Menu Close

Tips Menangkan Giveaway Tanpa Tertipu

Table of Contents
Table of Contents

Trend giveaway kini sedang banyak dijumpai di berbagai platform hingga media sosial. Praktik giveaway dimanfaatkan menjadi ajang promosi produk yang dilakukan oleh penjual. Adanya giveaway membuat produk yang dijual dikenal luas oleh masyarakat. Giveaway menjadi sebuah strategi marketing yang dikemas dalam bentuk kompetisi. Trend giveaway ini mulai terjadi sejak tahun 2020-an.

Sejak saat itu banyak sekali orang yang menyelenggarakan giveaway. Mulai dari giveaway berhadiah uang tunai hingga motor keluaran terbaru.Pada kompetisi tentunya ada pihak yang berhasil memenangkan dan pihak yang kalah. Bagi pemenang tentu saja mereka akan mendapatkan hadiah yang dijanjikan sedangkan yang kalah tidak akan mendapatkan apapun.

Sejak awal dalam pengadaan giveaway telah disampaikan bahwa tidak ada unsur paksaan. Seluruh persyaratan ditentukan oleh penyelenggara. Sedangkan peserta hanya perlu mengikuti seluruh persyaratan yang tertentu.

Giveaway dan Hadiah Sama Gak Sih?

         Namun apakah sebenarnya giveaway ini sama dengan hadiah? Faktanya giveaway dengan hadiah jauh berbeda. Hadiah akan diberikan begitu saja kepada kita tanpa adanya tuntutan apapun dari pemberi. Sedangkan giveaway untuk mendapatkannya diharuskan berusaha terlebih dahulu dan memenuhi persyaratan yang tertera. Giveaway adalah sebuah kegiatan membagikan hadiah dengan persyaratan tertentu dengan tujuan sebagai strategi pemasaran dalam penjualan.

Pada umumnya giveaway diselenggarakan oleh online shop ataupun para selebgram. Sebut saja Arif Muhammad yang sering menyelenggarakan giveaway dengan istilah ikoy-ikoy. Selebgram dengan jumlah pengikut lebih dari 2 juta ini seringkali membagikan giveaway kepada para pengikutnya. Mulai dari giveaway uang tunai hingga vespa keluaran terbaru. Hal ini membuat namanya menjadi trending karena menjadi perbincangan masyarakat. Jumlah peserta giveawaynya mencapai ratusan hingga ribuan.

         Trend giveaway ini membuat masyarakat berbondong-bondong untuk mengikuti trend tersebut. Selain syaratnya yang mudah, hadiah yang dijanjikan juga sangatlah menarik. Akibat fenomena ini muncullah para pemburu giveaway yang mana mereka akan aktif mencari acara giveaway. Setelah itu mereka akan mengikutinya. Namun, tentu saja dalam giveaway ini hanya beberapa orang terpilih saja yang dapat memenangkan hadiah. 

Cara Menang Giveaway

1. Pahami ketentuannya

         Penyelenggara giveaway pastinya memiliki persyaratan tertentu untuk memenangkan giveaway. Sebelum memutuskan untuk ikut serta dalam giveaway pastikan anda memahami persyaratan ketentuannya dengan baik. Terdapat banyak sekali giveaway yang diadakan namun tidak semua giveaway memiliki persyaratan yang sama. Untuk itu, perlu dibaca dan dipahami dengan cermat apa saja ketentuan untuk memenangkan giveaway.

2. Repost postingan dan tandai akun penyelenggara

         Terdapat beberapa penyelenggara yang tidak memberikan syarat me-repost postingan mereka. Namun, dengan me-repost postingan bisa menambah peluang anda untuk memenangkan giveaway. Pihak giveaway pastinya akan merasa senang jika anda me-repost postingannya ke instastory. Jangan lupa untuk menandai akun penyelenggara giveaway.

3. Tandai akun aktif

         Salah satu persyaratan giveaway adalah menandai akun teman, cobalah untuk menandai akun teman yang aktif. Sebab, banyak sekali peserta yang gagal memenangkan giveaway karena menandai akun yang tidak aktif. Meski nantinya teman anda akan turut mengikuti giveaway tersebut, tetapi hal tersebut bukan berarti anda menambah saingan. Bisa saja teman anda akan menandai akun anda sehingga terjadilah timbal balik yang membuat penyelenggara merasa senang.

4. Tulis caption sekreatif mungkin

         Ketika menulis caption usahakan untuk membuat caption sekreatif mungkin dan hindarilah typo. Cobalah untuk menulis di tempat terpisah untuk meminimalisir terjadinya typo. Setelah itu, baca dan teliti sekali lagi lalu unggah.

5. Pantang menyerah

         Jangan pernah menyerah saat mengikuti giveaway. Jika anda ingin mendapatkan sesuatu tentu saja kegagalan bukanlah penghalang untuk menang. Cobalah bersabar dan ikuti lagi lomba giveaway yang ada. Perlu diperhatikan lagi apa yang membuat anda gagal dalam memenangkan giveaway setelah itu perbaiki lagi.

Ciri Penipuan Giveaway

scam 2
Penipuan © Unsplash

         Sayangnya trend ini seringkali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungannya sendiri. Untuk itu kenali terlebih dahulu pihak penyelenggara giveaway tersebut. Kenali ciri-ciri penipuan giveaway di bawah ini:

  • Akun tampak mencurigakan

         Berhati-hatilah terhadap akun yang tampak mencurigakan. Biasanya penipu akan beraksi di media sosial seperti instagram, twitter hingga facebook. Terlebih, interaksi pada akun tersebut akan sangat sedikit meskipun jumlah suka dan pengikutnya banyak. Bisa jadi mereka membeli pengikut dan suka. Oleh karena itu, jumlah pengikut yang banyak tidak menjamin akun tersebut terpercaya. Perlu dicek dengan teliti pengikut akun tersebut apakah akun aktif atau bukan, memeriksa frekuensi postingan, kualitas konten yang diunggah dan hal lainnya.

Baca Juga: Mengenal Praktik Phising dan Tips Jitu untuk Menghindarinya

  • Komentar dinonaktifkan

         Ciri-ciri penipuan giveaway berikutnya yakni terlihat dari kolom komentar di setiap unggahan akun. Jika pada tiap unggahan banyak dijumpai komentar yang positif dapat dipastikan jika akun tersebu terpercaya. Sebaliknya, jika kolom komentar dipenuhi komentar buruk atau bahkan dinonakifkan maka tidak menutup kemungkinan bahwa akun tersebut merupakan akun penipuan. Tetaplah waspada agar tidak menjadi korban mereka.

  • Terdapat testimoni palsu

         Mirisnya, tak sedikit akun yang didukung dengan testimoni palsu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat calon peserta giveaway. Berbeda dengan testimoni pada umumnya, testimoni yang terdapat pada akun penipuan ini terkesan berlebihan dan menggunakan bahasa yang hiperbola. Perlu dicek lagi akun-akun yang memberikan testimoni palsu tersebut. Bisa saja akun tersebut palsu dan sengaja dibuat oleh penipu demi mengecoh korban.

  • Syarat yang mudah

         Jika giveaway yang diadakan memiliki syarat yang terlalu mudah dan hadiah yang dibagikan termasuk barang berharga, maka perlu dicurigai. Penipu biasanya akan mengiming-imingi peserta giveaway dengan syarat yang mudah seperti mengikuti akun penyelenggara, serta menulis komentar dan menandai beberapa teman. Hal ini dilakukan agar peserta giveaway banyak dan dijadikan korban penipuan.

  • Pengisian data diri secara detail

         Setelah terpilih menjadi pemenang, selanjutnya penipu akan meminta anda untuk melengkapi data yang sangat mendetail. Mulai dari nama ibu, foto kartu identias hingga nomor rekening. Hal ini perlu dicurigai sebab dapat memicu pencurian data pribadi.

  •  Dimintai transfer uang

         Jika anda telah terpilih menjadi pemenang dan dimintai untuk mengirimkan sejumlah uang kepada penyelenggara, maka dapat dipastikan jika penyelenggara merupakan penipu. Sebab, pada umumnya acara giveaway dilaksanakan secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Jikapun ada, biasanya anda hanya akan dimintai biaya ongkos kirim yang jumlahnya hanya sewajarnya.

Nah, bagi kalian yang ingin mengikuti giveaway tentu saja harus banyak bersabar. Selain itu, perhatikan persyaratan dan ketentuan giveaway secara cermat. Cek terlebih dahulu profil penyelenggara secara detail demin menghindari penipuan. Tunggu artikel kami selanjutnya ya!

Sekawan Media menyediakan layanan jasa pembuatan aplikasi mobile profesional dengan tampilan yang lebih responsif pada berbagai platform.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: