You are here:

Mengenal Apa itu Webinar Beserta Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
webinar adalah

Di era perkembangan zaman yang semakin cepat serta kebutuhan manusia yang serba instan, membuat banyak sekali pengembangan media dengan bantuan teknologi digital. Webinar adalah salah satu perkembangan media yang saat ini banyak digunakan oleh setiap orang untuk membantu dalam proses penyampaian informasi secara tepat dan cepat.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan pemaparan mengenai apa itu webinar, serta fungsi, jenis, hingga aplikasi webinar gratis yang paling sering digunakan sekarang. Dengan adanya webinar ini diharapkan mampu untuk membantu kegiatan dan aktivitas manusia untuk saling terhubung dan membagikan berbagai informasi secara lebih efisien.

Apa itu webinar

Sebelumnya apakah anda sudah mengenal apa itu webinar? Jika anda belum mengetahuinya, webinar adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui situs website. Webinar merupakan singkatan dari web seminar yang bertujuan untuk menghubungkan setiap user melalui situs web untuk melakukan kegiatan seminar yang dilakukan secara online.

Seminar akan dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet menggunakan berbagai media elektronik, seperti PC, laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Untuk tampilan yang biasa disajikan dalam sebuah seminar online biasanya dapat berupa media presentasi dalam bentuk power point.

Fungsi webinar

Setelah mengetahui pengertian dari web seminar, selanjutnya kami akan memberikan beberapa informasi berkaitan dengan fungsi dari webinar itu sendiri.

      1. Sebagai wadah atau tempat untuk mengumpulkan leads

Pemilihan topik menjadi sangat penting, dimana para penonton tentu ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang anda tawarkan. Fungsi pertama, leads yang akan didapatkan merupakan orang yang tertarik dengan seminar anda. Jadi web seminar ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengumpulkan orang yang memiliki kesamaan.

      2. Sebagai media promosi barang atau jasa paling efektif

Fungsi yang kedua, dengan adanya seminar online mampu untuk menampilkan informasi campaign produk atau jasa anda. Pastikan untuk memberikan materi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dari penonton. 

      3. Memiliki efektivitas dalam memperkenalkan keunggulan bisnis

Yang ketiga, berfungsi untuk menunjukan kelebihan dari produk atau jasa yang anda miliki. Dengan begitu, pengunjung akan lebih memahami setiap informasi dan kegunaan dari produk atau kampanye bisnis yang anda implementasikan.

      4. Dapat menampung feedback (umpan balik)

Fungsi yang terakhir, webinar juga mampu untuk menampung sebuah feedback. Dimana, anda harus selalu menyertakan umpan balik kepada penonton agar dapat memberikan testimoni secara langsung untuk kemajuan dari web seminar yang berikutnya. Serta, seminar online yang diadakan dapat berlangsung secara dua arah dan terkesan interaktif. .

Jenis webinar

Di tahun 2020, merupakan tahun dimana banyak orang yang beraktivitas secara online karena efek dari adanya pandemi Covid – 19 yang masih terjadi di berbagai negara di seluruh dunia. Webinar adalah salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan dalam melakukan aktivitas konvensional. 

Anda dapat terhubung dengan teman, atau orang lain hanya dengan mengakses sebuah aplikasi yang telah terhubung dengan internet. Setelah itu, anda dapat melakukan kegiatan seminar tanpa perlu untuk bertatap muka secara langsung dengan audiens atau pemateri seperti yang dilakukan saat seminar offline.

Seorang Wikipediawan, yang bernama Ivan Lanin pernah membagikan tweet mengenai dua istilah yang dapat diartikan sebagai webinar. Kedua istilah tersebut juga masih belum diketahui oleh sebagian besar orang.

  • Web broadcast

Yaitu berarti web siaran dan sangat berbeda dengan webinar. Perbedaan yang paling menonjol dari kedua istilah tersebut adalah dari sisi batas alokasi jumlah penonton atau pengguna. Dimana dengan web broadcast, seseorang dapat menghadiri ribuan atau lebih pengguna. Sedangkan webinar hanya sebatas puluhan atau ratusan pengguna saja. 

