• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Bandwidth: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengukurnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Pernahkah anda mendengar istilah bandwidth? Saat membicarakan tentang server terlebih server pada jejaring internet, istilah satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Selain pada server internet, istilah satu ini ternyata juga bisa anda temukan pada server pada website.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan bandwidth? Apakah terdapat cara untuk mengukurnya? Bagaimana cara kita untuk memeriksanya? Dan yang terpenting adalah, apakah fungsinya? Mari sama-sama ketahui lebih dalam lagi tentang bandwidth!

Apa itu bandwidth ?

Bandwidth merujuk kepada sebuah kapasitas maksimum yang dapat ditransfer dari satu titik ke titik lainnya oleh server atau jaringan pada waktu tertentu. Dengan kata lain, kapasitas ini merupakan indikasi dari batas maksimum kapasitas proses transmisi data. Pengukuran jumlah data tertransfer satu ini biasanya diukur dalam bit per detik (bps).

Bandwidth dapat juga ditemukan pada hosting, hal ini dikarnakan bandwidth dapat diibaratkan jalan cepat yang menghubungkan website dengan server. Dengan kata lain bandwidth berguna untuk membatasi jumlah data yang masuk ke website dalam suatau waktu.

Hal ini penting untuk kelancaran akses website Anda bagi para pengunjung. Sehingga anda akan mendapatkan lebih banyak informasi melalui website yang anda kunjungi.

Apa Fungsi dari Bandwidth

Bandwidth pada sebuah hosting berfungsi untuk mengatur data yang akan ditransfer kepengunjung. Tujuannya adalah ketika website diakses banyak pengunjung server tidak down dan pengunjung dapat merasakan sajian konten dengan baik tentunya.

Faktor yang Mempengaruhi Bandwidth

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar dan kecilnya sebuah bandwidth pada website. Berikut faktor-faktor yang dapat mempengaruhi besar dan kecilnya bandwidth.

1. Pertumbuhan dan Peningkatan Traffic Website (Insight)

Dalam digital marketing, terutama pada sebuah website, peningkatan jumlah kunjungan atau trafik adalah salah satu jenis KPI. Sebagai pemilik bisnis, pengguna Anda pasti ingin situs web mereka dilihat oleh banyak calon pembeli. Oleh karena itu, unsur ini dapat mempengaruhi penggunaan bandwidth.

2. Pengembangan Kualitas Website

Peningkatan trafik web berkorelasi positif dengan tingkat layanan yang ditawarkan. Para calon pembeli akan lebih tertarik untuk mengunjungi website yang lebih baik. Untuk mencapai hal tersebut, akan ada banyak perbaikan pada layout, design, tampilan halaman web, atau bahkan jumlah halaman yang dimiliki.

Pada kasus tersebut, pengguna akan membutuhkan lebih banyak bandwidth daripada kebutuhan utama seperti trafik pengunjung. Oleh karena itu, besaran bandwidth yang Anda butuhkan harus dipertimbangkan kembali karena banyak faktor pada konten website yang mempengaruhi ukuran bandwidth.

Cara Mengukur Bandwidth Pada Website

Penggunaan bandwith yang Anda butuhkan tergantung dari rencana seberapa banyak pengunjung website anda.
Agar Anda dapat mengetahuinya, berikut terdapat cara untuk menentukan penggunaan website:

1. Hitung jumlah pengunjung bulanan

Langkah pertama dalam menghitung bandwidth hosting adalah menentukan berapa banyak pengunjung yang datang setiap bulan.

Jika Anda menggunakan Google Analytics, pastikan telah terhubung ke situs Anda. Kemudian, pergi ke halaman utama dan pilih menu Audience. Selanjutnya, pergi ke Overview.

Setelah masuk ke laman overview, tentukan berapa lama Anda ingin mencari, dan kemudian lihat pada bagian Pengguna.

2. Hitung pageviews

Setelah itu, kembali ke menu Overview dan cari bagian Pageviews. Ini menunjukkan jumlah tayangan website bulanan. Setelah mengetahui jumlah pengunjung dan pageviews, langkah berikutnya adalah menghitung ukuran halaman rata-rata situs Anda.

3. Hitung rata-rata page size

Berikutnya adalah menghitung ukuran halaman web rata-rata. Ukuran halaman web adalah ukuran file yang terletak pada sebuah halaman web. Untuk mengetahuinya, gunakan speed test website seperti Pingdom.

Untuk melakukannya, masukkan URL situs web Anda dan lihat hasilnya.

4. Hitung keperluan bandwidth

Setelah menghitung jumlah pengunjung bulanan, pageviews, dan ukuran halaman. Saatnya untuk menentukan jumlah bandwidth yang dibutuhkan oleh hosting Anda.

Bagaimana Cara Memantau Pemakaian dan Upaya Peningkatannya?

Melakukan proyeksi terhadap penggunaan kapasitas satu ini merupakan hal penting untuk melakukan persiapan jaringan. Namun, melakukan pemantauan berkelanjutan pada LAN dan WAN merupakan kunci esensial guna menjaga kelancara fungsi. Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara memeriksa penggunaan bandwidth dengan efektif.

Godaan akan menambahkan lebih banyak kapasitas dapat datang kapanpun, terlebih saat jaringan anda menjadi lambat. Namun, solusi tersebut merupakan solusi yang kurang terjangkau. Melakukan pemantauan merupakan solusi untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah jaringan yang lambat.

Sangat memungkinkan melakukan pemantauan terhadap kapasitas tersebut menggunakan perangkat individu. Penggunaan alat pemantauan dasar guna melacar berbagai aplikasi serta fungsi yang memepengaruhi penggunaan dari kapasitas satu ini.

Cara satu-satunya guna melakukan peningkatan kepada bandwidth adalah melakukannya melalui penyedia internet. Beberapa situasi menunjukkan bahwa penyedia dapat saja menawarkan tingkatan layanan berbeda.

Istilah yang Terkait dengan Bandwidth

Ada beberapa istilah yang terkait dengan bandwidth dan penting dalam mendesain bandwidth yang baik pada website. Berikut adalah istilah-istilah yang sering muncul dalam bandwidth.

  • Egress bandwidth: Sebuah tools yang bertujuan untuk menentukan kecepatan unggah (upload). Egress bandwidth merupakan kebalikan dari ingress. Ingress merupakan kecepatan mengunduh pada jaringan internet.
  • Manajemen bandwidth: Istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang dapat digunakan oleh suatu institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.
  • Unmetered bandwidth: adalah jumlah traffic, transfer data (upload dan download) untuk mengakses akun ataupun situs anda baik yang anda lakukan sendiri ataupun oleh pengunjung situs tidak dibatasi.

Kesimpulan

Bandwidth dalam sebuah website dapat mengatur data yang akan di transfer kepengunjung website. Maka agar website anda mudah diakses oleh pengunjung di perlukan bandwidth yang besar juga.

Tak hanya itu, Website juga memerlukan optimasi agar mudah ditemukan pada mesin pencari. jika Anda memerlukan jasa pembuatan website yang SEO Friendly sekawan media adalah pilihan utama.

Silakan hubungi kontak marketing kami untuk mendapatkan penawaran khusus.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: