Menu Close

Content Writer: Definisi, Tugas, dan Tips Menjadi Penulis Handal

Table of Contents
Table of Contents

Setiap hari bahkan setiap jam informasi di dalam sebuah website ataupun media sosial selalu menampilkan hal yang terbaru. Salah satunya mengenai beberapa penyajian informasi dalam sebuah artikel, blog, maupun redaksi berita. Dari sebuah tulisan yang ditampilkan tersebut, pasti ada orang yang menjadi penulis dari informasi tersebut. Untuk sekarang, lebih dikenal dengan panggilan sebagai Content Writer. 

Apa itu content writer? Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh seputar salah satu pekerjaan yang akhir – akhir ini sedang hangat dan populer di kalangan perusahaan atau industri berbasis digital. Yang mana, kebutuhan akan berita dan sumber informasi dari internet terus meningkat seiring dengan dampak pandemi Covid – 19, yang membuat sebagian besar orang lebih sering beraktivitas dengan bantuan teknologi perangkat seperti laptop, smartphone, tablet, dll.

Definisi dari content writer

Content writer adalah salah satu bidang pekerjaan dimana memiliki tugas sebagai penulis profesional untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan artikel, jurnal, berita, informasi pada media sosial, dan lain sebagainya. Dalam menjadi seorang penulis, dibutuhkan beberapa keterampilan khusus agar dapat memberikan efek atau daya tarik kepada pembaca untuk mendorong minat membaca konten yang telah dibuat.

Content writer merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini untuk mengisi berbagai konten di dalam sebuah website. Tentu saja, apabila anda memiliki website sendiri, anda pasti sangat menginginkan situs anda selalu update secara berkala dengan adanya berbagai artikel atau blog terkait dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. 

Nah, dari situ tugas content writer (penulis konten) dapat membantu untuk membuat sebuah tulisan dengan topik atau tema yang telah ditentukan. Selain itu seorang penulis juga harus memperhatikan beberapa hal teknis maupun non teknis dalam pembuatan sebuah tulisan, agar informasi yang dituangkan dalam sebuah tulisan dapat menarik minat pembaca, serta meningkatkan traffic dan keuntungan bagi website itu sendiri.

Gaji seorang content writer

Selanjutnya, akan membahas mengenai gaji content writer. Menurut sumber dari website Indeed.com, rata – rata gaji content writer di Indonesia sendiri mencapai Rp 4.115.890,- dihitung tiap bulan. Untuk permasalah terkait pendapatan penulis konten, disesuaikan juga dengan peraturan perusahaan dan UMP dari tiap daerah.

Untuk gaji content writer sendiri juga dihitung berdasarkan posisi dalam perusahaan tersebut. Misalnya saja gaji dari junior content writer akan berbeda dengan gaji senior content writer. Jadi, apabila anda tertarik dengan pekerjaan ini, anda harus memulai karir dari awal dan memiliki minat yang besar pada dunia penulisan. 

Baca juga: 10+ Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online tanpa Modal

Tugas content writer

Setelah mengetahui pengertian dan gaji dari penulis konten, selanjutnya kita akan membahas mengenai tugas dan tanggung jawab apa saja yang harus dilakukan seorang penulis konten profesional.

      1. Mempunyai kemampuan dalam bidang editorial

Tugas content writer yang pertama adalah mempunyai skill dalam mengedit atau merubah sebuah konten. Dari yang sebelumnya kurang tepat, menjadi lebih menarik dan berpotensi untuk mendapatkan traffic yang besar. 

Seorang penulis juga harus bisa melakukan proses editing untuk meningkatkan kualitas dari konten tersebut. Jika anda terjun sebagai seorang penulis untuk kebutuhan konten dalam website, maka anda wajib untuk melihat dan mengontrol segala informasi dalam bentuk artikel maupun blog. 

Baca juga: Belajar Copywriting: Membahas Pengertian, Teknik, dan Jenisnya

      2. Memiliki pemahaman mengenai ilmu SEO

Tugas yang selanjutnya, content writer juga harus memiliki pemahaman mengenai ilmu dasar dari SEO (Search Engine Optimization). Ilmu ini sangatlah penting untuk seorang writer pada sebuah situs. 

Tujuan dari SEO sendiri adalah untuk mengoptimalkan website yang ada agar dapat masuk pada halaman pertama di mesin pencari. Biasanya mesin pencari tersebut adalah Google. Dalam menulis konten, anda harus memastikan berbagai hal teknis terlebih dahulu, seperti penentuan judul atau topik, membuat susunan rancangan artikel dalam bentuk outline, dan melakukan riset kata kunci (keyword).

      3. Melakukan riset konten

Tugas content writer, selain paham mengenai SEO juga harus mempraktekkan aktivitas riset kompetitor. Maksudnya adalah, dalam pembuatan topik atau judul sebuah artikel, maka kita harus melihat artikel dari kompetitor yang memiliki topik yang sama dengan kita. 

Sehingga, anda dapat memahami struktur dan isi dari konten yang dibuat kompetitor. Dan hasilnya adalah, anda dapat membuat sebuah artikel maupun blog yang lebih baik dari kompetitor. Jangan lupa untuk selalu melakukan riset kata kunci (keyword) untuk memastikan bahwa user sering membaca dan mencari topik atau bahasan tersebut pada mesin pencari.

      4. Membuat dan mengelola setiap konten

Berikutnya adalah penulis konten juga mampu untuk membuat, sekaligus mengelola setiap konten dalam website dengan konsisten dan teratur. Dalam membuat artikel, tidak harus diselesaikan dan di upload dalam satu waktu. Akan tetapi, yang terpenting disini adalah mesin pencari akan menilai konsistensi dari unggahan konten yang dilakukan setiap waktu. 

Situs yang baik tentunya selalu mengunggah beberapa halaman baru atau artikel baru secara teratur dan konsisten. Jadi, anda dapat memulai membuat sebuah tulisan sesuai dengan porsinya dan jangan terlalu berlebihan.

      5. Memiliki pengalaman dalam dunia penulisan

Dan tugas dan tanggung jawab terakhir yaitu, mempunyai pengalaman dalam bidang penulisan. Jika anda ingin menekuni dunia writer, maka anda harus memiliki pengalaman dan minat yang besar terkait penulisan konten. Konten yang baik, harus memuat informasi yang baik, dan berdasarkan fakta yang ada.

Selain itu, juga harus disusun dengan struktur yang tepat sesuai dengan kaidah penulisan konten yang telah diatur sedemikian rupa. Menulis sebuah konten tidak boleh dengan asal – asalan maupun ala kadarnya. Anda harus memberikan rasa dan pemberian dedikasi yang tinggi untuk membuat sebuah artikel, maupun informasi terkait konten dalam media sosial. 

Tips menjadi content writer yang profesional

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh penulis konten, selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah beberapa tips menjadi content writer yang handal dan profesional. Dibutuhkan beberapa skill dan minat yang besar untuk menjadi seorang penulis, terutama untuk kebutuhan artikel atau konten dalam website, maupun media sosial.

      1. Memiliki keahlian dalam menulis

Apabila anda ingin memulai karir menjadi seorang content writer, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah memiliki keahlian khusus dalam bidang menulis. Keahlian disini dapat mencakup mengenai pemahaman dan wawasan mengenai struktur 5W + 1H, penulisan artikel, dll. 

Jadi, praktek menulis tidak hanya sekedar menuangkan segala bentuk tulisan ke dalam konten, namun harus memiliki tujuan, topik, dan struktur yang baik agar orang yang membaca lebih mudah untuk memahaminya. Perbanyak latihan menulis agar anda lebih terbiasa untuk membuat konten artikel dalam blog ataupun media sosial.

      2. Memahami penggunaan teknologi

Tips yang berikutnya, adalah harus memahami penggunaan dan penerapan teknologi atau biasa disebut dengan melek teknologi. Di era yang serba digital saat ini, setiap orang akan lebih sering berhubungan dengan berbagai macam teknologi digital yang ada. Mulai dari perangkat yang berukuran kecil, hingga yang besar.

Seorang content writer juga harus bisa mengoperasikan berbagai teknologi masa kini, sehingga dalam proses pengerjaan artikel, tidak akan mengalami kendala. Teknologi yang akan sering digunakan adalah perangkat keras seperti laptop, PC, smartphone, dll. Kemudian, juga memiliki pemahaman tentang penggunaan perangkat lunak (software) untuk pengolahan data dan penggunaan browser.

      3. Mengikuti perkembangan tren yang ada

Tips yang terakhir, penulis juga harus selalu mengikuti perkembangan tren dan berita yang ada. Sehingga, isi informasi dalam artikel yang dibuat lebih aktual dan terkini. Kemudian, penyajian informasi juga berdasarkan fakta yang ada dan masih relevan dengan keadaan saat ini.

Kesimpulan

  • Content writer adalah pekerjaan dimana melakukan aktivitas berupa menulis sebuah artikel, berita, jurnal, maupun informasi dalam media sosial agar dapat menarik minat pembaca pada situs. 
  • Gaji yang dimiliki penulis konten di Indonesia memiliki rata – rata sekitar empat juta. Disesuaikan juga dengan kondisi upah minimum tiap daerah dan jabatan posisi dalam pekerjaan di perusahaan.
  • Tugas dan tanggung jawab utama dari seorang penulis konten adalah mempunyai kemampuan dalam bidang kepenulisan, SEO, riset dan mempunyai pengalaman lebih. Tips untuk menjadi penulis yang handal adalah, selalu mengikuti tren yang ada, melek teknologi, dan perbanyak latihan menulis sebuah artikel. 

Sekawan Media saat ini juga membuka jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS custom di Kota Malang. Kami bertransformasi untuk mengembangkan produk aplikasi yang lebih mobile friendly dan user friendly. Anda tertarik dengan jasa kami?

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: