Menu Close

Mengenal Apa Itu Social Media Marketing?

Table of Contents
Table of Contents

Social media marketing adalah salah satu bidang dan strategi pemasaran yang ramai digunakan saat ini. Singkatnya, social media marketing adalah teknik pemasaran yang mempromosikan bisnis menggunakan jejaring sosial sebagai platform.

social media marketing adalah
Strategi Marketing © Unsplash

Banyak hal yang perlu diketahui mengenai dasar-dasar social media marketing, terutama bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Simak terus artikel ini untuk mengupas tuntas mengenai social media marketing.

Apa Itu Social Media Marketing?

Social Media Marketing adalah proses pemasaran bisnis, layanan, atau produk Anda melalui jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Sederhananya, Social Media Marketing adalah proses membuat konten dan membagikannya melalui media sosial untuk menghasilkan interaksi antara bisnis Anda dan target audiens. SMM merupakan salah satu upaya untuk memasarkan suatu produk melalui berbagai media sosial, baik secara organik, berbayar (iklan), atau berbagai strategi jaringan.

Apa Tujuan Social Media Marketing?

Tujuan dari social media marketing adalah untuk membangun hubungan antara bisnis Anda dan para audiens melalui konten interaktif (keterlibatan). Semakin tinggi keterlibatan konten Anda di media sosial, semakin besar kemungkinan orang untuk membagikannya.

Media sosial sekarang mendominasi internet dengan 4,2 miliar pengguna di seluruh dunia. Maka tidak heran jika Anda ingin menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran.

social media marketing adalah
Social Media © Unsplash

Apa Manfaat Social Media Marketing Untuk Bisnis Anda?

92,5% orang Indonesia yang memiliki akses internet menggunakan media sosial. Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa media sosial memiliki jangkauan demografi yang sangat besar. Dengan merancang strategi pemasaran media sosial yang baik, bisnis Anda dapat menjangkau audiens yang berbeda dengan lebih mudah dan efisien.Selain meningkatkan efisiensi pemasaran, pemasaran media sosial memiliki beberapa manfaat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Brand Awareness Akan Meningkat

Mempresentasikan bisnis Anda kepada target audiens tentu saja menjadi tujuan utama dari setiap upaya pemasaran, social media marketing tidak terkecuali. Dibandingkan dengan metode periklanan tradisional, media sosial menawarkan cara yang lebih mudah dan cepat untuk menjangkau lebih banyak orang.

Ini berarti Anda dapat menggunakan pemasaran media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang tanpa menghabiskan uang dan waktu untuk menyewa iklan dan papan iklan Log Street TV. Semakin banyak orang melihat konten Anda di media sosial, semakin banyak brand awareness yang dimiliki bisnis Anda.

Sebagai contoh, Grab memiliki akun untuk seluruh social media populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok dengan menggunakan logo yang sama untuk memperkuat brand awareness perusahaan. Dengan demikian, maka seluruh masyarakat akan dapat mengenali akun resmi Grab berdasarkan logo dan skema warna hijau-putih yang digunakan.

social media marketing adalah
Grab © Unsplash

2. Memicu Perbincangan Tentang Bisnis Anda

Strategi social media marketing yang kuat bisa menciptakan perbincangan seputar bisnis, produk, atau brand Anda di internet. Pada umumnya, produk yang cukup populer akan secara otomatis dibicarakan oleh masyarakat. Namun, ada juga beberapa brand yang secara sengaja membuat campaign viral guna meningkatkan visibilitas produk mereka.

3. Peluang Social Listening

Social listening merupakan upaya untuk memantau percakapan topikal dalam konteks sosial. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mempelajari apa yang sedang dibahas dan dianggap penting oleh kelompok target Anda.Social listening memungkinkan Anda menemukan masalah yang dihadapi audiens Anda dan membuat konten yang terkait dengan pemecahan masalah tersebut.

4. Meningkatkan traffic yang mengarah ke website Anda

Salah satu manfaat terbesar dari social media marketing adalah meningkatkan traffic ke situs web bisnis Anda. Jika bisnis Anda menjual produk melalui situs web atau toko online, Anda dapat menggunakan SMM untuk mengarahkan traffic ke situs web tersebut dan meningkatkan peluang Anda untuk berbisnis.

5. Meningkatkan Kualitas dari Customer Service

Menurut survei Microsoft, 96% orang di seluruh dunia percaya bahwa layanan pelanggan merupakan faktor penting dalam menentukan loyalitas mereka kepada perusahaan/merek. Survei yang sama menemukan bahwa sekitar 30% orang telah menggunakan media sosial untuk mengeluh tentang merek. Oleh karena itu, media sosial dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Apa Saja Platform Terupdate untuk Social Media Marketing?

1. Instagram

platform social media marketing
Instagram © Unsplash

Instagram adalah media sosial visual. Untuk menarik perhatian pengguna Instagram, Anda perlu membuat konten dengan visual yang menarik dan eye-catching. Dalam konteks social media marketing, Instagram merupakan media yang baik untuk bentuk visual iklan seperti foto katalog dan video film.

Namun, Instagram juga memiliki berbagai fitur engagement yang bisa Anda gunakan, seperti: B. Polling dan pertanyaan yang dapat digunakan dalam cerita. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan fitur IG Shopping yang membantu Anda memasukkan detail produk di postingan Anda.

2. Facebook

Saat ini, Facebook adalah social media dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Tak heran jika semakin banyak perusahaan memilih untuk memasarkan bisnis mereka disini. Facebook menawarkan fitur-fitur lengkap bagi bisnis seperti Facebook Ads, Facebook Page, dan bahkan fitur monetisasi untuk konten video layaknya YouTube.

Baca juga: Mengenal Program Affiliate Marketing, Teknik Marketing Dengan Biaya Kecil

3. TikTok

social media platform
TikTok © Unsplash

Pendatang baru dalam dunia media sosial dan video sharing platform, TikTok telah diminati oleh lebih dari 732 juta orang di seluruh dunia. Meskipun TikTok belum memiliki fitur-fitur selengkap platform lain di daftar ini, perkembangan aplikasi ini cukup menjanjikan untuk dijadikan media dalam proses pemasaran. TikTok telah menawarkan fitur seperti pemasangan iklan dan shoppable video yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk secara langsung.

Metode kolaborasi seperti endorsement dan rekomendasi produk juga dapat dijadikan sebagai cara efektif untuk mempromosikan produk, apalagi saat ini banyak sekali content creator di TikTok yang sedang berkembang.

Strategi Membentuk Social Media Marketing

1. Bentuk Profil Audiens yang Sesuai

Langkah pertama dalam mengembangkan strategi social media marketing yang baik adalah menentukan profil audiens Anda. Idealnya, Anda harus membuat profil audiens yang disesuaikan dengan target pembeli Anda. Profil audiens bervariasi secara detail, tetapi informasi dasar yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi audiens mencakup kelompok usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan minat. Dengan mengetahui profil audiens Anda, Anda dapat menyimpulkan preferensi konten mereka.

2. Pilih Platform yang Sesuai

Untuk memilih platform yang sesuai, Anda harus melakukan pengamatan terlebih dahulu mengenai target pasar beserta media sosial mana yang sering digunakan oleh target pasar Anda. Dengan begitu, Anda akan tau media sosial mana yang tepat untuk strategi pemasaran.

3. Ikuti Trend Saat Membuat Konten

Setelah Anda memahami platform yang akan Anda gunakan, buat konten yang sesuai dengan selera audiens Anda. Jika mayoritas, menggunakan Instagram, bisa dipastikan mereka lebih menyukai konten visual seperti foto, infografis, dan video pendek. Pastikan konten yang Anda buat adalah konten yang mengikuti apa-apa saja yang sedang trending atau banyak dibicarakan.

Baca juga: Pengertian Storyboard dan Cara Membuatnya untuk Video Marketing

Setelah mengetahui tentang social media marketing, contoh, dan tips untuk social media marketing di atas, apakah Anda sudah siap untuk mulai mencoba?

Selain menyajikan artikel yang informatif, Sekawan Media juga menyediakan jasa pembuatan website bagi Anda yang ingin memiliki website profesional untuk bisnis Anda. 

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: