisikan alamat email.

Baca juga: Pengenalan Apa Itu Website Beserta Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Jenis – Jenis Blog

Blog menjadi media yang paling sering digunakan sebagai sumber informasi, contoh blog yang sering kali didengar adalah blog pribadi. Namun, dalam perkembanganya terdapat beberapa jenis blog lainya yang mudah untuk dikelola. Berikut merupakan jenis-jenis dari blog.

1. Blog Pribadi

Blog jenis ini dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk hanya sekedar memberikan informasi terbaru berdasarkan pengalaman atau menambahkan kutipan dari narasumber terpercaya. Selain itu, blog pribadi juga tidak terikat oleh aturan dan anda bebas untuk mengekspresikan atau menuangkan buah pikiran anda dengan tepat.

2. Blog Bisnis

Kedua, jenis ini cenderung mengarah pada pembuatan konten artikel yang mencakup pemasaran digital atau biasa disebut dengan content marketing. Jadi, anda dapat memanfaatkan teknik SEO secara tepat untuk dapat menunjang kualitas konten serta mampu meningkatkan posisi ranking halaman pada situs pencarian Google.

3. Blog Profesional

Dan yang terakhir, anda juga dapat membangun blog untuk meningkatkan branding sesuai dengan kemampuan dan skill anda. Cara ini terbukti cukup efektif, namun memiliki beberapa batasan tertentu sebelum mempublikasikan konten artikel kepada pembaca.

Misalnya saja, anda dapat membuat konten yang berhubungan dengan keahlian masing – masing individu. Apabila memiliki hobi atau pekerjaan di bidang pengembangan website, maka dapat mencoba dengan membuat artikel seputar proses teknis, tools dan tahapan development.

Fungsi Blog

Setelah mengetahui pengertian, jenis dan strukturnya, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai manfaat dan fungsi dari pembuatan blog. Ketahui beberapa fungsi blog sebagai berikut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pertama, dengan mengembangkan berbagai artikel melalui proses SEO writing yang tepat, maka anda dapat meningkatkan brand awareness dari produk situs anda. Sehingga, anda mampu mendapatkan dukungan trafik yang tinggi dan sesuai dengan kampanye bisnis atau personal branding anda.

2. Sebagai Sarana Media Publikasi

Selanjutnya fungsi lain dari blog adalah sebagai media publikasi yang terbilang cukup efektif tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Jenis publikasi ini cenderung mengutamakan terhadap peningkatan pengunjung melalui metode organic search tanpa harus memasang iklan maupun menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing).

3. Untuk Menampilkan Informasi Teraktual

Fungsi blog ketiga yaitu mampu untuk menampilkan informasi dan update berita terbaru secara cepat dan menjangkau target user yang lebih luas. Yang mana, akan berkorelasi dengan peningkatan kesadaran terhadap merek produk atau personal identity yang anda miliki.

Cara Membuat Blog Menarik untuk Menghasilkan Uang

Membuat blog adalah salah satu cara menulis yang dapat menghasilkan uang. Namun, dalam penulisan blog tidak hanya sekadar memperhatikan struktur kepenulisan, terdapat beberapa strategi dan cara menulis untuk menghasilakan blog informatif yang menarik.

Bagaimanakah langkah – langkah untuk mendapatkan profit atau keuntungan dari pembuatan blog? Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat anda gunakan lebih lanjut.

1. Melakukan Riset terkait Kompetitor Bisnis dan Keyword

Hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah melakukan keyword research untuk mempermudah anda dalam mencapai trafik sesuai dengan topik bahasan yang ingin anda kerjakan. Selain itu, pastikan juga kompetitor blog anda untuk mengetahui outline dan dapat membuat artikel lebih optimal dan berkualitas.

2. Menentukan Topik dan Merancang Struktur Konten

Selanjutnya, jangan lupa untuk menentukan topik sesuai dengan minat dan keahlian anda. Kemudian, gunakan struktur konten yang baik dan menarik agar pembaca tidak merasa bosan dan dapat memahami isi dari konten yang anda sajikan.

3. Menggunakan Teknik SEO yang Tepat

Langkah selanjutnya dari membuat blog adalah dengan mengggunakan teknik SEO yang tepat. SEO merupakan teknik yang paling efektif untuk menunjang halaman web dapat muncul di top page 1 Google Search Engine. Anda perlu untuk belajar mengenai SEO On Page dan Off Page agar performa blog anda dapat bersaing dengan kompetitor yang lain. 

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Mengenai SEO dan Penerapannya dalam Website

4. Mengunggah Artikel secara Konsisten

Dan terakhir, pastikan untuk selalu aktif dan konsisten dalam mempublish artikel secara kontinu (berkelanjutan) agar meningkatkan jumlah pengunjung pada halaman blog anda. Selain itu, juga dapat membantu dalam meningkatkan authority dari web anda. Jika anda menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress atau Blogspot, akan sangat mudah dalam memonitoring dan mengelola artikel yang anda buat.

Kesimpulan

  • Blog adalah jenis website atau jurnal online yang memuat informasi terkait artikel, gambar, video, atau link serta menampilkan postingan terbaru. 
  • Terdapat tiga jenis dari blog, yaitu blog bisnis, profesional dan personal yang ketiganya memiliki fungsionalitas dan tujuan yang berbeda.
  • Cara untuk mendapatkan uang dari blog sangatlah mudah, yaitu anda tetap konsisten untuk mempublikasikan konten artikel, menerapkan SEO Writing yang tepat, serta melakukan riset terkait kata kunci secara optimal.

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan aplikasi berbasis web dan software custom untuk menunjang proses kebutuhan bisnis customer. Jika anda tertarik, segera hubungi tim kami.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: