Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Akronim ADSL adalah singkatan dari istilah teknis Asymmetric Digital Subscriber Line dan mengacu pada standar yang sering digunakan untuk sistem akses Internet broadband DSL. ADSL memungkinkan kabel tembaga kembar, yang biasanya digunakan untuk telepon, untuk mengirimkan data dengan bandwidth tinggi. 

Kecepatan transfer untuk mengunggah dan mengunduh tidak simetris dan mencerminkan penggunaan umum konsumen Internet. Kecepatan unduhan adalah kelipatan dari kecepatan unggah. Dengan meningkatnya kehilangan sinyal pada kabel tembaga pada frekuensi tinggi, kecepatan transfer maksimum sangat bergantung pada jarak dari pengguna ke pertukaran lokal. Terminal jarak jauh dari koneksi Asymmetric Digital Subscriber Line dan modem atau router ADSL dibentuk oleh DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) dari operator jaringan. 

Apa Itu ADSL?

ADSL adalah jenis broadband yang lebih tua dan populer, dengan istilah singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line. Ini adalah koneksi broadband yang bekerja melalui kabel tembaga dari saluran telepon yang ada dan terutama digunakan untuk broadband rumah dan dalam usaha kecil.

  • Berjalan melalui jaringan saluran telepon BT
  • Koneksi broadband berkualitas tinggi dan andal
  • Memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui satu koneksi
  • Memungkinkan akses internet bersamaan dengan melakukan panggilan telepon
  • Biaya pemasangan dan perawatan minimal

Broadband ADSL adalah cara yang sangat hemat biaya untuk mengakses internet dan paling berguna untuk pemula dan usaha kecil yang memiliki ketergantungan rendah pada teknologi. Mungkin hanya satu panggilan yang perlu dilakukan pada satu waktu dan pemilik bisnis sering online pada waktu tidak sibuk.

Untuk bisnis seperti itu, ADSL adalah broadband entry level fantastis yang memungkinkan penganggaran mudah; itu tidak akan berdampak besar pada keuangan dan perkiraan. Dengan kecepatan download hingga 24Mbps dan upload 8Mbps, itu bisa lebih dari cukup untuk kebutuhan Anda. Jika ini masalahnya, adalah keputusan bisnis yang bijaksana untuk tidak membayar lebih dari yang Anda butuhkan dan menginvestasikan kembali tabungan itu ke dalam kesuksesan Anda.

Jika bisnis Anda masih menggunakan modem dial-up, disarankan untuk beralih ke broadband untuk memanfaatkan akses internet cepat yang selalu aktif, untuk membantu meningkatkan produktivitas. Untuk mengakses Asymmetric Digital Subscriber Line setelah terinstal, Anda memerlukan kabel ethernet dan router, yang juga memungkinkan koneksi WiFi

Mengetahui Cara Kerja ADSL 

gambar adsl

Agar koneksi Asymmetric Digital Subscriber Line berfungsi dengan benar, beberapa teknologi harus beroperasi bersama-sama. Seorang pengguna membutuhkan modem ADSL , yang dihubungkan oleh kabel telepon tembaga twisted pair tradisional dan terhubung ke pertukaran telepon lokal. Pada saat itu, kabel tembaga dan lainnya juga dari area lokal terhubung ke digital subscriber line access multiplexer (DSLAM).

Modem ADSL pengguna mengirimkan dan menerima data ke dan dari DSLAM. Ini menggunakan frekuensi yang membedakan data digital dari panggilan suara potensial yang terjadi pada saluran telepon yang sama. Kedua sinyal tersebut dibagi pada pertukaran dan diserahkan ke teknologi jaringan yang berbeda lebih jauh ke atas rantai, menghubungkan pengguna ke telepon atau server web di ujung yang lain.

Untuk mengatur koneksi broadband ADSL, sistem telepon yang ada terhubung ke saluran BT melalui kabel tembaga. Selama instalasi, filter DSL (Digital Subscriber Line), atau splitter, mengisolasi pita frekuensi yang memungkinkan satu saluran digunakan untuk panggilan telepon dan broadband ADSL.Karena cara ADSL diakses, kinerja dipengaruhi oleh jarak dari PBX, atau Private Branch Exchange. Premis yang lebih dekat dengan pertukaran, maka semakin baik kinerja yang diterima karena koneksi mendapat manfaat dari sinyal yang lebih kuat. Ini dikenal sebagai aliran data asimetris

Di sekitar pertukaran, pengguna akan mendapatkan kecepatan tinggi (hingga 24Mbps) dan mereka yang berada di tepi jangkauan sinyal akan mendapatkan kecepatan yang lebih rendah (hingga 1Mbps). Perkiraan kecepatan dapat diperiksa sebelum memasang koneksi. Asymmetric Digital Subscriber Line juga tidak eksklusif; ini dikenal sebagai layanan bersaing di mana penggunaan dibagi antara bisnis lain dan pengguna rumahan di wilayah Anda. Performanya akan melambat pada waktu puncak penggunaan.

Mengapa Harus Menggunakan ADSL? 

Koneksi ADSL digunakan hampir di mana-mana. Selama Anda memiliki saluran telepon di rumah Anda, ada kemungkinan besar Anda dapat menerima broadband dasar ini juga. Broadband ADSL juga lebih murah daripada jenis broadband lainnya. Bahkan, beberapa penyedia internet, seperti Sky, menawarkan paket yang menawarkan broadband ADSL gratis jika Anda berlangganan layanan lain.

Meskipun kecepatan unduh bukanlah yang tercepat, Asymmetric Digital Subscriber Line biasanya menawarkan layanan yang cukup cepat untuk menangani sebagian besar tugas online dasar, termasuk menjelajahi internet, streaming musik dan video, dan mengirim email.  

Namun, jika Anda memiliki rumah tangga besar dengan beberapa orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bandwidth internet secara bersamaan, Asymmetric Digital Subscriber Line mungkin tidak sesuai untuk pekerjaan itu dan mungkin sudah waktunya untuk melihat opsi alternatif, seperti fiber. 

Baca Juga: Mengulas Topologi Jaringan, Peta Jalan Antara Komputer Dan Host

Kecepatan Yang Ditawarkan ADSL 

Karena Asymmetric Digital Subscriber Line berjalan pada kabel tembaga yang berasal dari pertukaran telepon, kecepatan ditentukan, secara harfiah, seberapa jauh Anda tinggal darinya – semakin panjang saluran, semakin lambat layanannya. Kualitas kabel dan penyedia broadband juga merupakan faktor penentu.

Sebagai patokan, Anda dapat mengharapkan kecepatan rata-rata hingga 24 Mbps untuk ADSL2+ dan hingga 8Mbps untuk ADSL1. Biasanya cukup untuk streaming film HD dan TV, tetapi jika beberapa perangkat terhubung sekaligus, kualitas koneksi Anda kemungkinan besar akan terganggu.

Dalam kebanyakan kasus, Anda akan dapat mengunduh file lebih cepat daripada mengunggahnya dengan broadband ADSL. Jadi, jika Anda sering mengunggah file ke internet, Anda mungkin memerlukan koneksi yang lebih cepat.

Kelebihan Menggunakan ADSL 

1. Akses berkecepatan tinggi

ADSL adalah layanan broadband. Ini menawarkan transmisi data pada kecepatan dan kapasitas yang jauh lebih besar daripada layanan narrowband seperti ISDN dan modem analog dial-up. Asymmetric Digital Subscriber Line memungkinkan Anda mengunduh file data volume tinggi dengan mudah. Dengarkan musik, tonton klip video, unduh perangkat lunak, sekarang juga – tidak perlu lagi menunggu yang menegangkan

2. Harga flat-rate yang wajar

Tidak ada biaya telepon untuk menggunakan Internet. Asymmetric Digital Subscriber Line memberi Anda koneksi flat-rate yang tersedia sepanjang waktu. Jadi Anda bisa berbelanja dan bermain game sepuasnya tanpa khawatir menghabiskan waktu lama

3. Koneksi selalu aktif

ADSL adalah layanan “selalu aktif” yang tidak memerlukan proses dial-up. Selama komputer Anda menyala, Anda dapat menjelajahi Web kapan pun Anda mau. Informasi real-time tersedia melalui koneksi yang selalu aktif, dan Anda tidak akan melewatkan pesan atau berita yang sensitif terhadap waktu. Asymmetric Digital Subscriber Line juga memberi Anda keuntungan dari respons waktu nyata untuk berpartisipasi dalam lelang online atau aktivitas sensitif waktu lainnya

Baca Juga: Mengenal IMAP, Protokol Server Lebih Unggul Dari POP

Apakah ADSL MAsih Mengikuti Perkembangan Jaman? 

Alternatif yang bisa membuat pelanggan meninggalkan broadband ADSL mereka adalah godaan serat super cepat (yang dikembangkan di setiap kota besar dan menengah di negara ini). Sementara itu, banyak orang tampaknya berpikir bahwa kecepatannya cukup memuaskan di rumah, bahkan mungkin dengan dua ponsel yang terhubung, komputer, dan smart tv dalam HD.

Fakta lain yang mendukung teknik ADSL adalah fleksibilitasnya. Sementara jaringan serat optik terhubung ke seluruh kompleks, atau bahkan mungkin memblokir, ADSL adalah sesuatu yang diputuskan oleh individu. Jika dua atau lebih tetangga ingin berbagi koneksi, ini mudah dilakukan dengan router yang tepat.

Router/modem ADSL nirkabel dengan sinyal kuat menyediakan vila besar atau seluruh kantor dengan Wi-Fi cepat yang tersedia di pasar dengan harga yang wajar. Dengan model baru, lebih banyak frekuensi yang dikirim daripada pendahulunya, yang meminimalkan gangguan sinyal berkat peningkatan ruang eter. Masa depan Asymmetric Digital Subscriber Line terlihat cerah.

Baca Juga: Mengenal Rack Server, Solusi Efisiensi Peralatan Maintenance Anda

Kesimpulan 

Asymmetric Digital Subscriber Line memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui saluran telepon tembaga. Ini membagi koneksi telepon sehingga frekuensi yang tidak digunakan dalam panggilan telepon suara digunakan untuk broadband.

Artinya Asymmetric Digital Subscriber Line dapat digunakan bersamaan dengan panggilan telepon, dibandingkan dengan masa-masa awal koneksi internet dial-up.

Ini adalah bentuk koneksi internet yang paling umum di Inggris. Ini memberikan bandwidth dan bit rate yang jauh lebih tinggi untuk downstream daripada upstream, yang berarti kecepatan unduh jauh lebih cepat daripada kecepatan unggah.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website murah dan berkualitas di Kota Malang. Silakan hubungi kontak yang telah kami sediakan untuk mendapatkan penawaran khusus.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email