• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Simak Cara Mudah Membuat Email Baru di Hp dan Laptop

Daftar Isi
Daftar Isi

Email atau surel adalah sarana yang paling umum digunakan dalam surat menyurat dengan menggunakan media digital. Pada artikel ini, kami akan membahas cara membuat email baru, baik di telepon seluler ataupun laptop. Surel banyak digunakan karena kemudahan dalam penggunaannya dan proses pengiriman surat yang sangat singkat.

Cara membuat email baru
© Unsplash

Di era kemajuan teknologi, surat menyurat sudah banyak menggunakan surel (surat elektronik) atau email. Email merupakan hal yang cukup fundamental dalam kehidupan sehari-hari. Surel sudah banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti digital marketing dan surat-menyurat.

Dengan demikian, keberadaan surel akan sangat membantu banyak orang karena kita atau perusahaan dapat mengirimkan surat secara mudah dan cepat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, hanya saja memerlukan koneksi internet untuk melakukannya. 

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat email? Apa saja hal yang diperlukan ketika ingin membuat email? Lalu, bagaimana cara membuat email baru? Anda tidak perlu khawatir karena kami akan membahas tuntas semuanya di artikel ini.

Sekilas Tentang Email

Electronic mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik atau surel untuk penyebutan singkatnya adalah suatu sarana dalam pengiriman surat dengan menggunakan jaringan komputer, seperti internet. Sesuai dengan namanya, surel bebentuk media digital.

Menurut Guinnes World of Records, surel pertama kali digunakan oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971 walaupun istilah email belum populer saat itu. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer di Amerika Serikat, sekaligus dinobatkan sebagai bapak email. Ray Tomlinson mendapatkan julukan sebagai bapak email karena beliau yang menemukan email dan simbol “@” yang terus digunakan hingga saat ini. 

Surel ini dapat anda temukan dan gunakan dengan mudah di perangkat lunak manapun. Untuk telepon seluler, tablet, dan iPad, anda dapat menemukanya dalam bentuk aplikasi. Namun, pada laptop atau komputer, anda dapat menemukan dan menggunakannya melalui website.

Cara Membuat Email

Setelah mengetahui sekilas tentang email, kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara membuat email. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat email di hp dan laptop:

1. Membuat Email di HP

Membuat email di telepon seluler sangatlah mudah, yang pertama harus anda lakukan adalah memastikan bahwa ponsel anda memiliki aplikasi Gmail. Apabila anda tidak memilikinya, anda dapat mengunduh aplikasi tersebut di Playstore (Android) atau AppStore (iOS).

Selanjutnya, anda dapat membuka aplikasi tersebut dan log-in apabila anda sudah memiliki email. Akan tetapi, apabilla anda masih belum memiliki alamat email, anda dapat memilih fitur untuk “membuat akun” atau “create account”. Persyaratan dalam membuat email sangat mudah karena hanya membutuhkan nomor telepon dan jaringan internet saja.

Anda dapat memilih akun tersebut untuk kebutuhan anda pribadi atau untuk kebutuhan bisnis. Setelah itu, anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam membuat email, seperti memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, dan nama email yang akan anda gunakan.

Ketika anda telah menyelesaikan semua langkah-langkah, anda dapat langsung log-in dan menggunakan akun tersebut untuk kepentingan anda.

2. Membuat Email di Laptop

Pembuatan email di laptop tidaklah sulit karena kurang lebih sama dengan cara membuat email di telepon seluler. Yang pertama kali harus anda lakukan yaitu memastikan bahwa perangkat yang anda gunakan tersambung ke internet. Setelah itu, anda dapat mengunjungi situs mail.google.com. 

Mendaftarkan email atau nomor ponsel di gmail
Memilih jenis kebutuhan pembuatan akun google
Simak cara mudah membuat email baru di hp dan laptop

Anda akan menjumpai laman seperti gambar di atas. Kemudian, anda dapat meng-klik “buat akun”. Lalu, anda dapat memilih apa tujuan anda membuat email tersebut, apakah untuk anda pribadi, untuk orang lain, atau untuk kepentingan bisnis anda.

Selanjutnya, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia dengan memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor telepon yang akan anda gunakan. Setelah selesai, anda dapat langsung menggunakan akun email tersebut.

Cara Membuat Email Baru

Sebelumnya, anda telah mengetahui sekilas tentang email dan cara membuatnya. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat email baru. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat email baru, seperti:

1. Membuat Email Baru di HP

Membuat email baru cukup mudah untuk anda lakukan karena sama halnya dengan membuat email seperti sebelumnya. Pertama, anda harus memastikan telepon seluler anda terhubung dengan internet. Lalu, anda harus membuka aplikasi gmail dan menekan fitur bulat di pojok kanan atas.

Membuat akun google di hp
Menambahkan akun lainnya pada gmail

Setelah itu, anda dapat meng-klik “add another account” dan memilih logo “Google”. Kemudian, anda dapat menekan “create account” untuk membuat akun email baru. Selanjutnya, langkah-langkahnya sama dengan membuat email sebelumnya.

Membuat akun baru di gmail

Ketika telah selesai, akun baru anda akan langsung tertaut pada gmail dan anda dapat langsung dapat menggunakannya. 

2. Membuat Email Baru di Laptop

Membuat email baru di laptop tidaklah sulit karena hampir sama dengan membuat email baru di telepon seluler hanya saja anda menggunakan website bukan aplikasi. Pastikan perangkat komputer anda terhubung dengan jaringan internet. Setelah itu, anda harus mengakses mail.google.com

Cara membuat email baru

Anda akan menjumpai laman seperti gambar di atas dan silakan klik profil akun anda.

Cara membuat email baru laptop

Selajutnya, silakan meng-klik “add another account” untuk membuat email yang baru. Kemudian, anda dapat memilih “create account” untuk membuat akun email yang baru. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah tersedia. Pembuatan email ini sama seperti membuat email biasa seperti sebelumnya.

Cara membuat email baru

Demikian adalah cara membuat email baru, baik di telepon seluler maupun laptop. Proses pembuatan yang mudah dan penggunaan yang praktis menjadikan surel sebagai sarana yang cukup fundamental dalam hal surat-menyurat.

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan website profesional dengan harga terjangkau. Jika anda ingin memiliki website dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda, silahkan hubungi kami.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: