• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Mengenal IMAP, Protokol Server Lebih Unggul Dari POP

Daftar Isi
Daftar Isi

Jika Anda pernah membuat akun email sebelumnya, Anda mungkin pernah ditanya protokol email mana yang ingin Anda gunakan: POP atau IMAP. Bagi yang belum tahu, pertanyaan ini bisa sangat membingungkan. Namun, pilihan yang Anda buat akan berdampak besar pada pengalaman Anda mengirim, menerima, dan menggunakan pesan email. 

Meskipun POP, atau Post Office Protokol, dulunya merupakan jenis protokol email paling populer, IMAP – atau Internet Message Access Protocol – adalah pilihan utama kebanyakan orang akhir-akhir ini. Pelajari lebih lanjut tentang apa itu IMAP, cara kerjanya, perbandingannya dengan POP, dan keunggulan utamanya di bawah ini.

Apa Itu IMAP? 

Internet Message Access Protocol, atau IMAP, adalah protokol pengambilan email standar yang masuk dalam jaringan. Ini menyimpan pesan email di server email  dan memungkinkan penerima untuk melihat dan memanipulasinya seolah-olah mereka disimpan secara lokal di perangkat mereka.

Internet Message Access Protocol memungkinkan pengguna untuk mengatur pesan ke dalam folder, menandai pesan untuk urgensi atau tindak lanjut, dan menyimpan pesan draf di server. Pengguna juga dapat memiliki beberapa aplikasi klien email yang disinkronkan dengan server email untuk secara konsisten menunjukkan pesan mana yang telah dibaca atau masih belum dibaca.

Sejarah Perkembangan Teknologi IMAP

IMAP awalnya dirancang sebagai alternatif yang lebih baik untuk protokol lama yang disebut POP, dengan tujuan menjadi ” untuk mengizinkan manipulasi kotak surat jarak jauh seolah-olah mereka lokal “—khususnya, mode operasi POP adalah mengunduh surat ke mesin lokal Anda dan menghapusnya dari server, yang mempersulit pengelolaan email Anda jika Anda menggunakan banyak komputer.

Versi asli IMAP hilang dari sejarah, dan IMAP2(dirilis pada tahun 1988) adalah versi pertama yang dibuat menjadi standar. Versi pertama IMAP ini hanya mendukung operasi “online”: klien email Anda diasumsikan akan terhubung ke server saat melihat atau mengubah pesan. 

Maju cepat beberapa tahun ke era dialup, Masukkan dukungan untuk operasi “terputus”, yang dibautkan ke IMAP dengan diperkenalkannya IMAP4 pada tahun 1994. Revisi protokol ini menambahkan pengidentifikasi pesan persisten (disebut “UID”) dan seluruh draf spesifikasi yang menjelaskan bagaimana Anda dapat menyinkronkan perubahan yang dibuat ke data yang di-cache secara lokal ke data yang disimpan di server menggunakan perintah IMAP.

Protokol IMAP dasar tetap tidak berubah sejak tahun 1996, dengan semua fitur baru sejak itu diimplementasikan dalam ekstensi opsional pada protokol, beberapa di antaranya telah menjadi standar—namun adopsi bahkan ekstensi yang paling umum masih sangat bervariasi di seluruh penyedia layanan email.

Bagaimana Cara Kerja IMAP?

Sebagai protokol email masuk, Internet Message Access Protocol berfungsi sebagai perantara antara server email dan klien email. Saat pengguna membaca email menggunakan IMAP, mereka membacanya dari server. Mereka tidak benar-benar mengunduh atau menyimpan email di perangkat lokal mereka. Ini berarti bahwa email tidak terikat ke perangkat tertentu, dan pengguna dapat mengaksesnya dari lokasi mana pun di dunia menggunakan perangkat yang berbeda, seperti berikut:

  • PC desktop
  • laptop
  • smartphone
  • tablet

Ini adalah langkah dan proses umum yang terlibat dalam operasi IMAP:

  • Saat pengguna masuk ke klien email — misalnya, Microsoft Outlook — klien menghubungi server menggunakan IMAP.
  • Koneksi dibuat pada port tertentu.
  • Header semua email ditampilkan oleh klien email.
  • IMAP hanya mengunduh pesan ke klien saat pengguna mengkliknya; lampiran tidak diunduh secara otomatis.
  • Pengguna dapat memeriksa pesan mereka lebih cepat dengan IMAP dibandingkan dengan protokol pengambilan email lainnya, seperti Post Office Protocol 3 (POP3 ).
  • Pesan email tetap berada di server kecuali pengguna secara eksplisit menghapusnya.

Server IMAP mendengarkan pada nomor port 143, sementara IMAP melalui Lapisan Soket Aman ( SSL )/ Keamanan Lapisan Transportasi diberikan nomor port 993.

Perbedaan Menggunakan IMAP Daripada POP 

Seperti Internet Message Access Protocol, POP3 juga merupakan protokol pengambilan email klien-server. Namun, ada perbedaan antara kedua protokol. Dengan POP3, email disimpan untuk pengguna dalam satu kotak surat di server. Itu dipindahkan dari server ke perangkat mereka saat klien email terbuka.

Sementara POP3 dapat dianggap sebagai layanan “simpan-dan-teruskan”, IMAP dapat dianggap sebagai server file jarak jauh , karena pengguna dapat menyimpan email di server dan mengaksesnya dari perangkat atau lokasi mana pun sesuai kebutuhan.

Baca juga: Komputer Server Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Spesifikasi

Keuntungan Menggunakan IMAP 

Sebagian besar implementasi IMAP mendukung banyak login. Ini memungkinkan pengguna untuk terhubung secara bersamaan ke server email dari perangkat yang berbeda. Misalnya, pengguna secara bersamaan dapat mengakses email mereka dengan aplikasi Outlook di Iphone , serta aplikasi desktop Outlook.

Beberapa akses tidak dimungkinkan dengan POP3, di mana email yang diunduh menghilang dari server dan, oleh karena itu, tidak dapat diakses dari perangkat lain nanti. Jadi, POP3 hanya cocok ketika pengguna mengakses email mereka dari perangkat yang sama setiap saat.

Internet Message Access Protocol memberikan fleksibilitas akses yang lebih besar bagi pengguna yang sering bepergian atau perlu memeriksa email mereka dari perangkat atau lokasi yang berbeda. Detail tentang cara menangani banyak koneksi tidak ditentukan oleh protokol, tetapi diserahkan kepada pengembang klien email.

Secara singkat, keunggulan IMAP adalah sebagai berikut:

  • email yang dapat diakses dari beberapa perangkat;
  • akses cepat dan efisien;
  • satu kotak surat dapat digunakan bersama oleh banyak pengguna;
  • pengguna dapat mengatur email di server dengan membuat folder dan subfolder;
  • dukungan untuk fungsi email, seperti pencarian dan pengurutan;
  • Server IMAP mendukung ekstensi IDLE (push mail) sehingga email ditampilkan di kotak masuk sebagai belum dibaca, menghilangkan kebutuhan untuk mengatur interval polling atau mengharuskan pengguna untuk mengklik pertama menerima ; dan
  • dapat digunakan secara offline.

Kekurangan IMAP

Meskipun Internet Message Access Protocol memiliki mekanisme otentikasi , proses otentikasi dapat dengan mudah dielakkan oleh siapa saja yang tahu cara mencuri kata sandi dengan menggunakan penganalisis protokol karena nama pengguna dan kata sandi klien dikirimkan sebagai teks yang jelas. Di lingkungan Exchange Server , administrator dapat mengatasi kelemahan keamanan ini dengan menggunakan enkripsi SSL untuk IMAP.

Secara umum,Internet Message Access Protocol adalah protokol pengambilan email yang populer. Popularitasnya semakin meningkat karena menjamurnya perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet. IMAP sangat ideal bagi mereka yang perlu mengakses email mereka saat bepergian atau menggunakan perangkat yang berbeda.

Kesimpulan 

IMAP adalah kependekan dari  Internet Message Access Protocol . IMAP adalah protokol standar internet yang digunakan oleh klien email untuk mengambil pesan email dari server email melalui koneksi TCP/IP. IMAP didefinisikan oleh RFC 3501.

Sesuai namanya, IMAP memungkinkan Anda mengakses pesan email di mana pun Anda berada. Sebagian besar waktu, itu diakses melalui internet.

Pesan email disimpan di server. Setiap kali Anda memeriksa kotak masuk Anda, klien email Anda menghubungi server untuk menghubungkan Anda dengan pesan Anda. Saat Anda membaca pesan email menggunakan IMAP, Anda sebenarnya tidak mengunduh atau menyimpannya di komputer. Sebaliknya, Anda membacanya dari server. Akibatnya, Anda dapat memeriksa email dari beberapa perangkat berbeda tanpa melewatkan apa pun.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website murah dan berkualitas di Kota Malang. Silakan hubungi kontak yang telah kami sediakan untuk mendapatkan penawaran khusus.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: