You are here:

Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
media sosial adalah

Penggunaan akan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan jaringan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.

Mungkin, bagi sebagian besar pengguna sudah mengetahui fungsi dan berbagai fitur yang disajikan dalam sebuah aplikasi media sosial. Namun, ada beberapa manfaat lain yang perlu anda ketahui dan juga dapat anda eksplorasi lebih dalam agar mendapatkan berbagai keuntungan dalam menggunakan sebuah media sosial. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas seputar media sosial dan manfaatnya untuk perkembangan sebuah bisnis.

Apa itu media sosial

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas. 

Agar pengguna media sosial (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Anda tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengakses media sosial, anda dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.

Klasifikasi dari Media Sosial

Perkembangan dari social media tentunya dapat dirasakan oleh banyak pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Sepanjang tahun 2010, Kaplan dan Haenlein mengembangkan skema atau klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Proyek Kolaborasi

Merupakan social media yang berbentuk website, dimana penggunanya diizinkan untuk mengubah, menambah, atau menghapus konten di dalam situs tersebut. Contohnya adalah Wikipedia, Medium, WordPress, dan lain sebagainya.

2. Konten

Pengguna media sosial di dalamnya dapat berbagi konten seperti video, e-book, dan gambar. Contoh penerapannya adalah Tik Tok, Instagram, dan Youtube.

3. Situs Jejaring Sosial

Aplikasi yang mengizinkan penggunanya untuk dapat terhubung dengan informasi pribadi yang telah dibuat. Informasi pribadi tersebut berupa postingan foto atau video, contoh platform –nya adalah Facebook dan Instagram.

4. Blog dan Mikroblog

Aplikasi ini lebih dapat membuat pengguna bebas untuk mengekspresikan segala hal dalam sebuah blog yang berisi curahan hati (curhat) maupun sebuah kritikan. Contoh platform yang sering digunakan adalah Twitter dan Facebook.

5. Game World Virtual

Dunia permainan berbasis virtual memungkinkan setiap player untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi dalam bentuk avatar, selayaknya di dunia nyata. Contoh dari penerapannya adalah online game (daring).

6. Social World Virtual

Dunia sosial berbasis virtual juga banyak diminati dengan menggunakan perangkat VR (Virtual Reality) yang dipasangkan di areal mata manusia. Perbedaannya dengan game world virtual terletak pada tujuan pengembangannya yang lebih ditekankan pada penyesuaian dengan dunia nyata (real life). Salah satu contohnya adalah second life.

Rekomendasi jenis – jenis media sosial untuk bisnis

Tentu saja, media sosial tidak hanya digunakan untuk kegiatan komunikasi, blog, forum atau aktivitas yang lain. Namun, situs jejaring sosial juga dapat digunakan untuk kegiatan yang bersifat komersial, bisnis, dan dapat menghasilkan keuntungan di dalamnya. Dengan memanfaatkan medsos sebagai sarana komunikasi tanpa batas waktu dan ruang.

Berikut merupakan beberapa situs jejaring sosial yang paling sering digunakan untuk mendorong kinerja dan meningkatkan keuntungan bagi sebuah bisnis. Sehingga, untuk kedepannya, anda dapat memanfaatkan situs jejaring sosial dengan baik dan tepat.

     1. Facebook

Jenis media sosial yang pertama adalah Facebook. Situs jejaring sosial ini merupakan media yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Menurut sumber dari Wikipedia, pada tahun 2017 jumlah member dari Facebook telah mencapai 2.047.000.000 atau dua milyar empat puluh tujuh juta lebih pengguna. 

Facebook sendiri juga merupakan salah satu social media yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena fitur yang ditampilkan cukup mudah, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan platform Facebook. 

Jika anda mempunyai sebuah bisnis, anda dapat mencoba untuk memposting produk anda dalam situs jejaring sosial ini. Dengan cara tersebut, maka produk anda kemungkinan besar dapat diterima dan dikenal oleh konsumen global dan tidak hanya dari lokal saja.

Kemudian, juga terdapat fitur untuk menampung produk anda yang biasa disebut dengan platform marketplace. Anda tidak perlu repot atau bingung untuk membuat website online shop sendiri. Cukup daftarkan akun dan produk anda melalui marketplace yang disediakan Facebook, maka anda dapat melakukan transaksi jual beli online dengan lancar dan tersistem.

      2. Youtube

Ketika efek dari pandemi Covid – 19 masih melanda, aturan untuk menjaga jarak juga wajib untuk diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain – main dengan media sosial. 

Salah satunya adalah dengan menonton sebuah tayangan dalam Youtube. Youtube merupakan salah satu platform penyedia layanan streaming dan video secara online. Namun, anda juga dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa layanan anda.

Dengan membuat akun channel Youtube, anda akan mematuhi segala macam peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Youtube. Kemudian, anda mencoba untuk membuat channel sesuai dengan konten dari pekerjaan anda. 

Keuntungan dapat diperoleh dari hasil banyaknya trafik kunjungan dari penonton dan akan diakumulasikan melalui google adsense. Jadi social media Youtube juga dapat digunakan sebagai alat untuk monetisasi. Anda dapat menghasilkan uang dengan membuat konten yang menarik sesuai dengan jumlah trafik atau pengunjung yang datang ke channel tersebut.

youtube

© Unsplash

      3. Instagram

Saat ini, Instagram merupakan salah satu social media paling populer, terutama bagi pengguna internet di Indonesia. Dengan total pengguna aktif mencapai 61 juta orang. Dengan rata – rata usia yang aktif menggunakan platform ini adalah berada di rentang 18 – 24 tahun. 

Kelebihan dan fitur yang dimiliki oleh Instagram terletak pada Instagram story, feed, dan IG TV. Anda juga dapat memanfaatkan Instagram untuk kebutuhan bisnis seperti promosi produk, jasa atau layanan yang anda miliki. 

Selain itu, di dalam Instagram juga menyediakan berbagai fitur deteksi wajah atau filter yang menggunakan bantuan AR (Augmented Reality), sehingga dapat menghasilkan foto atau video yang menarik dan dapat dijadikan sebuah konten. 

Dan fitur yang paling penting untuk menunjang bisnis anda adalah Instagram ads. Dimana, anda dapat mempromosikan produk melalui layanan iklan yang tersedia. Sehingga, produk tersebut dapat menjangkau konsumen secara global dan luas.

      4. Linkedin

Selanjutnya, terdapat salah satu jenis jejaring sosial untuk menyampaikan informasi dan komunikasi seputar lowongan kerja terbaru dari berbagai perusahaan dan instansi terkait. Anda dapat memanfaatkan platform ini untuk mencari berbagai pekerjaan, serta meningkatkan brand anda agar dapat dilirik oleh perusahaan.

Selain itu, terdapat fitur untuk mengunggah portofolio, artikel atau proyek yang pernah anda tangani. Sehingga, dapat dijadikan sebuah nilai tambah untuk meyakinkan pihak perusahaan untuk merekrut anda.

linkedin

© Unsplash

      5. Twitter

Twitter juga termasuk ke dalam salah satu medsos yang paling sering digunakan di Indonesia dan dunia. Twitter terkenal dengan fitur thread -nya dimana anda dapat mem-posting berbagai hal untuk dilihat oleh teman, maupun user publik. 

Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan strategi pemasaran melalui platform ini. Misalnya saja, dengan melihat berita atau informasi yang sedang tren. Anda dapat mengulas hal tersebut dan dapat dijadikan sebuah bahan konten yang menarik untuk dibaca.

Selain itu, anda juga dapat memasarkan sekaligus mempromosikan produk dan jasa anda dengan memanfaatkan Twitter Ads. Dimana, anda dapat mengelola akun sesuai dengan kebutuhan bisnis yang anda jalankan.

      6. Whatsapp

Dan platform media sosial terakhir yang paling sering digunakan untuk membantu kebutuhan bisnis adalah Whatsapp. Aplikasi ini banyak ditemukan di berbagai perangkat mobile yang anda gunakan. Karena, memiliki berbagai kemudahan dan dapat menggantikan peran dari fitur pengirim pesan SMS yang dulu sering digunakan.

Di dalam Whatsapp sendiri, kita dapat membuat sebuah grup, melakukan video call, telepon, ataupun membuka media promosi. Karena, saat ini Whatsapp telah diakuisisi oleh Facebook, maka sangat mudah untuk anda membuat media promosi untuk produk anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur dari Whatsapp Business untuk mempermudah aktivitas bisnis anda dengan customer. 

Baca juga: 10+ Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online tanpa Modal

      7. Tik Tok

Tik Tok pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 yang dikembangkan oleh ByteDance, salah satu perusahaan di negeri tirai bambu, China. Tik Tok sendiri menawarkan layanan untuk dapat berbagi video dengan durasi penayangan yang terbilang cukup pendek.

Video tersebut akan menampilkan musik sebagai background yang dapat diedit dengan menggunakan filter khusus. Tik Tok sendiri tidak hanya digunakan untuk membuat video yang sifatnya personal, namun juga dapat berkolaborasi dengan teman untuk membuat konten yang menarik dan menghibur.

Dampak media sosial

Setelah mengetahui berbagai jenis media sosial yang sering digunakan untuk membantu kebutuhan bisnis, selanjutnya kita masuk pada penjelasan mengenai dampak media sosial bagi pengguna aplikasi. Berikut merupakan beberapa dampak yang ditimbulkan dalam pemakaian social media. 

  • Dampak Positif

Berikut merupakan dampak positif dari penggunaan medsos ditinjau dari segi bisnis.

         1. Meningkatkan keuntungan dari penjualan produk

Apabila anda sering mempromosikan produk anda melalui iklan atau postingan, maka berpeluang besar untuk mendapatkan trafik pengunjung untuk membeli dan menggunakan produk anda. Pastikan untuk selalu memberikan informasi produk sedetail mungkin untuk meningkatkan kepercayaan customer.

         2. Meningkatkan kredibilitas perusahaan atau organisasi

Selanjutnya, kredibilitas perusahaan dapat diukur dari seberapa besar dan banyaknya sebuah perusahaan memberikan layanan dan produk yang berkualitas dan dibutuhkan oleh customer. Dengan memanfaatkan media sosial, anda juga dapat menyusun profil perusahaan untuk membantu produk penjualan dan pemasaran barang atau jasa.

         3. Menjalin kerja sama bisnis secara luas

Semakin kredibilitas anda meningkat, semakin timbul banyaknya relasi dan jaringan yang terhubung secara cepat melalui aplikasi medsos. Kerja sama, umumnya akan dilakukan dengan diskusi antar founder perusahaan terkait. Anda dapat mencoba menggunakan fitur medsos untuk membantu kerja sama tersebut.

  • Dampak Negatif

Berikut adalah dampak negatif dari pemakaian aplikasi medsos untuk kepentingan bisnis.

         1. Memperkenalkan produk yang tidak sesuai (palsu)

Semakin mudah akses dan fitur yang disediakan, juga dapat menimbulkan resiko kejahatan yang besar pula. Setiap orang memiliki kesempatan untuk menawarkan dan memperkenalkan produk secara bebas melalui media sosial.

Yang perlu anda perhatikan adalah informasi produk tersebut apakah memang terbukti asli atau palsu. Anda juga dapat melihat hasil review dari konsumen yang lain. Selain itu, juga dapat memberikan feedback atau laporan kepada platform terkait dengan pemalsuan produk yang dilakukan salah satu brand atau penjual produk.

         2. Menyebarkan berita atau informasi hoax

Saat ini, semakin banyak informasi yang tersebar secara bebas dan cepat melalui internet. Berita atau artikel yang ditampilkan juga dapat mengandung unsur pembohongan publik apabila anda tidak mengecek atau memverifikasi keaslian konten tersebut. 

Pastikan untuk selalu mencari referensi sumber yang valid, serta tidak langsung menelan mentah – mentah informasi yang mencurigakan. Selanjutnya, anda juga dapat melaporkan pihak media yang menyebarkan isu hoax atau berita palsu kepada pihak yang berwenang. Karena sekarang di Indonesia, telah ada peraturan perundangan – undangan yang mengatur permasalahan tersebut, yaitu UU ITE.

         3. Menimbulkan persaingan yang tidak sehat

Semakin banyak produk yang berada di medsos, semakin besar pula persaingan yang terjadi antar kompetitor bisnis dan dapat menimbulkan persaingan yang tidak sehat pula. Hal tersebut berpotensi terjadi, karena setiap orang secara bebas dapat memberikan komentar dan dapat menimbulkan ujaran yang mengarah pada ancaman, serta pembohongan publik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pastikan anda membangun brand yang kuat terlebih dahulu, agar kepercayaan konsumen lebih besar pada produk bisnis anda. Gunakan juga media promosi yang tepat dan sesuai peraturan yang berlaku.

Manfaat dari penggunaan media sosial

Setelah mengetahui dampak media sosial, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai manfaat media sosial itu sendiri. Berikut merupakan beberapa penjelasan mengenai manfaat media sosial.

manfaat media sosial

© Unsplash

      1. Mendapatkan informasi secara aktual

Membagikan berbagai konten terbaru sangatlah mudah dilakukan saat ini. Karena, sekarang banyak sekali aplikasi social media yang dibuat untuk membantu proses pencarian berbagai sumber informasi dalam setiap bidang kehidupan. Informasi tersebut berasal dari berbagai daerah di seluruh penjuru dunia. 

      2. Mampu berkomunikasi secara real – time

Apakah anda sering menghabiskan waktu untuk melakukan percakapan dengan teman, saudara, dan yang lainnya dengan menggunakan platform media sosial? JIka benar, maka percakapan atau biasa disebut chatting merupakan bentuk komunikasi yang dapat dilakukan secara real – time (langsung).  

Manfaat utama dari medsos adalah untuk memutus jarak dan waktu dalam penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak lain. Sehingga, informasi tersebut dapat tersampaikan secara langsung, meskipun berbeda wilayah dan berjauhan.

      3. Meningkatkan brand awareness

Saat kemunculan anda di dalam media sosial, anda dapat lebih mudah untuk terhubung dengan pelanggan. Sebaliknya juga, pelanggan dapat terhubung dengan lebih mudah. Dengan adanya medsos juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada brand yang anda miliki. 

      4. Meningkatkan trafik dan peringkat pencarian

Semakin anda aktif dan rajin untuk mengupdate informasi dan konten terbaru pada situs jejaring sosial, maka akan memberikan efek yang sama untuk website anda, yaitu peningkatan trafik pengunjung.

Apabila anda mempromosikan artikel atau blog website melalui medsos, maka semakin besar untuk pengunjung membaca blog anda dari tautan yang telah anda kirim. Jadi, pastikan untuk selalu menyisipkan atau menambahkan fitur sharing pada artikel website.

Baca juga: Manfaat Website untuk Bisnis Anda di Era New Normal

      5. Membangun relasi dengan cepat dan luas 

Manfaat media sosial terakhir adalah mengembangkan jaringan atau relasi secara luas. Jika produk anda semakin dikenal oleh banyak orang, maka semakin tinggi juga trafik yang dapat anda peroleh. 

Membangun relasi sangatlah penting, karena bisnis akan mudah dan cepat berkembang karena terdapat sebuah jaringan yang luas, serta media promosi yang tepat sesuai dengan target pasar yang dituju. 

Kesimpulan

  • Media sosial adalah media daring (online) yang digunakan untuk proses interaksi, komunikasi, menyampaikan informasi tanpa batasan ruang dan waktu yang dapat dilakukan oleh setiap orang. 
  • Jenis – jenis media sosial yang sering digunakan untuk menunjang produktivitas bisnis adalah Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Youtube, dan Linkedin.
  • Penggunaan dari medsos sendiri dapat menimbulkan dampak positif dan negatif, anda harus dapat memilah kedua hal tersebut mulai sekarang. Sehingga, anda dapat memanfaatkan fitur dan kemudahan dalam aplikasi medsos sebaik mungkin dan menghindari perbuatan yang menimbulkan efek negatif untuk bisnis anda.

Bagi anda yang mengalami permasalahan dalam pengembangan produk aplikasi maupun instalasi teknologi terbaru, kami membuka jasa system integrator dan konsultan IT di Kota Malang. Anda dapat mengirimkan pesan email pada kontak Sekawan Media.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top