Tips Jadi Blogger Banyak Cuan

Table of Contents
Table of Contents

Blogger merupakan orang yang mengolah blog sebagai media untuk menyampaikan informasi maupun untuk membagikan pengalaman kesehariannya. Kegiatan ini sering disebut dengan blogging. Terdapat banyak jenis blog yang dapat dimanfaatkan sebagai blogging. Jika seorang blogger dapat menampilkan konten-konten yang menarik, mereka akan memiliki audiens yang banyak. Nah, dengan banyaknya audiens ini mereka dapat menghasilkan banyak uang. Berikut ini, kita akan membahas mengenai tips menjadi blogger yang dapat menghasilkan banyak uang.

Apa Itu Blogger?

Blogger adalah orang yang mengelola blog secara individu yang digunakan untuk membagikan kegiatan kesehariannya dan informasi. Blog merupakan jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik dengan postingan terbaru yang muncul pertama di bagian atas. Pada platform ini, mereka bisa secara bebas mengemukakan pendapatnya mengenai banyak hal. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau platform host yang sangat mudah pengguna, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar. 

Pada awalnya blog dikenal sebagai “weblog” yang digunakan untuk menulis tentang kegiatan mereka sehari-hari. Aktivitas sehari-hari atau pikiran mereka akan menjadi konten untuk situs mini yang mereka miliki, di mana mereka akan merekam pendapat, cerita, foto, dan video. Dalam blog ini, para blogger  juga bisa mendapatkan pengikut dan mendapatkan penghasilan. Berbagai penyedia layanan blog diantaranya adalah blogger.com, wordpress.com dan multiply.com.

Sejarah Perkembangan Blog

Pada tahun 1997, Jhon barger menjadi orang yang pertama kali memperkenalkan nama blog. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update secara continue dan berisi link-link website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Situs yang pertama kali tersedia secara gratis yakni situs pitas (www.pitas.com) yang menciptakan layanan blob online dan gratis pada bulan juli 1999. Satu  bulan kemudian, sebuah perusahaan di San Francisco bernama pyra laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) yang hingga saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada di internet. Layanan ini memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar html dan pemrograman web, dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis. 

Dengan kemudahan layanan yang diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun semakin pesat. Berdasarkan data statistik yang rilis oleh situs blogger.com, jumlah pengguna mengalami  pertumbuhan sekitar 20-40% per bulan. Setelah blogger.com dan pitas berkembang cukup pesat, muncullah berbagai layanan pembuat blog online, seperti Groukoup (www.grouksoup.com) atau edithispage (www.edithispage.com). Sejak saat itu, blog kian hari kian bertambah dengan pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya.

Jenis-jenis Blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).  
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.  
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.  
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keteranganketarangan tentang kesehatan, dll. 
  •  Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog). 
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.  
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.  
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).  
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidak konsistenan media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi  
  • Blog agama: Membahas tentang agama  
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.  
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.  
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.  
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka  
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing  
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog) 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

audiens
Audiens ©Unsplash
  1. Memilih Nama Domain

Menentukan nama domain yang sesuai dengan topik yang akan anda buat juga sangatlah penting. Jika anda ingin mengulas mengenai hal-hal yang berbau make up, gunakan nama domain dengan keyword make up di dalamnya seperti www.mymakeuplook.com. Selain itu, gunakan nama domain dengan keyword yang paling banyak dicari karena  akan membantu meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencari. Luangkan waktu untuk memilih nama domain. Gunakanlah generator nama domain untuk mencari referensi. Anda dapat menggunakan ekstensi domain murah, seperti .xyz atau .online.

  1. Membuat Blog

Terdapat dua hal utama untuk menghasilkan uang dari blog yakni  web hosting dan platform blogging. Terdapat beberapa jenis hosting yang dapat dipilih, jika Anda baru saja membuat blog, sangat disarankan untuk menggunakan shared hosting. Layanan ini merupakan hosting terbaik dan yang paling ramah untuk pemula. Ditambah lagi, Anda akan mendapatkan domain gratis jika Anda membelinya untuk jangka waktu 12 bulan. Jika belum memiliki biaya untuk berlangganan hosting, maka anda bisa memanfaatkan hosting gratis untuk mulai membuat blog. Sedangkan, platform blogging anda bisa menggunakan WordPress.  WordPress adalah CMS (Sistem Manajemen Konten) terpopuler yang lumayan sulit untuk dipelajari namun, menawarkan fungsionalitas yang sangat luas.

  1. Membuat Konten yang Menarik

Anda bisa mulai menulis konten blog yang bermanfaat dan menarik. Sehingga mudah ditemukan dan berguna bagi banyak orang. Prinsipnya, konten sebuah blog yang menarik adalah blog yang menginspirasi, menghibur, penyelesaian masalah, serta mampu mengubah gaya hidup yang lebih baik bagi pembaca.

Satu hal yang harus Anda hindari adalah hindari adalah menggunakan konten jiplakan, atau menyebarkan informasi palsu. Tak ada salahnya pula Anda melakukan penelitian atau pengumpulan bahan yang bisa Anda jadikan tema tulisan atau ulasan artikel blog.

  1. Menggunakan SEO untuk Meningkatkan Traffic

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara yang digunakan untuk membuat website atau blog anda berada di posisi pertama mesin pencari seperti Google. Pada penerapan SEO yang baik pada blog, terdapat beberapa faktor utama yang harus menjadi diperhatikan. Dengan membuat tampilan yang menarik dan easy acces. Selanjutnya menggunakan judul dan sub judul yang tepat pada konten. Menerapkan  heading structure dan keyword targeting. Heading structure adalah penyusunan logika judul dan sub judul pada konten blog dan masukkan keyword targetting pada setiap bagiannya.

Tahapan selanjutnya dalam penerapan SEO adalah mempelajari membaca dan mengelola data trafik. Untuk mengakses data-data ini, biasanya terdapat plugin khusus pada setiap blog yang kamu bisa gunakan. Selain itu, bisa juga menggunakan tool dari Google seperti, Google Analytics dan Google Search Console yang berfugsi untuk menganalisis trafik blogmu. Selain untuk mempermudah mengelola blog, trafik ini juga bisa kamu gunakan sebagai data utama dalam proposal/portofolio pada saat menawarkan kerjasama dengan pengiklan atau pihak endorsement.

  1. Mengadakan Endorsement

Jika anda telah memiliki banyak audiens, maka akan banyak perusahaan dan brand yang akan mempercayai anda untuk memberikan testimonial dan promosi dari produknya. Nah, buatlah perjanjian dengan pihak brand tersebut yang menyangkut fee endorsement serta lakukanlah endorsment yang menarik demi menarik banyak minat audiens.

  1. Melakukan Giveaway

Anda dapat memberikan giveaway sebagai  hadiah imbalan untuk kuis yang Anda berikan kepada pengunjung situs baik dengan mempromosikan blog Anda, bergabung dengan buletin email mereka, dll. Waktu terbaik untuk giveaway adalah saat liburan  seperti Natal atau Lebaran. Gunakan acara itu sebagai tema Anda, pilih hadiah yang cocok, tetapkan beberapa aturan, dan umumkan di media sosial Anda. Setelah itu, yang tersisa untuk dilakukan adalah memilih pemenang. Disarankan untuk hadiah yang akan anda berikan merupakan hadiah yang berkaitan dengan tema blog anda.

Sumber Cuan Blogger

  1. iklan

Jika blog anda memiliki banyak audiens, maka akan ada kemungkinan perusahaan akan memasang iklan di blog anda. Tentunya pemasangan iklan tersebut haruslah ada fee yang harus anda terima.

  1. Google Adsense

Google AdSense adalah program PPC (pay-per-click) yang mengharuskan Anda untuk menampilkan iklan di halaman situs. Ini adalah salah satu metode yang paling fleksibel karena Google menangani hampir semua hal terkait pengiklanan: iklan mana yang akan ditampilkan, proses penagihan, dll. Anda pun dapat menyesuaikan jenis iklan yang sesuai dengan blog Anda. daftarkan akun anda  di google adsense lalu tunggulah hingga selesai proses verifikasi, kemudian masukkanlah iklan di halaman blog anda.

  1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang kin tengah populer. Metode ini sangat mirip dengan sponsored content. Anda hanya perlu menulis artikel yang akan menguntungkan bisnis mitra Anda. Namun, terdapat sedikit perbedaan, alih-alih biaya yang dinegosiasikan, Anda akan dibayar melalui jumlah klik atau penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi.

  1. Produk Digital

Jika anda memiliki ketertarikan dalam dunia wirausaha, cobalah untuk menjual produk secara digital. Melalui penjualan produk secara digital anda tidak membutuhkan staff yang sedikit. Banyak hal yang dapat anda jual secara digital yakni ebook, fotografi, karya seni, musik, hingga software dan bahkan kursus online.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, membuat blogger dapat menghasilkan banyak cuan dari mengolah blognya. Jika anda ingin menjadi blogger yang handal maka anda perlu berfokus pada pembuatan konten yang menarik untuk menarik banyak audiens. Ketika audiens anda cukup banyak, maka anda mulai dapat menghasilkan keuntungan dari mengolah blog tersebut. Selamat mencoba!

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: