Menu Close

Cara Buat Curriculum Vitae Berkilau di Mata HRD

Table of Contents
Table of Contents

CV atau Curriculum Vitae menjadi faktor utama dalam melamar pekerjaan. Diperlukan CV yang menarik dan ATS friendly agar CV yang anda kirim dapat dengan mudah dibaca oleh HRD. Simaklah cara membuat CV yang bisa dengan mudah dibaca HRD.

CV atau Curriculum Vitae menjadi faktor utama dalam melamar pekerjaan. CV yang menarik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan HRD akan membuat peluang anda untuk diterima kerja menjadi besar. Pada umumnya Curriculum Vitae berisi mengenai informasi pribadi, informasi pendidikan, keahlian serta pengalaman kerja. Agar perusahaan yang ingin anda lamar tertarik untuk merekrut anda, buatlah CV semenarik mungkin agar mendapat nilai lebih di mata HRD. Sebisa mungkin buatlah CV berbasis ATS friendly atau Application Tracking System yang merupakan software yang biasa digunakan HRD untuk membaca CV pelamar. Sebisa mungkin gunakanlah bahasa Inggris karena akan membuat anda tampak percaya diri dan berbeda dari kandidat pelamar lain.

Pengertian Curriculum Vitae (CV)

CV atau Curriculum Vitae adalah lembar yang berisi mengenai  biodata yang memuat mengenai data diri, informasi pendidikan dan pengalaman pekerjaan secara lengkap. Fungsi dari Curriculum Vitae ini sendiri yakni untuk meyakinkan perekrut bahwa anda memiliki keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang dilamar.  Dikutip dari Cambridge Dictionary, curriculum vitae adalah deskripsi singkat tertulis mengenai pendidikan, kualifikasi, minat serta pekerjaan sebelumnya yang dikirim ketika anda ingin melamar pekerjaan. 

Perbedaan CV, Resume dan Cover Letter

Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih bingung dan seringkali menganggap CV, resume dan cover letter merupakan hal yang sama. Ketiganya tentu saja sangatlah berbeda jika dilihat dari isi, tujuan dan fungsinya. CV berisi mengenai data diri lengkap, pencapaian hidup serta keahlian dan keterampilan yang dimiliki selama hidup. CV hanya terdiri dari satu hingga dua lembar halaman saja.

Resume adalah dokumen yang berisi mengenai pengalaman kerja dan prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Sedangkan, cover letter berisi mengenai alasan motivasi mengapa anda memilih untuk mendaftar pekerjaan tersebut. Kedua dokumen ini ditulis kurang lebih satu halaman dan hanya sebagai pendamping Curriculum Vitae atau (CV)

Cara Buat CV Berkilau di Mata HRD

  1. Kirimkan CV Pada Pagi Hari

Mengirim CV pada pagi hari ternyata lebih efektif daripada mengirimkan CV di waktu lainnya. Kirimkan CV pada pukul 07.00 hingga 09.00. Pada waktu tersebut, HRD yang bertugas biasanya mengecek email para pelamar kerja terlebih pada waktu tersebut mereka belum memiliki kesibukan yang padat. Jika anda mengirim CV pada waktu tersebut maka, kemungkinan besar HRD akan membacanya. Tentunya HRD memiliki tugas lainnya, sebelum memulai tugasnya mereka akan memeriksa dan membaca CV di pagi hari saat mereka senggang. Dampak positif lainnya ketika anda mengirim CV di pagi hari dapat membuat anda tampak sebagai orang yang rajin.

  1. Tuliskan Subjek Pada Email yang Dikirim

Banyak sekali orang yang masih belum mengetahui apa manfaat menulis subjek saat mengirim email. Penulisan subjek perlu dilakukan untuk mencantumkan posisi yang ingin anda lamar dan nama perusahaannya. Pada umumnya subjek akan ditulis dengan format posisi_nama perusahaan. 

  1. Tuliskan Tujuan Pada Body Email

Selain menulis subjek email anda juga harus menuliskan tujuan dan maksud anda mengirim CV tersebut. Sebab dengan demikian perusahaan bisa mengetahui keseriusanmu dalam melamar pekerjaan.

  1. Buat CV yang Kreatif

Saat membuat CV perlu diperhatikan beberapa hal, mulai dari desain hingga cara penulisan. Sebisa mungkin buatlah CV sendiri dan jangan menggunakan template yang tersedia di internet. Sebab, perusahaan akan mengetahui mana CV yang benar-benar anda buat sendiri dan mana yang anda buat dari template di internet.

  1. Tulis Pengalaman yang Berkaitan

Tidak perlu menuliskan seluruh pengalaman anda di CV. Cukup tuliskan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang ingin anda lamar. Jika anda melamar sebagai guru maka anda hanya perlu mencantumkan pengalaman mengajar anda saja. Jangan lupa tuliskan deskripsi pekerjaan serta pencapaian yang pernah anda dapat selama bekerja di pekerjaan sebelumnya.

  1. Gunakanlah Tata Bahasa yang Benar

Ketika menulis CV gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Jika anda menulis CV dengan bahasa Indonesia, gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidahnya. Hindari pula kesalahan penulisan mulai dari ejaan  hingga typo. 

  1. Tulislah Data Diri secara Lengkap

Seluruh data diri harus ditulis secara lengkap dan jelas seperti alamat rumah, nomor telepon hingga alamat email. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi saat anda diterima bekerja.

  1. Tuliskan Keahlian yang Dimiliki

Anda juga perlu mencantumkan keahlian yang anda kuasai dalam CV. Tulislah keahlian tersebut dengan jujur dan tidak mengada-ngada. Perusahaan akan mengetahui anda benar-benar ahli atau tidak ketika tes wawancara. Untuk itu buatlah CV sejujur mungkin.

Nah, setelah anda mengetahui cara agar CV anda dapat dengan mudah menarik hati HRD, segera terapkan cara tersebut. Berusahalah untuk membuat CV sebaik mungkin dan utamakan kejujuran. Semoga Berhasil!

Sekawan Media membuka layanan konsultasi dan jasa pembuatan website untuk membantu bisnis Anda lebih dikenal secara luas melalui media online berbasis internet.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: