Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Penyusunan materi, bahan ajar, maupun sebuah konsep ide perlu didasarkan pada pembuatan rancangan gagasan pikiran yang jelas. Hal tersebut sangat berpengaruh pada proses penyampaian pikiran yang ditransmisikan ke sel – sel otak. Untuk itulah, perlu adanya suatu penyajian konten atau topik yang menarik, yaitu dengan cara membuat mind mapping.

Lantas, apa itu mind mapping? Dan bagaimana cara membuatnya? Pada artikel kami kali ini akan menjelaskan beberapa hal terkait dengan proses pembuatan, manfaat, hingga contoh aplikasi untuk membantu pekerjaan anda. 

Pengertian Mind Mapping

Menurut website dari Business.com, mind mapping adalah teknik atau metode yang dapat menginkorporasikan otak bagian kanan dan kiri untuk dapat menerima berbagai macam ide, gagasan, atau pikiran yang baru.

Tampilan visual yang disajikan pada proses pembuatan mind map mampu membantu kinerja otak dalam menerima ide secara cepat dan tepat dengan penyajian konten berdasarkan tema dan sub tema -nya untuk memudahkan pembaca dalam mengambil informasi.

Jadi, tujuan dari pembuatan mind mapping adalah untuk membantu audience atau pembaca dalam memahami isi materi secara keseluruhan. Sehingga, sajian informasi dapat membantu pembaca dengan tampilan visual yang menarik.

Aplikasi Mind Mapping

Terdapat beberapa aplikasi atau software untuk dapat membantu anda dalam membuat mind mapping sendiri secara cepat dan praktis.

1. Ayoa

Ayoa merupakan platform yang diciptakan pertama kali oleh Chris Griffiths dan telah berpengalaman sebagai aplikasi untuk membantu pembuatan mind map selama 12 tahun. Ayoa mempunyai kelebihan fitur mulai dari pemilihan font, penentuan format, dan warna yang menarik.

2. Coggle

Coggle merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk dapat membuat dan berbagi mind mapping secara mudah menggunakan proses diagram alir (flowchart). Kelebihan dari Coggle sendiri terletak pada penggunaan fitur yang dapat membuat catatan ide dan dapat didiskusikan bersama orang lain secara real – time.

3. MindMeister

MindMeister merupakan platform penyedia mind mapping online untuk dapat memudahkan dalam proses pengembangan, pencarian, dan tempat berbagai ide visual secara komprehensif.

4. Mindmup

Mindmup adalah mind mapping software berbasis web yang membantu anda dalam pembuatan pemetaan ide menjadi lebih cepat, mudah, dan interaktif. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tersedia dalam versi open source atau gratis dengan template yang telah disediakan.

Bagi anda yang menggunakan versi berbayar, maka anda dapat memperoleh lebih banyak fitur dan pilihan tampilan yang lebih fresh dan menarik lainnya.

5. Simplemind

Simplemind adalah aplikasi berbasis mobile yang telah tersedia di app store dan telah berpengalaman lebih dari 7 tahun untuk membantu user dalam proses membangun mind mapping yang berkualitas.

6. Xmind

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah Xmind, yaitu platform yang menyediakan proses pembuatan mind mapping dan brainstorming dengan berbagai fitur dan fungsionalitas yang tentunya user friendly

Xmind sendiri menawarkan desain chart yang lebih advanced dari kompetitor aplikasi lain, dengan tampilan grafik mulai dari Matrix, Fishbone Chart, Organizational, hingga Timeline Chart.

Contoh Mind Map

Setelah mengetahui tools apa saja yang tersedia untuk dapat mengolah dan membuat mind map secara mandiri, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai contoh dari mind mapping.

1. Brainstorming

Brainstorming atau bertukar pikiran merupakan salah satu tindakan yang selalu dilakukan oleh manusia sebagai makhluk sosial. Brainstorming juga merupakan objective untuk mendukung kerja atau fungsi dari mind mapping.

Hal tersebut akan sangat memudahkan dalam pengembangan ide dan pemetaan pikiran anda menjadi lebih terbuka dan dinamis.

2. Task List

Apabila anda mempunyai kesulitan dalam memanajemen waktu anda, tidak ada salahnya dengan mencoba menyusun daftar tugas berdasarkan prioritas tugas dan aktivitas anda. 

Anda dapat memulai dengan merancang konsep peta pikiran terkait pekerjaan harian, kebutuhan pokok, hingga, tugas sampingan. Dengan begitu, anda dapat lebih mudah untuk mengelola dan mengatur waktu seefektif mungkin serta meningkatkan produktivitas kerja anda.

3. Presentation

Mungkin anda juga pernah mengalami kesulitan dalam membuat dokumen presentasi untuk mendukung aktivitas kerja anda sebagai bahan report kepada direksi atau stakeholder tempat anda bekerja. 

Nah, untuk dapat mengembangkan format presentasi yang baik, anda perlu untuk membuat peta pikiran terlebih dahulu. Dimana, nantinya anda akan memulai dengan menentukan topik dan sub-topik materi yang akan disampaikan dan dibahas nantinya.

Dari sub-materi tersebut, anda akan lebih mudah untuk menjabarkan isi secara singkat, padat, dan jelas. Dan kemudian, langkah terakhir anda dapat mulai dengan melakukan presentasi sesuai dengan pokok bahasan yang telah disusun secara terstruktur.

4. Essay

Mind mapping juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah esai yang menarik dan komprehensif. Anda dapat memulai dengan mengumpulkan argumen dan menautkan kutipan dari sumber yang relevan.

Sehingga, proses pembuatan esai menjadi lebih terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik – baiknya.

Cara Membuat Mind Mapping

Pembahasan yang selanjutnya adalah cara untuk membuat mind mapping terdiri dari beberapa fase, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memilih Media yang Dipakai

Untuk membuat mind mapping, anda perlu menentukan jenis media dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis atau aktivitas anda. Contoh media yang dapat anda buat melalui papan tulis, kertas, atau media yang lainnya.

Kemudian, anda juga perlu untuk mendefinisikan terlebih dahulu posisi bentuk media tersebut, apakah landscape atau horizontal. Jika anda menggunakan media berbasis paper, maka anda dapat mulai dengan membuat draft terlebih dahulu.

2. Menentukan Topik Utama

Langkah selanjutnya, anda dapat menentukan topik atau ide gagasan sesuai dengan keinginan anda. Untuk dapat memudahkan anda dalam membuat topik yang tepat, anda perlu melakukan riset terkait kebutuhan ide yang relevan dan sedang trend saat ini.

3. Membuat Sub – Tema dari Topik Utama

Berikutnya, masuk pada fase pengembangan mind mapping untuk tahap meng- klasterisasi dari topik utama yang telah dibuat. Sub – tema tersebut diperoleh berdasarkan niche yang sama dan relevan dengan tema pembahasan anda.

4. Menambahkan Konten Gambar dan Warna yang Selaras

Cara yang terakhir, anda dapat memanfaatkan tambahan konten berupa gambar dan tampilan warna yang menarik agar pembaca lebih tertarik dan membaca mind map dengan nyaman dan mudah.

Manfaat Mind Map

Terdapat beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari pemanfaatan mind map. Sedikitnya ada tiga keuntungan dari penggunaannya, yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kreativitas

Proses pembuatan mind mapping mampu meningkatkan jiwa kreativitas tiap individu untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan klasifikasi sub-topik yang relevan. Dengan timbulnya semangat untuk berkreasi, maka produktivitas kerja anda juga semakin meningkat.

2. Menunjang Produktivitas Kerja

Manfaat mind mapping yang selanjutnya adalah mampu menunjang produktivitas kerja. Hal ini juga selaras dengan peningkatan kreativitas dan inovasi untuk membuat, serta menampilkan peta pikiran yang mudah untuk dipahami oleh pembaca atau stakeholder.

3. Memudahkan Pemahaman Terhadap Materi

Dan yang terakhir adalah memudahkan dalam memahami materi yang disampaikan oleh pemateri melalui sajian data atau informasi yang lebih singkat dan jelas. Pembaca akan lebih mudah dalam memahami isi materi apabila anda mampu menyajikan dengan tampilan yang lebih menarik dan terkesan tidak membosankan.

Anda dapat mencoba dengan meringkas deskripsi materi agar tidak terlalu panjang dan gunakan kombinasi warna yang berbeda untuk memudahkan dalam membedakan tiap kategori sub-topik yang ada.

Kesimpulan

  • Mind mapping merupakan sebuah metode yang dapat menyelaraskan antara otak kanan dan kiri untuk dapat menerima berbagai ide, gagasan, atau pemikiran yang disajikan secara singkat dan to the point.
  • Contoh pembuatan produk dari mind map sendiri antara lain dapat berupa esai, daftar tugas, presentasi, dan proses tukar pikiran (brainstorming).
  • Cara membuat mind map yang tepat adalah dimulai dari penentuan media, merancang konsep atau topik awal, membuat sub – tema, dan menambahkan beberapa konten pendukung untuk menguatkan topik bahasan.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan website profesional untuk membantu situs anda lebih optimal dan mampu meraih posisi di halaman pertama mesin penelurusan Google. Anda juga dapat mengunjung setiap layanan kami disini.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email