
Banyak hal yang perlu diketahui mengenai dasar-dasar social media marketing, terutama bagi orang yang berkecimpung di dunia bisnis. Simak terus artikel ini untuk mengupas tuntas mengenai social media marketing.
Apa Itu Social Media Marketing
Social Media Marketing adalah proses pemasaran bisnis, layanan, atau produk Anda melalui jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Sederhananya, Social Media Marketing adalah proses membuat konten dan membagikannya melalui media sosial untuk menghasilkan interaksi antara bisnis Anda dan target audiens. SMM merupakan salah satu upaya untuk memasarkan suatu produk melalui berbagai media sosial, baik secara organik, berbayar (iklan), atau berbagai strategi jaringan.
Tujuan Social Media Marketing
Tujuan dari social media marketing adalah untuk membangun hubungan antara bisnis Anda dan para audiens melalui konten interaktif (keterlibatan). Semakin tinggi keterlibatan konten Anda di media sosial, semakin besar kemungkinan orang untuk membagikannya.
Media sosial sekarang mendominasi internet dengan 4,2 miliar pengguna di seluruh dunia. Maka tidak heran jika Anda ingin menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran.

Manfaat Social Media Marketing Untuk Bisnis
92,5% orang Indonesia yang memiliki akses internet menggunakan media sosial. Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa media sosial memiliki jangkauan demografi yang sangat besar. Dengan merancang strategi pemasaran media sosial yang baik, bisnis Anda dapat menjangkau audiens yang berbeda dengan lebih mudah dan efisien.Selain meningkatkan efisiensi pemasaran, pemasaran media sosial memiliki beberapa manfaat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:
1. Brand Awareness Akan Meningkat
Mempresentasikan bisnis Anda kepada target audiens tentu saja menjadi tujuan utama dari setiap upaya pemasaran, social media marketing tidak terkecuali. Dibandingkan dengan metode periklanan tradisional, media sosial menawarkan cara yang lebih mudah dan cepat untuk menjangkau lebih banyak orang.
Ini berarti Anda dapat menggunakan pemasaran media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang tanpa menghabiskan uang dan waktu untuk menyewa iklan dan papan iklan Log Street TV. Semakin banyak orang melihat konten Anda di media sosial, semakin banyak brand awareness yang dimiliki bisnis Anda.
Sebagai contoh, Grab memiliki akun untuk seluruh social media populer seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok dengan menggunakan logo yang sama untuk memperkuat brand awareness perusahaan. Dengan demikian, maka seluruh masyarakat akan dapat mengenali akun resmi Grab berdasarkan logo dan skema warna hijau-putih yang digunakan.

2. Memicu Perbincangan Tentang Bisnis Anda
Strategi social media marketing yang kuat bisa menciptakan perbincangan seputar bisnis, produk, atau brand Anda di internet. Pada umumnya, produk yang cukup populer akan secara otomatis dibicarakan oleh masyarakat. Namun, ada juga beberapa brand yang secara sengaja membuat campaign viral guna meningkatkan visibilitas produk mereka.
3. Peluang Social Listening
Social listening merupakan upaya untuk memantau percakapan topikal dalam konteks sosial. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mempelajari apa yang sedang dibahas dan dianggap penting oleh kelompok target Anda.Social listening memungkinkan Anda menemukan masalah yang dihadapi audiens Anda dan membuat konten yang terkait dengan pemecahan masalah tersebut.
4. Meningkatkan traffic yang mengarah ke website Anda
Salah satu manfaat terbesar dari social media marketing adalah meningkatkan traffic ke situs web bisnis Anda. Jika bisnis Anda menjual produk melalui situs web atau toko online, Anda dapat menggunakan SMM untuk mengarahkan traffic ke situs web tersebut dan meningkatkan peluang Anda untuk berbisnis.
5. Meningkatkan Kualitas dari Customer Service
Menurut survei Microsoft, 96% orang di seluruh dunia percaya bahwa layanan pelanggan merupakan faktor penting dalam menentukan loyalitas mereka kepada perusahaan/merek. Survei yang sama menemukan bahwa sekitar 30% orang telah menggunakan media sosial untuk mengeluh tentang merek. Oleh karena itu, media sosial dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Baca Juga:
Mengenal Program Affiliate Marketing, Teknik Marketing Dengan Biaya Kecil
Platform Terupdate untuk Social Media Marketing
1. Instagram

Instagram adalah media sosial visual. Untuk menarik perhatian pengguna Instagram, Anda perlu membuat konten dengan visual yang menarik dan eye-catching. Dalam konteks social media marketing, Instagram merupakan media yang baik untuk bentuk visual iklan seperti foto katalog dan video film.
Namun, Instagram juga memiliki berbagai fitur engagement yang bisa Anda gunakan, seperti: B. Polling dan pertanyaan yang dapat digunakan dalam cerita. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan fitur IG Shopping yang membantu Anda memasukkan detail produk di postingan Anda.
2. Facebook
Saat ini, Facebook adalah social media dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Tak heran jika semakin banyak perusahaan memilih untuk memasarkan bisnis mereka disini. Facebook menawarkan fitur-fitur lengkap bagi bisnis seperti Facebook Ads, Facebook Page, dan bahkan fitur monetisasi untuk konten video layaknya YouTube.
3. TikTok

Pendatang baru dalam dunia media sosial dan video sharing platform, TikTok telah diminati oleh lebih dari 732 juta orang di seluruh dunia. Meskipun TikTok belum memiliki fitur-fitur selengkap platform lain di daftar ini, perkembangan aplikasi ini cukup menjanjikan untuk dijadikan media dalam proses pemasaran. TikTok telah menawarkan fitur seperti pemasangan iklan dan shoppable video yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk secara langsung.
Metode kolaborasi seperti endorsement dan rekomendasi produk juga dapat dijadikan sebagai cara efektif untuk mempromosikan produk, apalagi saat ini banyak sekali content creator di TikTok yang sedang berkembang.
Strategi Membentuk Social Media Marketing
1. Menentukan Tujuan
Menentukan tujuan yang spesifik dan terukur untuk campaign media sosial Anda. Apakah untuk brand awareness, consideration, atau convertion? Dengan menetapkan tujuan yang jelas, Anda dapat merencanakan strategi yang sesuai dan mengukur keberhasilan campaign Anda..
2. Menentukan Target Audience
Melakukan riset dan pemahaman mendalam tentang audiens target Anda. Identifikasi karakteristik demografis, minat, preferensi, dan perilaku online dari target audience. Informasi ini akan membantu Anda membuat konten yang relevan dan menarik bagi audiens Anda.
3. Memilih Platform yang Tepat
Untuk memilih platform yang sesuai, Anda harus melakukan pengamatan terlebih dahulu mengenai target pasar beserta media sosial mana yang sering digunakan oleh target pasar Anda. Dengan begitu, Anda akan tau media sosial mana yang tepat untuk strategi pemasaran.
4. Menentukan Jenis Konten yang Akan Dibuat
Strategi selanjutnya adalah menentukan jenis konten yang akan dibuat. Konten yang dibuat harus sesuai dengan target audience, bermanfaat, dan tentunya menarik. Berikan informasi yang bernilai, cerita yang menarik, dan kreativitas yang tinggi. Gunakan berbagai format konten seperti gambar, video, infografis, atau artikel blog untuk mempertahankan minat dan keterlibatan pengguna.
5. Memposting Konten Secara Konsisten
Untuk mendapatkan engagement yang banyak, salah satu strateginya adalah dengan memposting konten secara konsisten. Buat jadwal posting yang teratur dan sesuai dengan preferensi dan kebiasaan audiens Anda. Hal ini akan membantu membangun awareness dan meningkatkan keterlibatan pengguna.
6. Analisis Social Media
Untuk mengukur growth audience dan analisis social media menggunakan tools seperti Google Analytics atau bawaan dari platform sosial media untuk melacak dan menganalisis kinerja social media campaign Anda. Metrik yang perlu dianalisa seperti jumlah pengikut, keterlibatan, klik, konversi, dan ROI. Analisis data akan membantu Anda memahami apa yang berhasil dan memperbaiki strategi Anda di masa mendatang.
Baca Juga: Seputar Tagline: Definisi, Jenis, Contoh, dan 10+ Tips Membuatnya
Tools Pendukung Social Media Marketing
1. Hootsuite
Platform manajemen media sosial untuk mengelola, mengatur, dan mempublikasikan konten di berbagai platform sosial media dari satu tempat. Anda dapat menjadwalkan posting, memonitor kinerja untuk campaign, dan berinteraksi dengan audiens.
2. SEMrush
SEMrush adalah tool yang umumnya digunakan oleh tim SEO untuk mencari keyword, memantau keyword dari kompetitor, menemukan peluang backlink, menghitung pay-per-click (PPC), melakukan audit SEO website, menganalisis campaign media sosial, serta melaksanakan marketing campaign dan lainnya.
3. Google Trends
Google Trends adalah tools yang menyediakan berbagai kata kunci dari konten yang saat ini sedang populer dan viral. Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat menyesuaikan konten Anda dengan kata kunci yang sedang tren, sehingga dapat menarik perhatian pengguna.
4. Google Analytics
Google Analytics adalah sebuah platform yang digunakan untuk memonitor kinerja sosial media Anda di berbagai platform. Dengan Google Analytics, Anda dapat melihat data pengunjung dan jumlah pengunjung di setiap halaman media sosial atau platform Anda.
5. Canva
Tools desain grafis yang digunakan untuk membuat desain konten untuk diposting di media sosial. Canva menyediakan berbagai template yang dapat disesuaikan, elemen desain, dan font sehingga Anda dapat membuat konten yang menarik dengan mudah.
6. Buffer
Tools yang membantu dalam menjadwalkan waktu posting dan mengelola konten di berbagai platform sosial media. Buffer juga menyediakan analitik dan tracker yang membantu Anda memahami kinerja postingan dan growth audiens.
7. BuzzSumo
Tools yang digunakan untuk memantau konten yang populer di media sosial dan mencari influencer yang relevan dalam industri Anda. Dengan BuzzSumo, Anda dapat mengidentifikasi tren, melihat kinerja konten kompetitor, dan menemukan peluang kolaborasi dengan influencer.
8. Sprout Social
Platform manajemen media sosial yang mencakup fitur-fitur seperti jadwal posting, social media analytics, manajemen tim, dan pemantauan kata kunci. Sprout Social membantu Anda mengelola dan menganalisis social media campaign dengan lebih efisien.
Setelah mengetahui tentang social media marketing, contoh, dan tips untuk social media marketing di atas, apakah Anda sudah siap untuk mulai mencoba?
Selain menyajikan artikel yang informatif, Sekawan Media juga menyediakan jasa pembuatan website bagi Anda yang ingin memiliki website profesional untuk bisnis Anda.