  • Web conference

Berarti sebuah telekonferensi yang berbeda dengan webinar. Pada umumnya, web seminar dilakukan dengan satu arah saja jika dilihat dari sisi komunikasi. Berbeda dengan web conference yang biasanya penonton dapat mengajukan pertanyaan kepada pemateri dan terjadi proses diskusi di dalamnya. 

Supaya anda tidak bingung, maka kami akan memberikan informasi terkait dengan jenis webinar yang sebenarnya.

      1. The lead-generation or sales webinar

Jenis webinar yang pertama, sering digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan jumlah leads. Pada umumnya, pihak pemasar akan meminta para peserta untuk mengisi data pada menu pendaftaran yang telah disediakan melalui situs maupun email. Selanjutnya, panitia akan membagikan link dan modul sebagai bahan untuk seminar yang akan dilakukan. 

Apabila kamu menjadi seorang pemasar, jangan hanya terpaku dengan mendapatkan leads yang banyak. Namun, anda juga harus memperhatikan kualitas dari materi seminar yang akan anda gunakan.

      2. The one-off for-profit webinar

Jenis yang kedua, merupakan webinar yang diselenggarakan untuk mencari keuntungan. Setiap peserta untuk mendaftarkan diri, harus melakukan proses pembayaran terlebih dahulu untuk dapat mengakses link seminar dan materi modul.

Namun, anda tidak perlu khawatir mengenai kualitas dari penyelenggaraan seminar yang dilakukan. Umumnya, seminar online yang berbayar juga mendatangkan pemateri yang profesional, dan sesuai dengan uang yang anda keluarkan. Jika anda menjadi pemasar, pastikan untuk menentukan nominal harga seminar yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan oleh pemateri.

      3. The multi-module webinar or webinar series

Jenis yang terakhir merupakan tipe webinar yang memiliki topik kompleks dan mendalam. Di dalam web seminar ini dilakukan lebih dari satu sesi atau episode. Dimana, topik yang akan dibahas akan dijelaskan secara lebih komprehensif. Anda berkesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada pemateri pada seri webinar berikutnya.

Manfaat dari webinar

Webinar online memiliki berbagai manfaat yang dapat diperoleh tidak hanya dari sisi pemasar saja. Namun pemateri dan peserta webinar online juga mendapatkan berbagai keuntungan di dalamnya.

      1. Manfaat bagi peserta

Apabila anda menjadi peserta webinar online, maka anda juga akan mendapatkan banyak ilmu tambahan dari berbagai sumber dan pemateri seminar. Jadi, webinar adalah sebuah wadah untuk menghubungkan anda dengan pemateri sesuai dengan ilmu yang ingin anda kuasai.

      2. Manfaat bagi pemasar

Bagi pemasar, webinar adalah salah satu media marketing paling efektif untuk dapat meningkatkan brand awareness. Semakin produk anda dikenal oleh pengunjung, maka juga akan meningkatkan kredibilitas dari bisnis atau produk anda.

      3. Manfaat bagi pemateri

Kemudian, bagi pemateri sendiri webinar adalah peluang untuk menambah jam terbang serta membagikan atau sharing pengalaman dan keahlian yang dimilikinya. Selain itu, pemateri juga dapat meningkatkan skill berkomunikasi atau public speaking di depan banyak peserta web seminar. 

Aplikasi webinar gratis

Setelah anda mengetahui beberapa hal mengenai fungsi, jenis, dan manfaat dari web seminar, selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai aplikasi webinar gratis yang dapat anda gunakan. Namun, kami lebih merekomendasikan untuk meng-upgrade ke versi yang pro untuk menikmati berbagai fitur tambahan yang membantu produktivitas kerja dan aktivitas anda. 

      1. Zoom

Zoom merupakan aplikasi video conference yang dibuat di negara China oleh miliarder, Eric Yuan pada tahun 2013. Fitur yang dimiliki sangat banyak dan dapat diakses secara gratis. Keuntungan dari pemakaian zoom sendiri adalah dapat menampung hingga 100 partisipan, serta mendukung kualitas suara dan gambar yang HD. 

      2. Google Meet

Google meet merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk membantu kegiatan online meeting. Google meet juga telah terintegrasi dengan G Suite. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan telah tersedia pada perangkat website, desktop, dan mobile.

      3. Platform Youtube Live

Saat ini, banyak orang yang menggunakan waktunya untuk mencari berbagai konten dan informasi menarik pada kanal video Youtube. Anda juga dapat memanfaat fitur yang disediakan untuk kebutuhan komunikasi dengan berbagai user, yaitu Youtube Live. Fitur ini sangat mudah digunakan, serta membutuhkan jaringan koneksi yang stabil.

      4. Facebook atau Instagram live

Media sosial juga dapat dijadikan sebagai media untuk melaksanakan online meeting. Dimana, terdapat fitur seperti Facebook live dan Instagram live. Kedua fitur tersebut tergolong ke dalam webinar gratis dan dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus. 

Baca juga: Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis

      5. WebinarJam

WebinarJam merupakan platform seminar online yang dikembangkan oleh sekelompok orang yang memiliki pengalaman dalam hal online marketing. Banyak sekali kemudahan yang dimiliki oleh aplikasi ini serta didukung dengan teknologi yang advanced. Anda dapat mencoba versi trial aplikasi atau beralih pada versi premium. 

Cara membuat web seminar yang efektif

Berikut ini merupakan beberapa tahap untuk menyusun seminar online yang tepat dan berkualitas. Anda dapat mencoba untuk menerapkan setiap langkah di bawah ini.

  • Menentukan topik dan tujuan dari web seminar

Pertama, anda harus menentukan topik dan tujuan dari pembuatan webinar terlebih dahulu. Pastikan untuk membahas topik yang sedang trending dan banyak dibahas akhir – akhir ini. Kemudian, anda juga harus melakukan riset mengenai target user yang akan anda sasar, supaya topik dan tujuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh user.

  • Memastikan seluruh fasilitas dan kebutuhan webinar terpenuhi

Kedua, webinar adalah metode penyampaian informasi yang efektif untuk saat ini. Pastikan, anda telah mempersiapkan segala fasilitas terkait teknis dan non teknis untuk mendukung kegiatan seminar online. Terutama dari sisi materi, jaringan internet, perangkat komputer, dan lain sebagainya.

  • Menentukan media yang akan digunakan

Berikutnya, anda juga harus menentukan media yang akan digunakan. Misalnya, anda menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, atau aplikasi webinar gratis yang lain. Pastikan untuk mempersiapkan media dengan baik, dan jika diperlukan, lakukan upgrade ke versi premium untuk memudahkan akses webinar online dengan lebih nyaman.

  • Menyiapkan strategi pemasaran

Webinar adalah strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand awareness produk anda. Pastikan untuk selalu mempersiapkan segala hal supaya pelanggan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa bisnis anda. 

Baca juga: 8 Strategi Pemasaran Produk Secara Online dan Efektif untuk Bisnis

  • Pastikan untuk mengadakan webinar tepat waktu

Konsumen akan nyaman apabila seminar yang diselenggarakan tepat pada waktunya dan sesuai jadwal yang ditentukan. Jika anda terlambat, maka dapat menyebabkan menurunnya awareness pada konsumen mengenai produk atau seminar anda.

  • Menyediakan sesi tanya jawab di penghujung acara

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk menyediakan sesi tanya jawab agar komunikasi dapat dilakukan secara dua arah. Sehingga, peserta lebih tertarik untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Dengan adanya sesi tanya jawab, mampu menciptakan komunikasi yang baik antara pemateri dengan peserta untuk berbagi informasi.

Kesimpulan

  • Webinar adalah media untuk memberikan informasi menggunakan internet pada situs website. Web seminar memiliki fungsi utama untuk memperkenalkan informasi produk kepada konsumen.
  • Fungsi dari web seminar adalah sebagai media promosi, tempat untuk mengumpulkan leads, menampung feedback, dan memiliki keunggulan dalam memperkenalkan keunggulan bisnis.
  • Banyak aplikasi webinar gratis yang dapat anda gunakan. Cara untuk membuat webinar online yang baik adalah dengan menentukan topik dan tujuan materi, mempersiapkan fasilitas, media, strategi marketing, dilakukan tepat waktu, serta menyediakan sesi tanya jawab atau QnA.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS di Malang. Kami mengembangkan produk mobile app custom sesuai dengan kebutuhan bisnis dan proyek anda. Anda tertarik? Silakan hubungi kami.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top