You are here:

Progressive Web App: Pengertian, Alasan, Cara Kerja, dan Komponen

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Progressive Web app

Progressive web app merupakan istilah yang cukup familiar bagi seorang pengembang website saat ini. Aktivitas website dipengaruhi dari banyak faktor, termasuk dengan tingkat kecepatan akses. Semakin cepat akses tentunya akan tinggi aktivitas website. Begitupun sebaliknya, kelambanan pada pengaksesan akan menjadikan pengguna meninggalkan website.

Dalam meningkatkan kecepatan akses memiliki banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satu solusinya adalah dengan progressive web app (PWA).  Mungkin istilah PWA ini jarang terdengar, namun pada artikel ini akan dibahas lebih mendalam mengenai PWA.

Pengertian progressive web app

Progressive Web App adalah teknik yang dilakukan untuk optimasi atau meningkatkan kecepatan website. Tidak hanya melakukan optimasi, namun juga memberi pengalaman terbaik untuk pengguna dalam mengakses sebuah aplikasi. Penerapan PWA memberikan kemudahan akses serta menghilangkan keterbatasan karena sumber atau resource terbatas.

PWA menjadikan akses mudah dengan akses online seperti penggunaan pada mobile di smartphone. Pada website yang menerapkan PWA tidak perlu membuat aplikasi mobile lagi. Hal ini dikarenakan PWA sudah mencakup pada aplikasi mobile. PWA terinspirasi pada website yang diterapkan pada smartphone atau tablet dengan kemudahan akses dan penggunaan browser pada platform smartphone.

Alasan penting penggunaan PWA pada website

Untuk memberikan tingkat akses yang tinggi serta meningkatkan aktivitas pada website, maka penggunaan progressive web app harus diterapkan dengan beberapa alasan seperti

1. Meningkatkan trafik dan aktivitas pada website

Kecepatan website berpengaruh pada pembacaan mesin pencarian terhadap keberadaan website. Dengan penerapan PWA akan memberikan tingkat akses yang tinggi sehingga memudahkan dalam proses pembacaan mesin pencarian.

2. Memberikan kemudahan pengguna

Menyajikan kemudahan pengguna untuk mengakses website, sehingga pengguna tidak memerlukan waktu lama dalam mengakses.

3. Peningkatan engagement

Meningkatkan keterlibatan pada website yang berpengaruh pada promosi atau peringkat website pada mesin pencarian.

Cara kerja pada progressive web app adalah seperti aplikasi pada umumnya, aplikasi yang menerapkan PWA lebih cepat dalam akses serta nyaman digunakan oleh pengguna. Melakukan penerapannya tidak perlu menginstall aplikasi mobile terlebih dahulu sehingga hanya membutuhkan sedikit tempat penyimpanan.

Progressive web app memiliki banyak keuntungan dalam penerapannya di dalam sebuah website, mempersingkat loading web dan tentunya akan meningkatkan performa dari website tersebut. Alasan-alasan tersebut menjadi hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan PWA pada website.

Cara kerja progressive web app

Kerja PWA melibatkan service worker serta developer tool lainnya, saat pengguna membuka web maka maka membutuhkan service worker untuk disambungkan pada web. Service worker yang belum ada, didaftarkan terlebih dahulu kemudian dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsinya. Pendaftaran service worker dilakukan secara otomatis. Setelah terpasang, maka ditambahkan konten app shell yang dimasukan ke cache, app shell ini berisi sumber-sumber yang digunakan sebagai proses untuk melakukan interaksi secara offline.

Proses kerja pada PWA selalu dilakukan secara otomatis, namun proses ini juga dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan proses-proses diatas. Tentunya dalam melakukan penerapan PWA akan memudahkan tampilan website seperti pada aplikasi sebuah smartphone. Sama dengan web app dan aplikasi mobile, PWA juga memiliki karakteristik tersendiri, karakteristik tersebut diantaranya adalah

  • Pembuatan dilakukan dengan browser 
  • Mampu bekerja dalam mode offline
  • Proses update dilakukan secara otomatis
  • Biaya development murah
  • Tampilan UX (User Experience) lebih beragam

Baca Juga: 11 Bahasa Pemrograman Web Terbaik untuk Pemula

Komponen-komponen PWA

Dalam melakukan kerjanya, progressive web app memiliki komponen-komponen pendukung kerjanya, komponen ini menjadi pendukung atas berjalannya proses PWA. komponen tersebut antara lain adalah:

  • Service worker
    Komponen ini merupakan skrip pada web browser yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman dengan Javascript. Pada service worker dapat memberi manfaat berupa menampilkan resource sehingga dapat melakukan pengaksesan secara offline.
  • Cache
    Cache menjadi tempat resource untuk memberikan tampilan pada saat menggunakan metode offline. Penampilan resource pada cache melalui service worker agar bisa ditampilkan dalam keadaan offline.
  • Progressive Enhancement
    Pada komponen ini memberikan pendekatan terhadap pengembangan web yang dimulai dengan fitur-fitur umum pada web browser. 
  • PWA Architecture style
    Pendekatan komponen ini berpengaruh pada performa dari website, yang mempengaruhi terhadap back end dari website tersebut.
  • Push Notification
    Memberikan fitur kemunculan pop up berupa notifikasi atau pemberitahuan pada website yang akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna bahwa terdapat pemberitahuan terhadap website tersebut.

Kelebihan PWA

Penerapan progressive web app memiliki banyak kelebihan yang tentunya akan membantu website dalam meningkatkan performa yang dimiliki. Kelebihan-kelebihan dari PWA tersebut antara lain adalah:

1. Menghemat biaya

Biaya yang dibutuhkan untuk melakukan proses penerapan PWA tidak membutuhkan biaya besar. Hal ini karena dengan penerapan PWA pada aplikasi sudah termasuk dengan metode progresif yang akan memberikan kemudahan pada aplikasi lainnya. Dapat disimpulkan dalam sekali menerapkan atau menginstall satu aplikasi, aplikasi lainnya dapat bekerja. 

2. Instalasi cepat


Pemasangan PMW cepat dilakukan serta tidak membutuhkan waktu lama yang akan memperlambat proses akses. Pemasangan dilakukan dengan hanya menginstal PWA

3. Kemudahan penggunaan di berbagai perangkat


Dalam melakukan penginstalan dapat dipasang di berbagai jenis sistem operasi seperti android, iOS, ataupun windows. Dalam hal ini Progressive Web App dapat digunakan pada PC, ponsel, ataupun tablet.

4. Terupdate otomatis


Dalam hal ini update dilakukan secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu ribet melakukan update secara manual, sehingga pengguna dapat menikmati dan menggunakan aplikasi versi terbaru secara berkala.

5. Tidak memakan banyak penyimpanan

Ukuran progressive web app lebih kecil daripada dengan aplikasi android lainnya, sehingga dalam melakukan penginstalan tidak menghabiskan banyak memori.

6. Mampu berjalan tanpa internet


Kemudahan penggunaan PWA adalah akses yang dapat dilakukan tanpa penggunaan internet. Apabila koneksi terputus maka file yang sudah dilihat tersimpan di cache dan masih tetap dilihat.

Baca Juga: Pentingnya Desain UI/UX dalam Mengembangkan Aplikasi Berbasis Mobile

Kekurangan PWA

Meskipun memiliki banyak kelebihan, penerapan PWA tidak jauh dari kekurangan. Kekurangan yang dimiliki dari PWA sendiri ialah banyaknya pengguna yang belum memahami mengenai pemakaian PWA pada smartphone mereka, penggunaan PWA tidak seperti aplikasi lainnya dengan mengunduh melalui play store atau app store sehingga pengguna akan kebingungan dalam mencari aplikasi Progressive web app. 

Untuk mengetahui penerapan aplikasi PWA pada aplikasi memiliki sedikit kesulitan bagi pengguna awam yang belum begitu familiar dengan aplikasi ini. Pada PWA masih banyak fitur-fitur yang masih belum bisa digunakan atau native fitur, sehingga tidak bisa memaksimalkan semua fitur yang ada. 

Kekurangan yang lain dari progressive web app adalah penggunaan yang belum mampu diterapkan pada semua web browser. Penerapan web browser yang terbatas pada browser yang akan membatasi penggunaan aplikasi ini.

Kesimpulan

  • Progressive web app adalah aplikasi mobile yang digunakan sebagai pembantu memudahkan akses secara mobile.
  • PWA memiliki banyak kemudahan serta kelebihan dalam penggunaannya.
  • Penggunaan PWA pada website meningkatkan kecepatan akses dan meningkatkan keberadaan website.
  • Penerapan PWA harus tepat agar memaksimalkan hasil yang optimal.

Kami membuka jasa pembuatan aplikasi mobile profesional. Cek penawaran terbaru kami untuk mengetahui informasi terbaru seputar lowongan kerja di Sekawan Media.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top