infrastruktur kota

Database Infrastruktur Kota

Overview

Database infrastruktur kota merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh PT. Sekawan Media Informatika untuk membantu proses monitoring, manajemen, dan perencanaan dalam berbagai aspek infrastruktur kota. Infrastruktur tersebut meliputi jalan, jembatan, bangunan, dan fasilitas umum lainnya yang berada dalam suatu daerah. 

Sistem informasi ini dibangun berbasis web, dan termasuk dalam kelompok GIS (Geographic Information System). Dengan menggunakan penerapan dari sistem informasi geografi, database infrastruktur kota dapat menunjang data spasial atau data yang menggunakan referensi geografis. Selain itu, juga dapat menunjang alat pengolah data spasial seperti GPS (Global Positioning System) dan fitur pemetaan. 

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Biak merupakan salah satu klien kami yang telah menggunakan jasa sistem informasi database infrastruktur kota kami. Tujuan dari Dinas Pekerjaan Umum Kab. Biak menggunakan aplikasi ini adalah, untuk menunjang proses monitoring, dan tata kelola ruang dan lingkungan hidup yang berada dalam lingkup Kabupaten Biak.

Category : Web Development 
Client : Dinas Pekerjaan Umum Kab. Biak
Location : Kabupaten Biak 

Permasalahan

Sistem pengelolaan data infrastruktur masih menggunakan sistem manual (konvensional), serta memiliki beberapa kelemahan, diantara sebagai berikut:

  • Data yang tersedia kurang akurat & tidak mendukung real – time 
    Data yang disajikan pada sistem informasi tidak dapat diupdate cepat dan proses ketersediaan data terbilang lambat dan tidak tervalidasi dengan baik. 
  • Membutuhkan waktu yang relatif lama dan pengelolaan data infrastruktur
    Data infrastruktur kota yang ditampilkan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga menurunkan tingkat performa sistem dan waktu untuk menjalankan proses menjadi lebih lama lagi. 
  • Sistem monitoring dan perencanaan yang kurang up to date
    Dalam penggunaan fitur geografis, setiap saat akan mengalami perubahan dalam struktur pemetaaan sebuah wilayah. Pada sistem yang lama, fitur monitoring dan perencanaan tidak dapat dilakukan, karena tidak adanya fitur untuk update pada aplikasi.
  • Tidak tersedia riwayat penanganan infrastruktur
    Tidak tersedianya fitur untuk notifikasi atau pemberitahuan mengenai riwayat penanganan, menjadi problematika dalam pengelolaan data infrastruktur kota.

Solusi

Database infrastruktur kota diharapkan dapat memberikan solusi terkait proses inventarisir, monitoring, dan perencanaan yang dapat diakses secara online

Penerapan sistem informasi untuk penyimpanan data infrastruktur kota yang dikembangkan, memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Pengelolaan data umum
    Terdapat fitur untuk manajemen data user / pengguna, pegawai, sistem, dan infrastruktur agar lebih tersistem dan termonitoring dengan baik dan jelas. 
  • Menampilkan data infrastruktur
    Mampu untuk menampilkan data terkait dengan sarana, prasarana, dan fasilitas umum secara real time. Kemudian, terdapat fitur untuk menambahkan data infrastruktur baru, pemetaan infrastruktur baru, dan monitoring infrastruktur. 
  • Perencanaan infrastruktur
    Terdapat fitur untuk merancang, mengolah, dan memproses setiap tahap perencanaan dalam penyusunan infrastruktur untuk kebutuhan tata kelola lingkungan, dan database kota. 
  • Kegiatan infrastruktur
    Meliputi fitur untuk merealisasikan kegiatan, fisik, keuangan, dan kegiatan harian. Bentuk aktivitas akan terekam oleh aplikasi sebagai bentuk monitoring dan evaluasi terhadap kinerja sistem yang digunakan. 
  • Laporan data infrastruktur
    Digunakan untuk melaporan data infrastruktur, perencanaan, dan kegiatan. Dengan adanya laporan, maka proses evaluasi dan perbaikan sistem dapat berjalan dengan baik dan benar.

Portofolio Terkait

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment