Menu Close

Berikut Cara Membuat Blog yang Mudah, Simpel, dan Menarik

Table of Contents
Table of Contents

Terkait blog, mungkin anda telah sering mendengar istilah tersebut. Blog dapat menjadi salah satu media dalam pemasaran digital atau digital marketing. Orang yang bekerja di bidang ini dikenal dengan sebutan Blogger. Karier di bidang ini mulai melejit dan booming seiring dengan kemajuan teknologi yang juga semakin berkembang pesat.

Di dalam blog, anda dapat membuat konten yang berupa tulisan. Ketika ingin membuat blog, anda tidak perlu risau atau khawatir karena anda dapat membuat blog dengan mudah dan simpel. Mungkin anda bertanya-tanya apa itu blog? Apa perbedaan antara blog dan website? Apa saja platform yang digunakan dalam membuat blog? Lalu, bagaimana cara membuat blog?

Pada artikel ini, kami akan membahas tuntas terkait pengertian blog, perbedaannya dengan website, dan cara membuat blog yang mudah dan simpel. Simak dengan saksama ya!

Apa Itu Blog

Cara Membuat Blog
© Unsplash

Menurut Oxford Language, blog adalah situs atau halaman situs yang teraharui secara tetap atau stabil. Situs ini dapat menampilkan hasil tulisan atau postingan pemilik blog dari yang terbaru hingga yang paling lama. Situs ini sendiri dapat memiliki berbagai macam bentuk, seperti majalah digital atau digital magazine, blog pribadi, situs pembelajaran, dan lain sebagainya.

Adapun pengertian lain terkait blog menurut KBBI yaitu blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat terakses oleh siapa saja. Istilah blog yang dikenal oleh publik berasal dari situs blog yang berakhiran blogspot. Para penulis blog disebut blogger. Apabila anda ingin menjadi seorang blogger, tentunya anda harus mengetahui hal-hal terkait blog, termasuk cara membuat blog dan lain sebagainya

Perbedaan Blog dan Website

Apabila ditinjau dari segi fungsi, blog dan website tidak memiliki perbedaan. Akan tetapi, perbedaan tersebut ada dari segi konten, nama domain, dan server hosting. Blog biasanya mengarah pada pada blogspot yang sudah ada sejak lama dan hal tersebut berarti bahwa file tersimpan di server hosting milik Blogspot. Selain itu, nama akhiran blogspot adalah “.blogspot.com”.

Di sisi lain, website biasanya telah menggunakan nama domain sendiri. Oleh karena itu, domain tersebut tidak akan berakhiran “.blogspot.com”. Akan tetapi, akhiran domain biasanya berakhiran  .com, .co.id, .net, dan lain sebagainya. Website sendiri juga memiliki beberapa fungsi, seperti sebagai situs resmi sebuah perusahaan, situs jual beli, dan lain-lain.

Dari segi konten, konten dalam suatu blog akan terus terjadi pembaharuan sehingga jumlahnya akan terus bertambah, sedangkan konten dalam website akan cenderung konsisten. Berkaitan dengan hal tersebut, blog akan cenderung bersifat dinamis karena akan terus diperbaharui dan website akan cenderung statis karena jarang sekali terjadi pembaharuan, seperti informasi tentang layanan produk, landing page, dan tentang kami (about us).

Dari segi kepenulisan, blog lebih menarik dan komunikatif daripada website karena terdapat kolom komentar sehingga orang lain dapat memberikan komentar apa saja terkait postingan yang telah terunggah. Yang terakhir yaitu terdapat nama penulis, tanggal publikasi, dan kategori pada blog, sedangkan hal tersebut tidak terdapat website. 

Platform Membuat Blog

Wordpress Blog
© Unsplash

Setelah anda mengetahui apa itu blog dan perbedaan antara blog dan website. Pada bagian ini, saatnya anda mengetahui terkait platform apa saja yang biasa digunakan dalam membuat blog. Berikut ini adalah platform dalam membuat blog, antara lain:

1. WordPress.com

Saat ini, banyak blog yang menggunakan wordpress. Hal tersebut karena wordpress memiliki berbagai macam kelebihan, seperti tersedianya layanan web hosting yang telah terintegrasi. Selain itu, sistem manajemen di blog ini juga dapat anda akses melalui ponsel, baik Android atau iOS. Pada platform ini, terdapat pula koleksi tema responsif dan anda dapat mengaksesnya sehingga hal ini dapat membantu anda dalam membuat blog tanpa kemampuan teknis.

2. WordPress.org

Platform yang kedua adalah wordpress.org. Banyak blogger yang menggunakan plaform ini karena mereka dapat mengaksesnya secara gratis. Anda dapat membuat dan mengunggah konten sesuai keinginan anda karena anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

3. Blogger.com

Blogger adalah salah satu situs pembuat blog yang paling mudah anda gunakan, apalagi apabila anda masih pemula. Tampilan situs ini tergolong sederhana dan sangat mudah untuk anda gunakan, bahkan untuk anda yang belum pernah membuat konten di blog. Di sisi lain, terdapat pula berbagai macam tema yang dapat anda install secara gratis. 

Cara Membuat Blog

Anda telah mengetahui pengertian blog, perbedaan antara blog dan website, serta platform untuk membuat blog. Mungkin anda sudah tidak sabar terkait bagaimana cara membuat blog. Berikut ini cara membuat blog yang dapat anda terapkan, antara lain:

1. Cara Membuat Blog di Smartphone

Cara Membuat Blog di Smartphone
© Unsplash

Apabila anda belum mempunyai laptop atau komputer, anda dapat membuat blog melalui ponsel pintar yang anda miliki. Berikut ini cara membuat blog melalui ponsel pintar, seperti:

a. Mengunduh Aplikasi. Hal perlu anda lakukan pertama kali tentunya mengunduh aplikasi blogspot melalui ponsel anda. Aplikasi tersebut adalah blogger.com. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut di AppStore atau Google Play Store.

b. Membuat Akun. Hal selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu membuat akun atau sign up. Sebelum melakukan pembuatan akun, anda harus memastikan bahwa aplikasi terkait telah terinstall di ponsel pintar anda. Pembuatan akun dapat anda lakukan dengan memasukkan email atau surel anda dan membuat password

c. Mengedit Profil. Setelah membuat akun, anda dapat mengedit profil anda dan mengisinya sesuai dengan keinginan anda atau perintah yang tertera pada halaman profil. Kemudian, anda dapat membuat blog baru.

d. Menulis Alamat dan Judul Blog. Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu menulis alamat dan judul blog anda. Dalam pembuatan alamat blog, terdapat hal yang harus anda perhatikan yaitu anda harus membuat alamat blog yang belum pernah pengguna lain gunakan. 

e. Desain Template. Yang terakhir yaitu anda dapat memilih desain template untuk blog yang telah anda buat sebelumnya. Anda juga dapat memilih template tersebut sesuai dengan keinginan anda.

2. Cara Membuat Blog di Komputer/Laptop

Cara Membuat Blog di Laptop
© Unsplash

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan kepada anda terkait langkah-langkah cara membuat blog di perangkat komputer atau laptop. Sebenarnya, cara membuat blog di komputer hampir sama dengan pembuatan blog di smartphone.

a. Mengunjungi Situs. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mengunjungi situs blog yaitu www.blogger.com. 

b. Membuat Blog. Untuk membuat blog, anda dapat meng-klik create your blog pada laman tersebut. 

c. Membuat Akun. Sama seperti pada pembuatan blog di ponsel, anda dapat membuat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan email dan password anda. Dengan ini, anda dapat membuat akun baru tanpa membuat password lagi karena blogger akan secara otomatis mengintegrasikan akun anda dengan gmail.

d. Melengkapi Profil. Yang selanjutnya yaitu melengkapi profil. Anda dapat mengisi sesuai keinginan anda atau mengikuti arahan yang telah tersedia di laman tersebut. 

e. Setting. Anda dapat mengatur halaman blog anda pada bagian dashboard. Pada bagian ini, anda dapat menuliskan judul, alamat, dan tema blog anda. Setelah itu, anda dapat meng-klik create blog. Anda dapat mengisi halaman tersebut dengan konten yang ingin anda tampilkan di blog anda. Apabila telah selesai, anda dapat melakukan publish untuk mengunggahnya.

f. Melihat Hasil Postingan. Yang terakhir yaitu anda dapat melihat blog yang telah anda unggah. Anda dapat melihat postingan anda pada menu visit blog atau mengunjunginya dengan mengetikkan alamat blog secara langsung.

Kesimpulan

Blog adalah situs atau website yang diperbaharui secara berkala dan akan terus bertambah. Blog sendiri berbeda dengan website. Perbedaan ini ditinjau dari segi domain, konten, dan server hosting. Adapun beberapa contoh platform yang dapat anda gunakan untuk membuat blog yaitu wordpress.org, wordpress.com, dan blogger.com. Selain itu, terdapat pula langkah-langkah cara membuat blog, baik di smartphone atau komputer.

Sekawan Media menyediakan layanan jasa pembuatan website profesional di Kota Malang. Apabila anda tertarik dengan layanan kami, silakan menghubungi kontak yang tersedia.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: