You are here:

Belajar Node.js untuk Pemula Beserta Cara Install dan Kelebihannya

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
node.js

Bahasa pemrograman mengalami perkembangan yang cukup signifikan untuk mengikuti trend teknologi menyesuaikan kebutuhan industri. Terutama, bagi perusahaan atau startup yang bergerak di bidang pemgembangan perangkat lunak. Saat ini, bagi tim backend developer sendiri mengenal platform dari JavaScript yang dikenal dengan sebutan Node.js.

Platform tersebut dibuat khusus untuk kepentingan pembuatan aplikasi pada sisi server. Dimana, dalam tahap implementasinya, lebih banyak menerapkan algoritma serta dapat diintegrasikan dengan kebutuhan database. Bagi anda yang masih belum mengenal dan belum mengetahui apa itu Node.js tidak perlu khawatir, simak artikel ini untuk belajar lebih dalam mengenai fungsi, kelebihan, hingga cara meng- install platform tersebut.

Apa itu Node.js

Node.js adalah salah satu jenis platform atau framework dari JavaScript yang dapat berjalan di sisi server untuk kepentingan pembuatan aplikasi berbasis web. Platform ini pertama kali diperkenalkan oleh Ryan Dahl pada tahun 2009, dimana Node.js dibangun dengan menggunakan Engine V8 JavaScript milik Google.

Pada dasarnya, penggunaan bahasa pemrograman JavaScript lebih dimanfaatkan untuk kebutuhan aplikasi di sisi client. Sehingga, para pengembang aplikasi lebih banyak mengkomparasikan fitur antara Node.js dengan PHP. Jika dilihat dari segi fungsionalitasnya, Node.js menggunakan prosedur eksekusi server berbasis event.

Sedangkan untuk PHP sendiri, lebih menggunakan prosedur eksekusi server berbasis multithread. Jika dibandingkan dengan JavaScript, Node.js digunakan untuk menjalankan kode program pada sisi server. Sehingga, apabila anda ingin membuat tampilan web app agar tampak interaktif, anda dapat memakai JavaScript untuk melengkapi penggunaan dari HTML dan CSS sebagai markup language.

Kegunaan Node.js

Sebenarnya, fungsi dan kegunaan dari Node.js untuk apa? Secara garis besar, penggunaan dari Node.js lebih mengarah pada kebutuhan server-side, diantaranya adalah perancangan software yang menggunakan API (Application Programming Interface) dan JSON (JavaScript Object Notation), serta pengembangan aplikasi berbasis single-page dan streaming data

Contoh website yang telah menggunakan platform Node.js antara lain Netflix yang merupakan situs berbasis streaming serial TV dan film. Kemudian, Linkedin mengadopsi backend API pada aplikasi Android dan iOS. Dan platform Medium, sebagai situs blogging pada backend side-nya.

Baca juga: Memulai Karir Menjadi Seorang Backend Developer

Kelebihan dari Node.js

Berikut ini merupakan beberapa alasan, mengapa Node.js terpilih menjadi framework JavaScript yang cocok untuk menangani kebutuhan perangkat lunak pada sisi server.

1. Mampu mengeksekusi kode dengan cepat

Keunggulan yang pertama, Node.js dibuat dengan menggunakan Engine V8 milik Google yang dapat memproses kode secara cepat dan optimal. Bagi yang belum mengetahui apa itu Engine V8 adalah sebuah compiler dari JavaScript yang menggunakan bahasa pemrograman C++, serta memiliki tiga komponen utama yaitu compiler, optimizer, dan garbage collector.

2. Mendukung proses single-thread

Konsep single-thread merupakan suatu metode dimana program hanya mengalokasikan kebutuhan thread pada proses yang sedang berjalan. Sehingga, kinerja dari program menjadi lebih ringan pada kondisi normalnya.

3. Memiliki sifat non-blocking

Berikutnya, konsep non-blocking dapat berarti, proses yang tidak membutuhkan output atau keluaran pada proses sebelumnya. Akan tetapi dapat berjalan secara bersamaan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses development.

4. Mempunyai dukungan komunitas yang luas

Kelebihan yang keempat, Node.js juga mempunyai komunitas atau forum yang cukup luas. Grup pengembang secara aktif mampu untuk berkontribusi melalui peningkatan jumlah pengguna Node.js melalui berbagai situs seperti, Github, StackOverflow, dan lain sebagainya.

5. Mudah untuk dipelajari

Menurut hasil survei, JavaScript termasuk ke dalam bahasa pemrograman front-end terpopuler, sehingga para developer dapat beralih juga untuk penggunaan Node.js pada sisi backend. Untuk programmer JavaScript tingkat junior, mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk beradaptasi dengan penerapan struktur data dengan paradigma yang berbeda.

Baca juga: Framework JavaScript: Pengertian, Kelebihan, dan Framework Terbaik

Cara Install Node.js

Terdapat dua cara umum yang dapat anda gunakan untuk menginstall Node.js pada perangkat komputer atau laptop anda, pertama menggunakan Node.js Installer dan kedua adalah NPM (Node Package Manager).

1. Node.js Installer

Cara termudah yang dapat anda pakai adalah mengunduh paket installer pada halaman situs resmi download Node.js sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Pastikan juga proses instalasi berada pada tab LTS untuk free-users.

Untuk proses selanjutnya, anda hanya perlu untuk menekan tombol “Next” secara berturut – turut hingga proses instalasi selesai sepenuhnya. Dan terakhir, anda hanya perlu untuk mengklik tombol “Install” dan tunggu hingga instalasi selesai.

2. NPM

Opsi kedua, anda dapat menggunakan NPM yang memiliki fungsi untuk membagikan kode JavaScript. Apabila anda pengguna OS (Operating System) milik Microsoft, NPM yang digunakan adalah Chocolatey. 

Untuk proses instalasinya, anda dapat masuk pada halaman website resmi Chocolatey dan ikuti prosedur pemasangannya. Setelah instalasi program berhasil, anda dapat membuka CMD (Command Prompt) dan ketik “choco install nodejs.install, lalu anda dapat menekan tombol “Enter”. Anda telah dapat menggunakan Node.js untuk keperluan pengembangan aplikasi berbasis web.

Baca juga: Mengenal AngularJS: Pengertian, Fitur, dan Komparasi dengan ReactJS

Kesimpulan

  • Node.js adalah platform yang disediakan oleh JavaScript untuk mengembangkan aplikasi berbasis website dan berjalan pada sisi server. 
  • Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Node.js antara lain, mampu mengeksekusi kode dengan cepat, mendukung proses single-thread, non-blocking, mudah dipelajari, dan mempunyai dukungan dari komunitas pengembang di seluruh dunia.
  • Untuk cara install paket Node.js, anda dapat menggunakan dua pilihan yaitu menggunakan paket Installer dari situs resminya, atau memakai NPM.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan aplikasi berbasis web dan software profesional di Kota Malang. Kami siap untuk menciptakan produk mulai dari skala kecil hingga tingkat enterprise sesuai kebutuhan bisnis anda.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top