Menu Close

Begini Cara Daftar Google Maps Untuk Lokasi Bisnis Anda

Table of Contents
Table of Contents

Menambahkan lokasi bisnis penting untuk dilakukan di era sekarang. Banyak sekali keuntungan yang akan didapat apabila lokasi bisnis Anda dapat muncul di kolom pencarian Google. Menarik minat calon pelanggan, meningkatkan kredibilitas bisnis, hingga sebagai media promosi untuk bisnis itu sendiri.

daftar lokasi bisnis di google maps
Google Maps © Unsplash

Google Maps adalah fitur Google berupa peta online. Platform ini menjadi sangat populer baru-baru ini karena dapat digunakan untuk banyak hal. Hampir semua smartphone, aplikasi transportasi online, dan semua perangkat GPS menggunakan Google Maps sebagai pendukung utamanya.

Keunggulan Google Maps adalah dapat menampilkan informasi lalu lintas dan tempat umum dengan begitu lengkap dan akurat. Hal ini didukung oleh citra satelit, penggunaan sensor dari perangkat smartphone, dan kontribusi pengguna melalui platform Google Maps. Sejak munculnya Google Maps, banyak orang merasa dimudahkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Berkat Google Maps dan berbagai fitur barunya, segalanya menjadi lebih mudah.

Jika Anda sudah memiliki bisnis tetapi belum mendaftar ke Google Bisnisku di Google Maps, Anda harus mendaftar hingga Google menyelesaikan proses verifikasi. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat melihat dan mengelola profil online mereka di Google.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis yang bernama Catering Bundo Kanduang Bandung, dan Anda terdaftar serta menggunakan Google Bisnisku, Google akan mengetahui lokasi bisnis Anda saat seseorang menelusuri alamat Anda.

Artikel ini akan membahas berbagai keuntungan mendaftarkan bisnis Anda ke Google Maps, beserta cara-caranya. Simak terus sampai akhir, ya!

Keuntungan Mendaftarkan Lokasi Bisnis di Google Maps

1. Meningkatkan Rating di Google Search

cara menambahkan lokasi bisnis di google maps
Kolom pencarian google © Unsplash

Tahukah Anda bahwa Google dapat membantu bisnis lokal Anda menempati urutan pertama dalam pencarian Google? Hal ini tentu menjadi kabar baik, terutama bagi usaha kecil di Indonesia. Tentu saja, pemilik usaha kecil dapat menggunakan Google Bisnisku untuk mencantumkan lokasi bisnis mereka di Google Maps.

2. Dapat Menarik Minat Calon Pelanggan Untuk Menghubungi Bisnis Anda

Saat calon pelanggan melihat lokasi bisnis Anda di Google Maps, Google Maps akan menyediakan indeks komprehensif bisnis Anda dengan menyertakan nomor telepon perusahaan. Selain itu, karena sebagian besar pencarian Google Maps dilakukan melalui smartphone, mereka dapat menghubungi bisnis Anda hanya dengan satu klik. Hal ini sangat memudahkan calon pelanggan bisnis Anda untuk mengambil langkah selanjutnya.

3. Dapat Menyertakan Foto Bisnis Anda

Dengan adanya foto, calon pelanggan dapat menarik representasi visual dari bisnis Anda. Dari foto yang ditawarkan bisnis Anda hingga foto yang dibagikan oleh konsumen, Google Maps mengkurasi tampilan visual bisnis Anda sebagai cuplikan produk/layanan bisnis, sehingga tampilan etalase atau interiornya dapat menarik minat calon pelanggan untuk berkunjung. Faktanya, cantuman yang menyertakan foto, menerima 42% lebih banyak permintaan arah dan 35% lebih banyak klik situs web.

Banyak sekali keuntungan dari menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps. Selanjutnya adalah, bagaimana cara mendaftarkan lokasi bisnis di Google Maps?

Baca juga: Rekomendasi Website Builder Bagi Pemula yang Ingin Memulai Bisnis

Cara Daftar Google Maps Untuk Lokasi Bisnis

daftar google maps untuk lokasi bisnis
Lokasi Bisnis di Google Maps © Unsplash

Untuk menambah dan mendaftarkan lokasi bisnis Anda ke Google Maps, perlu membuat profil bisnis di Google terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Bisnis, lalu login dengan akun Anda.
  2. Isikan nama bisnis Anda pada bagian “Cari dan Kelola Bisnis Anda”.
  3. Klik section “Tambahkan Bisnis Ini ke Google”.
  4. Isi section nama dan kategori bisnis pada halaman selanjutnya.
  5. Anda dapat memilih apakah lokasi bisnis Anda akan muncul di Google Maps. Jika bisnis terbuka untuk umum, maka pilih opsi “Ya”, selanjutnya klik “Berikutnya”.
  6. Masukkan alamat bisnis yang sesuai dengan lokasi bisnis Anda.
  7. Sesuaikan peta lokasi dengan alamat yang sudah Anda masukkan sebelumnya.
  8. Isikan apakah Anda menyediakan layanan antar ke rumah atau delivery order, lalu klik “Selanjutnya”.
  9. Tahap selanjutnya adalah menambahkan informasi tambahan seperti kontak yang bisa dihubungi. Apabila Anda belum memiliki situs website untuk bisnis Anda, Anda bisa klik centang pada opsi “Saya tidak memiliki situs web”.
  10. Klik “Berikutnya” jika ingin lanjut ke pengisian data tambahan.
  11. Langkah selanjutnya adalah menunggu verifikasi data oleh pihak Google.
  12. Halaman berikutnya akan memuat jam kerja, deskripsi bisnis, menambahkan foto, dan fitur pesan.
  13. Anda akan di bawa ke halaman pencarian google yang berisi lokasi bisnis Anda, di halaman ini Anda dapat mengedit profil bisnis sesuai dengan apa yang Anda mau.

Itu dia tadi keuntungan dan cara menambah dan mendaftarkan lokasi bisnis Anda ke Google Maps. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Nantikan berbagai informasi menarik lainnya di artikel Sekawan Media selanjutnya, ya!

Selain menyajikan artikel yang informatif, Sekawan Media juga menyediakan jasa pembuatan website bagi Anda yang ingin memiliki website profesional untuk bisnis Anda.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: