• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Maintenance Website: Pengertian, Pentingnya, dan Caranya

Daftar Isi
Daftar Isi

Dalam era di mana kehadiran online menjadi suatu keharusan, maintenance website adalah upaya penting yang tidak boleh diabaikan. 

Maintenance website adalah inti dari keberlanjutan dan keberhasilan sebuah situs web. Upaya ini bertujuan untuk menjaga kualitas, keamanan, dan kinerja optimal dari suatu platform digital. 

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui pengertian dan bagaimana cara maintenance website yang benar. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Maintenance Website?

Maintenance website adalah suatu proses terencana yang mencakup pemeliharaan dan perawatan secara rutin terhadap berbagai aspek dalam suatu website.

Tugas maintenance website adalah untuk menjaga agar website tetap berfungsi dengan baik, menghadapi tantangan teknis, dan mencegah gangguan yang dapat memengaruhi kinerja website. Upaya ini akan melibatkan pemantauan, pembaruan, dan perbaikan yang bersifat proaktif. 

Bagi Anda yang memiliki website WordPress, penting untuk menerapkan WordPress maintenance mode ketika akan melakukan maintenance pada website.

WordPress maintenance mode adalah kondisi yang ditampilkan untuk memberitahu pengunjung bahwa saat itu sedang dilakukan perbaikan pada website.

Status ini diperlukan karena perbaikan yang sedang dilakukan mungkin menyebabkan website tidak dapat diakses.

Jadi, ketika pengunjung mengakses URL website, mereka akan melihat informasi bahwa website Anda dalam tahap persiapan.

WordPress maintenance mode bekerja dengan menggunakan fungsi “wp_maintenance” dan menciptakan file “.maintenance” yang berisi pesan notifikasi.

Setelah proses maintenance selesai, pengaturan WordPress dapat diatur untuk menghapus file maintenance tersebut, dan website Anda akan kembali aktif seperti biasa.

Pentingnya Melakukan Maintenance Website

Maintenance website penting untuk dilakukan agar website Anda bekerja secara optimal. Berikut adalah alasan kenapa maintenance website adalah hal yang penting:

1. Optimalisasi Kinerja

Maintenance website memastikan bahwa website dapat beroperasi pada tingkat kinerja yang optimal. 

Oleh karena itu, dengan melakukan maintenance website, Anda dapat mengidentifikasi dan menangani potensi masalah yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna. 

2. Keamanan Data

Keamanan adalah prioritas utama dalam website. Pembaruan keamanan dapat membantu melindungi data pengguna dan informasi penting dari ancaman cyber yang muncul.

3. Pembaruan Fungsionalitas

Dalam dunia digital yang terus berubah, maintenance website memungkinkan integrasi fitur baru dan peningkatan fungsionalitas untuk menjawab tuntutan pasar dan kebutuhan pengguna.

4. Pencegahan Downtime

Downtime adalah istilah untuk kondisi di mana suatu sistem dari server tidak dapat berfungsi atau tidak tersedia. Hal ini akan menjadi sangat merugikan bagi bisnis Anda.

Oleh karena itu, dengan upaya maintenance website secara teratur dapat membantu mencegah gangguan dan waktu tidak produktif yang dapat merugikan reputasi website Anda.

5. Strategi Meningkatkan SEO

SEO merupakan hal yang sangat penting, jika Anda memiliki website. Sebab, SEO memiliki dampak dan peran yang besar pada jumlah traffic visitor.

Cara Maintenance Website

Maintenance website dapat Anda lakukan sendiri. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan dalam maintenance website:

1. Backup Data Website

Data website yang ada di hosting perlu di-backup secara rutin untuk mengantipasi terjadinya force majeure, seperti serangan hacker atau virus yang dapat membahayakan keamanan website.

Maka dari itu, lakukan backup data website dengan menempatkan file cadangan di lokasi yang berbeda dengan data website utama.

Upaya ini diambil untuk mengatisipasi upaya pihak-pihak tertentu yang berusaha menghapus seluruh data website, termasuk file cadangan.

2. Perhatikan Serangan Virus atau Hacker

Website juga rentan terhadap serangan virus atau hacker yang menyebabkan kerusakan pada operasional website, bahkan pencurian data yang tersimpan pada website.

Dalam menghadapi potensi ancaman tersebut, Anda dapat memanfaatkan Google Search Console. 

Tools ini akan memberikan informasi terkait skrip berbahaya yang dapat menjadi salah satu upaya penyerangan dari virus atau hacker.

3. Periksa Hosting Website

Upaya ini bertujuan untuk memastikan stabilitas kecepatan website melalui pemeriksaan kondisi hosting

Aktivitas beragam pengunjung pada di website dapat mengakibatkan peningkatkan penggunaan CPU yang dapat mengakibatkan penurunan kecepatan loading website.

4. Pastikan Seluruh Halaman dan Link Dapat Berjalan

Selanjutnya, pastikan seluruh halaman dan link dapat berjalan dengan baik. Pastikan juga tidak ada halaman atau link yang menunjukkan error 404.

Tentu saja, kondisi ini dapat menyebabkan pengunjung meninggalkan website dan kemungkinan tidak akan kembali.

5. Hapus Komentar Spam

Sebagai pemilik website, Anda tentu berharap untuk mendapatkan tanggapan positif dari pengunjung, terutama pada halaman blog atau produk.

Tanggapan ini umumnya tercermin dalam bentuk komentar yang diberikan oleh pengunjung, dan semakin banyak komentar, menandakan bahwa konten pada website semakin menarik.

Namun, penting untuk memperhatikan setiap komentar yang diterima. Sebab, ada banyak komentar yang bersifat spam yang dapat merugikan website Anda. Google dapat memberikan penilaian negatif terhadap website akibat spamming.

6. Periksa Seluruh Komponen pada Website

Selanjutnya, penting untuk melakukan pembaruan pada semua komponen website. Jika Anda menganggap bahwa website akan tetap aman tanpa pembaruan, maka akan terjadi kemungkinan malware dapat menyerang secara tiba-tiba.

Tidak hanya malware, tetapi juga berbagai masalah lain yang dapat merugikan operasional website Anda.

Contohnya, apabila website Anda dibangun di atas platform WordPress, disarankan untuk memperbarui plugin yang digunakan. 

Itulah dia penjelasan lengkap tentang apa itu maintenance website serta tujuan dan caranya. Melakukan maintenance website adalah upaya yang sangat penting untuk keberlanjutan website Anda.

Memiliki website yang dapat bekerja dengan baik akan meningkatkan jumlah traffic visitor. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat website yang didesain dengan eksklusif dan user friendly.

Berkenaan dengan ini, Sekawan Media adalah ahlinya. Melalui jasa pembuatan website profesional dari Sekawan Media, Anda akan mendapatkan website dengan menggunakan teknologi terbaru, sehingga performa dan keamanannya akan terjamin.

Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi laman web Sekawan Media atau hubungi tim marketing kami sekarang juga.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: