• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

7 Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah dan Gratis

Daftar Isi
Daftar Isi
Cara membuat website sekolah dapat dilakukan dengan mudah dan gratis. pembuatan website dengan gratiis dapat dilakukan dengan WordPress.

Website sekolah kini menjadi sarana yang banyak digunakan untuk mempromosikan sistem pendidikan tersebut. Cara membuat website sekolah memberikan kemungkinan bagi siapa saja untuk membuat sistem web yang nyaman digunakan.

Dunia yang semakin digital membuat setiap semua industri membuat website sebagai sarana promosi dan membagikan media-medianya. Banyak fitur yang didapat dari pembuatan website, seperti layanan siswa, informasi akademik, dan jadwal kegiatan.

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan melalui cara membuat website sekolah, komponen yang dibutuhkan, serta manfaatnya. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Membuat Website Sekolah?

Langkah dan cara membuat website sekolah membutuhkan beberapa komponen yang harus lebih dulu disiapkan.

Sebelum mengetahui cara untuk membuat website, ketahui terlebih dahulu komponen penting pada website berikut ini

1. Domain

Pengertian domain adalah alat dari sebuah situs. Nama domain biasanya adalah google.com dengan nama situs Google dan nama domain .com. Untuk domain yang digunakan pada website sekolah adalah sch.id.

Terdapat dua jenis domain, yaitu domain berbayar dan gratis. Domain gratis berekstensi dengan blogspot.com dan wordpress.com. Sedangkan untuk website berbayar, berekstensi .com, .net, .id, .org, dan lain-lain

2. Web Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan informasi atau data yang ada dalam sebuah situs. Jenis dari hosting sangat beragam, tetapi pada website sekolah dianjurkan untuk menggunakan layanan berbasis cloud. 

3. SSL Certificate

Secure Socket Layer (SSL) adalah teknologi yang dapat menjaga internet tetap aman dan terlindungi dari data sensitif. SSL sangat diperlukan untuk menjaga keamanan data pada situs resmi, seperti sekolah. 

Website yang tidak terdapat eskripsi SSL-nya, ditandai sebagai situs yang tidak aman. Hal ini ditandai dengan peringatan “Your connection to this site is not secure”. 

Cara Membuat Website Sekolah 

Berikut ini adalah contoh website sekolah terbaik yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Tutorial membuat website sekolah dapat dilakukan menggunakan WordPress atau Laravel.

Berikut ini cara membuat website sekolah gratis dengan WordPress.

1. Install WordPress

Langkah pertama cara membuat website sekolah dapat dilakukan dengan menginstal WordPress. WordPress adalah salah satu content management system yang bersifat open-source.

Open source ini artinya adalah semua pengembang atau developer dapat memodifikasi platform tersebut. Berikut ini adalah cara install WordPress bagi pengguna hPanel.

  1. Masuk ke akun hosting, lalu klik Kelola pada akun hosting yang Anda gunakan.
  2. Pada dashboard hosting, buka menu Domain dan pilih Subdomain dari sidebar sebelah kiri.
  3. Tuliskan nama subdomain sesuai kemauan Anda, lalu klik Buat.
  4. Setelah itu, kembali pada sidebar kiri dan pilih menu Website dan kemudian Instalasi Otomatis.
  5. Pada halaman website berikutnya, pastikan untuk memilih Path Instalasi ke subdomain yang baru dibuat.
  6. Setelah penginstalan selesai, Anda dapat mengakses website WordPress melalui subdomain yang telah Anda buat.

2. Masuk ke Dashboard WordPress 

Dashboard adalah panel administrasi yang menyajikan data atau informasi secara real-time. Melalui dashboard, Anda dapat mengatur seluruh aspek pada website, termasuk konfigurasi, tampilan, fitur, dan konten. 

Terdapat dua cara untuk log in pada dashboard WordPress. Pertama, Anda dapat masuk dengan mengetikkan nama domain ditambah /wp-admin pada address bar. Misalnya adalah sekolahwebsite.sch.id/wp-admin.

Cara membuat website sekolah tersebut dapat membawa Anda langsung masuk ke halaman login WordPress. Setelah itu, gunakan alamat email dan password yang dibuat sebelumnya.

3. Mengubah Tampilan Website

Tools tambahan pada cara membuat website sekolah pada wordpress
Fitur-Fitur WordPress (Stephen Philips/Unsplash)

WordPress menyediakan berbagai tema yang terdapat pada repository dan dapat digunakan secara cuma-cuma. Caranya adalah pada dashboard WordPress pilih Appearance > Themes dari menu sebelah kiri. 

Tema dapat dipilih dengan mengetikkan kata kunci pada search bar. Apabila Anda telah menemukan tema yang sesuai, klik Install. Setelah itu, Anda melihat tema dengan mengeklik tombol Preview dan klik tombol Activate untuk mengaktifkan tema. 

4. Menambahkan Fitur

Fitur lainnya juga dapat ditambahkan dengan menggunakan instal plugin. Anda dapat mengeklik Plugins > Add New melalui dashboard untuk mencari plugin yang diinginkan. Lalu, ketikkan kata kunci yang diinginkan melalui search bar

Klik tombol Install Now dan tombol Activate untuk mengaktifkannya. Berikut ini adalah beberapa pilihan fitur dan fungsinya.

  • Contact Form 7: Fitur dengan fungsi penyediaan formulir yang dapat digunakan oleh pengunjung website untuk meninggalkan pesan atau pertanyaan.
  • Akismet Anti-Spam: Plugin ini dapat memfilter semua tulisan pengunjung website yang dimasukkan pada kolom komentar dan formulir dari spam.
  • Photo Gallery: Fitur ini berfungsi untuk menunjukkan fasilitas dan berbagai aktivitas sekolah melalui gambar dan video.
  • The Events Calendar: Plugin ini membantu untuk menjadwalkan kegiatan sekolah atau kalender akademik dalam beberapa opsi tampilan.
  • WP Google Maps: Fungsi dari plugin ini adalah untuk menampilkan peta lokasi sekolah pada website.

5. Buat Halaman Utama

Tampilan halaman utama website wordpress
Halaman pada WordPress (Justin Morgan/Unsplash)

Membuat halaman juga penting ketika mengisi website sekolah. Pada website sekolah, terdapat beberapa halaman yang perlu dimasukkan.

Berikut ini adalah beberapa halaman-halaman yang diperlukan pada website sekolah.

  • Halaman utama (home) 
  • Profil sekolah (visi misi)
  • Profil guru dan staff
  • Fasilitas sekolah
  • Informasi pendaftaran siswa baru
  • Kegiatan ekstrakurikuler
  • Kontak sekolah
  • Prestasi sekolah
  • Berita sekolah

Cara membuat website sekolah dilakukan dengan beberapa halaman di atas, yaitu dengan klik Pages pada dashboard, lalu klik tombol Add New pada halaman selanjutnya. 

Setelah itu, Anda akan diarahkan pada laman editor WordPress. Pada laman editor tersebut, Anda membuat konten sesuai dengan yang diinginkan

6. Tentukan dan Atur Halaman Utama

WordPress didesain untuk menampilkan daftar postingan terbaru. Namun, pada website sekolah tidak membutuhkan hal tersebut. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan klik Appearance > Customize untuk masuk pada menu kustomisasi WordPress.

Selanjutnya, klik Homepage Settings dan pilih opsi A static page. Setelah selesai, Anda dapat mengeklik tombol Publish

7. Optimasi Website

Langkah terakhir dari cara membuat website sekolah adalah Anda dapat melakukan optimasi dengan menggunakan Search Engine Optimization (SEO).

Google cenderung suka dengan situs web yang cepat sehingga Anda juga harus tahu cara mempercepat loading pada website.

Terdapat dua jenis SEO, yaitu on-page yang melibatkan aspek dalam website dan off-page melibatkan optimasi di luar website.

Optimasi SEO juga dapat membantu website sekolah Anda untuk tampil pada halaman teratas hasil pencarian search engine dan meningkatkan trafiknya.

Manfaat website sekolah adalah untuk memberi kemudahan akses pada siswa
Website Sekolah (Nick Morisson/Unsplash)

Manfaat Cara Membuat Website Sekolah

Instansi pendidikan perlu sebuah website agar dapat menjangkau banyak pihak. Berikut ini adalah manfaat dari pembuatan website sekolah.

  • Profil sekolah sebagai media untuk kebutuhan pemasaran, informasi, dan sebagainya.
  • Media publikasi sebagai sarana untuk menampilkan informasi visi misi, kurikulum, dan fasilitas sekolah.
  • Sarana pengumuman dapat ditampilkan pada website yang agenda tersebut dapat diketahui murid dan orang tua siswa. 

Itulah dia cara membuat website sekolah dengan mudah. Website sekolah dapat dibuat dengan mudah dan murah. Namun, dalam pembuatan website terdapat fitur-fitur yang pembuatannya sedikit rumit.

Bagi Anda yang sedang ingin membuat website untuk sekolah, Sekawan Media adalah solusinya. Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website sekolah dalam upaya membantu meningkatkan kredibilitas dan visibilitas sistem pendidikan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan ini, Anda dapat menghubungi tim marketing kami melalui WhatsApp Sekawan Media.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: