Menu Close

Update WordPress Dengan Mudah Agar Website Lebih Aman

Table of Contents
Table of Contents

Update WordPress diperlukan untuk menghindari berbagai kerentanan keamanan yang berpotensi berbahaya. WordPress diupdate untuk meningkatkan kualitas bagi penggunanya. Inilah sebabnya mengapa menjaga WordPress tetap up to date sangat penting.

cara update wordpress
Tampilan WordPress © Unsplash

WordPress adalah salah satu platform CMS yang paling banyak digunakan untuk membangun dan mengelola situs web. Seperti sistem yang lain, WordPress membutuhkan pemeliharaan atau yang akrab kita dengar dengan maintenance. Cara melakukannya adalah dengan melakukan update versi WordPress Anda. Updatae versi WordPress diperlukan untuk menghindari berbagai kerentanan keamanan yang berpotensi berbahaya.

Untuk melakukan ini, Anda perlu tahu cara memperbarui WordPress di artikel ini. WordPress diupdate untuk meningkatkan kualitas bagi penggunanya. Inilah sebabnya mengapa menjaga WordPress tetap up to date sangat penting. Tetapi jika Anda masih bingung, baca instruksi di panduan kami untuk melakukan update WordPress!

Mengenal WordPress

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang sudah tersebar luas. CMS membantu Anda mempublikasikan konten dengan mudah karena menangani seluruh proses pengkodean. WordPress adalah salah satu CMS yang paling mudah digunakan.

WordPress adalah situs web sumber terbuka yang berarti siapa pun di dunia dapat membantu meningkatkan platform ini. WordPress juga gratis untuk digunakan. Salah satu langkah administratif terpenting saat memilih WordPress sebagai CMS Anda adalah pembaruan versi.

WordPress harus diupdate secara berkala. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan celah keamanan, kesalahan, dan risiko penyelundupan malware. Itulah mengapa penting untuk selalu memperbarui ke versi WordPress terbaru.

update wordpress
Pengaplikasian WordPress © Unsplash

Mengapa Update WordPress Penting?

1. Untuk Mencegah Terjadinya Masalah Keamanan

Salah satu alasan mengapa update WordPress penting adalah untuk meningkatkan keamanan situs web Anda. WordPress dikenal sebagai salah satu teknologi platform CMS yang paling banyak digunakan di internet saat ini, dengan lebih dari 60 pengguna di semua situs web yang ada. Dengan begitu banyak situs web yang menggunakan WordPress sebagai platform CMS mereka, potensi masalah keamanan juga merupakan masalah utama yang perlu segera ditangani.

Kerentanan dalam plugin WordPress dikenal sebagai ancaman vektor, dan ancaman ini dapat menimbulkan risiko bagi pengguna. Sebuah laporan berjudul “The SiteLock Website Security Insider Q2 2017” mengungkapkan penelitian bahwa semakin banyak plugin yang diinstal situs WordPress, semakin besar kemungkinannya untuk disusupi oleh peretasan dan ancaman lainnya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway di WordPress

2. Mempercepat Kecepatan Website

Dengan mengupdate WordPress ke versi terbaru, pastinya akan ada penambahan fitur dan hilangnya bug atau lag. Hal ini berpengaruh pada kecepatan website WordPress. Ketika melakukan update, maka bug yang ada di WordPress versi terdahulu akan secara otomatis hilang. Inilah yang membuat website memiliki performa yang semakin meningkat, salah satunya dari segi kecepatan website.

3. Meningkatkan Fungsionalitas Website

Update ke versi terbaru juga akan meningkatkan kompatibilitas dan fungsionalitas situs web Anda. WordPress versi terbaru biasanya menawarkan fitur, plugin, dan template terbaru yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas situs web Anda. Setelah melakukan upgrade, Anda akan mendapatkan website yang lebih fungsional dan dapat dengan mudah memenuhi berbagai kebutuhan website Anda.

Persiapan yang Diperlukan Sebelum Update WordPress

Sebelum kita masuk ke pembahasan update WordPress, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan. Berikut persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mengupdate WordPress:

  1. Harap baca dan pahami informasi pembaruan sebelum memperbarui WordPress. Setidaknya Anda harus tahu apa yang sedang diperbarui saat Anda memperbarui.
  2. Baca komentar dan pendapat dari blogger lain tentang versi terbaru WordPress di forum dukungan.
  3. Persiapan sebelum metode update WordPress selanjutnya adalah membackup website WordPress Anda untuk menghindari kehilangan data.
  4. Nonaktifkan cache karena plugin cache tidak dapat mendeteksi proses pembaruan yang sedang berlangsung dan dapat mengganggu proses pembaruan.
  5. Sebaiknya bersihkan cache WordPress Anda dan nonaktifkan plugin cache terlebih dahulu.
  6. Sebelum update WordPress, nonaktifkan add-on dan ekstensi terlebih dahulu.
  7. Jika Anda menemukan bahwa versi PHP Anda saat ini tidak kompatibel dengan pembaruan WordPress yang Anda instal, Anda dapat memperbarui versi PHP Anda.

Cara Mudah Update WordPress

update wordpress
WordPress © Unsplash

1. Cara Update WordPress Melalui Admin Dashboard

a. Buka Dashboard WordPress

Anda bisa melakukan update WordPress dari dashboard Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah login ke dashboard WordPress. Di sebelah kiri layar, Anda akan melihat opsi Update, lalu klik opsi tersebut.

b. Klik Opsi ‘Update Now’

Untuk update WordPress, Anda hanya perlu mengklik tombol “Update Now”. WordPress akan langsung otomatis mendownload file-file yang diperlukan, melakukan validasi file-file tersebut, dan secara otomatis memperbarui website Anda. Di bawah itu, Anda akan melihat notifikasi untuk update plugin. Di bawahnya lagi ada bagian untuk update theme website.

Baca Juga: Rekomendasi Website Builder Bagi Pemula yang Ingin Memulai Bisnis

2. Cara Update WordPress Melalui Softaculous

Cara lain untuk mengupdate WordPress adalah dengan menggunakan aplikasi Softaculous cPanel. Bagi Anda yang belum tahu, Softaculous adalah addon auto-install yang tersedia untuk cPanel. Aplikasi ini dilengkapi dengan 230+ aplikasi dan skrip yang dapat diinstal dengan mudah hanya dengan beberapa klik. Softaculous sekarang dapat menginstal berbagai aplikasi, mulai dari papan buletin hingga sistem manajemen konten hingga pustaka JavaScript.

a. Login ke cPanel Website

Anda hanya perlu klik pilihan ‘Outdated Installations’ dan nantinya dibawa ke sebuah page dimana Softaculous akan mendata semua software yang perlu diupdate. Di halaman tersebut juga akan ada beberapa kolom yang memberi informasi penting tentang software-software yang perlu diupdate ini. Di kolom Version, Anda akan melihat versi yang terinstal di website kamu sekarang dan tombol Upgrade berwarna biru yang perlu kamu klik jika ingin melakukan update.

b. Backup Data Sebelum Update

Di sini, Anda memiliki opsi untuk melakukan backup aplikasi sebelum melakukan update. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda sangat disarankan untuk melakukan backup.

c. Klik Tombol Update

Setelah semua proses dilakukan, klik tombol update untuk melakukan update software tersebut. Setelah update selesai, Anda akan melihat sebuah halaman konfirmasi (confirmation page) di layar.

Melakukan update WordPress adalah salah satu cara pengamanan yang perlu dilakukan bagi semua pengguna WordPress. Kerentanan keamanan website Anda sebenarnya sangat serius, sehingga seluruh pengguna diharapkan segera melakukan pembaruan.

Selain menyajikan artikel yang informatif, Sekawan Media juga menyediakan jasa pembuatan website bagi Anda yang ingin memiliki website profesional untuk bisnis Anda. 

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: