Landing Page Tingkatkan Konversi Penjualan

Table of Contents
Table of Contents

Landing page terdapat pada halaman utama sebuah website yang memiliki peran untuk  meningkatkan  prospek pemasaran suatu bisnis atau perusahaan dengan menggunakan jaringan internet atau situs jejaring sebagai salah satu cara untuk menarik konsumennya. Penggunaan landing page sebagai strategi pemasaran digital faktanya dapat meningkatkan potensi konsumen. Pada dunia pemasaran online, landing page sangat dibutuhkan untuk meningkatkan konversi penjualan.

Apa Itu Landing Page?

Landing  page adalah sebuah halaman situs website yang dibuat khusus untuk sebuah marketing campaign atau iklan. Halaman landing page ini akan muncul ketika konsumen meng-klik tautan yang mereka dapatkan dalam surel, media sosial maupun iklan dalam media lainnya. Landing page ini berisi mengenai penawaran produk atau jasa, cara mendaftarkan akun hingga diskon menarik. Halaman ini akan menjadi tolok ukur seberapa menarikkah situs tersebut dapat menarik pengunjung untuk melakukan tindakan (conversion rate). Pada halaman ini, pengunjung juga akan dimintai data pribadi mulai dari nomor telepon, jenis kelamin, usia dan sebagainya ketika pengunjung akan mendaftarkan diri.

Menurut Smart Bug Media, landing page umumnya memiliki dua kriteria utama yaitu:

  • Memiliki formulir isian yang memungkinkan pengunjung untuk diisi oleh calon pelanggan seperti alamat surel atau nomor telepon yang akan mendapat kiriman iklan atau kampanye bisnis
  • Mengubah pengunjung menjadi prospek atau target pasar dengan mengarahkan ke situs utama yang berisi produk barang atau layanan tertentu.

Manfaat Landing Page

1. Sarana Promosi

promosi
Promosi  ©Unsplash

Sebagai sarana promosi, landing  page, dapat menampilkan informasi singkat dengan tulisan yang besar terkait promosi yang tengah berlaku. Meskipun terdapat beberapa promo yang berlaku, tonjolkanlah salah satu jenis promo saja.

2. Meningkatkan Conversion Rate

conversion rates
Conversion Rates  ©Unsplash

Dalam meningkatkan  conversion rate, pengunjung tidak hanya akan mengunjungi situs landing page. Pengunjung diharapkan juga akan melakukan aksi seperti berlangganan newsletter atau membuat akun. Conversion rate yang tinggi akan mendorong pengunjung masuk ke marketing funnel yang lebih dalam.

3. Mendapatkan Data Leads

data lead
Data Lead  ©Unsplash

Pada umumnya landing page akan meminta informasi pengunjung, mulai dari nama, email hingga jenis kelamin. Setidaknya, anda telah memiliki informasi dasar mengenai pengunjung situs yang dapat digunakan untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Cara Kerja Landing Page

  • Konsumen akan melihat adanya ajakan call to action (CTA) dan berakhir di sebuah landing page melalui pengisian formulir
  • Konsumen tersebut mengisi formulir dan landing page mengubah seseorang tadi dari mulanya sebagai pengunjung menjadi prospek bisnis 
  • Informasi dari formulir yang telah diisi kemudian disimpan dalam database prospek perusahaan
  • Perusahaan melalui kampanye pemasaran digital mulai memasarkan produk kepada kontak atau prospek berdasarkan isian formulir yang telah diisi sebelumnya.

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Landing pageHomepage
Tidak memiliki navigasiMemiliki navigasi
Lalu lintas berasal dari iklan Lalu lintas berasal dari banyak sumber
Terpisah dari situs jejaring utama dari sebuah bisnisMerupakan halaman depan sebuah situs jejaring bisnis
Memiliki satu tujuan (mengumpulkan informasi untuk kampanye)Mempromosikan penjelajahan situs jejaring bisnis
Lebih sedikit tautan atau bahkan hanya satu tautan untuk konversi pengguna ke arah CTA (Contoh: “Unduh e-book gratis kami)Terdapat banyak tautan konten (Contoh: “Pelajari lebih lanjut–”

Jenis-jenis Landing Page

  1. Lead generation 

Landing page jenis ini memiliki bentuk seperti sebuah format formulir. Halaman ini dikhususkan untuk mendapatkan data dari lead

  1. Click Trough

 Landing page ini menarik pengunjung untuk meng-klik halaman lainnya yang tersedia.

Prinsip Dasar Membuat Landing Page

  1. Layout Landing Page

Buatlah judul dan deskripsi yang jelas,  penampilan yang atraktif juga menjadi hal yang penting dalam landing page. Hal ini dilakukan agar dapat mengkomunikasikan penawaran yang Anda buat kepada para pengunjung website secara cepat dan efektif.

  1. Konten Formulir Aplikasi

Buatlah desain formulir  untuk  mendapatkan  data  dari  pengunjung  website,  sehingga  Anda  bisa memperoleh  informasi  yang  diperlukan  untuk  dimanfaatkan dalam strategi  marketing. Pastikan  formulir  tersebut  dapat membangun hubungan antara anda dengan pengunjung website

  1. Struktur Formulir Aplikasi

Formulir tersebut harus terstruktur secara rapi dan ramah terhadap pengguna.  Hindari pembuatan formulir yang  terlalu panjang dan invasif.

  1. Formulir Aplikasi

Pastikan  pengunjung  website   berfokus  pada  formulir  tersebut  dan  mengisinya.  Buanglah  elemen-elemen  dan  tautan yang  dianggap mengganggu dan yang dapat mengalihkan  perhatian pengunjung website.  Letakkan  formulir  tersebut  pada  bagian  yang  tepat  dan  masuk akal.

Hubungan Landing Page dengan Penjualan

Agar penjualan dapat meningkat, anda dapat mengoptimasi  landing  page  dan  mengumpulkan  kontak.  Setelah kontak terkumpul, anda dapat menawarkan promosi melalui email maupun dengan mengirimkan pesan melalui nomor telepon pengunjung website.   Terdapat dua karakteristik yang paling penting dalam melaksanakan promosi yang bagus yakni 

  1. Kerangka Waktu yang Tepat

Faktanya,  sebanyak 78%  penjualan  berawal  dari  ketertarikan  secara  online,  yang  didukung  dengan respon yang cepat. Idealnya, kirim email kepada pengunjung website Anda maksimal satu hari setelah Anda mendapatkan data kontak mereka. Jika Anda bisa, Anda punya peluang besar untuk menjual produk atau jasa anda.

  1. Orientasi Efektif untuk Audiens Target

Tidak ada faktor yang lebih penting daripada kerangka waktu yang tepat dan perencanaan email kampanye yang baik kepada target marketing anda. Email  ataupun pesan yang anda kirimkan  harus  menarik  pengunjung  website dan menyesuaikan  dengan kebutuhan dan minat mereka. Dengan demikian, mereka akan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.

Peran landing page tentunya sangat mendukung perusahaan untuk mencapai target pasar. Tak hanya itu, bagi calon pelanggan, keberadaan landing page dapat memudahkan mereka untuk bergabung atau berlangganan secara lebih cepat dan efisien.

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: