Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Framework javascript merupakan istilah yang tidak asing dari dunia pemrograman. Istilah ini menjadi sahabat karib dari seorang developer yang memiliki tugas sebagai pengembang website. Saat pengguna melakukan aktivitas berselancar di dunia maya atau di mesin pencarian istilah framework ini sering muncul.

Framework Javascript atau sering dikenal dengan framework JS memiliki bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berguna untuk memberikan pengaturan pada bahasa pemrograman sebuah website.

Pengertian framework

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis framework javascript, mari kita terlebih dahulu membahas mengenai pengertian dari framework serta apa kegunaan dari penggunaan framework.

Framework berisikan perintah-perintah serta fungsi dasar yang menjadi fondasi dari pembuatan sebuah website ataupun software aplikasi sehingga proses pembuatan aplikasi atau software tersebut dapat terbangun dengan baik dan terstruktur.

Dengan sederhananya, framework merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk melakukan pembuatan atau pengembangan aplikasi dan software. Framework memiliki tingkatan berlapis-lapis dalam melakukan sebuah pembacaan pada program website atau aplikasi.

Lalu mengapa harus menggunakan framework pada sebuah website atau aplikasi? Jawabannya tentu memberikan kemudahan dalam melakukan pengelolaan serta pengembangan website. Akses akan lebih cepat serta dalam melakukan pengembangan aplikasi akan jauh lebih mudah.

Penerapan framework memiliki fungsi bagi sebuah website. Fungsi tersebut diantaranya adalah
–  Mempercepat proses pembuatan aplikasi
–  Aplikasi yang dihasilkan akan lebih stabil serta mudah untuk dikembangkan
–  Memudahkan developer dalam melakukan perencanaan, pengembangan, serta meningkatkan dari website maupun aplikasi.
–  Memiliki tingkat keamanan tinggi, framework dapat menjaga aplikasi atau website dari hal-hal yang mengganggu dari keamanan website.
–  Memudahkan dalam melakukan pembacaan kode dan mengidentifikasi bugs pada website.

Pengertian framework JavaScript


Setelah mengetahui pengertian dari framework, mari kita bahas lebih lanjut mengenai pengertian dari framework javascript.
Framework javascript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk sebuah situs web atau aplikasi yang menjadikan halaman website lebih dinamis serta interaktif.  Javascript memudahkan urusan developer dalam melakukan pengembangan serta peningkatan dari website maupun aplikasi.

Dalam membuat aplikasi ataupun web seorang developer harus mampu memahami mengenai bahasa pemrograman, termasuk dengan pemahaman mengenai framework Javascript .

Cara kerja framework JavaScript

Dalam melakukan kerjanya sebuah framework memiliki cara kerjanya yang tentunya digunakan sebagai pendukung dari proses pembuatan atau pengembangan website serta aplikasi.

Javascript yang bersifat client-side atau semua proses dilakukan oleh pengguna atau pengunjung website. Dalam hal ini client meminta request atau permintaan kepada pemilik website kemudian permintaan tersebut diproses kemudian hasil selanjutnya dikirimkan kembali kepada pengunjung web.

Saat ini javascript semakin canggih dengan kemampuan yang tidak hanya digunakan oleh client, namun juga dapat digunakan oleh server, console, web, desktop, mobile, IoT, dan game.
Pembelajaran tentang javascript membutuhkan web browser serta text editor.

Baca Juga: Pengenalan Apa Itu Framework dan Jenisnya untuk Web Development

Macam-macam framework JavaScript

Perkembangan javasript yang semakin canggih menjadikan banyaknya jenis-jenis javascript. Awal mulanya javascript dikembangkan oleh Netscape kemudian dikembangkan oleh Mozilla. Oleh sebab itu javascript framework memiliki banyak macam, yang diantaranya adalah:
1. jQuery
2. Midori
3.  Ext JS
4. MochiKit
5. Moo Tools
6. Prototype & script.aculo.us
7. Google Web Toolkit
8. Pyjamas
9. SmartClient
10. YUI
Dari sepuluh macam framework tersebut, masih banyak macam javascript lainnya yang tentunya memiliki fungsi untuk mempermudah dalam melakukan pembuatan, pengembangan, serta peningkatan layanan pada website.

Framework JavaScript terbaik


Banyaknya macam dari javascript framework, pastinya memiliki pilihan javascript terbaik dan populer.  Selain itu javascript terbaik ini memberikan pelayanan yang terbaik bagi penggunanya. Berikut adalah daftar javascript framework terbaik dan populer:


1. EmberJS

Javascript ini adalah framework open source yang memiliki model view dimana pengembang dapat meningkatkan kualitas website.


2. Vue.JS

Framework progressive ini berguna membangun antarmuka pengguna, selain itu Vue.JS juga mampu menjalankan halaman canggih dari website.


3. AngularJS

Jenis framework ini memiliki kemudahan akses bagi pengguna untuk mampu melakukan pengembangan website secara dinamis.


4. Meteor.js

Pada jenis framework ini mampu membuat prototipe yang cepat dan menghasilkan kode lintas platform, selain itu juga menyebarkan perubahan data ke klien secara otomatis.


5. Backbones

Framework ini digunakan sebagai pembuat single page application yang mudah dipahami serta dipelajari.

Itulah beberapa macam javascript terbaik dan populer serta penjelasannya  diantara framework lainnya.

Baca Juga: Mengenal AngularJS: Pengertian, Fitur, dan Komparasi dengan ReactJS

Kelebihan penggunaan JavaScript

a.Mudah dipelajari

Bahasa pemrograman pada javascript lebih sederhana daripada framework lainnya, hal ini menjadikan penerapan framework ini mudah untuk dipelajari dan dikuasai oleh orang baru.


b.Tempat penyimpanan kecil

Kapasitas penyimpanan pada javascript relatif kecil sehingga memudahkan developer untuk mengelola serta mengembangkan website tanpa khawatir akan memakan banyak penyimpanan.


c.Mampu dijalankan pada banyak sistem operasi

Pemanfaatan framework ini dapat digunakan pada beberapa sistem informasi atau multi platform dengan bahasa pemrograman yang digunakan dapat diterapkan pada banyak sistem informasi seperti Windows, Linux, dan Android.


d.Dinamis

Platform ini memiliki sifat dinamis yang dapat diubah serta diganti berdasarkan kebutuhan serta keinginan, dalam hal ini memiliki sifat fleksibel yang mampu dilakukan update seiring berjalannya waktu.

Penerapan javascript tentunya juga memiliki kekurangan dalam penggunaanya, kekurangan tersebut harus diantisipasi serta dijadikan sebagai pertimbangan dalam pemilihan framework.

Kekurangan tersebut diantaranya adalah


a.Bukan untuk aplikasi stand alone

Bahasa pemrograman pada javascript rendah menjadikan ketergantungan tinggi pada aplikasi lainnya, sehingga tidak dapat dioptimalkan jika aplikasi lainnya tidak dilakukan pengoptimalan.


b.Tidak aman

Kurangnya pengamanan pada javascript yang akan menjadikan penggunaan javascript di website yang kursial akan sangat berbahaya, mudah terhapus serta resiko kehilangan akan semakin tinggi.


c.Tidak terenkripsi

Pemrograman berbasis enkripsi memiliki enkripsi yang lemah bahkan tidak terenkripsi yang menjadikan website mudah untuk peretasan atau bajakan. Oleh sebab itu penggunaan framework ini tidak bisa digunakan pada aplikasi yang menggunakan password atau akun pribadi.


Kesimpulan

  • Framework menjadi bahasa pemrograman yang penting dalam pembuatan website.
  • Javascript salah satu dari framework yang sering digunakan dalam pemrograman.
  • Memiliki banyak macam dan kegunaan untuk kecepatan sebuah website.

Kami membuka jasa pembuatan website di Malang. Sekawan Media telah bekerja sama dengan lebih dari 80 customer di seluruh penjuru daerah Indonesia. Anda tertarik? Cek segera penawaran kami dan kirim proposal proyek kepada tim kami.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email