Mengulas Lebih Dalam  Link Pada Website

Table of Contents
Table of Contents

Tentunya kita sudah tidak asing lagi bukan dengan link? Di zaman yang serba canggih ini, link merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari internet. Link atau hyperlink menjadi bagian penting dalam mesin pencarian yang juga sebagai alamat situs. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai link, simak artikel berikut ini !

Apa itu Link?

Link merupakan singkatan dari hyperlink yang merupakan elemen dalam dokumen HTML yang menautkan ke bagian lain dari dokumen atau ke dokumen lain yang berhubungan. Pada dasarnya link adalah teks yang akan menghubungkan page World Wide Web ke World Wide Web atau yang biasa dikenal dengan www. Pada  halaman website, link sangatlah berpengaruh untuk menggambarkan isi dari sebuah konten yang akan ditampilkan. Untuk  itu, pembuat link akan membuat sebuah kata kunci yang akan mewakili isi dari halaman tersebut. 

Selain itu, link  juga berfungsi sebagai gambaran awal daya tarik dan juga untuk meningkatkan sebuah kepercayaan terhadap website yang diolah. Untuk membuat link yang ideal, pada umumnya pembuat link akan  menggunakan nama brand atau nama perusahaan mereka. Lalu setelahnya mereka akan menggunakan kata kunci yang merujuk pada apa yang akan mereka tampilkan.

Fungsi Link

1. Menghubungan Antar Dokumen

Fungsi link adalah mengubungkan antar dokumen atau file dalam sebuah pemrograman di komputer. Hal ini dilakukan agar ketika melakukan presentasi atau membuat dokumen, dapat dengan mudah menghubungkannya dengan dokumen lain. 

2. Memudahkan Kunjungan Website

Tautan dapat memudahkan visitor atau pengunjung website melihat tulisan, video, gambar atau lainnya dalam sebuah tampilan situs yang sama. Sehingga pengunjung tidak perlu mencarinya secara manual, karena bisa langsung membuka link tersebut.

3. Memudahkan Mencari Informasi

Fungsi tautan yang terakhir yakni untuk memudahkan dalam pencarian informasi. Misalnya dengan membagikan tautan ke orang lain, sehingga orang tersebut juga bisa membaca atau membukanya.

Cara Kerja Link

 Link  merupakan sebuah tautan yang tersusun dengan cara kerja seperti rantai dari suatu halaman website. Link  ini berisi beberapa file direktori yang mengarah pada konten yang tersimpan dalam database website atau biasa juga disebut dengan permalink.

Cara kerja yang sederhana lainnya yakni seperti ketika kita sedang atau berselancar di internet dan ingin mengetahui tentang suatu hal. Tentu saja mesin pencari akan memberikan banyak sekali referensi dari website yang relevan dengan kata kunci yang anda cari.

Nah, mesin pencari disini berperan sebagai terminal dari website-website tersebut. Ketika  kita mencari kata kunci di internet. Terdapat banyak sekali pilihan website-website yang relevan. Lalu kemudia kita dapat memilih website mana yang sekiranya menarik dan berisi informasi lengkap sesuai dengan kata kunci yang kita cari.

Jenis-jenis Link

1. Absolute Address

Penulisan hyperlink jenis ini dilakukan dengan menuliskan alamat dokumen atau halaman yang disertai dengan alamat situsnya. Hyperlink ini harus dituliskan dengan menggunakan jaringan internet. Absolute address berarti membuat pintasan atau shortcut baru dari alamat situs tertentu. Pada umumnya hyperlink jenis ini mudah ditemukan pada situs website yang mencantumkan tautan pada dokumen atau tulisannya.

2. Relative Address 

Penulisan hyperlink jenis ini dilakukan dengan mencantumkan nama file dan path-nya. Ketika menuliskan linknya tidak membutuhkan sinyal atau jaringan internet. Relative address sering digunakan dalam sebuah blog atau website

Istilah-istilah Link

1.     SafeLink

Safelink atau link yang aman ini merupakan jenis link yang juga berfungsi menjadi pengaman jika karakter yang dimuat lebih panjang dan juga kombinasi yang digunakan kompleks. Safelink berfungsi sebagai pengaman tautan dari akses yang tidak diizinkan. Terdapat beberapa penyedia yang tetap dapat menggunakannya, namun kebanyakan akan dialihkan pada konten iklan atas pengalihan sebelum diarahkan ke link yang dituju.

Misalnya, ketika anda ingin mengunduh film atau aplikasi, sebelum diarahkan pada halaman unduh tentu saja anda akan melewati link lainnya terlebih dahulu. Nah, tampilan link inilah yang disebut sebagai safelink atau link aman.

2.     Link Not Found

Link not found pada umunya  ditemui ketika penulisan ada yang terlewat atau bahkan kurang tepat. Ketika anda mengalami link not found, biasanya akan muncul pesan 404 not found” pada halaman website atau browser yang anda buka. Terdapat dua kemungkinan terjadinya link not found yakni penulisan tautan yang salah atau tautan website yang anda tuju sedang mengalami error.

3.     Broken Link

Broken link terjadi ketika tautan website yang akan anda akses tidak ditemukan atau bahkan sudah dihapus, sehingga peran dari tautan tersebut menjadi tidak valid. Misalnya saat anda ingin mengakses file yang akan anda download, namun ternyata file download tersebut sudah dihapus oleh server.

4.     Spam Link

Tautan ini biasanya tersebar secara paksaan atau berlebihan dan menyalahi sebuah standar komunikasi di suatu platform. Spam link ini dinilai mengganggu jalannya pengguna lain yang mengakibatkan pelaporan spam.

5.     Backlink

Backlink juga dapat disebut dengan rekomendasi atas rujukan antar website yang ditampilkan melalui halaman atau bentuk lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah value.

6.     Link Building

Tautan ini merupakan sebuah proses untuk mendapatkan backlink dari halaman website dengan tujuan untuk membuat relasi yang dapat menaikkan pamor hingga puncak pada mesin pencari.

7.     Link Internal

Tautan ini berperan menjadi penguat topik dari yang dibahas dan merujuk pada halaman satu dengan halaman yang lainnya, namun tetap pada satu website yang sama.

8.     Link External

Tautan ini berperan menjadi rujukan antar sebuah halaman dari website lain atau bisa juga disebut dengan dikaitkan website yang telah ditautkan yang akan menjadi sumber rujukan. Tautan ini bertujuan untuk mendapatkan backlink.

Cara Membuat Link

Keywords  
Keywords  ©Unsplash

Proses pembuatan link memerlukan “tag” dan “href” yang merupakan singkatan dari hyperlink reference. Dalam  proses penulisan tag dan href dapat dilakukan oleh pengguna, tepat sebelum penulisan nama situs yang diinginkan. Pembuatan hyperlink atau tautan ini bisa diterapkan pada website, program email, bookmark atau pada halaman pemrograman lainnya.

Untuk pembuatan hyperlink atau link khusus di program Microsoft Word, Power Point atau Excel memiliki  cara yang berbeda dan   disesuaikan dengan masing-masing menu didalamnya. Pada umumnya tautan dapat ditambahkan dengan menggunakan menu tab Insert” dan pilih menu hyperlink atau link.

Pada tahap memasukkan hyperlink atau link dalam tiga program komputer tersebut, maka anda dapat menggunakan absolute address atau penulisan hyperlink atau link secara lengkap. Hal ini dilakukan, agar ketika anda mengklik, mengetuk, atau menyentuh akan langsung terarah pada website atau dokumen yang diinginkan.

Kesimpulan 

Link merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan dari internet. Tautan ini memiliki beragam fungsi yang dapat digunakan untuk mengarahkan pada tampilan halaman website yang lain. Tautan juga berisi mengenai keyword atau kata kunci dari tampilan yang akan diarahkan oleh tautan tersebut. Tautan ini memang sering tidak dianggap penting, namun bagi beberapa orang hal ini menjadi hal yang penting misalnya saja bagi pengelola website.

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: